2023 Salah Satu Tahun Terbaikku

Menjelang pergantian tahun yang akan datang sebentar lagi yakni sekitar 20 an hari, ada rasa haru dan sedih yang hinggap di hati. Tahun 2023 menjadi tahun dengan begitu banyak warna  dan rasa. Sedih dan gembira semua ada, apakah ada yang sama? Rasa hati ingin membuat resolusi untuk tahun 2024 namun sepertinya lebih menyenangkan kalau aku bisa merangkum semua kisah selama tahun 2023 ini. Aku merasa tahun 2023 ini adalah salah satu tahun terbaikku.

UMROH

Awal tahun 2023 lalu tepatnya di bulan Maret, aku dan suami berangkat Umroh. Ini di luar rencana kami, tapi memang di sepanjang tahun 2022 aku selalu menitipkan doa kepada para teman atau sahabat yang sudah pergi umroh lebih dulu. Alhamdulillah tanpa disangka Allah panggil aku dan suami begitu cepat bakan tanpa persiapan. Kala itu bulan Oktober 2022 ketika Pak Bos dan isterinya berangkat ke Perancis, suatu sore tanggal 11 Oktober 2022 saat beliau berdua masih di Perancis Ibu mengirim pesan.


"Miss Dani, apakah mau kalau berangkat umroh bulan maret/april 2023?" awalnya aku melongo saat membaca pesan tersebut lalu segera membalasnya "Alhamdulillah, beneran Ibu? mau Ibu,saya nyicil juga gapapa" jawabku kala itu. Hatiku berdegub kencang dan tak terasa air mataku mengalir kala membaca jawaban berikutnya. "Saya dan pak Agung yang nabung miss. Kemarin saya sdh hubungi mbak Nia, langganan saya di Yogya. Semua karyawan saya di ung dan yogya kecuali mas arif pakai biro itu." Aku masih tak percaya dan membalas lagi "Beneran gapapa Ibu?" balasan lain pun masuk "Insya Allah dengan senang hati miss"

Tanggal itu sebuah harapan baru muncul dan tumbuh dengan kuat. Bermimpilah dan berusahalah maka semua tidak akan sia-sia. Entah lewat doa yang mana atau doa yang dirapal oleh siapa akhirnya Allah kabulkan keinginan saya untuk ke tanah suci melalui perantara keluarga atasan saya. Akhirnya setelah cerita ke suami kalau saya akan diberangkatkan umroh, saya juga merayu suami supaya ikut berangkat sekalian. Awalnya beliau tidak mau karena kebetulan sedang studi lanjut dengan biaya sendiri dan sebentar lagi mendekati watu bayar SPP. Namun karena saya gigih dan memberikan alasan yang logis akhirnya beliau mau ikut. 


Selama bulan November sampai Februari Allah mudahkan rezeki dari berbagai arah untuk melunasi biaya umroh suami. Jika Allah sudah berkehendak memang tidak ada yang tidak mungkin. Akhirnya pada tanggal 11 Maret aku dan suami terbang dari Jakarta ke Madinah untuk menunaikan ibadah umroh selama 9 hari. Rasanya masih nggak percaya aku sudah berhasil sampai ke baitullah dengan begitu banyak kemudahan. Undangan yang tak disangka-sangka, terima kasih Ya Allah...Engkau telah kirimkan orang-orang yang begitu baik di sekelilingku. InsyaAllah berkah dunia akhirat untuk semuanya aamiin.


KEHILANGAN

Pada tanggal 12 Juli 2023 adikku Indhy berulang tahun, namun disaat yang sama ada sebuah berita duka datang menghampiri. Nenekku yang sudah 1 minggu di rawat di rumah sakit akhirnya meninggal. Makan siangku yang baru datang belum tersentuh. Aku bingung harus melakukan apa, menangis pun tak bisa. Setelah menenangkan diri akhirnya akupun bisa menangis sebentar, menangisi kepergian beliau. Selesai menangis aku pun segera minta izin pulang lebih awal karena akan ke Jogja, memesan taxi online dan berkoordinasi dengan adikku yang akan ikut ke Jogja.



Siang itu kami menuju Jogja dalam ketergesaan dan baru sampai saat Maghrib karena lalu lintas yang cukup padat. Meskipun tidak bisa ikut menyemayamkan beliau tapi insyaAllah doa kami menyertai beliau di peristirahatan terakhir. 2023 menjadi salah satu tahun terbaik dan juga menyedihkan karena kini ku sudah tidak punya simbah lagi. 

But life must go on. Meski beliau sudah pergi tapi semua kenangan yang telah terpatri di hati akan tetap tersimpan dan bisa sewaktu-waktu dibuka kembali. Selamat jalan simbahku sayang semoga damai dan lancar temukan jalan kembali ke pemilikmu aamiin.

Semoga di tahun 2024 ini akan ada lebih banyak hal baik yang terjadi aamiin...

10 comments for "2023 Salah Satu Tahun Terbaikku"

  1. MasyaAllah, kalau Allah sudah memanggil, banyak hal yang tidak disangka-sangka ya mbak. Luar biasa... semoga juga Allah memampukan dan memanggilku ke Tanah Haram secepat mungkin. Membaca cerita mbak Dani, semakin yakin bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulilah. Mbak Dani dimudahkan untuk berangkat Umroh ya, Mbak. Do'akan saya juga ya Mbak Dan supaya saya bisa Umroh. Semoga di setiap keinginan pasti akan segera ada jalan.

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah, kalo Allah sudah memberi jalan, semua akan dimudahkan ya. Aku dan suami juga tak pernah putus2 berdoa agar bisa beribadah dan berziarah ke tanah suci, semoga kami bisa menunaikan ibadah haji/umroh dikala badan kami masih sehat wal afiyah

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah menjadi tamu Allah untuk berkunjungbke baitullah. Semoga Allah memampukan kami untuk berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
  5. Berbagai kejadian baik maupun yang bikin sedih akan selalu datang menghampiri. Ikut bahagia dengan tibanya waktu umrohmu, Dani. Baca tulisan ini bikin kangen deehh masuk lagi ke Baitullah, tempat yang selalu ngangeni yaa... Insya Allah kita semua dimudahkan untuk kembali dan kembali lagi ke sana. Aamiin...

    ReplyDelete
  6. Masya Allah bahagia ya mba bisa umroh, salah satu harapanku juga bisa melangkahkan kaki di Baitullah. Semoga tahun 2024 yg masih tersisa 7 bulan ini dipenuhi dengan kebahagiaan dan keberkahan..aamiin

    ReplyDelete
  7. Turut berdukacita, semoga almarhumah nenek husnul khatimah. Maaf terlambat ya Dan.

    Ikut bahagia waktu Dani berangkat umroh dengan suami, itu sebuah perjalanan rohani yang tak akan terlupakan. Aku dulu pun ga punya uang saat ingin hajim Tapi mimpi tak akan terjadi nyata tanpa diusahakan. Dan doa adalah pendorong yang terbaik mewujudkan semua mimpi. Rejeki akan mengalir deras saat kita mengupayakan jalan menuju baitullah

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah ada saja jalan yang Allah bukakan sebagai undangan hambanya ke baitullah ya Dan. Seringkali lewat jalur yang tidak disangka.

    Alfatihah buat nenek Dan, insyaAllah husnul khotimah.

    ReplyDelete
  9. Ya Allah, panggilan Allah untuk beribadah ada saja jalannya ya Dan, terharu bacanya, semoga sekeluarga sehat dan bahagia ya Dani

    ReplyDelete
  10. Barokallah ya Miss, InsyaAllah Allah memberikan yang terbaik untuk umatnya. Semoga aku juga bisa bertamu ke rumah Allah aamiin.

    ReplyDelete

Post a Comment