Wednesday, March 28, 2018

BAKSO KUAH INSTAN SO GOOD SUMBER INSPIRASIKU

Memasak bagi sebagian orang terutama wanita merupakan suatu momok (ketakutan) yang besar jika tidak menguasai keahlian tersebut. Tapi itu hanya untuk yang nggak bisa masak lho ya... Saya percaya segala sesuatu itu bisa dipelajari jika memang niat termasuk masak. Sekarang banyak tutorial dan resep yang snagat gampang di praktekkan kalau mau meluangkan waktu untuk melihatnya. Buat saya pribadi, memasak itu sesuatu yang sangat menyenangkan apalagi kalau hasil masakan saya ludes dalam sekejap karena enak.  Itu bikin saya makin semangat buat masak menu-menu lain yang lebih endes.

Hari sabtu dan minggu adalah hari yang paling saya tunggu. Sebagai ibu pekerja yang harus ngantor dari senin hingga jumat dari pagi hingga petang, akhir minggu adalah hari spesial saya dimana saya bisa bereksperimen berbagai menu baru untuk keluarga. Apalagi ada si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan dan sangat membutuhkan asupan gizi seimbang untuk menunjang tumbuh kembangnya. Selain itu kadang mood makan si kecil juga naik turun jadi saya harus pandai-pandai merayu lewat makanan yang dia sukai.

Salah satu makanan favorit adalah bakso, untung so good punya banyak varian olahan termasuk bakso daging sapi yang lezat. Kalau masak ini sih sambil tutup mata juga bisa wkwkkw macam debus aja ya masak sambil tutup mata :P. Maksudnya gampang itu ya bahan-bahannya dan cara ngolahnya hehhe...

Untuk sajian favorit si kecil ini saya biasanya menambahkan banyak wortel, brokoli, dan juga kacang merah untuk sayuran utamanya. Jangan lupa tambahkan daun oncang, seledri dan taburan bawang merah goreng agar aroma dan rasa kuah semakin mantap. Mau buat sarapan oke, makan siang di hari yang panas juga oke. 



Kenapa wortel, Brokoli dan Kacang Merah?

Alasan utama pemilihan wortel adalah karena wortel kaya akan vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan mata yang dapat menunjang kebutuhan asupan vitamin untuk tumbuh kembang yang lebih baik. Brokoli kaya akan serat dan menangkal radikal bebas serta bagus untuk pertumbuhan tulang. Tahu sendirikan kalau anak usia tiga tahun itu lagi aktif-aktifnya. Jadi asupan seimbang sangat di butuhkan di fase ini. 

Bagaimana dengan kacang merah?
Kacang merah selain sebagai sumber protein nabati dan kaya anti oksidan juga sangat bagus dalam melancarkan pencernaan. Jadi kacang merah selain sebagai sumber energi juga bisa mencegah sembelit yang biasa dialami anak-anak apalagi jika mereka sangat pilih-pilih makanan.

Dan perpaduan warna yang dihasilkan dari kombinasi berbagai sayuran ini juga cantik lho. Jadi selain makanan jadi menarik, si kecil juga bisa belajar mengenal warna melalui makanan yang di hidangkan. Lalu, jangan lupa buatlah makanan yang menarik melalui ragam kreasi bentuk seperti mobil-mobilan atau wajah orang sesuai dengan minat si kecil agar si kecil tertarik dan makan pun jadi lahap. Yah jadi ibu itu nggak boleh kalah kreatif dari anaknya :D.

Oiya untuk memenuhi kebutuhan menu piring gizi seimbang, tak lupa saya tambahkan menu buah untuk memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan si kecil. Kebetulan si kecil penyuka buah apel dan semangka, tapi karena stok semangka sedang habis jadilah buah apel yang di pilih dalam sajian menu kali ini.

Seneng deh SO GOOD menghadirkan berbagai macam olahan yang memudahkan kami para ibu dalam berkreasi dalam mengolah makanan terutama saya :D. Apalah saya tanpamu Good So Good.

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Kreasi Menu Gizi Piring Seimbang So Good.

Thursday, March 22, 2018

KOTA-KOTA ROMANTIS IDE DESTINASI BULAN MADU DI INDONESIA



Eropa memang romantis, demikian pula dengan Jepang dan Korea Selatan yang juga nggak kalah magis. Tapi kamu nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri buat merasakan sensasi bulan madu romantis bersama pasangan. Indonesia pun punya banyak tempat yang cantik dan banyak diburu para pasangan pengantin baru dari luar negeri untuk menikmati bulan madu mereka. Seperti beberapa destinasi berikut ini.

1. Bali
foto:Nusa Ceningan -balilombokguide.com

Di antara semua tempat romantis yang ada di Bumi, Pulau Bali adalah salah satu surga yang selalu jadi incaran para pengantin baru buat berbulan madu. Ada banyak tempat romantis di Bali yang bisa kamu nikmati. Mulai dari menikmati udara sejuk di Ubud yang romantisnya maksimal. Atau bersantai di pantai-pantai seru dan masih agak sepi di kawasan Nusa Lembongan atau Nusa Ceningan.
Dengan harga tiket pesawat promo ke Bali yang nggak habis-habis. Kamu bisa bulan madu ke pulau ini dengan romantis, tapi nggak perlu menguras kantong buat bayar tiket pesawat.

2. Lombok

foto: Gili Meno - dilombok.com

Tak jauh dari Bali, pilihan tempat bulan madu yang seru adalah Pulau Lombok. Kalau ingin destinasi yang romantis, hindari Gili Trawangan dan pilihlah Gili Air atau Gili Meno yang lebih tenang dan manis. Kecuali kamu memang suka dengan keramaian, tak masalah jika berbulan madu di Gili Trawangan yang selalu ramai selama 24 jam.

3. Maluku
foto:wisatalah.com

Pernah naksir pantai Bora-Bora di Polinesia? Nggak perlu jauh ke sana buat menikmati pemandangan seperti itu. Indonesia juga punya pantai yang mirip Bora-Bora, tepatnya di Pantai Ora, Pulau Seram, Maluku.

Air lautnya sangat jernih seperti cermin, dengan gubuk-gubuk dari rumbia yang cantik seperti di Bora-Bora. Soal romantis, Pantai Ora tiada duanya.

4. Pulo Cinta Gorontalo

foto:oknusantara.com

Selain Pantai Ora, Indonesia juga punya Pulo Cinta di kawasan Gorontalo yang nggak kalah menarik dan romantisnya dari Bora-Bora. Pulau kecil ini memang berbentuk hati dan di atasnya dibangun resort membentuk hati pula yang membuatnya nampak magis dan romantis.
Masing-masing kamar memiliki jarak yang cukup berjauhan, sehingga privasi antar pengunjung tetap terjaga meski bangunannya terbuat dari kayu. Dari depan kamar, kamu bisa langsung melompat ke dalam air yang bening seperti cermin.
Soal biaya? Nggak perlu khawatir, karena ada banyak tiket promo pesawat menuju Gorontalo. Pilihan maskapainya pun beragam, tinggal kamu sesuaikan dengan jadwal bulan madu bersama pasangan.


5. Bintan

foto:nirwanagardens.com

Pulau yang berada di gugusan Kepulauan Riau ini nggak kalah cantiknya dengan Bali. Resort-resort nyaman dan pemandangan alam luar biasa indah bakal jadi teman selama berbulan madu di Bintan.
Selain santai di tepi pantai, kamu juga bisa melakukan olahraga air di Bintan. Seperti jetski, parasailing, snorkeling dan diving dengan spot yang luar biasa indahnya.

6. Yogyakarta


foto: TUgu jogja - @jogjaku
Keindahan sejarah dan budaya Jawa yang masih terjaga. Keramahan penduduk dan banyak destinasi yang ramah pada pejalan kaki membuat Yogyakarta jadi destinasi favorit pasangan yang berbulan madu.
Selain itu Yogyakarta juga memiliki banyak penginapan yang seru, dengan nuansa pedesaan yang pasti membuat acara bulan madu kamu lebih romantis. Keliling naik sepeda kayuh melintasi pedesaan dan sawah-sawah, pasti membuat perjalanan kamu lebih berkesan.

Tak perlu khawatir soal biaya perjalanan jika tujuan kamu adalah Yogyakarta. Karena ada banyak tiket promo pesawat menuju kota ini yang bisa kamu buru di Traveloka.com. Kotanya romantis, dompetnya juga nggak jadi tipis.

Selamat berbulan madu!

Tuesday, March 13, 2018

PRIVE URICRAN PENYELAMAT DI SAAT DARURAT


Hai gaes, pernah nggak sih kalian kemakan sama omongan sendiri?

Aku pernah lho dan ini antara mau ngakak sama sedih. Jadi gini, suatu sore sebelum pulang kantor aku ke kamar mandi dan tiba-tiba kepikiran soal anyang-anyangan. Keluar kamar mandi balik ruangan dan terlontar pertanyaan ini " Anyang-anyangan itu gimana sih? Aku belum pernah soalnya" kataku sore itu. Eh, sampai rumah Allah langsung kasih bonus aku kena anyang-anyangan. Sumpah akhir hari itu aku bolak balik kamar mandi ada sekitar 50 kali, bayangkan 50 kali gaes dan itu pipisnya cuma seuprit. Kapok..kapok...nggak lagi-lagi deh ngomong sembarangan ntar kena batunya kaya waktu itu hehehe.

Apa sih anyang-anyangan itu?

Anyang-anyangan adalah keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus namun yang keluar hanya sedikit dan jika sudah parah dapat menyebabkan rasa nyeri.

Usut punya usut ternyata wanita lebih rentan terkena anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih lho. Berdasarkan penelitian 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK selama hidupnya! Ini dikarenakan saluran kencing wanita lebih pendek daripada pria sehingga resiko terkena bakteri E. Coli (dari anus) lebih besar. Duh, kasian ya kita para wanita.. tapi tidak menutup kemungkinan ISK menghampiri laki-laki maupun anak-anak, jadi waspadalah...waspadalah...

Penyebab Anyang-anyangan?


1. Kebiasaan Cebok yang salah
Biasakan membilas dari depan ke belakang jangan sebaliknya. Jika terbalik maka dapat menyebabkan saluran kencing terpapar bakteri E. Coli yang dapat menginfeksi saluran kemih.

2. Kelainan pada saluran kemih
Penyebab yang ini biasanya adalah bawaan sejak lahir. Kelainan ini mungkin bisa menyebabkan orang tidak bisa mengeluarkan urin dengan normal. Bisa jadi urin yang dikeluarkan kembali ke kandung kemih yang mengakibatkan anyang-anyangan dan infeksi saluran kencing.

3. Hamil Tua
Saat usia kehamilan semakin tua/besar rahim menekan kandung kemih sehingga keinginan buang air kecil meningkat namun air seni yang dikeluarkan sedikit.

4. Mengidap penyakit tertentu
Saat sakit, imun tubuh cenderung menurun sehingga tubuh rentan terserang bakteri.

5. Menahan hasrat buang air kecil
menahan hasrat buang air kecil ternyata melipatgandakan bakteri jumlah bakteri di saluran kencing. Oleh karena itu jangan terlalu sering menahan kencing agar tidak sakit saat buang air kecil.


Cara Mencegah dan Mengatasi Anyang-anyangan/Sakit saat buang air kecil

1. Sering minum air putih
Air putih baik untuk pencernaan yang membantu menjaga metabolisme tubuh.

2. Jangan Menahan Buang Air Kecil
Terlalu sering menahan buang air kecil dapat menggangu kinerja kandung kemih jadi jika sudah terasa ingin buang air kecil bergegaslah ke kamar mandi.

3. Bersihkan Toilet sebelum digunakan
Toilet merupakan sarang bakteri dan kuman apalagi jika itu fasilitas umum, tidak menutup kemungkinan bakteri yang berkembang semakin banyak. Usahakan untuk mengelap pinggiran/dudukan toilet sebelum menggunakannya agar meminimalisir penularan bakteri.

4. Minum Vitamin C
Tau dong fungsinya vitamin C? Yup untuk menjaga stamina agar tidak gampang sakit sehingga tubuh tidak mudah terserang virus maupun bakteri jahat.

5. Terapkan gaya hidup sehat
Tadi asupan vitamin sudah tapi jika tidak di imbangi dengan pemenuhan gizi yang seimbang dan juga gaya hidup sehat maka semua itu akan percuma. Jadi biasakan makan makanan bergizi, istirahat cukup dan juga olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

6. Minum Prive Uri-cran
Prive Uri-cran merupakan salah satu suplemen makanan yang membantu menjaga pencernaan agar tetap stabil. Mengandung cranberry extract yang efektif mencegah infeksi saluran kemih karena memiliki Proanthocyanidin yang dapat menghambat perlekatan bakteri E. Coli di saluran kemih.

Nah itu tadi sedikit cerita tentang pengalaman saya kena anyang-anyangan beberapa tahun yang lalu. Duh jadi kebayang gimana nyerinya saat buang air kecil waktu kena anyang-anyangan dulu. Nggak lagi-lagi deh, coba dulu sudah kenal PRIVE URICRAN :). SEmoga sedikit cerita tadi bisa membantu kalian yang sedang butuh informasi terkait anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih ya gaes.