Berbagi itu Menyenangkan


Illustrated by Google


Kata Allah kalau kamu tidak bisa berbagi dengan hartamu maka berbagilah dengan tenaga, pikiran bahkan sekedar senyuman untuk meringankan beban saudara-saudaramu yang membutuhkan. Gampang banget kan... maka berbagilah dengan yang lain atas semua yang kamu miliki selagi bisa ya! karena berbagi itu menyenangkan :).

Gaes, pernah nggak sih mengalami dilema saat akan menyalurkan zakat, bantuan atau sekedar sedekah? Bingung antara mau disalurkan langsung ke orang yang membutuhkan atau lewat lembaga amil zakat yang ada di sekitar? mengingat maraknya penipuan diberbagai sektor tak terkecuali lembaga amil zakat. Tapi sebaiknya kita tetap khusnudzon ya...tabbayun daripada nanti sudah berburuk sangka ternyata malah kita yang salah kan nggak lucu :D.

Saya sendiri lebih sering menyalurkan sedekah secara langsung karena ada beberapa anak/orang disekitar saya yang benar-benar membutuhkan bantuan. Namun saya juga pernah beberapa kali menyalurkan sedekah lewat badan amil zakat (LAZ) yang insyaallah terpercaya.

Tentunya dengan tetap memperhatikan adab-adab yang ada, dan mencoba mencari tahu program-program produktif yang dimiliki oleh badan amil zakat tersebut supaya kita tahu dengan jelas penyalurannya. Intinya dana yang kita titipkan bisa tersalurkan secara berkelanjutan dan tidak habis dalam sekali waktu karena mereka memiliki program-program yang mendorong para penerima santunan untuk mengembangkan sektor-sektor yang sesuai dengan kemampuan mereka. Sehingga mereka tidak hanya menjadi object pasif yang menerima bantuan begitu saja.

Pernah jalan-jalan ke pusat kota Semarang kan gaes?  Yup, dimana Simpang Lima berada. Disana ada kawasan umum yang lengkap, mulai dari Masjid, Hotel, Mall, Toko Buku, bahkan pusat kuliner yang bakalan memanjakan lidah kamu semua.

Nah masjid yang ada di kawasan Simpang Lima ini adalah tempat yang menaungi LAZISBA (Lazis Baiturrahman). Salah satu Lembaga Amil Zakat yang insyaallah amanah dan bisa dipercaya di Semarang. Dulu kantornya ada di lantai 2 Masjid Baiturrahman lho, tapi sekarang LAZISBA sudah punya markas sendiri di daerah Mugassari.

LAZISBA adalah lembaga amil zakat di bawah pembinaan Yayasan Pusat dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman yang tergerak untuk memaksimalakan penyaluran Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS) yang ada.

Akhirnya pada tanggal 23 Maret 2006/22 Shafar 1427 H didirikanlah LAZ Baiturrahman nama awal LAZISBA sesuai SK Yayasan Masjid Baiturrahman Nomor 015/SKEP/YBM/III/2006. Seiring dengan berkembangnya LAZ Baiturrahman akhirnya nama LAZ Bairurrahman di ubah menjadi LAZISBA dengan harapan agar potensi yang ada bisa berkembang lebih maksimal dan lebih profesional.

Dan selama rentang waktu berdirinya sampai sekarang, LAZISBA sudah berhasil menyalurkan dan juga melakukan program pemberdayaan yang dilakukan secara integral dalam 1 cluster pembinaan. Masing-masing area mendapatkan pogram selama 5 tahun atau sampai wilayah tersebut berdaya.


Program-program pemberdayaan yang dimiliki LAZISBA antara lain:

1. PEMBERDAYAAN EKONOMI
KUBAH (Kredit Usaha Barokah) Pemberian Bantuan Modal kepada yang berhak menerima (Mustahik) tanpa Bunga.

Penerima manfaatnya adalah:
- Desa Tambak Mulya (Nelayan) 2009
- Mangkang (2009)
- Tegowanu, Karangawen (Petani) 2009
- Cepoko (Gunung Pati) 2010-2015
- Tambak Rejo (Kali Gawe) 2014-2019

Program Kubah UKM Keripik Tempe


Pembinaan Penerima Program Kubah


2. PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN

** BUS (Beasiswa untuk Surga); pemberian beasiswa bagi anak asuh.
** SEKOLAHKU INDAH Pemberian bantuan renovasi bagi sekolah-sekolah yang belum memenuhi standar
** MAKSUM (Masjidku Tersenyum) Bantuan untuk Pemberdayaan Masjid agar lebih makmur.
** ELC (Education Learning Centre) Pusat Pengembangan Pendidikan bagi yang berhak menerima/membutuhkan (sudah ada tanah waqafnya)
** ASYIK (Taman Syiar Quran) Pendirian TPQ di daerah rawan aqidah dan pendampingannya
** SANTRI (Sahabat Anak Prestasi) Program pengiriman assatidz yang mendampingi anak asuh serta guru mengaji di TPQ yang telah di dirikan.

3. PEMBERDAYAAN KESEHATAN
** BERCERITA (Bersalin dan berbagi cinta) Program bersalin gratis untuk yang berhak menerima. Investasi
** IBU - KUS (Ibuku Sehat Anakku Cerdas) program pemeriksaan, penguatan dan peningkatan gizi Ibu dan Anak di desa binaan yang telah terdata sebagai yang berhak menerima
** Baksos di daerah Binaan
** Sunah (Sunat Barokah) Program Sunat gratis bagi anak yatim, piatu, dhuafa

Baksos Pengobatan Gratis


4. PEMBERDAYAAN PEMUDA (SABAB: Satuan Pembina Umat Lazisba)
pemberdayaan ini memiliki banyak tujuan mulia yaitu:
- Menciptakan pemuda muslim yang sempurna IMAN dan ILMU
- Sebagai Bank SDM Lembaga
- Sebagai Organ Pelaksana Pendistribusian dan Penyaluran
- Sumber dai-dai dalam pembinaan
- Sebagai sarana pengembangan Entrepreneurship di kalangan pemuda

Nah itu tadi sekilas tentang lembaga amil zakat yang insyaallah amanah dan terpercaya di Semarang. Semoga teman-teman yang punya niatan untuk berbagi dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan sudah tercerahkan ya lewat sedikit info yang sudah saya berikan ini. Semoga bermanfaat ya gaes :).


Jika teman-teman ingin menyalurkan bantuan bisa cek biodata LAZISBA dibawah ini ya:

Rekening Donasi Lazis Baiturrahman


BSM 0500217029



CIMB Niaga Syariah 5350100068007



BNI Syariah 0268583724



Bank Jateng Syariah 5031000799


Join Us
Sobat Zakat Lazis Baiturrahman
FB/Fanspage : Lazis Baiturrahman
IG : @lazisbaiturrahman
Twitter : @lazisbaiturrahm
Youtube : Lazis Baiturrahman
Call Center : 058100999774