BANANA PARTY

Yuhuuuu.... nom nom nom....aku datang :)

Oops....Sejak hari sabtu kemarin rumah dipenuhi aroma pisang yang mulai matang, wangiiiii....
Akhirnya, sebagian dibagi-bagi ke tetangga deket rumah karena seminggu sebelumnya kami dapat kiriman pisang mentah 1 tandan dari Kebumen (Mertua) :D. Kebetulan pisangnya pisang ambon, jadi...kebayang kan aromanya yang wangi pasti menerbitkan air liur hihihi..

Kebingungan karena berlimpah pisang saya pun mencari solusi. Daripada pisang-pisang yang sudah terlanjur matang ini terbuang sia-sia, jadilah kemarin sore sepulang dari kantor langsung eksekusi....bikin Banana Cake. yeay.....


Berikut resep Banana Cake yang saya buat kemarin:

Bahan
1. 4-5 buah pisang ambon ukuran sedang (500gr)
2. 200gr tepung terigu protein sedang/serba guna
3. 100gr gula pasir
4. 4 butir telur
5. 120 gr margarin dilelehkan

Cara Membuat:

Siapkan oven, set di suhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di bawah kalau oven anda pendek seperti punya saya.
Siapkan loyang, olesi dengan kertas roti-- tapi berhubung kemarin saya pake loyang bolu ban dengan diameter 26cm, cukup saya olesi dengan mentega saja biar tidak lengket :D. Intinya manfaatkan saja barang-barang yang ada di rumah, nggak usah beli kalo nggak punya (:

Rendam telur di air hangat suam-suam kuku supaya putih telur encer dan bisa mengembang maksimal ketika dikocok. Pastikan air tidak terlalu panas supaya telur tidak matang :)


Cairkan mentega dengan api yang sangat kecil, jangan mencairkan hingga mentega mendidih. Jika sebagian mentega telah meleleh matikan saja api kompor dan goyang-goyangkan panci, kondisi panci yang panas akan membuat sisa mentega meleleh sempurna. Tuangkan mentega cair ke dalam mangkuk yang agak besar, diamkan hingga agak mendingin.

Siapkan mangkuk kecil, masukkan pisang. Hancurkan pisang dengan garpu sampai hancur, jangan menghaluskan pisang dengan menggunakan blender karena tekstur pisang akan hilang. Sisihkan. 
Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur yang telah direndam dalam air hangat dan gula pasir. Kocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur baik kemudian naikkan kecepatan mikser menjadi tinggi dan kocok telur dan gula hingga mengembang, kental dan berwarna putih pucat. Tahapan ini dikenal dengan ribbon stage, tandanya ketika alat pengocok anda angkat maka adonan yang jatuh masih meninggalkan jejak selama beberapa detik. Jika tahapan ini belum tercapai, kocok kembali adonan hingga ribbon stage. 
Masukkan pisang lumat, aduk perlahan dengan teknik aduk balik hingga tercampur baik. Masukkan tepung dengan cara diayak ke dalam adonan telur-pisang. Aduk adonan dengan spatula menggunakan teknik aduk balik. Lakukan dengan perlahan agar tidak banyak busa yang mencair. Adonan yang terbentuk kental dan pekat.
 

Kemudian Tuangkan sekitar 1/4 adonan ke dalam mangkuk berisi mentega leleh, aduk perlahan hingga tercampur baik. Masukkan sisa adonan ke dalam adonan mentega, aduk dengan teknik aduk balik secara perlahan hingga tercampur dengan baik.

*Note: cara mencampur sebagian adonan dengan mentega leleh ini untuk mempermudah mentega tercampur baik di dalam adonan. Minyak cenderung untuk mengendap di dasar adonan dan sulit tercampur dengan adonan kala diaduk. 
Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Panggang selama 20 menit atau hingga permukaannya tampak mengeras dan kekuningan. Keluarkan loyang berisi cake, dengan pisau tajam iris memanjang permukaan cake. Lakukan kegiatan ini dengan cepat. Kemudian masukkan kembali cake ke dalam oven dan panggang selama 20 menit hingga cake matang. Tes kematangan cake dengan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel maka cake telah matang.

Keluarkan dari oven, diamkan sejenak hingga uap panasnya hilang.  Diamkan hingga dingin.
Keluarkan cake dengan cara membalik loyang dan potong-potong cake. Siap disantap ramai-ramai. Super duper yummy!
Siap untuk Banana Party :)




NOTE:
Mommy bisa menambahkan topping berupa kismis, chocochips atau keju lho. Pokoknya buatlah kreasi sesuai selera.

Selamat mencoba ya mommies :D

4 comments for "BANANA PARTY"

  1. Hmm....yummy... kecium harumnya sampe sinih Dan.. :D

    btw tips rendam telurnya kapan2 dicoba ah. udah lama ga bikin kue.. thanks

    ReplyDelete
  2. Yuhuw rin..emang wangi banget trus rasanya juga enak hahhaa

    Sip..sip..itu emnag bener kok putih telurnya jadi encer, dan cepet ngembang
    Selamat mencoba :D

    ReplyDelete
  3. Mau nyicip kuenya dooonk. Sekalian diajarin kali yaa bikin kue :D

    ReplyDelete
  4. Boleh-boleh....ayo maen kerumah tar bikin bareng :D

    ReplyDelete

Post a Comment