Wednesday, January 27, 2016

Tetangga Masa Gitu?


Tetangga, bisa didefinisikan sebagai seseorang/ keluarga yang tinggal atau rumahnya berdekatan dengan kita. Bisa disamping kanan, kiri, depan, belakang, bahkan seberang jalan. Jadi kalau dipikir-pikir nggak mungkin kan kalau ada orang yang bilang kalau dia nggak punya tetangga, kecuali dia hidup di hutan! padahal kan nggak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, termasuk tetangga. Betul juga ya, tapi banyak lho yang ngomong begitu, atau secara halus dia bilang nggak kenal atau masa bodoh sama "tetangga"nya itu. Usut punya usut ternyata dia nggak akur sama si tetangga, Kenapa? sebenarnya sih ada banyak faktor salah satunya adalah sifat dari tetangga itu sendiri. Berikut beberapa jenis tetangga yang kemungkinan ada di sekitar kita :D

1. Tetangga Kepo
Tetangga jenis ini adalah yang bawaannya pengen tau apapun yang kita lakukan..bahkan kadang cenderung memata-matai. Intinya mereka seneng banget ngurusin urusan orang lain, kaya nggak ada kerjaan lain.

2. Tetangga Super Jealous
Jenis ini biasanya gampang "panas" kalo liat tetangganya melakukan sesuatu, beli sesuatu, dan punya sesuatu. Bawaannya pengen eh harus punya lebih dari yang dipunyai tetangganya. Nah lo, berabe banget kan kalo misalnya dia nggak sepunya tetangga yang di jealousin? Bisa besar pasak daripada tiang.

3. Tetangga Sombong
Kalau tadi tetangga kepo kebanyakan naya, yang ini kebalikannya, sombong banget. Boro-boro mau nanya atau ditanyain. Waktu kamu lewat di depan dia, kamu udah berusaha senyum, eh dianya malah buang muka. Ya kali mukanya udah nggak kepake, makanya dibuang. eh...

4. Tetangga Anti sosial
Tipe jenis ini adalah mereka yang suka sibuk dengan dirinya sendiri, tanpa mau berinteraksi dengan tetangga yang lain. Mereka seakan-akan memiliki rahasia besar dan nggak ada orang lain yang boleh tau. Sikapnya kadang sok misterius dan menjengkelkan

5. Tetangga Tukang Gosip
Diliat dari judul aja udah ketauan kalo tetangga jenis ini sukanya ngomongin tetangga lain. Apa aja bisa jadi bahan gosip termasuk barang belanjaan di tukang sayur. Parahnya, mereka bisa jadi orang bermuka dua dan pengadu domba. Jadi, semisal lagi marahan sama tetangga satu, mereka bisa pindah ngegosip sama tetangga lain, semacam menikam dari belakang gitu

6. Tetangga Baik Hati 
Mereka adalah jenis tetangga yang royal, alias suka berbagi dan menolong tetangga kanan-kirinya. Pokoknya sayang sama tetangga.

Nah, kalian sendiri jadi tetangga jenis mana nih guys? Kalo aku sendiri masih berusaha supaya bisa jadi tetangga baik hati biar punya banyak saudara bukannya musuh :D.

Rasulullah sendiri pernah bersabda: "Saudara yang paling dekat adalah tetangga" karena bisa jadi disaat kita sedang tertimpa musibah orang yang pertama kali menolong adalah tetangga kita sendiri karena saudara (kandung/sedarah) kita tinggal jauh dari kita. Kalo kata ibuku "luwih apik pager mangkok ketimbang pager tembok"  maksudnya kalo sama tetangga lebih baik saling memberi (disimbolkan dengan mangkok) daripada saling menjauhi karena dibatasi pagar tinggi. Sebagai contoh, kalo kita lagi masak dirumah dan tetangga yang paling dekat dengan kita mencium bau masakan kita, maka kita wajib memberi sebagian masakan kita untuk tetangga kita. Jadi apapun bentuk dan keadaannya sebisa mungkin sayangilah tetanggamu. Yuk, kita bikin tetangga kita sayang sama kita dan juga tetangga yang lain dengan apapun yang bisa kita lakukan. Minimal perilaku yang santun, juga sikap saling menghargai dan menghormati bukannya saling melukai.


6 comments:

  1. Tetanggaku juga bermacam-macam karakternya.Banyak yang anti sosial tapi masih lebih banyak yang baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Ika, namanya hidup bermasyarakat pasti banyak macemnya :D dinikmati aja hehehe

      Delete
  2. untung ya mbaak tetanggaku gampang berkompromi hihihi...sosialnya juga baik banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak..emang banyak macemnya. Happy neighborhoodlah pokoknya :D

      Delete
  3. hi..hi..postingannya lucu ..klo aku semoga aku menjdi tetangga yang baik...di komplekku semua ada tp yang sombong alhamdulilah ga ada. plg nyebelin yang tetangga kepo itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mbak..ternyata ada seni bertetangga biar kita tetep happy walopun ketemu orang-orang yang ajaib "sifat dan perilakunya" alhamdulillah kebanyakan tetanggaku juga baik-baik walopun ada yang sombong n kepo juga :D

      Delete