LKS SMK XXVII: KOMPETEN MENYONGSONG INDUSTRI 4.0

Yogyakarta 

8 Juli 2019 lalu saya berkesempatan untuk hadir dalam acara pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke XXVII (27) yang dihelat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tahun ini Yogyakarta ditunjuk sebagai tuan rumah LKS SMK XXVII setelah tahun 2018 lalu Solo yang di dapuk. Mengusung tema “Kompeten Menyongsong Industri 4.0”, total ada 34 kontingen yang hadir dari 34 Provinsi dan ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan LKS SMK XXVII ini termasuk Maluku Utara, Sumatera Selatan juga Riau. Lomba akan berlangsung di Jogja Expo Center (JEC), Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, SMK Negeri 6 Yogyakarta dan Hotel Grand Daffam Yogyakarta. 

Suasana hangat dan akrab terasa di ruangan Sportorium UMY ini. Acara pembukaan dimulai pukul 09.00 yang menghadirkan penampilan dari berbagai kontingen. Ada Orkestra dari SMK 2 Kasihan Bantul yang menampilkan penyanyi solo maupun grup. Suara penyanyi solonya sungguh keren…merdu sekaligus menggelegar. Disusul berbagai penampilan dari berbagai kontingen seperti tari-tarian dari Sumatera Selatan, Riau dan juga menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza dipimpin oleh Orkestra SMK 2 Kasihan Bantul. 



Kompeten & Siap Bersaing

Selepas pembacaan doa, acara dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan pertama oleh Direktur
Bakrun-Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud RI
Pembinaan SMK Kemendikbud, Bapak Bakrun yang menegaskan bahwa LKS SMK ini membuka peluang bagi para siswa SMK untuk meningkatkan daya saing agar memiliki jiwa tangguh, jujur dan disiplin sekaligus mempromosikan kompetensi siswa SMK. 

Dilanjutkan sambutan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud Republik Indonesia Bapak Didik Suhardi selaku perwakilan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang berhalangan hadir. Pak Didik mengatakan ajang LKS SMK ini sekaligus menjembatani sekolah yang belum punya partner di dunia kerja, sehingga membuka koneksi yang saling menguntungkan bagi sekolah, lulusan dan pelaku usaha itu sendiri. Total akan ada 32 bidang kompetensi yang akan dilombakan dari tanggal 9 sampai 11 Juli 2019. Tak hanya lomba kompetensi tapi juga akan ada workshop, job matching, pameran produk, fashion show dan juga sertifikasi keahlian yang dapat diikuti.




Beliau juga menuturkan bahwa banyak potensi yang dimiliki oleh para siswa SMK yang belum tergali dan terekspos sehingga masih banyak yang memandang sebelah mata. Ajang ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing dan nilai lebih para siswa SMK sehingga mereka mampu bersaing di sunia kerja sebagai lulusan yang siap terjun di lapangan. 

Dilirik Negara Maju

Sambutan terakhir dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang menegaskan bahwa siswa SMK patut diapresiasi karena apa yang mereka capai saat ini melalui proses yang panjang. Apalagi beberapa siswa berhasil meraih juara di tingkat Internasional yang membuat beberapa negara maju seperti Amerika, Korea, Singapore ingin menawarkan beasiswa bagi siswa SMK berprestasi. 

Tuh kan memang benar apa kata pepatah “Don’t judge the book by it’s cover” tidak semua yang terlihat itu yang sesungguhnya. Meskipun sering dipandang sebelah mata tapi sedikit demi sedikit para adik-adik SMK ini mampu membuktikan diri bahwa mereka juga tidak kalah dengan yang lain. Bravo SMK.. SMK BISA!! 


Bergada-Maskot LKS SMK XXVII

Bergada-Maskot LKS SMK XXVII
Selesai sambutan dari ketiga tokoh penting tersebut, acara dibuka dengan pemukulan Gong yang menandakan bahwa Lomba Kompetensi SMK XXVII resmi dibuka. Gemuruh tepuk tangan membahana di seantero ruangan. Dilanjutkan dengan penyerahan maskot LKS SMK XXVII yang diberi nama Bergada yang memiliki filosofi Jiwa Ksatria dan Semangat Sportivitas dari Gubernur DIY kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir Juara Umum LKS SMK 2018 yang diraih Provinsi DKI Jakarta oleh Sekjen Kemendikbud RI kepada Gubernur DIY untuk diserahkan kepada Juara umum tahun 2019. Saya jadi deg-degan kira-kira juara umum selanjutnya akan disabet oleh provinsi mana ya? Ada ide? 




Oiya acara pembukaan masih terus berlangsung hingga pukul 11.30 dimana ada banyak hiburan lagu yang ditampilkan oleh Orkestra SMK 2 Kasihan Bantul yang menyanyikan lagu SMK BISA, Jogjakarta juga Tanah Air yang juga dimeriahkan dengan penampilan Brisia Jodie, penyanyi Indonesia asal Yogyakarta. Total ada 5 lagu yang dibawakan oleh Brisia Jodie, 3 lagunya sendiri ditambah dua lagu dari penyanyi Reza Artamevia berjudul “Berharap Tak Berpisah” dan juga “Harus Bahagia” milik Yura Yunita yang menutup acara siang itu.

Brisia Jodie

Oiya untuk info lengkap mengenai LKS SMK 2019 bisa dilihat di akun sosial media milik Dikdasmen Kemendikbud dibawah ini ya:
 * Twitter: https://www.twitter.com/DikdasmenDikbud

* Instagram: https://www.instagram.com/dikdasmen_kemdikbud

Siapa tahu tahun depan ada yang pengen ikutan juga, biar bisa mempersiapkan diri sejak sekarang.

Selamat berjuang ya adik-adik SMK dari seluruh Nusantara!!