Wednesday, July 17, 2019

GELIAT PAKET SAME DAY DELIVERY SELAMA BULAN PUASA


Jasa layanan ekspedisi di tanah air semakin menjamur dan bersaing ketat karena kecepatan pengiriman barang semakin menjadi kebutuhan para konsumen terutama selama bulan puasa 2019 lalu. Tak terkecuali bagi layanan pengiriman dari paxel yang kebetulan memiliki layanan same day delivery atau biasa disebut layanan antar tiba di hari yang sama. Selama bulan puasa jumlah pengiriman barang melonjak tajam hingga 64%, hal ini terlihat sejak tanggal 5 Mei - 4 Juni 2019, dibandingkan pengiriman pada bulan sebelumnya di sepanjang tahun 2019. Bulan puasa memang menjadi bulan yang penuh berkah terutama bagi para pedagang, baik online maupun offline. Semua kebagian rejeki, laris manis euy.


Ketua Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita yang juga merupakan Co-Founder Paxel menuturkan, "Selama bulan puasa, kami melihat konsumen lebih ingin produknya cepat sampai, sehingga jumlah pengiriman melonjak tajam. Konsumen juga lebih banyak mengirimkan makanan beku baik dalam maupun antar kota". Konsumen sepertinya mengirimkan aneka makanan siap saji untuk lauk sahur juga buka puasa. 


Data pengiriman barang pedagang ritel yang menggunakan Paxel selama bulan puasa 2019 ini terungkap beberapa temuan menarik yang menggambarkan kegiatan ekonomi menjelang, dan selama bulan puasa. Berikut beberapa temuan tersebut:

1. Sepanjang bulan puasa, konsumen paling banyak menggunakan layanan same day delivery untuk mengirim produk makanan (52%), fasyen (20,7%), produk kesehatan dan kecantikan (10,8%), buku (6,7%) dan peraltan rumah tangga (4,2%). Berbanding terbalik dengan jenis paket lain seperti pengiriman dokumen serta buku yang justru menurun di bulan puasa, dibandingkan dengan empat bulan sebelumnya. 

Percaya sih soalnya saya sendiri selama bulan puasa juga banyak pesan frozen food dari teman di kota lain, juga kirim barang dagangan yang berupa produk kecantikan, saya juga memesan barang dari teman seperti baju dan celana. Jadi ketahuan deh kalau selama puasa kemarin banyak belanja hehehe...

2. Satu minggu sebelum mudik dan libur lebaran, konsumen semakin banyak mengirim paket dengan layanan same day delivery.Puncak pengiriman barang terjadi pada minggu ketiga puasa, yaitu dari tanggal 27 hingga 31 mei 2019 dimana lonjakan pengiriman mencapai 121%. Luar biasa ya the power of consument ini. 

3. Pengiriman paket same day delivery selama puasa paling banyak berasal dari Jabodetabek (79%) diikuti Bandung (14%) dan Surabaya.

4. Konsumen yang mengirim barang antar kota menggunakan layanan same day delivery mencapai 68% , lebih banyak dari 32% konsumen yang mengirim paket same day untuk dalam kota.

5. Selama bulan puasa, konsumen paling sering memesan pengiriman paket natara jam 8 pagi hingga 12 siang, agar barang dapat dikirim dan sampai pada hari yang sama menggunakan jasa layanan antar Paxel.

Hal ini tidak hanya konsumen yang diuntungkan dari tibanya paket di hari yang sama dengan pengiriman, para pedagang ritel yang memasarkan produk makanan secara online mengaku mendapatkan omzet yang naik drastis selama bulan puasa lalu. Sarah Sunda Nirmala, penjual Bolen durian juga menuturkanSaya menjual berbagai macam olahan makanan dari bahan dasar durian, sehingga cukup sulit untuk menjaga kualitas makanan karena harus cepat sampai ke konsuman. Layanan same day delivery terutama Paxel sangat membantu jualan saya, sehinga omset kami dari pembelian online naik dua kali lipat, bahkan mencapai 4 kali lipat selama bulan puasa".

Ngomong-ngomong kalian sudah nyobain layanan dari Paxel belum nih?

No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates