PENTINGNYA HEALTHY LIFESTYLE DI KANTOR & DI RUMAH

image credit to google


Kecanggihan teknologi yang ada saat ini berdampak besar pada semua sektor termasuk perkantoran dan kesehatan yang saling berkaitan. Kok bisa? bisa dong, ada begitu banyak orang yang bekerja lebih dari 40 jam seminggu tapi belum tentu menikmati pekerjaan di meja kerja kantor. Padatnya kegiatan di kantor seperti menghadiri rapat-rapat, mengejar deadline membuat kita lupa untuk menjaga kesehatan. Boro-boro olahraga, makan makanan yang bergizi dan minum vitamin saja kadang lupa. Nah lho!

Sebenarnya jika kita bicara mengenai kesehatan, itu bukan melulu soal seberapa banyak waktu yang kita habiskan di gym, atau seberapa ketat diet yang kita jalankan. Intinya adalah seberapa bijak kita sudah menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian. Tentunya yang mudah dilakukan ya supaya tetap semangat dalam menjalaninya.

Berikut adalah hal-hal kecil yang bisa dilakukan saat di rumah dan di kantor yang dijamin bisa membuat stamina kita tetap terjaga:

1. SLEEP WELL
Istirahat yang cukup dan tidur yang nyenyak merupakan satu korelasi penting dalam kesehatan. Tidur yang nyenyak merupakan indikasi bahwa hidup seseorang nyaman dan bahagia. Karenanya penuhilah hak tubuhmu, jika sudah waktunya istirahat ya istirahat jangan terlalu memforsir tubuh. Apalagi tubuh punya limit sendiri-sendiri, kalau mau sehat berarti harus mau berkompromi soal istirahat.

2. RELAX 
Pikiran yang relax/tenang akan membantu menjaga mood dan pikiran agar tetap bagus sepanjang hari. Apalagi jika terjadi problem kecil yang kadang membuat panik bisa dengan mudah diatasi intinya jangan terlalu diambil hati. Untuk itu awali hari dengan senyuman terutama saat bangun tidur, ucapkan syukur bahwa kita masih diberi kesehatan dan umur panjang untuk menikmati indahnya hari ini. Sambil membuka jendela, hirup udara pagi dalam-dalam niscaya pikiran dan hatipun jadi riang. 

3. MOVE 
Tidak sempat berolahraga? jangan khawatir intinya jangan malas bergerak. Kita tetap bisa membakar kalori dengan melakukan parkir kendaraan di tempat yang agak jauh sehingga bisa berjalan kaki lebih lama, alih-alih naik lift naiklah lewat tangga. Antarkan dokumen sendiri daripada menyuruh orang lain agar mata kita juga bisa beristirahat sejenak. Bagaimana dengan di rumah? lebih sering bersih-bersih rumah juga membantu kita untuk terus bergerak. Minimal menyapu seluruh ruangan di rumah.

4. STAND 
Kita banyak menghabiskan waktu untuk duduk di meja kerja, rapat, di depan TV atau menelpon. Menurut sebuah penelitian ternyata kegiatan ini (terlalu banyak duduk) merugikan kesehatan lho gaes. Usahakan berdiri selama 5 menit di sela-sela kegiatan yang kita lakukan untuk membantu otot-otot tubuh relax kembali ya. Menurut pakar kesehatan, usahkan untuk beristirahat selama 5-15 menit setiap 3 jam sekali agar tubuh tetap bugar. 

Istirahatkan sejenak mata dari layar monitor, lalu lakukan pernafasan (inhale-exhale) dan peregangan. Berjalan-jalan di sekitar kantor, atau mampir ke ruangan lain sambil mengantarkan berkas dan memandang di kejauhan lewat jendela kantor.

image credit to pinterest

5. COLOR MEAL
Hidup sehat itu tidak selalu rumit kok gaes. Hindari terlalu sering konsumsi fast food dan junk food. Pilih dan masak sendiri makan kita agar kita dapat memantau asupan nutrisi untuk tubuh kita. Salah satu kunci penting untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh dari makanan yang kita makan adalah dengan menambahkan warna pada makanan. Warna merah untuk kesehatan jantung dan darah, warna hijau untuk regenerasi sel, dll. Jadikan dunia penuh warna lewat buah dan sayur yang kita makan.

6. STAY HIDRATED
Hidup di negara tropis membuat kita cepat kehilangan cairan tanpa kita sadari. Untuk itu jangan lupa untuk menjaga tubuh kita tetap terhidrasi dengan minum air yang banyak, minimal 8 gelas setiap hari. Jika perlu bawalah botol minum sendiri sesuai kebutuhan, selain membantu mengontrol asupan cairan tubuh juga membantu mengurangi limbah plastik.

7. LESS SUGAR IS BETTER
Dari semua hal yang sudah saya sebutkan diatas kelihatannya menghindari gula atau asupan yang manis adalah yang paling berat. Bener nggak gaes? Padahal menurut penelitian American Heart Association menyarankan batas maksimal asupan gula untuk wanita adalah 6 sendok teh, sedangkan untuk pria adalah 9 sendok teh. Nah lho, siapa yang masih konsumsi teh manis lebih dari 2 gelas gede? :D

Cara termudah untuk mengurangi asupan gula adalah dengan mengurangi porsi minuman dan makanan manis. Hal ini terbukti dapat menjaga bahkan mengurangi berat badan secara signifikan yang otomatis juga menurunkan resiko terkena serangan jantung, obesitas dan diabetes. Please catet ya gaes!

Yap, itu tadi beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan badan kita. 


Stay strong and healthy in a wise healthy lifestyle ya gaes :)