Yuk Bikin Sirup Jahe Sendiri!



Memasuki pergantian musim dari kemarau menjadi penghujan adalah salah satu pengingat alami agar stamina harus selalu dijaga jangan sampai tumbang. Maklum dipergantian musim pancaroba banyak sekali virus yang berkeliaran dan siap menyerang kita. Lengah sedikit badan bisa tumbang kawan. Makanya sebelum virus datang menghampiri perlu banget menjaga kesehatan kita. Salah satu caranya adalah dengan rutin konsumsi vitamin, suplemen kesehatan atau ramuan yang dipercaya mampu menjaga kekebalan tubuh.

Aku pribadi kalau badan sudah terasa mulai tidak enak entah keluar keringat dingin atau mulai greges-greges biasanya langsung bikin godogan jahe dan serai di rumah. Selain menghangatkan badan juga terbukti menjaga kekebalan tubuh. Temen-teman ada yang suka minum wedang jahe juga? Kalau ada aku mau berbagi resep sirup jahe yang bisa dibikin sendiri di rumah. Selain hemat, kita juga bisa tau higienitas proses pembuatan dan juga bahan yang kita pakai.

Nggak ada salahnya kan mencoba melestarikan warisan resep nenek moyang yang terbukti bisa menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Oiya resep ini aku dapatkan saat menginap di D’Emmeric Hotel Salatiga lho. Waktu itu ada acara outing dari kantor dan salah satu kegiatan yang ditawarkan adalah belajar membuat sirup jahe. Prosesnya seru dan mudah, yuk simak caranya biar bisa praktek sendiri di rumah!




Bahan:

- Jahe Gajah 1 kg

- Jahe merah/emprit 1/2 kg

- Gula pasir 1/2 kg

- Gula Jawa/aren 1 kg

- 6 buah Kapulaga

- 10 butir Cengkih

- 1 ruas Kayumanis

- Garam

- Air 330ml

Cara Membuat:

1. Cuci bersih Jahe dari tanah atau kotoran yang menempel kemudian parut hingga halus.

2. Kemudian peras parutan jahe dan tampung air perasan dalam wadah yang sudah disediakan.

3. Endapkan air perasan jahe selama 8 jam dalam kulkas untuk memisahkan sari pati dan endapan serta untuk mencegah rasa getir jika tercampur.

4. Jika sudah diendapkan selama 8 jam di kulkas, masukkan sari pati jahe yang sudah terpisah dari endapan ke dalam panci (jangan sampai endapan tercampur).

5. Lalu tambahkan bahan lain seperti kapulaga, cengkih, kayumanis, garam dan juga gula ke dalamnya.

6. Aduk rata hingga air jahe mengental dan tambahkan air 330ml sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mendidih dan mendapatkan tekstur kental yang diinginkan

7. Matikan api dan biarkan sirup jahe dingin sampai bisa dipindah ke wadah penyimpanan.


proses memasak sirup jahe

sirup jahe yang sudah dingin

Voila, sirup jahe sudah jadi dan siap dikonsumsi. 1 sendok sayur sirup jahe bisa dilarutkan dengan segelas air ukuran 330cc. Dijamin badan langsung terasa hangat dan rasa manisnya pas, tidak kurang dan tidak lebih. Sebagai tambahan informasi, sirup jahe ini bisa disimpan sampai 1,5 bulan di kulkas asal ditempatkan pada wadah yang rapat ya teman-teman…

Nah, mudah bukan cara membuatnya? Selamat mencoba di rumah ya dan Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan… see ya…

No comments for "Yuk Bikin Sirup Jahe Sendiri!"