Tuesday, February 20, 2018

ME TIME ASYIK DI SANASYA SPA MUSLIMAH

Hai gaes, apa kabar nih? 

Nggak kerasa tahun 2018 sudah jalan hampir dua bulan ya betapa waktu cepat bergulir dan artinya jatah cuti saya juga hampir habis. Oh NO!! Gimana ini... padahal baju kerja belum ada yang di setrika, si kakak belum di daftarin ke TPA, di tambah lagi suami sudah mulai ngantor di luar kota. Apa yang harus kulakukan? garuk-garuk tembok kamar.

Jadi emak pekerja itu memang nggak gampang, harus pinter bagi waktu buat ngurus anak, ngurusin suami, kerjaan rumah juga kerjaan kantor yang nggak ada habisnya. Terus ngurusin diri sendirinya kapan? tahu kan ya rasanya jadi  seorang ibu yang habis melahirkan? Badan sakit semua, rambut acak-acakan, muka berantakan, baju bau ASI dan sebagainya.

Dan di atas segalanya stok kesabaran yang semkin menipis setiap harinya karena kurang tidur dan anak rewel. Betapa indahnya duniaku (baca: BAD HAIR DAY). Boro-boro mau ngerawat wajah orang mau sisiran aja kadang nggak sempat, makanya pas kemarin ada waktu dengan niatan cari kado buat suami,saya langsung cuzz ke bawah. 


Akhirnya tanggal 12 Februari 2018 saya memberanikan diri untuk meninggalkan si kecil sebentar untuk cari kado. Memasuki mall suasana cukup ramai padahal itu weekday ternyata sedang ada pameran batik dilantai 1, banyak batik lucu (tutup mata: fokus). Lalu saya naik ke lantai 2 tapi kok laper akhirnya belok dulu ke lapaknya roti b*y, eh sebelahnya ada toko baju muslim yang ada salon dan spa khusus muslimah juga akhirnya melipir ke situ deh. Namanya SANASYA SPA MUSLIMAH. Dasar emak-emak, nggak bisa meleng dikit jadinya gini deh. Tujuannya kemana jadinya kemana hahhaha maafkan istrimu ini ya Pak maklum lagi butuh pijatan lembut. 



Akhirnya setelah tergoda mampir, tengok-tengok menu perawatan saya pun terjerat dan memutuskan untuk ambil treatment hair cut, totok wajah, dan hair mask. Maklum ternyata rambut gondrong tidak cocok untuk saya yang punya banyak gawean dan sudah disuruh suami buat potong rambut biar lebih simple dan enak dilihat katanya. Uhuk, jadi selama ini saya nggak enak di lihat ya Pak? sedih..

Sanasya ini tempatnya girly abis lho gaes, masuk uangan langsung disambut warna ungu cerah yang cantik. Bikin betah. Sanasya ini adalah salah satu spa muslimah di Semarang yang menurut saya wajib di datengin kalau pas ngemall di Java Supermall. One stop shopping, habis ngemall pegel-pegel sebelum pulang enaknya di pijet dulu nah cocok anget buat mampir ke Sanasya. Apalagi belum banyak spa muslimah di Semarang jadi cocok buat kita-kita yang sangat menjaga aurat karena salonnya khusus perempuan alias nggak campur.


Disini kalian bisa nyobain berbagai macam perawatan mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki nggak ada yang terlewat. Tinggal pilih aja dan harganya juga bersahabat lho gaes. Kalau bingung bisa nanya ke mbak nya kira-kira yang cocok apa. Jangan khawatir, mbaknya ramah-ramah.


Oiya, kemarin saya menghabiskan waktu selama 3,5 jam untuk semua treatment yang saya pilih. Mulai dari totok wajah yang makan waktu satu jam, potong rambut setengah jam, dan hair mask dua jam.  Dan saya puas dengan hasilnya. Muka jadi terasa halus, kepala enteng habis di potong dan di pijat lembut saat creambath. Akhirnya acara cari kado buat suami gagal hehehhe. Maafin isterimu ini ya Pak belum jadi kasih kado ulang tahun, kadonya nunggu gajian ya Pak soalnya uangnya habis dipake buat nyalon nyahahhahaha.



Pokoknya kalau kebetulan kalian ngemall di Java Supermall dan butuh me time wajib mampir ke Sanasya. Selain efisien karena satu area dengan mall dan harga yang ramah di kantong Sanasya adalah Spa Muslimah di Semarang yang oke banget. Nggak ada lagi deh pegel-pegel kaki habis jalan-jalan seharian di mall. Bye-bye juga bad hair day :)

Sanasya Spa Muslimah
Java Supermall Lantai 2 No. 207 Semarang
Telp (024) 8410105
CS 081325297555
085700237429
IG @sanasyaspamuslimah
FB Sanasya Spa Muslimah

Sunday, February 18, 2018

LUNPIA CIK MEME: CITA RASA LUNPIA OTENTIK DAN HALAL

Jalan-jalan ke Semarang kurang lengkap kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Di kenal sebagai kota lumpia, Semarang memang gudangnya olahan yang sering dijadikan buah tangan tersebut. Sudah tahu kan lunpia itu apa? Lumpia adalah sebuah makanan yang terbuat dari olahan rebung yang digulung dengan kulit gandum dan digoreng yang ternyata memiliki penggemar tersendiri bagi para penikmat kuliner nusantara. Salah satu lunpia semarang yang terkenal adalah Lumpia Cik Meme. Lunpia yang selalu saya rekomendasikan ke teman-teman dan juga kolega yang berkunjung ke Semarang.



Lahir dan besar dari keluarga dinasti lumpia membuat Melani Sugiarto atau yang lebih dikenal dengan nama Cik Meme sudah tidak asing dengan dunia lumpia. Cik meme merupakan generasi ketiga lunpia mataram dan generasi kelima lunpia semarang. Pengalaman puluhan tahun selama membantu ayahnya berjualan lunpia membuat Cik Meme kaya akan pengalaman yang membuatnya berkembang. Jadi Cik Meme bukanlah pemain baru dalam bisnis lunpia, meskipun usahanya masih terbilang baru. 

Cik Meme mendirikan usaha lunpia sejak tahun 2014 atas kerja kerasnya sendiri dengan merk awal "Lunpia Delight" yang langsung merebut hati para pecinta lunpia. Kemudian sejak tahun 2017 Lunpia Delight berubah nama menjadi Lunpia Cik Meme agar ciri kedaerahan yang bersinergi dengan budaya kearifan lokal tetap terjaga.


Berawal dari membantu sang ayah mendorong gerobak dagangan lunpia di daerah Mataram, Meme kecil naik tingkat untuk belajar bagaimana membungkus lunpia yang akan dibawa oleh para pelanggan. Lalu pada saat kelas 1 SD Cik Meme sudah bisa membuat bumbu manis yang biasa di cocol ketika kita makan lunpia. Dan pada saat kelas 4 SD Cik Meme sudah belajar bagaimana memilih rebung yang baik untuk bahan dasar lunpia dari sang ayah langsung yang merupakan Master Chef Tan Yok Tjay, pewaris Lunpia Mataram.

Credit @masjo

Jadi tidak perlu meragukan kemampuan Cik Meme dalam meracik lunpia ya gaes dan ini terbukti dengan banyaknya variasi olahan lunpia yang diciptakan Cik Meme. Apa saja sih varian rasa dari Lunpia cik Meme? Cek yuk.

Ini dia 6 (Enam) varian rasa Lunpia Cik Meme yang wajib dicoba:

1. Lunpia Original (Rp 15.000,-)
Ini adalah olahan lunpia yang berisi rebung yang dicampur telur dan rasanya cenderung manis. Ini merupakan lunpia khas Semarang yang juga dijual oleh para pendahulunya seperti Lunpia Semarang, Lunpia Pemuda, Lunpia Mbak Lien, Lunpia Gang Lombok dan Lunpia Mataram milik sang ayah.

2. Lunpia Crab (Rp 22.000,-)
Sudah tahu kan crab itu apa? yup, si kepiting yang dagingnya ternyata luar biasa lezat ini memiliki rasa unik setelah dicampur rebung. Buat kalian pecinta rasa asin rasa lunpia crab pasti cocok di lidah karena rasanya yang gurih.

3. Lunpia Fish Kakap (Rp 22.000,-)
Hampir sama dengan lunpia crab, lunpia Fish Kakap ini memiliki rasa gurih yang bikin nagih apalagi buat para penyuka ikan laut. Dan lunpia Fish Kakap ini ternyata juga jadi favorit anaknya Cik Meme lho.

4. Lunpia Kajamu (Rp 22.000,-)
Nah kalau yang ini favorit saya, Lunpia Kajamu yang merupakan singkatan dari Kambing Jantan Muda. Bumbunya kaya akan rempah dan sensasi pedas merica menambah nikmat varian ini. Penasaran? cuss ke TKP.

5. Lunpia Raja Nusantara (Rp 22.000,-)
Rasa Jamur Nusantara adalah lunpia dengan isian rebung, jamur dan juga kacang mede yang lezat. Rasanya nikmat dan ini adalah favorit saya yang kedua hehhehe. Dijamin mata merem melek saking nikmatnya.

6. Lunpia Plain (Rp 10.000,-)
Menurut Cik Meme ini adalah varian yang khusus disediakan bagi para pecinta lunpia yang vegetarian alias tidak memakan olahan yang mengandung makhluk bernyawa. Dan ini adalah olahan yang paling sulit karena murni isinya rebung dan Cik Meme harus memastikan bahwa rebungnya bebas dari bau pesing.

Oiya selain saus manis dan acar mentimun ternyata ada satu hal penting yang harus ada saat makan lunpia nih gaes. Daun Bawang merah! Yang selalu ada di setiap Lunpia Cik Meme. Pertama kali nyobain makan lunpia dengan daun bawang ternyata bukannya aneh malah makin enak rasanya. Ada sensai pedas segar saat menggigitnya. Enak…

Ternyata daun bawang merah ini memiliki fungsi khusus lho, yaitu untuk membantu menghilangkan perut kembung. Wah selain enak ternyata juga kaya manfaat ya, keren!

Gimana penasaran kan gaes sama enam varian rasa Lunpia Cik Meme? Cuss gih ke gerai Cik Meme yang berlokasi di Jalan Gajahmada 107 Semarang (Sebelah Istana Buah). Kalau kamu buru-buru dan nggak punya waktu untuk keluar tapi pengen banget makan Lunpia Cik Meme kamu bisa telpon kok gaes dan pesanan akan diantar dengan minimal pembelian sebanyak 10 pieces all variant. Telponnya kesini ya (024)3511006/3511007.

Untuk kalian yang ragu apakah lunpia ini halal? Jangan khawatir karena Lunpia Cik Meme ini sudah mengantongi sertifikat HALAL dari MUI dan merupakan pelopor lunpia halal di Semarang.


Credit @masjo

Beberapa keunggulan lain dari Lunpia Cik Meme ini adalah jam bukanya yang sangat pagi yaitu pukul 05.00-00.00 WIB atau sampai pelanggan habis. Selain itu gerai Cik Meme yang ada di Jl. Gajahmada ini juga menyediakan aneka oleh-oleh khas Jateng yang bekerjasama dengan UMKM yang bisa dibeli selain lumpia, toilet bersih dan nyaman di lantai dua, Playground anak-anak, tempat makan dan juga Mushola yang luas serta Meeting room. 

Jadi nggak perlu khawatir nahan pipis karena nggak ada toilet atau kelewatan waktu sholat saat menunggu pesanan lunpia siap ya gaes. Untuk meeting room sendiri bisa digunakan hanya dengan membayar Rp 50.000,00 dengan peserta minimal 15 orang yang akan mendapatkan fasilitas penggunaan meeting room berupa LCD dan juga hidangan yang sudah disediakan. Kece kan? 

Credit @masjo
Oiya, buat kalian yang nggak keburu buat beli oleh-oleh khas Semarang ini, bisa banget beli di Bandara Ahmad Yani Semarang karena kebetulan Lunpia Cik Meme buka konter disana. Konternya ada di dekat pintu keberangkatan dan buka dari jam 05.00 pagi juga. So yang butuh oleh-oleh tapi kebagian penerbangan pertama sudah nggak perlu puyeng lagi karena Lunpia Cik Meme siap diborong di bandara :D.

Selamat berbelanja dan menikmati lezatnya lunpia semarang dari Cik Meme ya gaes.

Lunpia Cik Meme
Jl. Gajahmada 107 Semarang (Sebelah Istana Buah)
Free Delivery Service Telp. (024) 3511006/3511007

Wednesday, February 7, 2018

DESTINASI WISATA IMPIANKU

Mengawali tahun 2018 ada banyak hal indah yang terjadi. Alhamdulillah rasa syukur yang tak terkira untuk semua hal indah tersebut. Melengkapi hal yang indah-indah itu terbersit doa untuk setahun ke depan dan juga tahun-tahun yang akan datang jika seandainya belum bisa diraih. Salah satu hal yang paling diidam-idamkan setiap orang adalah bisa meluangkan waktu liburan bersama orang-orang tersayang. Apalagi kalau bisa liburan ke destinasi wisata impian, it's gonna be perfect! Mau dong diajak liburan.. bang ajak adek liburan bang biar nggak pusing lagi pala adek bang :D.

Menyoal liburan, sebenarnya ada satu impian untuk mengunjungi tempat indah yang ada di negeri kita tercinta ini. Sebagai seorang yang sangat senang bepergian, saya memiliki keinginan untuk mengunjungi banyak tempat apalagi Indonesia memiliki banyak destinasi yang super keren dan wajib dikunjungi.

Di bawah ini adalah destinasi impian saya untuk dikunjungi suatu saat nanti. Sekarang sih nabung dulu sambil menunggu waktu dan tabungan yang cukup untuk mencapai tujuan wisata tersebut. Amin...

credit: http://balurannationalpark.web.id/#!

Nah, berikut adalah daftar destinasi wisata impian saya :

1. Danau Kelimutu
Pesona daerah Indonesia Timur memang tak ada duanya. Provinsi ini masuk dalam daftar teratas tempat yang wajib di kunjungi karena pesona alam serta budaya yang menarik. Bermula dari gambar di selembar uang kertas lima ribuan yang menarik mata lalu turun ke hati. Begitulah gambar sebuah danau dengan tiga warna yang berbeda sukses membuat hati tergelitik dan bermimpi untuk mendatanginya. 

Sebuah danau di Ende sana yang memiliki banyak cerita mistis. Berada di ketinggian 1639m diatas permukaan laut, danau ini memiliki pesona tersendiri. Konon warna danau yang berubah-ubah ada kaitannya dengan situasi politik di negara kita Indonesia. Jika situasi politik stabil, danau akan berwarna terang tapi jika situasi politik sedang panas air danau akan berubah jadi merah. Menarik ya....

2. Labuan Bajo
Siapa yang tak tahu Labuan Bajo, destinasi wisata yang juga di kenal dengan sebutan Pulau Komodo ini memang menarik untuk di kunjungi. Selain penasaran dengan komodo itu sendiri, pesona alamnya juga menunggu untuk di eksplor. Langit yang begitu cerah dan laut biru yang terhampar luas memanjakan mata, pun padang rumputnya yang luas. Sering melihat tayangan acara jalan-jalan dan salah satunya ke pulau ini membuat saya ingin kesana juga. Semoga suatu saat bisa menjelajah kesana juga bersama keluarga. Amin

3. Wae Rebo
Sebuah perkampungan adat terpencil dan misterius di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Berada di ketinggian 1200 m diatas permukaan laut Wae Rebo disebut-sebut sebagai surga dunia, juga desa di atas awan. Lahir dan besar di daerah pegunungan otomatis membuat saya jatuh cinta pada gunung, itulah sebabnya hampir semua destinasi wisata yang saya impikan kebanyakan adalah gunung atau hutan hehehe. 

Desa Wae Rebo ini sangat unik, disana hanya ada 7 rumah utama namun satu rumah bisa dipakai untuk menampung sekitar 30 orang. Keren ya.. Rumah di desa tersebut juga sangat sederhana, berbahan dasar kayu dan bambu dan beratapkan ilalang yang dianyam. Aah, jadi nggak sabar pengen cepet-cepet kesana deh...

4. Bromo
Lokasi syuting pasir berbisik ini memang fenomenal, pesonanya tersohor hingga manca negara. Selama 30 tahun saya hidup belum pernah sekalipun menginjakkan kaki disana, sedih deh.. Dulu sekali, tahun 2012 saya pernah merencanakan untuk pergi kesana bersama teman-teman. Rencana perjalanan sudah di susun, tapi saya batal ikut karena tanggal pergi mendekati hari pernikahan saya. Padahal yang ngajakin dan nyusun rencana perjalanan itu saya, eh malah batal berangkat. Emang nasib, mungkin saya disuruh sabar biar bisa pergi bareng keluarga tercinta. Hehehhe

5. Baluran
Taman Nasional Baluran yang konon merupakan Africa van Java nya Indonesia ini terletak di kawasan Situbondo dan juga Banyuwangi Jawa Timur. Baluran  (Little Africa in Java) ini sukses bikin saya baper pengen berkunjung kesana karena pesona keindahannya. Pertama kali denger tentang Baluran itu awal tahun 2012 saat nemenin syuting salah seorang eh dua orang temen saya dari Jakarta. Sesorean kami hunting gambar dan take scene untuk keperluan film dokumenternya lalu malamnya kami karaokean sampai tengah malam dan balik ke hotel.  

Sisa malam kami habiskan dengan ngobrol ngalur ngidul karena sudah lama tak jumpa dan entah bahas apa tiba-tiba jadi bahas Baluran. Teman saya cerita pengalaman mistis salah satu rekannya saat syuting disana. Alih-alih takut saya malah jadi penasaran karena temen saya itu nunjukin gambar-gambar cantik yang diambil saat syuting disana.  

Hamparan hijau di kejauhan yang membius, sejauh mata memandang. Pun pantainya juga cantik, cocok untuk menikmati sore sembari menunggu senja. Di sana, kita bisa melihat langsung sekawanan banteng liar, rusa, burung, monyet, dan banyak hewan lain. Wah keren ya...bener-bener welcome to the jungle! kalau kata Rangga ini two in one package karena kulari ke hutan belok ke pantai. hehehehhe... 

Itu dia beberapa destinasi wisata impian yang ingin saya wujudkan suatu saat nanti, semoga dikabulkan sama Allah, Amin....

Terima kasih untuk Mara dan juga Erina yang sudah melempar dadu untuk Arisan Blog Gandjel Rel yang ke 20 dengan tema destinasi wisata impian di Indonesia. Dua bloger yang masih single and available ini semoga segera di dekatkan dengan yang jauh ya. Amin..

kalau kalian punya mimpi bisa menjelajah kemana nih gaes?

Sunday, February 4, 2018

BAYI KUNING, BERBAHAYAKAH?

Dok. pri
Fenomena bayi kuning kerap menjadi permasalahan yang dihadapi oleh para orang tua, baik itu pasangan muda maupun yang sudah berpengalaman. Hingga saat ini belum ditemukan penyebab pasti kenapa semakin banyak bayi lahir dan mengalami masalah "kuning". 

Menurut para dokter ada banyak faktor yang menyebabkan bayi kuning salah satu diantaranya adalah belum optimalnya kerja organ hati yang mengolah bilirubin. Bilirubin adalah zat kuning yang diproduksi saat sel darah merah di pecah. Kerja hati yang belum optimal menyebabkan banyak bilirubin yang masuk kembali ke aliran darah sehingga tubuh bayi berwarna kuning padahal seharusnya bilirubin dikeluarkan tubuh melalui feses (tinja), urine. 

Kembalinya bilirubin ke aliran darah ini yang memicu tingginya kadar bilirubin dan menjadi penyebab bayi kuning. Penyakit kuning atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama jaundice ini umumnya menyerang bayi yang baru lahir minggu pertama setelah kelahiran. Gejalanya antara lain kulit dan mata menguning, warna urine lebih pekat padahal bayi baru lahir seharusnya urinenya tidak berwarna. Bahkan lidah dan gusi juga akan berwarna kuning jika kadar bilirubin sudah sangat tinggi seperti yang dialami oleh anak kami. 

Ketidaktahuan kami akan bahaya penyakit kuning ini membuat kami agak sedikit menyepelekan meski hasil lab sudah menunjukkan angka 23,81 padahal kata dokter kalau sudah diatas 15 harus dirawat. Setelah browsing sana-sini dan dikasih wejangan sama ortu kami pun menunda niatan untuk menginapkan anak kami di rumah sakit. Hingga dua hari setelah hasil lab keluar kami merasa khawatir karena si bayi menunjukkan gejala yang semakin parah bukannya membaik. 

Akhirnya sore itu kami segera melarikan si bayi ke IGD rumah sakit tempat si bayi dilahirkan dan dibawa ke raung peristi untuk mendapatkan penyinaran intensif  (fototerapi) supaya kuningnya hilang. Mau tahu apa itu fototerapi? baca sampai selesai ya karena penjelasannya ada di bawah. Waktu si bayi dibawa ke ruang peristi itu rasanya nggak karuan apalagi orang tua hanya boleh jenguk saat jam besuk dan itu pun hanya si ibu yang boleh masuk. Nyesel? pastilah karena penyesalan itu datangnya belakangan kalau diawal itu namanya apa? kata pengantar? Hehehe...

Kemudian selama dan setelah kejadian tersebut kami berusaha mencari tahu penyebab, pencegahan dan penanganan bayi kuning. Meskipun terlihat sepele ternyata bayi kuning yang tidak ditangani dengan serius bisa menyebabkan kerusakan otak yang bisa menimbulkan gangguan terutama pada pendengaran (tuli) dan juga cerebral palsy jika kadar bilirubin di tubuh bayi sangat tinggi. 

Ngeri banget kan dampaknya? waktu dokter kasih penjelasan ke saya saya soal ini saya langsung lemes, dan berurai airmata. Apalagi hasil lab yang dipakai sudah lewat 2 hari jadi ada kemungkinan kadar bilirubin si kecil saat fototerapi sudah naik banyak, jika tidak segera ditangani si kecil bisa kejang dan memicu kerusakan otak. Naudzubillah semoga kami dihindarkan dari hal tersebut dan si kecil sehat sempurna amin.

Nah, Berikut adalah tiga faktor utama yang menyebabkan bayi kuning:

- Bayi terlahir prematur (lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu)
- Bayi tidak mendapatkan cukup ASI
Kondisi ini karena bayi susah minum atau asi yang belum keluar (breastfeeding jaundice) karena kandungan ASI dapat mempengaruhi pemecahan bilirubin pada bayi sehingga bayi tampak kuning. Kondisi ini biasanya muncul saat bayi berusia 2-3 minggu dan disebut breastmilk jaundice.
- Rhesus darah berbeda.
Bayi yang memiliki rhesus darah berbeda dengan ibunya dapat mengembangkan antibodi (zat kekebalan tubuh) yang berlebihan sehingga menghancurkan sel darah merah mereka sendiri dan menyebabkan kadar bilirubin meningkat tiba-tiba. 

Sedangkan penyebab bayi kuning lainnya meliputi:
* Memar saat lahir dan pendarahan di bawah kulit kepala yang disebabkan oleh persalinan yang sulit
* Masalah pada organ hati atau saluran empedu
* Infeksi saat lahir seperti rubella, sifilis, dll
* Tingkat oksigen rendah
* Kekurangan Enzim
* Kelainan genetik dan kelainan pada sel darah merah si kecil

Kalau mom dan dad menemukan gejala kuning pada bayi, segera mungkin cari tahu pada ahlinya dan sebisa mungkin mengikuti saran dari dokter. Jangan seperti saya dan suami yang masih plin plan karena ketidaktahuan kami apalagi kadar bilirubin tinggi tiap anak berbeda yang tentunya juga membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Tapi jangan khawatir, nih saya kasih bocoran alias saya ulangi lagi tanda-tanda kuning pada bayi sebelum melakukan penanganan selanjutnya.

Tanda-tanda kuning pada bayi:
* Air seni dan feses berwarna kuning pekat
* Telapak tangan menguning
* Badan menguning
* Kaki menguning
* Lidah dan mata menguning

Penanganan yang dapat dilakukan pada bayi kuning antara lain:

* ASI
Susui bayi sesering mungkin antara 8-12 kali per hari untuk mendorong buang air besar dan kecil. Hal ini untuk membantu membuang bilirubin melalui feses. Jangan tunggu bayi yang meminta, kalu perlu bangunkan bayi setiap dua atau tiga jam sekali untuk disusui agar terhindar dari kekurangan cairan.




* Fototerapi
Dok. pri
Fototerapi adalah metode pengobatan dengan cara melakukan penyinaran menggunakan sinar biru untuk membantu memecah bilirubin. Dalam fototerapi bayi akan ditempatkan di ruangan khusus (peristi) dibawah cahaya spektrum biru dan hanya memakai popok dan kacamata pelindung khusus untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Dan bayi akan di bolak balik seperti kue yang di oven
setiap beberapa jam sekali dalam posisi terlentang dan tengkurap.
Dok. pri

Fototerapi dilakukan setelah kita mengetahui kadar bilirubin pada bayi selepas melakukan pemeriksaan laborat. Jika hasilnya masih diantara range 1-14 (dibawah 15) biasanya tidak perlu dilakukan fototerapi. Namun jika hasilnya sudah diatas 15, seperti kasus bayi saya maka harus segera dirawat intensif di ruang fototerapi (peristi).




* Tranfusi
Jika bayi mengalami kuning yang sangat parah, kemungkinan tranfusi darah diperlukan jika bayi tidak merespon teknik pengobatan lainnya.
Dalam tranfusi darah, darah bayi akan diambil dalam jumlah sedikit lalu bayi akan menerima sejumlah kecil darah dari donor. Ini dilakukan untuk menggantikan darah bayi yang rusak dengan sel darah merah yang sehat sehingga sel darah merah bayi akan meningkat dan mengurangi kadar bilirubin.

Well, itu tadi sharing saya tentang pengalaman bayi kuning semoga sedikit cerita ini bermanfaat dan bisa membantu para orang tua di luar sana yang masih belum tahu bahaya bayi kuning dan bagaimana penanganannya. 

Happy reading ya...