SANDISK USB OTG DUAL DRIVE SOLUSI PENYIMPANAN DATA

Sering kehabisan space penyimpanan file di smartphone karena banyaknya aplikasi yang diunduh atau file foto yang terlalu banyak? Sepertinya masalah seperti ini merupakan masalah klasik kaum milenial yang lebih sering mengandalkan smartphone untuk memotret ketimbang kamera. Belum sempat memindahkan file lama ke laptop sudah dipenuhi dengan ratusan photo lain, hasilnya penyimpanan smartphone pun running out meski sudah memilih memori internal yang besar.


Sebenarnya salah satu solusi yang bisa diambil sih back up seluruh file untuk dipindahin ke laptop atau deletin file yang nggak perlu. Akan tetapi selalu saja ada perasaan #DibuangSayang kan? Mending disimpen aja siapa tau nanti butuh ujung-ujungnya file numpuk dan makan space. Yang tadinya praktis jadi nggak praktis lagi deh karena bingung mau simpen file dimana.

Apa yang saya alami tuh ternyata nggak beda jauh dengan kebiasaan orang-orang di Indonesia terutama kaum muda dalam hal manajemen data. Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak ke enam di dunia menjadikan Western Digital, sebuah perusahaan teknologi informasi membuat survey tentang hal tersebut lewat Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey.

sumber: Western Digital


Dari survey yang telah dilakukan Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management ditemukan bahwa :

  • Sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka. Responden yang lebih muda cenderung lebih banyak menggunakan smartphone mereka untuk lebih banyak fungsi, mulai dari gaming, navigasi, video streaming, atau berbelanja online. Menariknya, survey ini juga menunjukkan bahwa smartphone sudah menjadi pengganti ‘kamera’. Lebih dari 90% responden yang memiliki smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Akibatnya, data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%).
  • Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 GB (56% responden). Namun, tentu kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah di smartphone. Survei membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka. Kapasitas terbatas ini menyebabkan para responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan — dan hampir semua responden yang mengalami masalah ini mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori.  
  • Ada banyak faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data mereka. Beberapa di antaranya adalah memori yang penuh sehingga mereka harus menghapus data, perangkat yang rusak, virus, file yang rusak, atau kehilangan perangkat. Walaupun sebanyak 67% responden pernah mengalami kasus kehilangan data sebelumnya, hanya sepertiga dari mereka yang rutin melakukan pencadangan atau back up data sebulan sekali (atau lebih). Ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden belum memiliki rencana atau jadwal back-up yang teratur, padahal back-up merupakan hal yang vital untuk dilakukan di era serba digital ini.

Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna smartphone untuk mengelola data.

  • Menambahkan Micro SD pada smartphone
  • Back up data secara teratur ke laptop, Hardisk External atau perangkat lain seperti USB OTG Dual Drive
  • Kelola foto atau video di media sosial
Nah ada yang pernah denger tentang USB OTG Dual Drive nggak? Sebuah terobosan produk dari Western Digital yang sangat layak untuk dimiliki. USB OTG Sandisk Dual Drive akan jadi solusi bagi kita yang butuh dan menyukai hal-hal praktis. Penasaran? Yuk intip kelebihannya.


USB OTG SanDisk Dual Drive

USB OTG Sandisk dual drive memiliki spesifikasi teknis sebagai berikut:


  • Kompatibel dengan smartphone atau tablet android yang mendukung USB OTG (On-The-Go)
  • Memberikan ruang kosong dengan cepat pada smartphone atau tablet android sehingga dapat mengambil atau menyimpan gambar dan video lebih banyak
  • Memungkinkan bagi kita untuk memindahkan dan berbagi file dari perangkat android ke komputer dekstop atau laptop
  • Desainnya bagus, ramping, dan mudah ditarik, menawarkan fungsi kedua konektor yaitu mikro USB dan USB 3.0. Konektor USB 3.0 mempunyai kinerja yang tinggi dan kompatibel dengan port USB 2.0







Kecepatan tinggi dari USB 3.0 memungkinkan kita mentransfer file dengan durasi panjang ke penyimpanan drive hingga 150MB per detik. Mantap jiwa ya!

Aplikasi SanDisk® Memory Zone tersedia dari Google Play store. Hal ini memungkinkan kita untuk melihat, mengakses, dan mencadangkan semua file dari penyimpanan smartphone ke dalam satu lokasi. Aplikasi tersebut juga bisa secara otomatis memindahkan file dari perangkat lain ke drive untuk membebaskan ruang penyimpanan.

Sekarang sudah tau kan harus pilih dan pakai apa biar file yang menumpuk tidak mengurungi space penyimpanan di smartphone? Yup pakai SanDisk USB OTG Dual Drive aja, yang bakal membantu mencadangkan data yang ada. Seri #SanDiskAPAC ini sudah bisa didapatkan diberbagai toko asesoris komputer yang menjual poduk dari Western Digital, bisa juga ke toko buku Gramedia, atau online disana banyak. Jadi sudah tidak perlu khawatir penyimpanan data running out lagi kan?