Friday, March 20, 2020

Lima Tips Hidup Sehat Ala Dani

Awal tahun 2020 dunia dikejutkan dengan wabah Corona Virus Disease COVID-19 yang terjadi di Wuhan, China sejak akhir Desember 2019. Kota Wuhan di lockdown (tutup) semua penduduk di kota itu di kartina, tidak ada yang boleh keluar maupun masuk ke kota tersebut untuk mencegah penyebaran wabah. Meskipun begitu, tetap saja virus tersebar ke segala penjuru dunia tanpa disadari oleh carrier karena virus ini memiliki masa inkubasi 14 hari dan baru menunjukkan tanda-tandanya lewat masa tersebut. Dan gejalanya juga kaya orang flu biasa jadi kadang dianggap enteng tau-tau sudah suspect.


credit: google

Coronavirus merupakan virus RNA strain tunggal positif, berkapsul dan tidak bersegmen. Coronavirus bersifat sensitif terhadap panas dan secara efektif dapat diinaktifkan dengan disinfektan yang mengandung klorin, pelarut lipid dengan suhu 56 dercel selama 30 menit, eter, alkohol, asam perioksiasetat, detergen non-ionik, formalin, oxidizing agent dan kloroform. (sumber : Diagnosis dan Penatalaksanaan Pneumonia Covid-19)

Salah satu negara terdampak penyebaran COVID-19 yang cukup cepat adalah Singapura. Tahu sendiri kan Singapura itu pusat bisnis dan transit seluruh dunia. Hampir semua penerbangan ke negara lain yang jauh pasti transit disana, pengunjungnya heterogen banget. Nah bagaimana dengan Indonesia sendiri? yang negaranya berpuluh kali lipat lebih luas, jumlah penduduk lebih banyak apakah terjangkit si COVID-19 ini?

Jawabannya adalah iya, si covid 19 ini penyebarannya hampir merata ke seluruh dunia. Kebijakan Lockdown di beberapa negara terdampak juga diambil sebagai langkah pencegahan meluasnya wabah ini tak terkecuali Indonesia. Tapi tau sendiri kan gimana beragamnya karakter warga negara +62 ini, ada yang cuek, ada yang over reacted, ada yang tertib ada juga yang suka menebar keresahan yang membuat pemerintah pontang panting menggiring mereka untuk kembali ke jalan yang benar.

Saya sendiri biar pun merasa insecure masih bisa menahan kekhawatiran itu jangan sampai panik ikutan orang-orang yang panic buying yang berakibat pada melonjaknya harga kebutuhan karena langkanya barang yang dicari. Nah biar nggak ikutan khawatir berlebihan saya punya tips sehat yang alhamdulillah sudah lumayan lama saya jalankan dalam keseharian. Pengen tahu tips hidup sehat ala Dani? simak rinciannya berikut:

1. Makan Bergizi sesuai Kebutuhan
Sebagai makhluk sosial yang selalu bergantung pada yang lain tak terkecuali soal makanan, kita harus bisa menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh karena penting untuk menjaga kesehatan. Utamanya makan makanan yang bergizi, kaya serat, protein, vitamin dan mineral.

dokpri

Lalu kira-kira apa makanan yang cocok? Pecel Empal Daging atau telur bisa jadi pilihan lho. Selain sudah mencukupi kebutuhan serat dan vitamin juga protein hewani dari empal juga protein nabati dari saus kacangnya. Secukupnya saja ya teman-teman supaya tidak menimbulkan masalah pencernaan karena kelebihan kalori.

2. Perbanyak Makan Buah dan Sayur
Makan buah dan sayur sudah jadi rutinitas harian saya karena alhamdulillah saya selalu sarapan buah  atau mix sayuran di pagi hari. Hal ini sangat berpengaruh pada metabolisme tubuh saya yang dulu snagat lambat sekarang jadi lancar BAB dan badan juga terasa lebih enteng ketimbang sebelum rajin konsumsi buah. Apalagi buah ini kaya vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Ini adalah bagian dari resolusi tahun 2020 yaitu menerapkan pola hidup sehat sedikit demi sedikit.

dokpri

3. Olahraga
Olahraga ini penting banget lho teman-teman karena membantu menjaga stamina kita supaya lebih tahan banting, nggak gampang sakit. Kalaupun benar-benar tidak punya waktu bisa banget jadikan rutinitas harian seperti menyapu, mengepel dan jemur baju jadi ajang olahraga kecil. Atau jalan-jalan sebentar keliling kompleks perumahan.

Saya sendiri olahraga justru saya lakukan di kantor yaitu begitu sampai kantor syaa langsung naik tangga menuju ruangan saya yang di lantai tiga dna melakukan aktifitas distribusi berkas lewat tangga juga. Menghindari lift jiika tidak terlalu penting dan ikut senam kantor seminggu sekali di jumat pagi.

4. Minum Vitamin
Selain olahraga ada satu hal lagi yang sering saya lakukan untuk mensupport asupan sehat bagi tubuh. Saya sering minum secret recipe dari simbah saya yang menjaga stamina supaya nggak gampang sakit. Secret recipe nya adalah minum godogan Jahe, Cengkih, Sereh, Kulit Pala dan Gula Aren. Selain menghangatkan tubuh yang langsung terasa sehabis minum juga memperbaiki imun tubuh. Bisa juga ditambah suplemen yang kaya vitamin c.



5. Bahagia
Hati yang gembira adalah obat paling mujarab untuk semua penyakit. Jadi sebisa mungkin menikmati segala sesuatu yang ada, let it flow jangan grusa grusu yang bisa berakibat pada kepanikan dan stress. Selalu bersyukur adalah kunci agar kita bahagia dan jangan lupa tersenyum dikala senang ataupun susah.

Itu dia sedikit tips sehat ala saya, kalau kalian punya tips yang bisa dibagi seputar hidup sehat boleh banget di share lho.

5 comments:

  1. Aku pun lumayan sering bikin pecel di rumah. Kadang malah beli pecel di warung tetangga. Kalau sarapan buah itu aku belum terbiasa jadi aku seringnya ngemil buah.

    ReplyDelete
  2. Aduh pecel dan telur ceploknya menggoda jiwa
    Besok bikin ah, semoga tukang say ur masih jualan

    ReplyDelete
  3. Mbak.. Makasih banyak ya tipsnya. Dari sekian banyak tipsnya itu, yang masih susah adalah berolahraga. Susah banget. Mbak punya tips agar bisa olahraga meski punya bayi?

    ReplyDelete
  4. Satu lagi mba : kurangin mantengin sosmed yg isinya toxic hehehe
    Karena bahagia juga berasal dari mental yang sehat.
    Btw pecelnya boleh dongyaa dikirim kesini kak

    ReplyDelete
  5. Wahh ini dia nih tips hidup sehat yang oke banget.
    alhamdulillah saya sudah menerapkannya
    paling kalau mau nambahin ya perbanyak minum air putih sihh.. soalnya bagus pencernaan dan kulit yang tetap segar.

    ReplyDelete

Follow Us @soratemplates