Thursday, January 14, 2016

OKINAWA, The Hidden Paradise

Bila anda belum pernah ke Jepang dan ingin berkunjung, mungkin anda bisa memilih Okinawa sebagai salah satu destinasi wisata liburan. Tidak seperti beberapa tempat wisata di Jepang, Okinawa lebih menawarkan keindahan alam dibandingkan kota modern seperti Tokyo, Kyoto, dan beberapa kota besar di Jepang. Okinawa menjadi salah satu destinasi wisata dari H.I.S yaitu penyedia jasa travel nasional dan internasional baik tur individu maupun kelompok. Selain H.I.S, ada juga HAnavi silakan dipilih sesuai budget yang dipunyai :D.

Pantai Kondoi
Okinawa, salah satu kepulauan yang terletak di ujung barat daya Kepulauan Jepang dan merupakan daerah penghasil gula hitam yang terkenal di Jepang. Kepulauan ini terkenal akan keindahan pantainya, dan merupakan kepulauan subtropis. Bisa dikatakan, Okinawa adalah Bali-nya Jepang. Jadi kalau anda ingin melihat salju saat winter jangan ke Okinawa, anda akan kecewa karena disana tidak ada salju. Kepulauan ini dijuluki sebagai kepulauan teraman di dunia yang menyimpan perpaduan eksotis pesona alam dan budayanya yang unik.   Jika anda di Okinawa, jangan lupa mampir ke Pantai Kondoi yang merupakan salah satu pantai tercantik di dunia. Pantai ini terkenal sangat bersih dan jernih airnya dan termasuk wilayah dengan koral terbanyak di Jepang. Jika anda menyukai kegiatan selancar dan berenang sambil menikmati eksotisme laut yang sangat bersih, jernih, dan menawan, datanglah ke Pantai Akajima. Dijamin anda akan merasa betah disana. Lalu ada juga Akuarium terbesar kedua di dunia, Akuarium Churaumi dimana anda bisa melihat beragam biota laut yang menakjubkan sangat cocok untuk wisata keluarga bersama anak-anak. 

Salah satu kota yang wajib di kunjungi ketika berada di Okinawa adalah Kota Naha. Jika beruntung, anda bisa turut serta dalam acara tahunan Naha Great Tug of War Festival. Acara tarik tambang terbesar di dunia yang melibatkan ribuan orang dan tercatat dalam Guiness Book of Record. Selain Pesona alam yang mengagumkan, Okinawa juga memiliki warisan budaya dan sejarah yang menjadi warisan budaya dunia yaitu Istana Shuri bekas istana dari Kerajaan Ryukyu yang patut dikunjungi. Bagi pecinta flora, anda juga bisa mengunjungi Fukushu Garden dan Shikina Garden, anda bisa berjalan-jalan sembari memotret sudut terindah dari taman tersebut. Ada juga Okinawa Fruit Land dimana selain buah-buahan juga terdapat fauna seperti burung dan kupu-kupu yang berasal dari Kepulauan di Selatan.

Kue Beniimo
Berkunjung ke tempat baru, belum afdhol kalau belum mencoba makanan khas dari daerah tersebut. Ada Goya Champuru yaitu masakan dari pare, tahu, dan telur yang ditumis. Kata teman saya yang pernah tinggal di Okinawa, rasanya pahit tapi akan berangsur-angsur menghilang di suapan berikutnya. Bagi pecinta donat, jangan sampai tidak mencicipi Tofuyo. Makanan ini mirip dengan donat pada umumnya namun Tofuyo terbuat dari tahu yang difermentasikan. Donat khas Okinawa ini lebih padat dengan olesan madu yang lembut dan dibalut cokelat yang renyah. Okinawa ternyata juga terkenal akan olahan ubi ungunya, mulai dari cake, cookies, dan es krim. Salah satu yang terkenal adalah kue Beniimo. 
Terkait makanan, bagi umat Muslim, perlu diberitahukan kepada penjual bahwa tidak megkonsumsi makanan dari Babi. Tidak ada salahnya menggambar babi yang disilang sehingga pesan kita tersampaikan, karena masih sedikit warga Jepang yang berbahasa Inggris. Oleh karena itu, pilihan kitapun terbatas pada makanan Jepang yang sudah kita kenal seperti ramen dan sushi.

Akses menuju Okinawa bisa ditempuh melalui jalur udara yang dilayani oleh Bandara Naha International. Bandara Internasional Naha merupakan bandara utama yang besar dan padat di Pulau Okinawa yang juga menjadi pintu gerbang utama ke Naha dan area Okinawa. Bandara juga melayani penerbangan internasional ke Taipei, Seoul, Shanghai, dan Hongkong yang hanya berjarak empat kilometer di sebelah barat kota Naha dan terhubung dengan monorail untuk menuju pusat kota Naha dan Istana Shuri. Untuk berkeliling Okinawa, alternatif moda transportasi yang bisa digunakan adalah bus, atau bus yang diperuntukkan tur keliling yang beroperasi di daerah Naha. Perjalanan ke Okinawa, Jepang, itu menyenangkan karena ruas-ruas jalan tertata rapi. Cukup dengan peta ditangan, Okinawa bisa dijelajahi. Namun, jangan lupa untuk tetap menjunjung tinggi budaya setempat terutama perilaku.





4 comments:

  1. Semoga suatu saat bisa ke Jepang ya aku mbak. Wah sukses mba lombanya, semoga menang

    ReplyDelete
  2. Moga sukses, Dan..
    aku baru tahu info ini kmrn habis BW k blog temen,
    tapinya ga sempat mau nulis.. ^^

    aku juga pengeeeen banget ke Jepang

    ReplyDelete
  3. Kapan2 IIDN dan GR piknik ke Jepang mbak :)

    ReplyDelete
  4. Amin...mbak-mbak semoga bisa terwujud..ini cuma iseng aja kok kebetulan ada beberapa teman yang pernah tinggal di Okinawa jd setengah jam bs jadi tulisannya :D

    Seru juga ya kalo IIDN & GR go Internasyonel :)

    ReplyDelete