Friday, October 16, 2015

Menu Wajib Coba saat Kondangan

Ngomongin soal makanan itu emang nggak ada habisnya, apalagi kalo yang diomongin itu menu-menu ciamik di acara nikahan. Terinspirasi dari pengalaman pribadi ketika datang ke banyak acara nikahan, berikut rangkuman menu lokal dan internasional yang bakal bikin kamu ngiler di hari yang panas ini :)

1. Bakso
adalah salah satu menu andalan yang nggak boleh ketinggalan ketika kita datang ke acara kondangan. Kenapa? karena selain masuk dalam kategori menu aman (porsi sedang nggak langsung bikin kenyang) rasanya sudah pasti ciamik, apalagi kalo kuahnya masih panas, ditambah sambal pasti bakalan pecaaaaah!!

2. Soto Iga Bakar
Pecinta olahan sapi juga nggak boleh melewatkan menu yang satu ini. Rasa khas dari iga sapi yang dibakar bercampur dengan kuahnya yang segar dan taburan emping sebagai pengganti kerupuk dijamin bakalan memanjakan lidah kamu.

3. Chicken Cordon Bleu
Hidangan western ini banyak penggemarnya, rasanya emang bener-bener lezaat..apalagi dimakan hangat-hangat dan keju mozarella yang yummy akan meledak dimulut :)

4. Sate
Hidangan khas indonesia ini memang tiada duanya. Empuknya daging yang dipanggang berpadu dengan pedas manisnya bumbu kacang dan potongan lontong dijamin bikin perut kamu bahagia.

5. Zuppa Soup
Kalau kamu penggemar makanan panas, ini salah satunya. Puff pastry crunchy dipadukan dengan cream soup laziis yang masih mengepul didalam mangkok bakalan memanjakan lidah kamu dengan sesuatu yang homy :D.

6. Sukiyaki
Nah, hidangan ala Jepang ini juga tidak boleh sampe terlewat. Segarnya kuah berpadu dengan sayuran dan daging yang sudah dibumbui. Simpel tapi tetap memanjakan indra perasamu (:

7. Nasi Gudangan
Hidangan tradisional jawa ini bisa jadi salah satu selingan diantara menu-menu berat tinggi kalori. Kenapa? karena biasanya hidangan ini akan menyajikan banyak pilihan lauk yang akan mengingatkan kita akan masakan ibu tercinta, seperti baceman, empal, juga nasi merah. Oiya, para vegetarian juga bisa memilih menu ini.. dijamin aman. :D

8.  Kebab
Makanan khas turki ini bisa jadi alternatif menu yang menyegarkan lidah. Irisan tomat, bawang bombay daging asap dan saus bisa jadi intermezo kuliner kamu.

9. Es Puter
Nah, si manis nan menyegarkan ini jangan sampe kelewatan apalagi kalo rasa kelapa muda bikin pengen nambah lagi deh :D

So, buat kamu-kamu yang sebentar lagi akan mulai kebanjiran undangan kawinan dari sodara ataupun temen, jangan lupa untuk mencoba bocoran makanan asik di lidah tadi ya.

Happy eating and Happy tummy guys :)

Tiga = 3

Tanggal 15 Oktober 2015 kemarin, jadi salah satu tanggal penting dalam hidupku, emang kenapa? Karena eh karena kemarin itu hari ulang tahun ke 3 pernikahanku. Penting banget makanya semua orang harus tau :D
Tiga tahun itu ternyata kalau dihitung ada sekitar 1.095 hari...bukan waktu yang singkat, waktu yang mengingatkan darimana semua di mulai, suka dan duka..
Dan di tahun yang ketiga ini, kami juga sudah bertiga.. yeay...
Kata orang berdua lebih baik, tapi itu masih kurang makanya kita tambahin satu biar jadi bertiga :)

Now, Our Bundle of joy has come
Yeah, the bundle is you
My Rasyid Akmal Pradana


Anggota keluarga baru kami ini sekarang sudah berumur 8 Bulan, sedang lincah-lincahnya merangkak dan sebentar lagi akan belajar berjalan karena dia sudah mulai berdiri. Semoga jadi anak yang cerdas dan sholeh ya nak.. amiiin

Ah betapa waktu cepat berlalu, mungkin dalam 1, 5, 8 bahkan 10 tahun yang akan datang cerita ini tinggal sepenggal kisah lama. Tapi sepenggal kisah lama itulah yang akan mengingatkan kita betapa beruntungnya kita saling memiliki satu sama lain. Suamiku, Kamu yang mengisi kekuranganku, aku yang menjadi lebihmu (berat badah sih iya... hahhahha) kamu yang selalu siap memelukku kapanpun aku ingin dipeluk, mendengarkan keluh kesahku, menjadi penyemangat dan penyelamatku. Kamu...iya kamu.. yang selalu bisa membuatku tertawa dengan segala omong kosong dan kekonyolanmu. Terima kasih karena telah membuatku menjadi wanita terbahagia dan beruntung karena mendapatkanmu dan menjadikanku Ibu bagi anak-anak kita. Karena kamu adalah Surgaku, separuh nyawaku, pialaku juga kebanggaanku.

Semoga tahun yang ketiga ini dan juga tahun-tahun yang akan datang mampu menguatkan kasih sayang diantara kita, menjadikan keluarga kita sebagai keluarga panutan dalam hal-hal yang baik dan selalu dalam lindungan-Nya. Amiin 3x Ya Rabb...


When One is too quiet
He adds one
Then two become one
Those two make three
Then we have a companion
Three in one
as a Family :)

Happy 3rd Wedding Anniversary my dear one :*
Love both of you ^_^                                                          

Tuesday, October 6, 2015

BANANA PARTY

Yuhuuuu.... nom nom nom....aku datang :)

Oops....Sejak hari sabtu kemarin rumah dipenuhi aroma pisang yang mulai matang, wangiiiii....
Akhirnya, sebagian dibagi-bagi ke tetangga deket rumah karena seminggu sebelumnya kami dapat kiriman pisang mentah 1 tandan dari Kebumen (Mertua) :D. Kebetulan pisangnya pisang ambon, jadi...kebayang kan aromanya yang wangi pasti menerbitkan air liur hihihi..

Kebingungan karena berlimpah pisang saya pun mencari solusi. Daripada pisang-pisang yang sudah terlanjur matang ini terbuang sia-sia, jadilah kemarin sore sepulang dari kantor langsung eksekusi....bikin Banana Cake. yeay.....


Berikut resep Banana Cake yang saya buat kemarin:

Bahan
1. 4-5 buah pisang ambon ukuran sedang (500gr)
2. 200gr tepung terigu protein sedang/serba guna
3. 100gr gula pasir
4. 4 butir telur
5. 120 gr margarin dilelehkan

Cara Membuat:

Siapkan oven, set di suhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di bawah kalau oven anda pendek seperti punya saya.
Siapkan loyang, olesi dengan kertas roti-- tapi berhubung kemarin saya pake loyang bolu ban dengan diameter 26cm, cukup saya olesi dengan mentega saja biar tidak lengket :D. Intinya manfaatkan saja barang-barang yang ada di rumah, nggak usah beli kalo nggak punya (:

Rendam telur di air hangat suam-suam kuku supaya putih telur encer dan bisa mengembang maksimal ketika dikocok. Pastikan air tidak terlalu panas supaya telur tidak matang :)


Cairkan mentega dengan api yang sangat kecil, jangan mencairkan hingga mentega mendidih. Jika sebagian mentega telah meleleh matikan saja api kompor dan goyang-goyangkan panci, kondisi panci yang panas akan membuat sisa mentega meleleh sempurna. Tuangkan mentega cair ke dalam mangkuk yang agak besar, diamkan hingga agak mendingin.

Siapkan mangkuk kecil, masukkan pisang. Hancurkan pisang dengan garpu sampai hancur, jangan menghaluskan pisang dengan menggunakan blender karena tekstur pisang akan hilang. Sisihkan. 
Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur yang telah direndam dalam air hangat dan gula pasir. Kocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur baik kemudian naikkan kecepatan mikser menjadi tinggi dan kocok telur dan gula hingga mengembang, kental dan berwarna putih pucat. Tahapan ini dikenal dengan ribbon stage, tandanya ketika alat pengocok anda angkat maka adonan yang jatuh masih meninggalkan jejak selama beberapa detik. Jika tahapan ini belum tercapai, kocok kembali adonan hingga ribbon stage. 
Masukkan pisang lumat, aduk perlahan dengan teknik aduk balik hingga tercampur baik. Masukkan tepung dengan cara diayak ke dalam adonan telur-pisang. Aduk adonan dengan spatula menggunakan teknik aduk balik. Lakukan dengan perlahan agar tidak banyak busa yang mencair. Adonan yang terbentuk kental dan pekat.
 

Kemudian Tuangkan sekitar 1/4 adonan ke dalam mangkuk berisi mentega leleh, aduk perlahan hingga tercampur baik. Masukkan sisa adonan ke dalam adonan mentega, aduk dengan teknik aduk balik secara perlahan hingga tercampur dengan baik.

*Note: cara mencampur sebagian adonan dengan mentega leleh ini untuk mempermudah mentega tercampur baik di dalam adonan. Minyak cenderung untuk mengendap di dasar adonan dan sulit tercampur dengan adonan kala diaduk. 
Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Panggang selama 20 menit atau hingga permukaannya tampak mengeras dan kekuningan. Keluarkan loyang berisi cake, dengan pisau tajam iris memanjang permukaan cake. Lakukan kegiatan ini dengan cepat. Kemudian masukkan kembali cake ke dalam oven dan panggang selama 20 menit hingga cake matang. Tes kematangan cake dengan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel maka cake telah matang.

Keluarkan dari oven, diamkan sejenak hingga uap panasnya hilang.  Diamkan hingga dingin.
Keluarkan cake dengan cara membalik loyang dan potong-potong cake. Siap disantap ramai-ramai. Super duper yummy!
Siap untuk Banana Party :)




NOTE:
Mommy bisa menambahkan topping berupa kismis, chocochips atau keju lho. Pokoknya buatlah kreasi sesuai selera.

Selamat mencoba ya mommies :D