Friday, January 22, 2016

Apple Crumble Cake


Weekend minggu lalu saya iseng nyobain resep baru :D dan tentunya masih ngintip dapurnya mas ganteng Donal Skehan dong :D hihihihi... Maaf ya suam kalo aku naksir mas donal, eh kok malah jadi ngelantur. Yap, kali ini saya nyobain resep Irish Apple Crumble...iki panganan opo to? kalo kata orang jawa. Soalnya namanya agak-agak gimana gitu hehehe... ternyata si Irish ini mengacu ke jenis apel di Irlandia sono, soalnya mas ganteng kan dari Irlandia. Hmmm...karena saya nggak punya Irish Apple...akhirnya saya ganti sama Apel malang, hasil akhirnya tak mengecewakan. Penasaran kan?? yuk diintip resep dan prosesnya disini :

110gr mentega dan sedikit untuk mengolesi loyang
150gr gula palem bubuk
2 butir telur ukuran besar
210gr tepung serba guna
1 sdt baking powder
sepucuk garam
1 sdt kayu manis
300gr apel kupas dan potong dadu

Taburan atas:
50gr gula halus
50gr tepung serba guna
50gr mentega

Cara Membuat:

Panaskan oven di suhu 180, olesi loyang cake ukuran 20cm.
Mixer mentega dan gula palem di mangkok agak besar hingga pucat.
Tambahkan telur, satu per satu hingga tercampur rata.
Setelah itu tuangkan pada tepung terigu, baking powder, garam, dan kayu manis hingga membentuk adonan kental. masukkan potongan apel, aduk hingga rata.
Tuangkan adonan ke dalam loyang.

Sebelum dimasukkan ke oven, buat dulu taburan untuk bagian atas adonan. Caranya adalah campur jadi satu semua bahan (gula halus, tepung, dan mentega) aduk rata hingga mendapatkan hasil adonan yang bergumpal-gumpal dan kasar seperti ini:







Setelah itu taburkan diatas adonan dalam loyang, panggang selama 40 menit hingga kecoklatan sambil sesekali di cek. Jika sudah matang keluarkan dari oven dan angin-anginkan selama 15 menit.
Cake siap dipotong dan disajikan bersama teh hangat atau bisa dinikmati dengan 1 scoop ice cream, sesuaikan dengan selera.
Selamat mencoba ya moms

Happy weekend :D

2 comments:

  1. hhmmm yummy, pastinya anak-anak menyukai cake manis apel ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Suka banget mbak...ayahnya juga suka :D

    ReplyDelete