Friday, June 8, 2018

TIPS MENGHAPUS MAKE-UP WEDDING YANG BENAR

Halo gaes, sore yang syahdu dari lantai 3 kantor saya. Langit yang mulai temaram menemani saya mengetikkan rangkaian kata yang mengalir deras ini. Sambil bolak balik mengecek ulang setiap dokumen yang sudah di tanda tangani Pak Boss hari ini, saya melihat-lihat file foto pernikahan dulu. Jadi ingat keriuhan, kegembiraan dan keribetan masa-masa itu. 
credit to google

Terus jadi inget ribetnya menghapus riasan wajah saat resepsi dulu. Tahu sendiri kan gimana tebelnya riasan saat resepsi pernikahan. Nggak bisa sekali-dua kali oles pakai make-up remover dan kapas biar sisa foundation dan bedak nggak ada yang tersisa. Tapi menghapus riasan wajah ternyata nggak sembarangan lho gaes, ada hal-hal yang harus diperhatikan supaya hasilnya maksimal.

Belajar dari pengalaman, sekarang saya mau bagi-bagi tips manghapus make-up yang benar. So, hal-hal apa saja sih yang harus diperhatikan? Check this out ya gaes!

3 HAL YANG HARUS DIHINDARI:

a. MATA
Jangan menghapus riasan di mata terlebih dahulu. Tapi mulailah menghapus riasan dari bibir dan wajah terlebih dahulu, baru kemudian menghapus riasan di mata kalian.

b. MAKE-UP REMOVER
Banyak wanita yang menggunakan make-up remover dalam bentuk tissue basah (termasuk saya dulu)  untuk menghapus riasan sehari-hari, karena malas ribet. Tapi untuk riasan wedding yang lebih tebal dan berat, pakailah make-up remover cair yang dituangkan ke kapas agar hasil lebih optimal.

c. KUCEK-KUCEK
Kesalahan yang sering dilakukan oleh para wanita adalah menggosok area kulit di sekitar mata ke arah dalam dan luar dengan kencang ketika menghapus riasan mata. Hal tersebut dapat mengakibatkan bulu mata rontok dan mata merah. Jadi usaplah area kulit di sekitar mata kalian hanya satu arah dan lakukan secara perlahan.


credit to google

Lalu kalau sudah tahu hal-hal yang harus dihindari saat akan menghapus riasan, saatnya menyimak step by step membersihkan make-up itu dimulai dari mana. Here we go...

1. BIBIR
Agar tampil menawan di hari pernikahan, kita disarankan memakai lipstick berwarna terang, seperti merah dan pink. Tapi lipstick berwarna terang akan lebih susah dihapus. Salah satu cara yang disarankan untuk membersihkan lipstick secara sempurna tanpa merusak kulit bibir adalah dengan cara menggunakan minyak zaitun alias olive oil. Kalian cukup mengoleskan minyak zaitun pada seluruh permukaan bibir, diamkan beberapa saat lalu hapus dengan kapas lembut.  Oiya, selain membersihkan lipstick, minyak zaitun juga berguna untuk melembutkan bibir. Wah benar-benar banyak manfaatnya ya si minyak zaitun ini.

2. WAJAH
Sebelum memulai membersihkan wajah, siapkan air hangat di wadah dan juga kain lembut yang bisa digunakan untuk menyeka wajah. Untuk membersihkan foundation dan bedak yang cukup tebal gunakan make-up remover, seka ke seluruh wajah terutama bagian pipi, dahi, hidung dan dagu sambil dipijat lembut. Setelah selesai, diamkan selama 30 detik lalu seka wajah dengan handuk yang sudah dicelupkan ke air hangat selama satu hingga dua menit. Terakhir bersihkan wajah dengan kapas lembut. 

3. MATA
Riasan mata biasanya sengaja dibuat semaksimal mungkin agar bertahan seharian, biasanya para make-up artist menggunakan produk-produk water proof sehingga make-up sulit dibersihkan. Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghapusnya adalah dengan merendam kapas di dalam cairan make-up remover selama kira-kira satu menit. Setelah direndam, gosokkan kapas tersebut pada kelopak, bulu dan sekitar bawah mata secara perlahan dan mengarah ke atas. Menurut para make-up artist profesional hal ini dilakukan agar kulit di sekitar mata tidak kendur.

Intinya adalah saat membersihkan wajah dari riasan hingga tiada ada sisa make-up lagi di kapas. Bersih seperti sedia kala. Jangan hanya sekali usap tapi berkali-kali dan dilanjutkan dengan cuci muka.  Oiya untuk membersihkan riasan mata terutama bila menggunakan bulu mata palsu adalah dengan menggunakan cotton bud. Pisahkan satu per satu bulu mata asli secara perlahan agar bulu mata tidak rontok.

Nah, semoga beberapa poin penting yang harus diketahui saat membersihkan make-up ini bisa sedikit memberikan pencerahan ya gaes.

Cheers

7 comments:

  1. Baru tahu kalo minyak zaitun bisa untuk menghilangkan lipstick pada bibir.Thanks infonya mbak Dan.

    ReplyDelete
  2. Ribet emang ya bersihin make up pas nikahan itu. Aku dulu pake air hangat juga siy

    ReplyDelete
  3. Makasiy sharingnya Mbaa...bersihin riasan tuh paling males tapi yaa harus dikerjaian yaah

    ReplyDelete
  4. Iya lebih sulit karena biasanya lebih tebeel yaa, ndak kayak istrinya prince harry :D

    ReplyDelete
  5. Aku dulu pakai pembersihnya Viva noh, Mbak, yg kupunya dan kukenal yaitu. Hihihi. Emang lama sih, aku sampai beberapa kali bersihinnya. Hahaha.

    ReplyDelete
  6. Baru tau klo bersihin make up setelah diolesi makeup remover harus didiemin dan dibasuh air hangat terlebih dahulu. Dulu sukanya bersihin riasan wajah ya cuma beberapa kali oles dan usap makeup remover, ga pake air hangat hihiii... pantes ga bersih bersih.

    ReplyDelete
  7. Wah aku biasanya apus dr riasan mata dulu. Salah ya?

    ReplyDelete