Tuesday, May 28, 2019

OBAT SAKIT KEPALA UNTUK IBU MENYUSUI YANG AMAN DAN AMPUH

May 28, 2019 0 Comments
Sakit kepala adalah fenomena yang umum dan cukup banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sakit kepala pun juga bisa menyerang ibu yang sedang menyusui. Kondisi sakit kepala yang menyerang ibu hamil sebenarnya bukanlah penyakit namun gejala sebuah penyakit. Dan ada banyak faktor dan penyebab dari sakit kepala tersebut. Tentunya ini akan sangat mengganggu ibu dalam memberikan asupan ASI kepada anak, padahal ASI adalah nutrisi yang cukup penting bagi bayi. Ibu juga tidak bisa mengkonsumsi obat secara sembarangan untuk meredakan sakit kepala. Hal ini karena kandungan obat tertentu dapat menghambat produksi ASI yang mana sangat penting bagi anak. Bahkan ada kemungkinan jika zat dalam obat tersebut dapat mempengaruhi kesehatan buah hati. Karena itulah penting untuk mengetahui obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi namun juga efektif menyembuhkan. Dan pada kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi sakit kepala pada ibu menyusui berdasarkan penyebabnya.
Dehidrasi atau Kurang Cairan
Salah satu penyebab utama mengapa ibu menyusui bisa mengalami sakit kepala adalah saat tubuh kekurangan cairan. Apalagi saat menyusui, ibu akan banyak mengeluarkan cairan melalui ASI, uri, dan keringat. Jika cairan yang masuk ke dalam tubuh ibu tidak seimbang dengan cairan yang dikeluarkan, maka ibu dapat mengalami dehidrasi. Dan dehidrasi ini bisa menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan. Hal ini karena minimnya air yang ada di dalam darah sehingga membuatnya menjadi pekat. Sehingga aliran yang menuju tubuh bagian atas menjadi terhambat. Akibatnya akan muncul sakit kepala yang cukup menganggu.
Perlu anda ketahui jika ASI yang diberikan kepada anak bisa mencapai 200ml utnuk sekali menyusui, dan itu artinya jumlah tersebut merupakan cairan yang keluar hanya untuk sekali menyusuia saja. Dan bisa dibayangkan jika hal itu dilakukan beberapa kali dalam sehari, bisa dibayangkan berapa banyak cairan yang harus keluar dari tubuh ibu. pengeluaran cairan tersebut tentunya harus didukung dengan asupan cairan yang banyak. untuk itu atasi sakit kepala tersebut dengan mengkonsumsi air putih, minimal 3 liter perhari. Asupan cairan tambahan juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jus maupun kuah sayur. Kurangi mengkonsumsi kopi atau softdrink, karena jenis minuman ini memiiki sifat diuretic atau dapat menahan cairan.
Kurang Waktu Istirahat
Sakit kepala yang dialami ibu menyusui juga bis disebabkan karena kurangnya waktu istirahat. Seperti yang anda ketahui, total kebutuhan waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah 7-8 jam setiap harinya. Namun pada saat menyusui, bayi bisa bangun kapanpun untuk meminta ASI, bahkan pada saat tengah malam sekalipun. Inilah yang membuat ibu terkadang kekurangan waktu untuk menyusui. Kurangnya waktu tidur bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh menjadi menurun, sehingga peredaran darah yang menuju kepala bisa terhambat. Dan akibatnya akan menyebabkan sakit kepala. Obat sakit kepala untuk ibu menyusui ini hanya bisa didapatkan saat ibu dapat beristirahat dengan cukup. Anda bisa “membayar” kurangnya waktu tidur di malam hari dengan tidak melewatkan tidur di pagi atau siang hari. Anda juga bisa meminta bantuan suami maupun babysitter untuk bisa membantu merawat bayi.
Posisi Menyusui Yang Salah
Salah posisi menyusui juga bisa menyebabkan sakit kepala pada beberapa kasus, dan sayangnya banyak ibu yang tidak mengetahui hal ini. memposisikan diri yang salah saat menyusui akan dapat mempengaruhi si kecil maupun diri anda sendiri. Akibatnya akan memicu sakit kepala dan anak juga menjadi kurang nyaman. Posisi yang benar ketika menyusui adalah saat punggung tegap dan bersandar, sehingga tidak terlalu membawa ebban berat dan kepala bisa ditengadahkan kedepan sehingga tidak mudah pegal. Ibu juga bisa menggunakan bantal menyusui sebagai penyangga bahu dan punggung. Jika menyusui sambil berbaring, pastikan untuk selalu berhanti sisi. Jangan lupakan untuk melakukan olahraga dan stretching agar otot-otot tidak tegang.
Stress Atau Tegang
Tak jarang ibu yang baru saja melahirkan bisa mengalami stress atau tegang, dan menyebabkan ibu mengalami sakit kepala. Putting yang terasa sakit, kekhawatiran ASI yang tidka mencukupi, jenuh, maupun penyebab lainnya bisa menjadi pemicu sakit kepala. Saat stress, ini akan menekan dan menghambat darah yang mengalir menuju kepala dan kemudian menyebabkan kontraksi otot. Dan inilah yang menyebabkan tubuh akan dipenuhi unsur kimiawi yang memicu stress seperti adrenalin. Dan sebalinya, endorphin yang merupakan hormone yang dapat menenangkan tubuh bisa berkurang. Untuk mengobati rasa sakit yang diakibat oleh stress, maka anda bisa mencoba mengkompres di bagian belakang leher menggunakan kompres hangat. Ini akan sangat membantu mengendurkan tegang. Atau ibu juga bisa mencoba melakukan latihan relaksasi sambil mendengarkan music yang lembut. Kurangi perasaan cemas dan khawatir  serta lakukan hal-hal yang menyenangkan hati.
Nah itu tadi beberapa penyebab serta obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang bisa dicoba. Jangan asal mengkonsumsi obat terkecuali sudah diresepkan oleh dokter. Yang terpenting adalah ibu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu dan kemudian mencari cara untuk mengatasinya. Jika sakit kepala tidak kunjung sembuh, maka anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter.

Sunday, May 12, 2019

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE

May 12, 2019 0 Comments
credit: google
Ketombe

Masalah pelik kesehatan rambut yang banyak di derita manusia-manusia Indonesia termasuk saya. Apakah kalin juga? punya masalah dengan ketombe? kalau kata adik saya itu kerlip bintang yang bertaburan di rambut saya ketika saya sudah mulai garuk-garuk kepala dan ngambil sisir buat nyisir rambut di atas hamparan kain hitam. Kesel emang kalau ngomongin soal ketombe ini nggak ada habisnya.

Penyebab Ketombe
Salah satu penyebab munculnya ketombe adalah produksi minyak yang berlebih atau terlalu sedikit di kulit kepala. Selain itu juga kulit kepala yang terlalu kering dapat memicu timbulnya ketombe. Infeksi atau jamur di kulit kepala (dermatitis seboroik) juga harus diwaspadai gaes. 

Nah menurut penelitian yang pernah saya baca tingkat stres yang terlalu tinggi juga bisa memicu munculnya gatal-gatal di kulit kepala lho gaes. Nah lo just take a rest ya gaes kalau sudah merasa lelah pikirannya..jangan di push terlalu banyak makin gatel lho nanti :)

Atasi Ketombe

Lalu bagaimana cara mengatasinya? salah satu cara yang paling mudah ya sering keramas agar minyak tidak menumpuk di kulit kepala. Kenapa? minyak yang menumpuk di kulit kepala dapat memperburuk kondisi ketombe, makin masive nanti. 

Saya sendiri sampai sekarang masih memiliki masalah dengan ketombe meski tidak separah dulu. Dulu ketombe saya luar biasa banyak gatalnya nggak ketulungan, berbagai cara saya lakukan untuk mengatasinya. Meskipun belum berhasil namun layak dicoba karena perlaha-lahan ketombe saya berkurang. Ini dia beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Lidah Buaya
Daging lidah buaya adalah obat alami peradangan karena sifatnya yang mendinginkan. Kalian bisa mengerok daging lidah buaya dan membalurkannya di kepala sebelum keramas. Lebih asyik lagi kalau sebelum dipakai dimasukkan di kulkas dulu supaya saat dibalurkan sensasi dinginnya semakin maksimal. 

Diamkan selama minimal 30 menit agar meresap di kulit kepala baru setelah itu dibilas dan lanjut keramas. Selain kulit kepala terasa dingin dan segar, rambut juga ternutrisi dan lebih lembut.

2. Garam
Ambil segenggam garam lalu balurkan keseluruh kepala sambil dipijat lembut diamkan selama 15 menit. Untuk metode ini akan terasa perih apalagi kalu kulit kepala sering digaruk tapi cukup efektif menghambat munculnya ketombe,

Nah itu dia beberapa tips untuk menghilangkan ketombe yang bisa dicontoh. Apalagi bahan-bahannya juga ada disekitar kita jadi mudah untuk di dapatkan. Selamat mencoba ya gaes...

Saturday, May 11, 2019

PROMO BELANJA ONLINE IS A MUST

May 11, 2019 0 Comments
Halaooo...
Masuk hari ke 6 bulan ramadhan apakah masih sanggup menahan godaan gaes? pasti masih dong ya... tapi godaan apa dulu nih? :D

Godaan haus dan lapar pasti lewat deh tapi kalau godaan diskon pada tahan nggak ya? utamanya sih kaum hawa yang hidupnya modis alias modal diskon hihihihi. Ini termasuk saya kok gaes yang matanya langsung melek kalau ada kata diskon atau sale apalagi kalau harganya bisa terjun bebas gitu. Mostly gagal kekep dompet dan ATM kalau ada sale baju, buku, dan skin and body care. Bisa amblas isi dompet dan ATM. Ada yang suka ngalamin gitu juga ga? sedih ya...

Tapi apalah daya godaan itu begitu kuat menghampiri jadi ya sudah akhirnya menyerah begitu saja bukannya kita yang menghempaskan (pinjam kata-kata inces syahrini) malah kita yang terhempas wkwkkw sib nasib.

Nah jelang Lebaran gini pasti banyak tawaran diskon yang nggak boleh terlewat dari situs belanja online kesayangan. Kalau saya sendiri ada beberapa situs yang wajib dipantengin, pengen tahu apa aja? nih saya kasih bocorannya:

1. The Body Shop
Di momen ramadhan jelang lebaran ini the body shop ngadain promo lho gaes. Promo apa nih? jadi sambil nunggu bedug maghrib setiap harinya selama ramadhan thebodyshop.co.id ada sale up to 50% di jam 15.00-17.00 WIB dan ada barang baru yang di ikutkan sale setiap harinya. Mulai dari lipstik, foundation, bedak, shower gel, handbody sampai skin care. Mantap jiwa kan? :)



2. HIJUP
Lagi cari inspirasi baju lebaran biar sesuai trend? cuzz intipin aja situsnya hijup gaes...dijamin laper mata karena banyaknya brand yang worth to buy buat lebaran nanti. Iya semenarik itu belum lagi banyak promo tambahan diskon yang bikin kita makin semangat buat milih baju. Ati-ati ya jangan sampai kalian terjerumus dalam lembah penyesalan karena kalap beli ini itu.. don't blame on me ya gaes :D

Walau bagaimana pun sudah kodratnya wanita ingin tampil cantik dan menarik apalagi dimata pasangannya. Jadi sesekali belanja barang-barang yang mempercantik diri itu diperbolehkan. Selamat berbelanja and go get your deal anyway :D.

Friday, May 10, 2019

NASI GORENG PUTIH TEMAN SAHUR HARI KELIMA

May 10, 2019 0 Comments
Hai-hai-hai gaes masuk hari kelima puasa sudah adakah perubahan signifikan? misalnya celana sudah mulai kedodoran seperti kejadian yang dialami oleh salah seorang kawan saya. Pagi ini ketika hendak berangkat kerja dia terkejut ketika memakai salah satu celana kerjanya karena tiba-tiba celana tersebut longgar saat dipakai. Dia udah girang aja dipikirnya berat badan sudah turun karena celana sudah longgar eh ternyata oh ternyata kolornya putus sodara-sodara... yaaah penonton kecewa deh :). 

Itu tadi cerita kawan saya, lain lubuk lain ikannya semoga banyak perubahan baik ya gaes.. amin. Btw,tadi pada sahur apa nih? kalau saya bikin nasi goreng yang diawali dengan makan sepiring buah yang dimakan keroyokan. Berarti makan buahnya nggak sepiring dong ya kan buat keroyokan mihihihi... 

Oiya balik ke menu sahur saya bikin nasi goreng tanpa kecap dengan banyak taburan bawang mewah, kesukaan saya. Hmmmm, yummy... Nah berikut resep nasi goreng kesukaan saya gaes, cekidot: 

Bahan: 
- 2 siung bawang putih 
- 6 siung bawang merah
- 2 buah cabe merah 
- sejumput (1/4 s.d 1/2sdt) garam - minyak goreng/margarin 
- 2 piring nasi 
- telur 
- bawang merah goreng

Cara Membuat: 
- haluskan bawang putih, bawang merah, cabai dan garam 
- panaskan api, tuang minyak ke wajan tunggu panas lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan 
- tumis bumbu hingga harum dan berubah coklat 
- masukkan nasi aduk hingga merata lalu tambahkan bawang merah goreng sambil terus diaduk 
- koreksi rasa, jika sudah pas matikan api 

Karena saya suka telur ceplok alias telur mata sapi, maka telur saya eksekusi dengan di goreng ceplok. Setelah telur matang, tuangkan nasi goreng ke piring lalu tambahkan telur diatasnya. Jika kalian suka lalapan bisa ditambahkan kol yang iiris halus, tomat yang sudah di potong-potong dan juga beberapa lembar selada. 

Nah itu dia resep nasi goreng kesukaan saya, bisa dicoba di re-cook lho gaes bikin versi kesukaan kalian :) Selamat mencoba ya...

Thursday, May 9, 2019

SAYUR LODEH MENU HARI KE EMPAT PUASA

May 09, 2019 0 Comments
Memasuki hari ke empat bulan ramadhan, saya yakin perlahan metabolisme tubuh kita sudah mulai mengikuti ritme yang ada. Apalagi sudah mulai memasuki musim kemarau, godaan semakin banyak terutama kalau sering liat TV. Meskipun saya tidak ikut puasa tapi kewajiban menyiapkan makanan masih ada dipundak saya sebagai seorang istri. Aseeek...meski kadang pusing juga mau masak apa tapi ini jadi tantangan tersendiri mengingat saya harus bekerja dari pagi sampai sore. 

Di rumah pun anak-anak sudah menunggu untuk diajak main atau sekedar melepas rindu karena ditinggal seharian. Jadi waktu yang harus dibagi dengan bijak ini membutuhkan keahlian untuk memanfaatkannya. Berhubung bulan puasa bisa pulang satu jam lebih awal saya jadi bisa masak. 

Kebetulan di rumah masih ada beberapa sayuran seperti buncis, terong, kol, labu siam yang kayaknya bakalan cocok untuk di eksekusi jadi sayur lodeh. Kebayang nikmatnya makan sayur lodeh plus ikan pindang goreng nyam nyam nyam...

Oiya kebetulan masih ada tempe seiris akhirnya kepikiran ditambahin aja ke isian sayur lodeh. Jadilah sore kemarin saya masak sayur lodeh. Eksekusi dilakukan sore hari sepulang kerja. Meskipun badan capek dan mata ngantuk tapi kewajiban harus dilaksanakan. Yasudah mari kita kemon gaes, cuss eksekusi masak sayur lodehnya :D

                                             

*Bahan:
-Minyak goreng                                   
-Buncis
-Kol
-Labu Siam
-Terong
-Tempe
-Santan 500 ml
-Air
*Bumbu:
-Bawang putih 2 siung
-Bawang merah 5 siung
-Cabe merah 3 buah
-Salam 2 lembar
-Lengkuas 2cm
-Gula secukupnya
-Garam secukupnya


Cara membuat:
- Siapkan wajan, tuangkan minyak dan panaskan api lalu masukkan bawang putih, bawang merah,cabe, lengkuas dan daun salam tumis hingga baunya harum dan kecoklatan
- Masukkan sauran yang sudah di potong dan juga tempe, aduk hingga tercampur rata lalu tambahkan air masak hingga empuk
- Tuangkan santan, aduk hingga mendidih dan matang
- Tambahkan garam dan gula, koreksi rasa matikan api
- Angkat

Ada yang suka makan sayur lodeh juga? yuk cobain resep ini...

Wednesday, May 8, 2019

CLASSIC NO BAKE PEANUT BUTTER COOKIES

May 08, 2019 0 Comments
Halo gaes...

Memasuki hari ketiga ramadhan sudah ada perubahan apa nih? semoga perubahannya ke arah yang lebih baik semua ya gaes...amin

Oiya hari ini banyak hal yang terjadi di kantor, capek, ngantuk, geli campur jadi satu. Lumayanlah banyak hal yang membuat hidup lebih hidup hari ini, such a long day man... but show must goes on, right? lalu daripada gabut pas jam istirahat saya keluar dong ke supermarket beli apa aja yang sreg di hati hehehehe jadilah dapet ini.
  •                                    



Beberapa hari ini kepikiran pengen bikinin cemilan sehat buat anak-anak di rumah. Setelah semalam bikin puding coklat yang laris manis saatnya beralih ke sajian yang lebih settle macam cookies. Berhubung saya males bongkar-bongkar oven yang nangkring entah dimana saya akhirnya memutuskan untuk membuat no bake cookies aja. Simple as usual cocok buat emak-emak rempong macam saya :D.

So here we go gaes...

Bahan:
115 gr butter potong-potong
400 gr gula  halus
120 ml susu
20 gr bubuk coklat
125 gr creamy peanut butter
1 sdt vanila ekstrak
300 gr quick oat

cara membuat:
* Masukkan mentega, gula, susu, dan bubuk coklat plain (tanpa pemanis) ke dalam panci lalu panaskan  diatas api sedang sambil terus diaduk agar semua bahan tercampur dengan baik sampai mendidih.

* Didihkan kurang lebih sekitar satu menit sambil diaduk lalu matikan api.

* Masukkan selai kacang sambil diaduk hingga tercampur lalu tambahkan oat aduk terus hingga oat tercampur sepenuhnya.

* Taruh sesendok adonan diatas loyang yang sudah dilapisi kertas roti (saya memakai dua sendok makan) sampai seluruh adonan habis.

* Diamkan agar uap panas menghilang lalu masukkan kedalam kulkas selama minimal 30 menit agar adonan mengeras.

* Jika sudah cookies siap dihidangkan dan dan dinikmati.


Gampang kan..selamat mencoba ya gengs..saya sendiri baru bisa eksekusi ini jam 10 malam karena anak-anak pada rewel dan panas. Mana dua-duanya muntah karena batuk dan masuk angin, jadi sedih..

Pokoknya selamat mencoba ya gengs semoga berhasil...

TEMPAT NONGKRONG FAVORIT SAAT BUKA PUASA DI SEMARANG

May 08, 2019 0 Comments
Ramadhan tiba ramadhan tiba ramadhan tiba....alhamdulillah sudah memasuki hari kedua ramadhan, masih pada kuat kan gengs? jangan kasih kendor pokoknya...malu ama dedek-dedek gemes yang pada rajin banget puasanya :D

Bulan ramadhan identik dengan ngabuburit alias menunggu waktu maghrib. Sebenernya ngabuburit sendiri berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti dasar burit yang artinya "sore hari menjelang maghrib". Bagi anak muda jaman now ngabuburit wajib hukumnya, biasanya mereka akan menuju suatu tempat yang asyik buat nongkrong dan dekat dengan para penjual makanan supaya saat bedug maghrib berkumandang bisa segera berbuka.

Dulu jaman saya masih muda, eh emang sekarang udah tua ya? enggak juga sih..masih muda juga kok hihihi.... Saya dan teman-teman kuliah suka nongkrong di area Jalan Pahlawan Semarang. Suasana Jalan Pahlawan akan ramai dipadati muda mudi yang asyik nongkrong menanti bedug maghrib di kawasan itu. Kami biasanya melakukan banyak hal meski hanya terkesan kongkow nggak jelas seperti diskusi tugas kelompok, ngobrol, ngaji sambil lesehan di pinggir trotoar. Pokoknya asyik banget gengs..jadi kangen masa-masa itu!



Itu jaman saya kuliah dulu, tapi sepertinya suasana itu masih belum berubah jika ramadhan tiba apalagi sekarang kawasan Taman KB yang sekarang sudah jadi Taman Indonsia Kaya sudah semakin apik. Pasti lebih banyak anak muda dan juga keluarga yang mngajak pasangan juga anak-anak mereka menikmati sore di Taman Indonesia Kaya sembari menanti bedug maghrib. 

Jujur sejak menikah dan tinggal di daerah Semarang atas saya sangat jarang ngabuburit ke bawah, paling banter buka puasa bersama temen kantor :D. Selain itu no... yah kecuali belanja kali ya...ngemall, nonton, ke toko buku hehehe..

Bagi saya sendiri pilihan asyik buat nongkrong dan buka puasa masih jatuh pada Restauran Semarang yang terletak di jalan Gajah Mada milik Pak Jonki Tio. Selain karena makanannya yang menggugah selera juga karena suasananya yang homey, feels like home. Good taste, good people and good ambience...

Saya jadi ngebayangin enaknya lumpia yang tersaji hangat di meja, juga jus sari kacang hijau yang lezat dan aneka makanan khas yang siap memanjakan lidah kita. Penasaran? silakan datang dan buktikan sendiri.. karena lidah nggak bisa bohong :D

Btw, selamat menanti bedug maghrib di tempat favorit kalian ya gengs :)

Monday, May 6, 2019

TEMPE BACEM DAN SAMBAL GORENG KENTANG MENU BUKA PUASA PERTAMA 1440H

May 06, 2019 0 Comments
Halo...Assalamualaikum semua..gimana nih kabarnya di hari pertama puasa? semoga masih pada kuat ya sampai waktunya berbuka nanti... jangan sampe kalah sama yang masih kecil yang bisa puasa full sampe maghrib :) 

Alhamdulillah hari ini saya sudah mulai ngantor lagi setelah dua bulan off dari peredaran karena cuti melahirkan. Lumayanlah rehat sejenak dari rutinitas di kantor yang super sibuk tapi kelamaan di rumah juga nggak enak, bosen :D. Itu kalau saya, entah kalau yang lain hehehehe...

Nah hari pertama puasa biasanya pada sibuk nyiapin menu buka puasa di rumah ya...kalau saya sendiri nggak ada yang khusus dalam menyambut Ramadhan kali ini. Maklum lagi repot ngurusin tiga anak kecil apalagi yang dua masih piyik. Masih bisa masak dengan on time aja udah syukur  (balada ibu malas)  

Berhubung hari pertama puasa ini daycare Gendhis, anak saya yang kedua libur jadilah saya ngantor bawa bayi umur dua bulan demi meringankan beban ART di rumah. Masa iya tega ninggalin ART momongan 3 biji yang super aktif macam anak saya. Akhirnya Jelita saya ajak mumpung masih banyak tidur jadi nggak terlalu banyak mengganggu aktivitas kerjaan saya. Alhamdulillah anaknya anteng.

Balik lagi ngomongin persiapan buka puasa pertama hari ini, saya nggak ada ada persiapan khusus. Tadi pagi sudah sempet bikin bacem tempe buat ayahnya anak-anak yang kebetulan vegetarian. Lalu sore ini sudah pesen ke ART saya untuk bantu kupasin kentang mau dimasak sambal goreng kesukaan suami juga. Tinggal ditambahin wortel potong dadu dan kacang kapri. Duh, jadi laper ngebayangin sambal goreng yang udah mateng, dimakan sama nasi putih anget plus kerupuk udang.. nyam...

Sebenernya saya kangen dimasakin ibu menu capjay ndeso yang yahud karena dimasak dengan cinta dan saya nggak repot alias tinggal makan hehehe. Paling-paling saya bisa nyicip masakan ibu pas lebaran. Nah, kalian sendiri ada persiapan khusus atau keinginan yang belum terwujud nggak di ramadhan tahun ini? 

Saturday, May 4, 2019

Keunggulan Popmama.Com Yang Berbeda Dari Media Digital Lain

May 04, 2019 0 Comments
Salah satu anugerah yang diberikan oleh sang pencipta kepada pasangan yang telah menikah adalah anak. Hadirnya anak di dalam sebuah keluarga akan menyempurnakan kebahagian sebuah keluarga, terlebih bagi keluarga muda yang baru memiliki seorang anak. Selain itu juga adanya anak ini akan semakin memperat cinta diantara pasangan suami istri. Tetapi untuk para ibu muda dengan dikaruniani anak ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya, sehingga terkadang akan timbul rasa khawatir atas tumbuh kembang si kecil nantinya. 

Sebenarnya para ibu muda ini tidak perlu khawatir karena dengan segala kemajuan teknologi yang terjadi saat ini, untuk mengurus si kecil bukan lagi menjadi hal yang sulit. Pasalnya saat ini sudah adanya media digital yang mengerti dengan kebutuhan para ibu muda tersebut didalam mengurus si kecil.

Dengan adanya media digital tersebut maka urusan mengasuh si kecil akan terasa lebih mudah. Salah satu media digital yang dapat membantu ibu didalam mengurus si kecil adalah Popmama.Com. Mengapa harus memilih Popmama? Karena Popmama.Com ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh media digital lainnya. Berikut beberapa keunggulan Popmama.Com yang menjadikannya berbeda dari media digital lainnya diantaranya yaitu : 

1. Popmama.Com Hadir Khusus Untuk Ibu Muda 
Popmama.Com ini adalah sebuah situs yang dihadirkan khusus untuk para ibu muda. Para penulis yang ada didalam situs ini adalah para ibu muda dan juga para pakar dibidang parenting. Sehingga para ibu muda ini tidak perlu khawatir pada saat mengakses Popmama.Com, karena situs ini merupakan jawaban dari semua pertanyaan para ibu tentang bagaimana menjadi orang tua yang baik untuk anak anaknya nanti. Mulai dari si kecil masih didalam kandungan hingga mereka beranjak menjadi anak anak. 

2. Popmama.Com Memiliki Kategori Yang Lengkap 
Popmama.Com ini memiliki kategori yang lengkap untuk ibu mulai dari Pregnancy hingga Lifestyle. Para ibu muda sudah bisa mulai mengikuti Popmama.Com setelah menikah. Karena para ibu muda ini dapat menemukan informasi dasar soal parenting yaitu tentang kehamilan. Pada intinya kategori yang ada didalam Popmama.Com sangat lengkap mulai dari masa kehamilan hingga anak berusia 12 bulan. Semuanya ada di Popmama.Com yang dapat menjadikan ibu muda millenial lebih cerdas didalam mendidik anak. 

3. Popmama.Com Memiliki Tools Yang Dibutuhkan Ibu Millenial 
Popmama.Com tidak hanya sekedar situs yang menyediakan berbagai informasi untuk para ibu millenial saja, tetapi situs ini juga dilengkapi dengan tools yang tentunya akan sangat berguna bagi para ibu millenial. Setidaknya ada 3 tools yang disediakan oleh Popmama.Com seperti Due Date Calculator, Ovulation Calculator, dan Baby Names Finder. Pastinya para ibu millenial sudah mengetahui tentang kegunaan dari 3 tools tersebut. 

4. Adanya Meet #Millenialmama Of The Month 
Yang paling istimewa dari Popmama.Com bagi beberapa ibu millennial adalah Millenialmama Of The Month. Ini merupakan konten spesial yang menghadirkan tokoh publik terpilih setiap bulannya. Sehingga bagi ibu millenial ini bisa dijadikan sebagai model rules of mama bagi para ibu millenial didalam mendidik anaknya. 

Selain itu ada keunggulan lain dari Popmama.Com yang menjadikannya berbeda dengan situs lainnya seperti situs ini akan memberikan pengalaman yang terbaik untuk para ibu millenial didalam mendapatkan informasi terbaru tentang pola asuh anak yang baik dengan dihadirkannya banyak fitur dan teknologi terbaik.

Friday, May 3, 2019

HIJRAH SAMPAH DEMI HIDUP LEBIH BAIK

May 03, 2019 0 Comments
HIJRAH

Secara harfiah bisa diartikan sebagai meninggalkan atau berpindah (pergi). Dulu Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat beliau melakukan hijrah dari Mekah menuju Madinnah dengan maksud mencari tempat baru yang lebih baik untuk menegakkan syariat islam karena Mekkah sudah tidak bisa diperbaiki. Seiring perkembangan jaman hijrah bisa memiliki banyak makna seperti Prinsip Hidup atau tekad untuk mengubah diri demi meraih rahmat dan ridha Allah SWT. Nah seseorang bisa dikatakan berhijrah jika memenuhi dua syarat yaitu ada sesuatu yang ditinggalkan dan ada sesuatu yang dituju (tujuan).  

Kedua-duanya harus dipenuhi oleh orang yang berhijrah, misalnya dengan tidak buang sampah sembarangan dan mulai membuang sampah pada tempatnya dimanapun berada termasuk jika melihat ada orang lain yang buang sampah sembarangan berani menegur atau memungut sampahnya. Sejatinya, orang yang telah bertekad untuk berhijrah yaitu yang mengubah hidupnya menjadi lebih baik akan memperoleh derajat yang lebih tinggi di mata Allah, insyaAllah.

Janji Allah ini sudah tertulis di Al-Quran ya, " Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan." (QS At-Taubah: 20).

Saat ini saya dan suami sedang mencoba hijrah untuk mengelola sampah dengan baik sehingga bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Kami terinspirasi dari kolega suami yang sudah menerapkan pengelolaan sampah terpadu di lingkup RT dan RW nya sehingga berdaya guna. Selain merasa tertohok dengan berita yang wara-wiri akhir-akhir ini tentang Indonesia sebagai negara yang menyumbang sampah terbesar kedua di dunia kami juga ingin menjalankan syariat agama kami dengan menjaga kebersihan yang baik dan benar. 

Kebersihan sebagian dari Iman adalah salah satu poin penting dalam kehidupan beragama dan kehidupan sehari-hari. Sampah yang menjadi masalah utama negara dan juga rumah tangga ini sangat membutuhkan perhatian khusus dan mendalam agar tercipta solusi yang mampu memaslahatkan umat.

Mulai dari Diri Sendiri

Hijrah itu paling enak dan gampang ya mulai dari diri kita sendiri, kita adalah bos bagi diri kita sendiri. Nggak perlu nunggu yang lain hijrah apalagi yang keras kepala. Bukannya mau egois tapi setidaknya kita bisa jadi leader yang mampu berbuat lebih dan kasih contoh ke yang lain kalau apa yang kita lakukan itu memberikan dampak positif. InsyaAllah yang lain akan mengikuti jejak kita alias jadi follower.

Saya dan suami, terutama suami sudah memberikan penyuluhan mengenai pengelolaan limbah rumah tangga (sampah organik) seperti sisa makanan atau sayuran yang tidak dimasak untuk diolah menjadi pupuk. Caranya gimana? caranya dengan memakai takakura composting, seperti ini...





Di rumah, kami pun menerapkan metode ini untuk mengolah sisa makanan juga sayuran sehingga limbahnya bisa dipakai untuk memupuk tanaman yang ada disekitar rumah. Kebetulan kami menanan bunga, kaktus, daun sirih, jahe, kunyit, palem dan juga tanaman lain yang membutuhkan tambahan nutrisi untuk perkembangannya. Jadi pupuk buatan sendiri ini alhamdulillah sangat bermanfaat. Intinya adalah kami ingin menerapkan teori rantai makanan untuk kelangsungan hidup agar tetap bermanfaat seperti ilustasi gambar berikut. Jadi apa yang kita makan dan tidak bisa tetap bermanfaat.


Saya sendiri meski kadang lupa sudah mulai mengurangi sampah plastik dengan membawa kantong sendiri saat belanja. Entah itu belanja lauk, ke tukang sayur atau belanja kebutuhan bulanan di swalayan. Walaupun sepele tapi kumpulan plastik kantong belanja di rumah berangsur-angsur menipis lho berkat metode ini. 

Selain itu lingkungan perumahan kami juga mewajibkan warganya untuk memilah sampah seperti kardus dan botol plastik yang layak jual. Lalu minggu keempat setiap bulan kami akan berkumpul di balai warga untuk membawa sampah kami dan memanggil tukang rongsok untuk menimbang seluruh sampah, hasilnya untuk kas RT. Lumayan bisa untuk tambahan kas RT yang sering defisit karena dipakai untuk kegiatan. Kalau bukan kita yang memulai siapa lagi.. yuk hijrah untuk kehidupan yang lebih baik serta bermanfaat :D

ini sampah saya bulan lalu

Kalau kalian sudah melakukan perubahan apa nih gaes?

Thursday, May 2, 2019

HIDUP SEHAT BARENG YOUVIT

May 02, 2019 16 Comments
Kesehatan adalah salah satu berkah yang tak terhingga nikmatnya. Gimana enggak? kalau kita sehat kita bisa melakukan aktivitas apapun yang kita mau. Tapi kalau kita sakit mau ngapa-ngapin susah, lemes dan nggak semangat. So, jangan tunggu sakit biar bisa ngerasaain nikmatnya sehat.

Hal ini juga dibahas saat saya menghadiri acara YOUVIT Media & Community Foodpedia yang bertempat di HA-KA Hotel Semarang bersama seorang nutrition expert cantik youvit yaitu Rachel Olsen. Gadis keturunan Indonesia- Denmark ini menjelaskan kebanyakan makanan yang kita konsumsi diproses dengan cara yang kurang tepat serta minim sayur dan buah. Terutama makanan yang diolah dengan cara digoreng terlalu lama dan menggunakan minyak yang sudah dipakai berulang. 


Rachel menuturkan makanan yang digoreng cenderung memiliki kadar lemak jenuh tinggi yang mengakibatkan kadar kolesterol dalam tubuh naik. Jika kadar lemak jenuh dan kolesterol dalam tubuh tinggi maka dapat memicu berbagai penyakit lain seperti jantung koroner, stroke, dan masih banyak penyakit lain yang tak kalah menakutkan.

Kenapa bisa begitu? karena lemak jenuh memicu naiknya bakteri jahat yang ada di sistem pencernaan. Nah bakteri jahat ini yang menghambat penyerapan vitamin dan mineral dalam makanan yang menyebabkan defisiensi vitamin dan mineral dan membuat kita lebih rentan terpapar penyakit dan bakteri jahat dari luar. 

Ubah Gaya Hidup

Jadi bagaimana caranya supaya kita bisa hidup sehat? Ubah gaya hidup terutama pola makan dengan cara memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Intinya memperbanyak asupan serat dalam tubuh agar pencernaan lancar. Selain itu pengolahan makanannya pun harus diubah, hindari masak dengan cara ditumis atau di goreng. Makan makanan yang direbus dan di pepes tapi jangan lama-lama ya merebus makannnya biar vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

Selain itu minum air putih yang banyak juga membantu sistem pencernaan kita membuang racun dalam tubuh dan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Ini nih yang masih susah..saya sendiri belum bisa konsisten olahraga setiap hari harus mulai berbenah nih biar sehat terus. Lalu istirahat cukup dan menghindari stres juga jadi cara ampuh agar hidup lebih tenang dan sehat. Tapi biar lebih mantap bisa ditambah dengan mengonsumsi multivitamin karena kondisi tubuh tiap orang berbeda.

Ini adalah rekomendasi porsi penyajian menu makanan yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.



FUN Way to Eat Suplement

Youvit menjadi salah satu alternatif multivitamin yang menyenangkan untuk dikonsumsi karena berbentuk gummy dengan rasa mixberry yang lezat. Selain itu, youvit menjadi multivitamin pertama di Indonesia yang berbentuk gummy dan memberikan sensasi asyik ketika mengonsumsinya. Halal nggak sih? tenang...youvit ini halal untuk dikonsumsi karena terbuat dari gelatin sapi Australia yang sudah tersertifikasi MUI dengan nomor 00110060360212.

Kenapa Youvit? karena dalam setiap gummy youvit mengandung 10 vitamin dan 2 mineral penting untuk tubuh dengan dosis yang mengikuti standar AKG manusia dewasa di Indonesia. Dijelaskan oleh Brigiv Aditya, PR Manager Youvit, youvit ini bisa dikonsumsi untuk usia 16 tahun ke atas dan juga tersedia untuk anak-anak usia 3 s/d 12 tahun dengan 3 varian rasa yang lezat yaitu jeruk, strawberry dan nanas. 



Oiya youvit ini hanya boleh dikonsumsi satu kali setiap hari ya, dan lebih bagus dikonsumsi setelah sarapan agar proses penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh lebih maksimal. Ini dia 10 vitamin dan 2 mineral yang terkandung dalam youvit:

* Vitamin A : membantu menjaga kesehatan mata
* Vitamin B3 : bagus untuk produksi energi
* Vitamin B5 : membantu metabolisme tubuh
* Vitamin B6 : membantu reproduksi jaringan tubuh
* Vitamin B7 : membantu menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku
* Vitamin B9 : bagus untuk reproduksi dan pertumbuhan sel
* Vitamin B12 : membantu produksi sel darah merah
* Vitamin C : penting untuk imunitas tubuh
* Vitamin D : bagus untuk kekuatan tulang
* Vitamin E : bagus sebagai antioksidan
* Selenium : membantu aktifitas antioksidan
* Iodium : penting untuk pertumbuhan dan metabolisme.

Seru banget deh acara bareng youvit ini, jadi dapat ilmu baru soal nutrisi dan juga dapet resep baru buat bikin camilan di rumah. Haa resep? bagi dong...tenang..tenang...nanti saya bagi ya...di postingan berikutnya tapi hehehehehe

Jadi, salah stau koki di HA-KA Hotel demo masak dan membagikan resep lumpia sehat yang proses pengolahannya tanpa di goreng sama sekali, hanya isiannya saja yang di tumis dan di akhir acara ada beberapa peserta yang ikut lomba untuk recooking lumpia sehat ini. Seru banget deh acaranya soalnya bertabur banyak hadiah juga buat para pemenang.




Yuk mulai hidup sehat dari sekarang dan jangan lupa konsumsi Youvit, 1 Gummy Setiap Hari!! :D


Wednesday, May 1, 2019

PAHAMI FINTECH SEBELUM TERLAMBAT

May 01, 2019 13 Comments



Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat dunia di sekitar kita berjalan cepat, tak terkecuali ekonomi. Terobosan baru dalam segala bidang terus bermunculan yang membuat kita harus terus belajar agar tidak tertatih mengikuti perubahan yang ada. Saat ini ada sebuah teknologi baru di dunia ekonomi yang disebut dengan fintech lending

Apa sih fintech lending itu? Fintech lending merupakan platform penyedia jasa pinjaman modern yang berbasis online. Mengingat banyaknya terobosan baru di dunia digital memang memungkinkan jasa pinjaman bisa dilakukan secara online. Proses pinjaman fintech lending pun lebih mudah dan cepat. Sejak ada internet memang everything is possible. 

Tapi dibalik kemudahan yang ada tersebut kita juga harus waspada ya gaes, jangan-jangan itu hanya lintah darat yang menyaru sebagai fintech lending. Happy diawal karena iming-iming bisa pinjam modal besar tanpa ribet tapi ternyata bunganya mencekik leher, cara menagih yang super kasar, dsb. Duh jangan sampai begini ya gaes, makanya biar enggak terperosok dalam limbah kenistaan yang penuh tipu daya saya ikut belajar soal fintech lending bersama Tempo. 

Bertempat di Gedung Balaikota Semarang, Tempo dan juga OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menghelat acara Ngobrol @Tempo dengan tema Manfaat Ekonomi Fintech Lending pada tanggal 24 April 2019 lalu. Acara ini dihadiri oleh rekan media, Komunitas Blogger Perempuan Gandjel Rel, Para pelaku UMKM dan juga Mahasiswa. 

Acara yang sangat bergizi ini menghadirkan beberapa pembicara yang keren-keren lho gaes. Ada Ibu Rati Connie Foda selaku Deputi Direktur Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK, Ibu Litani Satyawati selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, dan Mas Andi Taufan CEO Amartha. Selaku moderator adalah Mas Tomi Aryanto, Redaktur Tempo.


Mewakili Walikota Semarang, Bapak Yudi Mardiana selaku Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang memberikan sambutan. Beliau menuturkan bahwa Pemkot Semarang juga bekerjasama dengan berbagai perusahaan fintech untuk meningkatkan kesejahteraan warga kota Semarang. Salah satu terobosannya adalah pembayaran moda transportasi BRT menggunakan gopay, tidak tanggung-tanggung ternyata omzetnya mencapai 1.5 M lho gaes.. Monumental ya.... 

Itu baru satu contoh penggunaan teknologi fintech yang ada disekitar kita, bagaimana dengan yang lain? Ibu Connie dari OJK membuka obrolan mengenai fintech. Beliau menuturkan Ada empat jenis fintech di Indonesia, pertama adalah fintech yang memberikan layanan pembayaran, kedua adalah fintech yang bertindak sebagai pengumpul data dan membantu pengguna mengambil keputusan. Ketiga adalah fintech yang memberikan layanan robot advisor, dan terakhir adalah fintech yang mempertemukan pendana dan peminjam atau yang mencari modal, biasa disebut peer to peer lending (P2P). Nah fintech yang sedang booming di masyarakat sekarang adalah yang keempat lebih dikenal sebagai fintech lending alias pinjol (pinjamam online). 

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan memegang peranan penting dalam dunia perbankan salah satunya mengawasi keberadaan fintech lending yang sudah terdaftar sebagai lembaga independen yang bebas dari campur tangan pihak lain. saat ini ada total 106 fintech yang terdaftar di OJK dengan total 102 berada di area jabotabek dan sisanya tersebar. Sedangakan yang ilegal alias tidak terdaftar ada ratusan. Karenanya masyarakat harus waspada terhadap fintech ilegal ini, jangan sampai keblasuk. 

Bu Connie kembali menjelaskan Fintech dibagi menjadi 3 macam yaitu Fintech Ekosistem Terbuka, Fintech Ekosistem Tertutup dan Fintech Ekosistem tak terbatas. Meskipun saat ini perkembangan fintech sangat pesat dan menguntungkan tapi jangan sampai terjebak ya gaes, tetap waspada dan cari tahu sebanyak mungkin sebelum ambil keputusan.

Pembicara kedua adalah Kepla Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Ibu Litani Satyawati yang sangat ramah. Beliau menyambut baik keberadaan fintech ini, namun beliau kembali berpesan meskipun fintech lending adalah pilihan menarik untuk mendapatkan modal usaha bagi para pelaku UMKM sebaiknya para pelaku UMKM tetap selektif dan waspada. Bu Lita menghimbau jangan sampai salah pilih fintech, sehingga tertipu, terbelit hutang bahkan bangkrut karena seperti yang sudah diketahui sekitar 33% masyarakat Indonesia belum familiar terhadap dunia perbankan. 

Bagaimana caranya? Cek dan ricek terutama status dari si fintech lending ini, apakah sudah terdaftar di OJK atau belum untuk meminimalisir hal-hal buruk yang bisa terjadi. 

Pemateri ketiga adalah CEO Amartha, Andi Taufan Putra Garuda penggagas fintech lending peer to peer. Target pasar Amartha adalah para pelaku UMKM dan petani di daerah pelosok. Sebelum memberikan pinjaman pihak Amartha mengirimkan petugas mereka agar menyurvei calon nasabah untuk melakukan penilaian usaha terlebih dahulu. Amartha memberikan bunga sebagai bagi hasil penanam modal dan komisi bagi si peminjam. Amartha juga bekerjasama dengan perusahaan asuransi untuk antisipasi jika ada peminjam yang bangkrut maka uang pendana akan ditanggung perusahaan asuransi sebesar 70%. 


Belajar bersama soal fintech lending

Nah, itu tadi sedikiit sharing soal fintech lending yang saya dapatkan pasca menghadiri acara Ngobrol @Tempo semoga bermanfaat ya gaes. Satu hal yang jelas, kehadiran fintech lending di Indonesia memberikan kontribusi lebih terhadap perekonomian Bangsa yang juga memiliki banyak manfaat diantaranya adalah membuka peluang kerja, meningkatkan penyaluran kredit pada pelaku UMKM dan menambah GDP sebesar 25.97 triliyun serta menambah pendapatan gaji sebesar 4.56 triliyun.

Follow Us @soratemplates