KEBUN CENGKIH KENANGAN

Hari-hari yang padat dengan pekerjaan membuat badan dan otak cepat lelah. Kudu banyak-banyak refresh, macam komputer saja biar dingin terus :). Kalau lagi dicecar pekerjaan yang nggak ada habisnya gini rasanya pengen balik lagi ke jaman kecil dimana tidak ada tuntutan yang terlalu membebani kita sebagai bocah. Ah, indahnya masa kecil. Jadi kangen masa-masa ketika saya dan ortu masih tinggal di rumah dinas guru, yang jaraknya cuma selemparan kolor sama sekolah saya jaman SD. Nyahahhahha.. kolor..mana kolor... 
ilustrated pic by google
Ngomong-ngomong soal kolor, jaman saya kecil dulu sempet booming yang namanya Kolor Ijo yang katanya itu semacam manusia jadi-jadian yang suka menculik anak-anak. Saking hebohnya kami anak-anak kecil di kampung dilarang bermain di luar rumah karena takut diculik. Alhasil kami para bocah tak kurang akal agar tetap bisa bermain. Sebelum pulang sekolah, kami sepakat pada saat jam tidur siang akan melarikan diri alias kabur dari masing-masing kamar untuk bertemu di tempat rahasia kami, yaitu kebun cengkeh mbah ibu yang cukup luas di halaman rumah Mbak Tri, teman kami. Kenapa disebut Mbah Ibu? entahlah dari dulu teman-teman saya menyebutnya begitu, jadi ya saya ngikut aja hehehe. Di tempat ini banyak tawa yang berderai renyah diantara rimbunya dedaunan yang melambai rindu tertiup angin. Saya termasuk salah satu anggota bermain yang paling kecil karena rata-rata teman sepermainan saya lebih tua sekitar 2-3 tahun. 
ilustrated pic by google
Siang itu saya berhasil keluar dari kamar dengan cara melompat dari jendela yang cukup tinggi untuk anak seumuran saya.  Takut ketahuan juga sebenarnya, karena kamar saya sebelahan sama kamar ortu tapi sepertinya ortu sedang tidur pulas sehingga pelarian saya sukses. Saya pun berlari kencang menyusuri jalan menuju kebun cengkih mbah ibu, disana teman-teman saya sudah mulai bermain. Mereka memanjat pohon cengkih yang tinggi menjulang dengan lincahnya sembari bersendau gurau. Saya pun segera menyusul, memanjat dengan gesit untuk mencapai dahan terdekat dengan teman-teman supaya bisa nimbrung gojegan. Tapi saat itu saya kurang waspada saking excited nya bertemu teman-teman, saya menginjak dahan yang rapuh alhasil tubuh saya melayang jatuh dari ketinggian pohon cengkih karena tidak sempat berpegangan lantaran kaget. Teman-teman saya saat itu menjerit-jerit sambil memanggil nama saya saking takutnya danik..danik..danik... Saya menutup mata rapat-rapat mempersiapkan diri jatuh ke tanah keras, tapi nyatanya hal itu tidak terjadi karena seseorang menangkap saya ke pelukannya enggak ding yang ini bohong tapi saya mendarat diatas 2 dahan rimbun yang menjaga tubuh saya supaya tidak jatuh berdebum di tanah. Hehehehe... Tubuh saya terayun-ayun lambat ketika mendarat di dahan dan saya langsung melompat turun ke tanah antara mau nangis karena takut dan ketawa ngakak karena geli nyangkut di dahan terendah. 
Nah, bisa dibayangin kan betapa tengilnya saya waktu kecil menilik cerita tadi, tapi..tapi..itu benar-benar masa yang menyenangkan dan mengasyikkan walau sebatas dalam ingatan. Sampai sekarang pun masih membekas jelas dalam ingatan bau daun cengkeh muda ketika kami petik untuk dijadikan peluit saat bermain, hijau dan lembutnya rerumputan tempat kami duduk-duduk dibawahnya. Betapa beruntungnya saya yang memiliki masa kecil yang membahagiakan seperti kala itu. Terima kasih untuk mbak Nia Nurdiansyah dan juga mbak Anjar Sundari yang sudah memilih tema kenangan masa kecil yang paling membekas untuk arisan kali ini. Tema ini mengajak saya untuk menjelajahi kenangan-kenangan indah masa lalu yang sempat terlupa, dan ini salah satu kenangan terindah semasa saya kecil  di kebun cengkih mbah ibu.
Cheriooo
          XOXO