Enam Makanan Penyebab Keputihan


Keputihan seringkali membuat wanita minder meski keputihan sebenernya mempunyai tujuan yang baik. Keputihan termasuk reaksi alami tubuh sebagai pembersih organ intim alami untuk menghindari virus dan bakteri. Akan tetapi tetap ketika mengalami keputihan membuat wanita tak nyaman karena muncul kerap kali membuat wanita tak nyaman, karena aroma yang muncul pun sering membuat kurang percaya diri. 

Penyakit Keputihan bisa jadi tanda organ wanita terkena infeksi. Nah, keputihan tidak normal ini yang harus semua wanita hindari dan waspadai. Dari sekian banyak penyebab keputihan tidak normal, penyebab berikut ini jarang diketahui. Karenanya kerap diabaikan dan akhirnya merugikan wanita yaitu dari segi makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Jangan salah loh makanan mengambil andil tinggi sebagai penyebab terjadinya keputihan. 

credit by google/ dream.co.id



Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan keputihan, yaitu 

1.      Makanan Pedas 

Bagi para pencinta makanan pedas harus berhati-hati karena makanan pedas juga diketahui memicu keputihan. Cara mencegah makanan pedas menjadi keputihan adalah dengan minum banyak air putih. 

2.      Mentimun 

Timun adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin A,B,C dan juga kaya akan mineral. Timun seringkali dikaitkan dengan salah satu penyebab keputihan pada wanita. Sebaiknya menghindari konsumsi mentimun, karena dalam mentimun terkandung zat dan senyawa tertentu yang bisa meningkatkan produk estrogen pada wanita. Semakin banyak hormone ini diproduksi, semakin banyak lendir yang keluar dari organ intim wanita. 

3.     Telur 

Telur adalah makanan yang dikenal kaya akan protein dan kalori. Namun jika dikonsumsi berlebihan terutama oleh wanita, kedua zat tersebut bisa menyebabkan keputihan. Disarankan agar batas maksimal mengonsmsi telor harian antara 3-4 butir. 

4.     Makanan yang mengandung banyak gula 

Makanan mengandung banyak gula seperti permen,donat dan lainnya yang bisa menyebabkan keputihan. 

5.     Makanan yang mengandun  g Ragi 

Makanan yang mengandung ragi pasti telah melewati tahap fermentasi dan pada tahap ini bakteri fermentasi biasanya digunakan. Bakteri ini bisa memicu keputihan hingga batas konsumsi makanan yang mengandung ragi. 


6.      Buah-buahan tertentu 

Buah- buahan tertentu seperti nanas, bengkoang dan mentimun. Namun, makanan ini dikonsumsi tidak berlebihan dan makan makanan dengan menu seimbang, tentunya tak lantas menyebabkan keputihan. Bukan berarti jenis makanan ini tidak boleh dikonsumsi. 


Itulah makanan yang dapat memicu keputihan dan perlu diwaspadai. Mengurangi makanan yang memicu resiko keputihan menjadi salah satu cara mencegah penyebaran jamur di organ intim wanita. Cara lain yang bisa dilakukan wanita tentunya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh terutama organ intim. Hal yang perlu diperhatikan seringkali kulit pada lipatan paha berbeda warna karena basah, tertutup dan tidak pernah dibersihkan dengan baik, selain juga karena menggunakan softtex atau panty liner. Hal ini mendorong timbulnya jamur. 

Makanan merupakan faktor yang biasanya diabaikan padahal makanan ini ikut menyumbang pertumbuhan jamur diarea vagina. Makanan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk kesehatan tubuh dan juga area kewanitaan. Jaga pola makan dan perhatikan kebersihan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. 

Maka kebersihan diri sangat penting agar tidak terjangkit penyakit-penyakit dalam yang lebih serius. beberapa penyebab dari keputihan kalian bisa tau apakah penyebab dari keputihan kalian termasuk kondisi medis yang serius atau tidak dan lakukan cara pencegahan diatas jika masih merasakan tidak nyaman pada vagina maka segera periksakan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

1 comment for "Enam Makanan Penyebab Keputihan"

  1. Banyak juga ya makanan penyebab keputihan. Jadi intinya jangan terlalu makan berlebihan ya. Terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment