Posts

Showing posts from January, 2016

Bertanya Bukanlah Alpa

Image
Pernah dengar peribahasa "Malu Bertanya Sesat di jalan" kan guys? Yup, peribahasa ini sudah kita kenal sejak di bangku sekolah dasar alias SD. Peribahasa ini punya maksud atau pesan terselubung lho beberapa diantaranya adalah Janganlah kita malu menanyakan sesuatu kepada orang yang bijaksana atau Jika segan bertanya kita akan rugi sendiri karena masalah yang dihadapi tidak ada jalan keluarnya. Memang benar maksud peribahasa tersebut, saya sendiri pernah mengalami hal memalukan dua belas tahun yang lalu, masih membekas hingga sekarang menjadi pelajaran berharga dalam hidup saya.
Jumat pagi di suatu bulan di tahun 2000, Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sukorejo terlihat ramai..hiruk pikuk siswa yang asyik mengobrol dan mempersiapkan barang-barang bawaan mereka terdengar menggema sampai ke sudut-sudut sekolah. Hari itu sekolah kami akan mengadakan acara berkemah selama dua hari di daerah Plantungan, lokasinya di dekat Lembaga Pemasyarakatan di tepi Kali Lampir (Kali=Sungai), …

Tetangga Masa Gitu?

Image
Tetangga, bisa didefinisikan sebagai seseorang/ keluarga yang tinggal atau rumahnya berdekatan dengan kita. Bisa disamping kanan, kiri, depan, belakang, bahkan seberang jalan. Jadi kalau dipikir-pikir nggak mungkin kan kalau ada orang yang bilang kalau dia nggak punya tetangga, kecuali dia hidup di hutan! padahal kan nggak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, termasuk tetangga. Betul juga ya, tapi banyak lho yang ngomong begitu, atau secara halus dia bilang nggak kenal atau masa bodoh sama "tetangga"nya itu. Usut punya usut ternyata dia nggak akur sama si tetangga, Kenapa? sebenarnya sih ada banyak faktor salah satunya adalah sifat dari tetangga itu sendiri. Berikut beberapa jenis tetangga yang kemungkinan ada di sekitar kita :D
1. Tetangga Kepo Tetangga jenis ini adalah yang bawaannya pengen tau apapun yang kita lakukan..bahkan kadang cenderung memata-matai. Intinya mereka seneng banget ngurusin urusan orang lain, kaya nggak ada kerjaan lain.
2. Te…

KETUPAT VS ORANG GILA

Image
Waktu itu saya kelas 2 SMA, masih imut, sekarang mah ya tetep imut juga... lebih malahan, berat badannya maksud saya hahhahaha. Maap jadi gagal fokus gegara liat-liat foto jaman dulu sampe sekarang, hmm...balik lagi ke atas. Banyak yang bilang masa SMA itu salah satu masa yang paling menyenangkan, banyak hal terjadi di fase awal gejolak kawula muda itu. Fase pubertas, fase pencarian jati diri katanya. Bagi saya sendiri masa putih abu-abu itu adalah masa dimana saya lagi aktif-aktifnya berorganisasi, OSIS salah satunya. Tau kan OSIS?? Semacam BEMnya anak kuliahan gitu :D (Ngapain sih pake dijelasin segala, padahal pasti kan udah pada tau! rempong deh ). Waktu itu saya kelas dua SMA, pada suatu sore yang mendung kami mengadakan rapat OSIS, kami membahas alternatif pencarian dana yang bisa kami lakukan sekreatif mungkin dengan dana seminim mungkin. Lalu saya usul tentang membuat ketupat untuk di jual, kebetulan banyak yang punya pohon kelapa di rumah, jadi bisa dimanfaatkan janurnya seb…

Apple Crumble Cake

Image
Weekend minggu lalu saya iseng nyobain resep baru :D dan tentunya masih ngintip dapurnya mas ganteng Donal Skehan dong :D hihihihi... Maaf ya suam kalo aku naksir mas donal, eh kok malah jadi ngelantur. Yap, kali ini saya nyobain resep Irish Apple Crumble...iki panganan opo to? kalo kata orang jawa. Soalnya namanya agak-agak gimana gitu hehehe... ternyata si Irish ini mengacu ke jenis apel di Irlandia sono, soalnya mas ganteng kan dari Irlandia. Hmmm...karena saya nggak punya Irish Apple...akhirnya saya ganti sama Apel malang, hasil akhirnya tak mengecewakan. Penasaran kan?? yuk diintip resep dan prosesnya disini :

110gr mentega dan sedikit untuk mengolesi loyang
150gr gula palem bubuk
2 butir telur ukuran besar
210gr tepung serba guna
1 sdt baking powder
sepucuk garam
1 sdt kayu manis
300gr apel kupas dan potong dadu

Taburan atas:
50gr gula halus
50gr tepung serba guna
50gr mentega

Cara Membuat:

Panaskan oven di suhu 180, olesi loyang cake ukuran 20cm.
Mixer mentega dan gula palem d…

BUKU, DUNIA YANG INGIN AKU BAGI DENGAN KAWANKU

Image
Jika aku diminta untuk menggambarkan diriku melalui tiga hal, aku akan memilih ini: Membaca, Berkelana, dan Tertawa. Kenapa? Karena hidup terlalu singkat untuk tidak dinikmati, dan aku memilih untuk menikmatinya sedapat mungkin melalui tiga hal itu. Aku, perempuan 28 tahun yang gemar membaca bahkan terlalu menikmatinya. Aku tak ingat kapan pertama kali aku jatuh cinta pada buku, yang jelas aku sudah senang membaca sejak aku sudah bisa membaca dan selalu menjadi salah satu pengunjung setia perpustakaan sekolah sejak aku masih SD hingga jenjang pendidikan tertinggi-kuliah. Cerita rakyat adalah bacaanku kala SD yang sedikit banyak mempengaruhi genre bacaan yang aku sukai hingga saat ini-fiksi, meskipun non fiksi kadang cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan. Membaca bukan hanya sekedar hobby bagiku, tapi menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan. Tak ada yang bisa menggantikan kepuasan dari adrenalin yang terpacu ketika melewati lorong-lorong gelap dan sempit yang meliuk rumit dalam labi…

OKINAWA, The Hidden Paradise

Image
Bila anda belum pernah ke Jepang dan ingin berkunjung, mungkin anda bisa memilih Okinawa sebagai salah satu destinasi wisata liburan. Tidak seperti beberapa tempat wisata di Jepang, Okinawa lebih menawarkan keindahan alam dibandingkan kota modern seperti Tokyo, Kyoto, dan beberapa kota besar di Jepang. Okinawa menjadi salah satu destinasi wisata dari H.I.S yaitu penyedia jasa travel nasional dan internasional baik tur individu maupun kelompok. Selain H.I.S, ada juga HAnavi silakan dipilih sesuai budget yang dipunyai :D.
Okinawa, salah satu kepulauan yang terletak di ujung barat daya Kepulauan Jepang dan merupakan daerah penghasil gula hitam yang terkenal di Jepang. Kepulauan ini terkenal akan keindahan pantainya, dan merupakan kepulauan subtropis. Bisa dikatakan, Okinawa adalah Bali-nya Jepang. Jadi kalau anda ingin melihat salju saat winter jangan ke Okinawa, anda akan kecewa karena disana tidak ada salju. Kepulauan ini dijuluki sebagai kepulauan teraman di dunia yang menyimpan perp…

Eksotisnya Lemon Poppy Seed Cake

Image
Beberapa waktu yang lalu saya lagi hobby ngubek-ubek resep masakan dari Donal Skehan, terutama roti/cake buatannya. Selain bahan yang simpel, cara membuatnya juga tak kalah simpel :)
Waktu pertama kali mencoba resep ini, ada beberapa bahan yang saya ganti karena kebetulan ga nemu bahan yang dimaksud. But, so far so good. Suami, anak, adik, ortu dan mertua juga suka loh. Apalagi rasanya tidak biasa...ada manis gurih dan rasa lemon yang menggigit membuat lemon poppy seed cake ini cocok jadi kudapan ditemani teh hangat.

Oke, yuk cuss ke bahan-bahan yang dibutuhkan :

Adonan A:
- 110gr Tepung terigu serba guna
- 110gr tepung gandum/ganti dengan oatmeal
- 2 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm biji selasih

Adonan B:
-150gr gula pasir
- 3 butir telur ukuran besar
- 100 ml yoghurt plain/susu cair
- 1/2 sdt vanil aekstrak
- air perasan dan parutan kulit lemon 1 buah/lebih

- 100ml minyak sayur

Icing:
-50gr gula halus
- 3 sdt perasan lemon

Cara Membuat:
Panaskan oven di suhu 180C/350F. Olesi loyang ukuran 21cm…