Menggali Potensi Untuk Menghadapi Kesulitan


Sudah beberapa tahun terakhir isu kesehatan mental menjadi tema yang sering digaungkan. Meskipun masalah kesehatan mental sudah ada sejak dulu namun beberapa kasus yang ramai dibicarakan saat ini memicu isu kesehatan mental untuk diselami lebih dalam. Apalagi banyak yang tidak sadar bahwa kesehatan mental bisa mempengaruhi kesehatan fisik jika dibiarkan saja tanpa tau sebab akibatnya.

Nah, beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas Coach Komang Ayu Trysnawati atau biasa disapa Coach Ayu. Beliau sudah terjun di dunia pemberdayaan diri dan kesadaran sejak tahun 2017 lho, nggak main-main. Beliau rutin memberikan pelatihan, sesi konseling dengan tema mengubah pola pikir (mindset) dan kondisi emosional (mental). Kelas kali ini membahas tentang "Rahasia Temukan Potensi Diri untuk Berkreasi di Masa Sulit"

APA SIH MASA SULIT ITU?

Bicara soal masa sulit, pasti setiap orang punya persepsi yang berbeda namun kalau didefinisikan secara umum masa sulit adalah keadaan yang tidak menyenangkan dan tidak sesuai harapan. Pernah nggak kalian mengalami masa sulit? Saya yakin diantara kita semua pasti pernah merasakan atau mengalami masa sulit walau hanya sekali terutama sejak pandemi melanda.  Banyak diantara kerabat, sahabat dan tetangga yang terdampak entah dirumahkan, bisnis gulung tikar sampai meninggal dunia. Kesulitan yang dialami ini sedikit banyak mengganggu kesehatan mental dari yang ringan hingga yang berat tergantung kuat tidaknya menghadapi kesulitan dan cobaan yang ada. 

Banyak orang tidak sadar kalau ternyata mereka tengah mengalami gangguan kesehatan mental atau tidak. Akibatnya bisa fatal kalau dibiarkan, awalnya stres lalu depresi. Apalagi persepsi setiap orang berbeda mengenai masa sulit yang dihadapi. Hal ini terkait cara pandang, pola pikir serta kebiasaan dalam menghadapi masalah yang akhirnya menghasilkan opsi atau pilihan yang berbeda dalam menyikapinya. Karenanya kita butuh support system yang kuat dan tepat agar tidak salah jalan dan semakin menjerumuskan kita. Support system yang bisa mengingatkan kita untuk tetap di server yang tepat.

Coach Ayu juga memberikan contoh bahwa masa sulit yang dihadapi ada disekitar kita dan dekat dengan keseharian kita. Tak jarang kesulitan yang datang terasa begitu berat namun jika kita mau belajar maka pelan tapi pasti kita bisa mengembangkan potensi yang kita miliki untuk menghadapi kesulitan yang ada. Siapa tau kelemahan yang ada ternyata tersimpan potensi yang luar biasa. Yang pasti, seperti kata coach Komang Ayu: “You are not alone, never feel alone.” Di luar sana banyak orang yang mengalami kondisi serupa. Jangan patah semangat..


TIGA TIPS DARI COACH KOMANG AYU SAAT MENGHADAPI MASALAH

Dari kelas coach Ayu yang saya ikuti ini, saya mendapatkan banyak pencerahan. Coach Ayu memberikan beberapa tips untuk menghadapi (masalah) tantangan yang datang beruntun. Tips ini bisa kita bagikan ke siapa saja yang sedang mengalami kesulitan, sedang terpuruk di sekitar kita. Entah kita sendiri atau orang terdekat kita (keluarga, sahabat, tetangga). Apalagi kalau banyak orang di circle kita ternyata sedang menghadapi kesulitan di waktu yang sama. Berikut tips dari Coach Ayu.

BERSIKAP TENANG

Meski bicara lebih mudah daripada prakteknya tapi bukan berarti tidak bisa dicoba kan? Apalagi rasa panik atau reaktif jelas akan menghampiri. Tindakan gegabah justru bisa memperparah situasi, untuk itu menyadari posisi kita dan menerima keadaan "legowo" bisa membantu kita menghadapi masalah dan menemukan solusi.

Ada poin penting yang harus kita ingat saat menghadapi masalah yaitu, sadari bahwa dalam kehidupan itu ada hal-hal yang bisa kita kendalikan dan ada yang tidak bisa kita kendalikan. Salah satu cara menyelesaikan masalah yang berada di luar kendali kita adalah dengan menerimanya. 

MINUM AIR PUTIH

Minum air putih sering kita lakukan saat kita baru mengalami shock/panik untuk meredakan perasaan tidak nyaman dan mengembalikan kesadaran. Namun minum air putih pun ternyata ada tekniknya lho, nggak asal minum aja. Nggak asal tenggak. Di kelas coach Ayu ini kami diajari teknik minum air putih yang membantu mengembalikan kesadaran kita seutuhnya. Teknik ini membantu kita agar lebih tenang dan fokus kembali sehingga bisa lanjut mencari jalan keluar dari masalah yang ada setelah pikiran jernih kembali. 

Bagaimana teknik minum yang benar sehingga bisa mencapai kesadaran seutuhnya? Pertama minumlah air secukupnya, jangan sampai air terlalu sedikit atau terlalu banyak ya kemudian tahan di mulut. Setelah itu putar air dengan menggunakan lidah baru ditelan perlahan-lahan. Minumlah sampai habis. Lakukan berulang sampai mencapai kesadaran/fokus seutuhnya.

MENGATUR NAPAS DENGAN ELEGAN

Setelah minum air putih, langkah terakhir mulailah bernapas dengan elegan. Eh, gimana maksudnya? yes salah satu cara mendapatkan kembali ketenangan serta kesadaran kita adalah dengan ambil nafas dan ini ada tekniknya lho ternyata. 

Coach Ayu mengajarkan teknik mengatur napas yang benar. Teknik ini bisa kita baca di buku psikologi lho. Coach Ayu menyampaikan teknik ini bisa dipraktekkan kapan saja dan oleh siapa saja. Easy peasy pokoknya. Caranya adalah ambil napas selama 4 detik, tahan selama 7 detik, kemudian hembuskan perlahan-lahan selama 8 detik. Dengan teknik ini, bisa dipastikan tubuh akan jadi lebih rileks dan tenang saat menghadapi masalah. Bisa dicoba ya...

Tiga tips ini dipraktikkan langsung oleh semua peserta dibawah panduan coach Ayu. Jadi bukan cuma sekadar teori. Happy banget bisa gabung di kelas coach Ayu ini nambah ilmu, nambah imun.


GALI POTENSI DAN PAHAMI MAKNA HEALING YANG SEBENARNYA 

Apa yang terlintas di pikiran kalau dengar kata healing? jangan bilang liburan atau jalan-jalan ya. Zaman sekarang, kata “healing” sudah mengalami pergeseran makna yang sesungguhnya. Kata ini hits sebagai kata ganti liburan atau jalan-jalan. Padahal, dalam dunia psikologi kata “healing” ini punya makna yang dalam yaitu proses penyembuhan bagi orang-orang yang mengalami depresi. Prosesnya pun panjang bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Setelah ikut kelas ini saya jadi semakin sadar bahwa tren yang ada tidaklah selalu benar. Sadari dna cermati jangan sampai ikut tren yang menjerumuskan seperti healing versi baru ini. Butuh healing nih biar ga stres, caranya jalan-jalan atau liburan ke tempat hits eh balik healing bukan damai yang di dapat malah makin stres karena biaya liburannya ternyata didapat dari hasil hutang. Wadidaw jangan sampai begini ya man teman, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aja. 

Kata coach Ayu "Jangan karena bahagia kita BERSYUKUR, justru dengan bersyukur kita menciptakan kedamaian hati yang menumbuhkan rasa BAHAGIA"

Intinya kebahagiaan yang hakiki itu datangnya dari dalam (ketenangan hati dan pikiran). So, udah tau kan makna “healing” yang sebenarnya? jangan sampai terjebak euforia yang belum tentu benar ya!

Setelah mengikuti kelas coach Ayu ini saya banyak mendapatkan insight baru tentang masalah dalam perspektif yang lebih luas. Membantu saya memahami masalah dari semua sisi. Tidak ada yang salah atau yang benar, semua soal pilihan dan sikap kita dalam menghadapi masalah yang ada. Jadikan masalah sebagai challenge untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas diri. Setiap masalah pasti menemukan solusinya, jadikan kelemahan kita sebagai kekuatan terbesar yang bisa kita gunakan utuk menciptakan solusi. Dan jangan lupa cari circle yang baik sebagai supporting systemmu.

Yang pengen ikut kelasnya coach Ayu atau curhat tentang permasalahan hidup bisa banget lho kepoin IG beliau di @komangayutrysnawati.


1 comment for "Menggali Potensi Untuk Menghadapi Kesulitan"

Post a Comment