Saturday, November 30, 2019

Jenis-jenis Karpet Berdasarkan Bahan, Penempatan, dan Kegunaan





Karpet menjadi salah satu item yang wajib ada di hampir setiap rumah tinggal karena bisa menambah tingkat kenyamanan para pemiliknya, terlebih jika dipasang di ruang televisi yang menjadi tempat bercengkrama keluarga. Karpet juga bias melengkapi kesempurnaan dekorasi sebuah ruangan lewat varian bahan, warna dan motifnya.

Kendati begitu, sebagian orang terkadang bingung menentukan karpet mana yang harus dipilih untuk menjadi bagian dari hunian mereka. Nah, berikut adalah beberapa jenis karpet berdasarkan bahan, penempatan dan kegunaan, yang bisa kamu gunakan sebagai referensi ketika hendak membelinya.




Karpet Nilon
Karpet lantai berbahan nilon akan sangat cocok bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas. Selain dibanderol harga yang relative ramah di kantong, karpet ini juga mudah dalam hal perawatannya karena bisa diganti per bagian jika terjadi kerusakan. Bukan cuma itu, karpet berbahan nilon pun relatif gampang dibongkar-pasang, dipindah-pindahkan, bahkan tidak sulit dicuci karena bahan dasar nilon sendiri terbuat dari plastik. Umumnya, karpet yang terbuat dari bahan nilon digunakan atau ditempatkan di ruangan perkantoran karena segala keunggulannya.


Karpet Polypropylene
Jika kamu hanya memiliki budget minim alias pas-pasan, Karpet berbahan Polypropylene adalah pilihan tepat untuk dibeli. Karpet jenis tersebut terbilang cukup memuaskan karena Polypropylene sendiri terbuat dari bahan sintetis yang mempunyai tekstur sangat halus dan lembut.Selain itu, karpet berbahan Polypropylene juga mudah dalam soal perawatan karena bisa dibersihkan hanya dengan air bersih saja. Sayangnya, benang karpet yang terbuat dari bahan Polypropylene mudah lepas, warna gampang memudar, serta lebih tipis ketimbang karpet dari jenis bahan lainnya.

Karpet Rasfur
Karpet yang terbuat dari bahan rasfur ini juga dikenal dengan sebutan karpetkarakter karena berbentuk dan bermotifkan karakter-karakter tertentu, seperti tokoh-tokoh kartun terkemuka dan logo-logo klub sepakbola. Rasfur sendiri merupakan bahan berbulu halus yang mengundang rasa nyaman, yang biasa digunakan dalam pembuatan boneka.

Karpet berbahan rasfur memiliki dua macam bulu, yakni yang keriting dan lurus. Harga karpet jenis tersebut pun relative lebih mahal ketimbang jenis-jenis lainnya. Bahkan, semakin panjang ukuran bulunya, maka semakin mahal pula harganya. Namun, karpet rasfur sangat cocok untuk menjadi bagian dari dekorasi ruang keluarga, serta pasti sangat disukai anak-anak karena berdesainkan karakter-karakter masyhur nan lucu seperti Mikcey Mouse, Frozen, Spongebob, Hello Kitty, dan lain sebagainya. Selain itu, karpet berbahan rasfur juga sangat nyaman digunakan untuk tiduran, terlebih di kala cuaca sedang dingin atau musim hujan.

Karpet Sutra
Karpet berbahan dasar sutra sudah barang tentu mampu memberikan kesan nyaman dan mewah disalah satu ruangan rumah kamu, sebab selain lembut dan halus, karpet sutra juga memiliki keindahan tersendiri lewat corak warnanya. Karpet ini sangat cocok buat kamu yang punya kepedulian tinggi terhadap estetika kelas elit.

Karpet Wol
Karpet berbahan dasar wol merupakan salah satu karpet yang banyak diproduksi. Karpet wol dikenal memiliki ketebalan baik, serta lebih tahan lama dalam penggunaannya. Selain itu, karpet berbahan wol juga mampu memberikan kesan elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah ruangan.Dalam hal perawatan, karpet berbahan dasar wol pun cukup mudah dibersihkan, dimana kamu cukup menggunakan alat penyedot debu.

Demikian beberapa jenis karpet yang umum dijumpai di sekitar kita. Meski segala hal selalu tergantung pada selera, namun pilihlah karpet sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Selamat berbelanja dan memilih karpetmu ya..

7 comments:

  1. Tapi harganya cukup tinggi ya buk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggi rendahnya harga tergantung jenis karpet kak...bis atanya-tanya dna cek dulu di web untuk jenis dan harga

      Delete
  2. Karpet yang mana ya yang aman aman buat yang punya asma.

    Pastinya bukan yg berbahan wol.
    Enak ni buat jadi contekan pilah pilih jenis karpet.

    ReplyDelete
  3. wah, baru tahu nih jenis-jenis karpet. di rumahku pakai karpet apa ya? kayaknya polypropylene kali ya, mungkin hehehe

    ReplyDelete
  4. Andai ada foto contoh karpetnya, pasti lebih membantu lagi untuk membedakan.
    Aku ga kebayang deh bakal tega nginjek karpet sutera hihihi..

    ReplyDelete
  5. Ternyata banyak ya jenis2nya. Taunya cuma yg bulu sm plastik aja �� aku lagi mikir2 nih mba mending beli karpet apa yg enak buat gegulingan hehe

    ReplyDelete
  6. Pake karpet memang nyaman ya..tapi perlu perawatan yg tepat juga. TFS mba, jadi tahu mana2 yg bisa kita pilih..

    ReplyDelete

Follow Us @soratemplates