Serunya menjadi Newborn Photographer


Photo shot Jelita Maret 2019


Hal pertama apa sih yang terlintas di kepalamu saat mendengar kata bayi?  mungil, lucu, suci, tentram? Pasti ada banyak hal dan kata yang terlintas ya yang bisa menggambarkan perasaan kita. Ah bayi memang makhluk magis yang mampu merebut hati setiap orang yang melihatnya. Makhluk mungil itu mampu menjungkir balikkan perasaan kita hanya dengan melihat wajah mereka, senyum tulus mereka kala tidur dan juga tangisan pertama mereka. Masih ingatkah kalian akan momen-momen magis dan indah itu? Pasti masih dong ya, apalagi kalau ada fotonya...

Ngomong-ngomong soal foto bayi, selama beberapa tahun terakhir ini seni foto bayi sedang naik daun lho. Dikenal dengan istilah newborn photography, tren memotret bayi yang baru lahir menjadi gaya baru kaum milenial. Saya sendiri ikut mengabadikan 2 momen indah si kecil lewat jasa ini lho. Kebetulan salah satu teman kantor ada yang menekuni bidang ini, namanya Mona Martinasari. Nanti akan saya ceritakan ya kenapa Mona menekuni bidang ini.

Apa sih Newborn Photography Itu?

Newborn photography sebenarnya hanya istilah penyebutan untuk fotografi yang fokus pada bayi yang baru lahir seperti halnya tema foto yang sudah ada. Biasanya diawali dengan pengambilan foto pre wedding, post wedding, maternity dan dilanjutkan dengan newborn photography untuk mengabadikan momen bahagia. 

Sesuai dengan namanya, newborn photography memiiki style khusus yakni umur pengambilan foto dan juga stylingnya (tema), membuat siapapun yang melihat jatuh cinta karena penampilan bayi-bayi lucu dan menggemaskan dalam balutan kostum dan properti khusus. Biasanya dibuat dalam suasana sureal dan kesan dramatis yang menonjolkan obyeknya yaitu bayi.

Setau saya sih belum terlalu banyak fotografer di Indonesia yang membuka jasa  fotografi genre newborn ini. Wah bisa dijadikan peluang ya, tertarik? tapi harus sabar dan mau belajar menata dan mengarahkan pose bayi yang rumit  itu lho...  Nah peluang inilah yang ditangkap oleh Mona, kebetulan di Semarang sendiri belum banyak yang membuka jasa ini di tahun 2017. 



Awal Mula 

Berawal dari iseng pengen motret anak sendiri setelah melahirkan anak kedua di akhir tahun 2016 pakai pose-pose lucu yang dilihat di pinterest dan youtube, Mona berkeinginan untuk mendalami passion baru ini tapi belum punya kamera. Kebetulan umur anaknya juga sudah lewat masa untuk percobaan pose newborn photography. Namun Mona gigih belajar dan mempraktekkan ilmu baru yang dipelajarinya lewat teman-teman terdekatnya. Dia meminta ijin memotret anak-anak temannya untuk meningkatkan jam terbangnya. 

Photo shot Gendhis Jan 2018

Akhirnya sang suami membelikannya seperangkat perlengkapan memotret sebagai modal awal Mona menekuni hobby yang jadi salah satu karir profesionalnya saat ini. Bermodalkan kamera dan dukungan dari sang suami Mona mulai menawarkan jasanya di lingkungan sekitarnya dengan tarif yang super  ekonomis. Dia bilang dulu dia hanya ingin belajar agar mampu memberikan "nilai yang lebih tinggi" dari skill yang dia punya yaitu memotret bayi.


Photo shot 2017


Saya ingat dulu saya jadi salah satu obyek foto percobaan Mona bersama teman-teman kantor. Ada yang di foto gratis dan ada yang berbayar namun harganya super ekonomis seperti yang saya bilang tadi, 50.000 buat modal Mona beli pizza habis belajar motret. Lalu lambat laun tarif pun naik setelah Mona mahir membidik dan menata pose bayi dan jasanya tersebar luas dari mulut ke mulut.

Mona bercerita dulu saat awal mulai motret tangannya kadang masih gemetar, maklum baru belajar dan ada rasa was-was aklau bayinya rewel dan orang tuanya marah tapi seiring berjalannya waktu Mona semakin mahir. Kebanyakan belajar dari channel youtube newborn photography milik para fotografer di luar negeri dan beberapa yang menginspirasi Mona adalah Svitlana Vronska, Anabrandt, Martaponsko, dan Tara Bergmane. Penasaran? silakan di search sendiri ya..

Photo shot Jelita Maret 2019


Pemilik golongan darah B ini mengaku memiliki banyak hal yang disukai terutama yang berhubungan dengan hal kreatif. Mona senang dan pandai menggambar, dia juga menyukai kegiatan memasak dan sempat menekuni bidang ini beberapa saat namun sekarang fokus pada newborn photography yang jadi passion terbesarnya saat ini. Mona mengusung nama MM Photography sebagai brand jasa foto bayi yang ditekuninya. 

Kapan Waktu yang Tepat Mengabadikan Moment si Kecil?

Usia ideal untuk melakukan newborn photo shot adalah range waktu antara usia 5 sampai15 hari (rata-rata), kalau bagi Mona sendiri maksimal usia 1 bulan saat difoto. Pada usia tersebut bayi masih lebih banyak tidur, mereka masih dalam masa transisi dari dalam kandungan dan dunia. Kalaupun bangun juga hanya sebentar dan jika rewel lebih mudah ditenangkan. Makanya visual yang dihasilkan juga kece-kece karena mereka bobok cantik hehehe. 

Tak jarang Mona beruntung bisa menangkap momen langka saat mereka sedang tersenyum atau tertawa dalam tidur yang menambah kesan cantik, magis ataupun dramatis dari foto yang diambilnya. Permainan warna, properti, pose dan angle pengambilan gambar membuat komposisi foto yang dihasilkannya cantik.




Penasaran kan dengan hasil photo session dari klien kecil MM Photograpy? Nanti bisa diintip di galerinya ya, sekarang saya kasih teaser beberapa diantaranya. Siap-siap terpesona ya...



Menurut Mona ada hal lain yang jauh lebih penting untuk dimiliki dibandingkan dengan teknik pegang kamera dan lighting yaitu memiliki passion (panggilan hati) dibidang yang akan digeluti. Jangan sampai mau jadi new born photographer tapi takut sama bayi atau belum pernah pegang bayi sama sekali, ya gawat kalau begitu.. bisa gagal. Passion ini yang akan membantu kita menaikkan jam terbang dengan sabar berlatih menghadapi para klien. 

Mona mengatakan dengan terus berlatih akan membantu kita mengenali karakter masing-masing bayi yang akan difoto sehingga ketika menemukan kasus yang sama lagi kita sudah bisa menentukan langkah penanganannya,. Selain itu jangan lelah untuk terus menggali potensi dan eksplor seni estetis (memadu padankan properti, penempatannya dan kombinasi warna) yang terus berkembang dan sedang digandrungi, atau menciptakan stylemu sendiri sehingga bisa menonjolkan kekhasan karyamu. 

Lalu jangan lupa belajar editing (photoshop dan corel) ya agar hasil karyamu makin oke karena proses editing mampu menghilangkan background bocor, memperhalus beberapa hasil foto yang menampilkan kulit ruam atau kulit mengelupas si bayi. Oiya yang terpenting adalah berani modal, minimal modal beli alat yang menunjang passionmu untuk berlatih. Seperti kata pepatah "there is no free lunch in this world" yang artinya tidak ada yang gratis di dunia ini.

Suka Duka Newborn Photographer

Saya yakin dalam setiap profesi pasti ada suka dukanya termasuk profesi newborn photographer. Mona membenarkan hal tersebut, dia mengatakan hal paling menyenangkan yang dia rasakan selama proses foto bayi adalah ketika dia memotret bayi yang anteng sehingga dia bisa mengabadikan pose yang diinginkan. Bayi yang anteng memudahkan Mona membuat transformasi ide di kepala menjadi nyata ditambah sentuhan ajaib editing tools maka foto yang dihasilkan benar-benar akan memanjakan mata yang melihatnya dan membuat hati jadi hangat.




Sedangkan untuk kesulitan biasanya jika bayi rewel dan sulit ditenangkan. Hal ini bisa menghambat proses pengambilan foto bahkan tidak bisa diteruskan sama sekali kalau bayi tetap tidak tenang. Mona biasanya mengikuti mood bayi misalnya digendong sampai tenang atau mau nyusu dulu. Proses paling lama adalah proses menenangkan bayi agar merasa nyaman sehingga bisa difoto. Kenyamanan bayi adalah yang utama. emosi orangtua juga berpengaruh pada proses pengambilan foto. Jika orangtua tenang dan santai biasanya bayi yang dipotretnya juga akan lebih tenang, tapi kalau orangtua gelisah maka bayipun ikut gelisah dan jadi rewel karena ada semacam sinyal antara orangtua dan anak. 


Untuk itu Mona selalu memberikan edukasi dan pengertian bahwa proses pemotretan yang dilakukan pada bayi mereka bukan sesuatu yang berbahaya atau menyakitkan karena itu dilakukan saat usia bayi masih sangat muda agar badannya masih sangat lentur untuk diapa-apain sehingga pemotretan berjalan lancar dan hasilnya memuaskan. Mona juga selalu membawa asisten yakni suaminya sendiri untuk membantunya selama proses pemotretan berlangsung. Wah kompak banget ya..

Cara Booking, Tarif & Keunggulan

Nah setelah tau sejarah perjuangan Mona memulai karirnya sebagai newborn photography pasti semua jadi penasaran kan gimana caranya kalau mau pakai jasanya untuk mengabadikan momen berharga si kecil? Nah ini dia langkah yang bisa ditempuh teman-teman semua:

1. Cek Instagram
Kalian bisa kepoin foto-foto hasil karya dari MM Photography di IG resminya yaitu search aja pakai username @mona_mmphotography atau kalian bisa klik tautan berikut ini ya  https://www.instagram.com/mona_mmphotography/ dan hubungi kontak berikut WA only 08995615590 untuk pemesanan jasa.

Nanti akan keluar semua hasil karyanya yang sudah diunggah, jadi kalian bisa mulai melihat referensi tema apa yang mau dipakai.




2. Booking
Sistem booking di MM Photography ini harus dilakukan jauh-jauh hari ya gaes soalnya Mona hanya memotret di hari sabtu dan minggu karena saat weekday dia harus bekerja. Booking seat untuk photo shoot bisa dilakukan jika usia kandungan sudah umur 8 bulan dan sudah tau tanggal HPL agar usia ideal untuk difoto (usia 5-15 hari) tidak terlewat.

3. Tentukan Tema
Setiap orangtua pasti pengen punya momen terbaik bagi putra putrinya dan salah satunya adalah pemilihan tema. Rentang waktu yang cukup panjang yaitu sebelum HPL membuat klien Mona bisa mendiskusikan tema yang mau dipakai, kelebihan dan kekurangan atau tingkat kesulitan yang harus dihadapi saat pemotretan.



Oiya Mona menambahkan bahwa semua kliennya akan mendapatkan service berupa 3 sesi tema foto (lebih ke permainan warna dan properti), 10 file edit foto dan semua file hasil foto dalam 1 CD, 1x cetak 10R, 10x cetak 4R. Album 4R 20 hal 150 dan cetak magazine ukuran 20x20 16 hal 75rb

Tarif

Biaya untuk newborn photography dari Mona saat ini dibandrol pada harga 1 juta dan masih relatif murah dibandingkan dengan jasa fotografer lain di kelasnya. Nah kalau kalian berencana mengabadikan momen indah sikecil yang berlangsung dalam hitungan hari sebaiknya dipersiapkan sejak awal ya, mungkin bisa menyisihkan sedikit penghasilan atau dimasukkan ke biaya kelahiran sehingga tidak terasa berat.

Mungkin kalian mikir foto bayi kok mahal ya, ya memang karena prosesnya tidak seindah foto yang kalian lihat. Ada banyak proses panjang yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk menghasilkan foto yang bisa dikenang sepanjang masa. Foto yang menangkap momen berharga si kecil yang tidak akan pernah terulang lagi, yang bisa menghadirkan rasa takjub bagi si empunya foto sendiri.




Keunggulan

Ini dia nilai plus dari jasa foto Mona yaitu bisa dipanggil ke rumah dengan syarat rumahnya bisa dilewati mobil - tidak berada di gang kecil karena properti yang dibawa banyak agar mudah proses angkut-angkut propertinya.  Hal ini untuk mengakomodir klien yang masih enggan membawa bayinya keluar rumah sebelum umur 40 hari namun tetap ingin memakai jasa foto Mona. Untuk layanan foto ke rumah ini akan ada tambahan biaya transport sesuai jauh-dekatnya jarak.

Selain jasa datang ke rumah, Mona juga memiliki studio kecil di rumahnya yang disediakan untuk klien. Ini untuk mengakomodir klien yang bingung nanti kalau ke rumah fotonya dimana. Oiya Mona juga menyediakan jasa design dan cetak foto bayi dari para kliennya dengan dua pilihan ukuran cetak. Dua ukuran tersebut adalah cetak Album ukuran 4R 20 halaman harga 150rb dan cetak  Magazine  ukuran 20x20 16 halaman harga 75rb.


Bagaimana, tertarik menggunakan jasa foto bayi Mona atau belajar seni foto bayi karena seru dan menantang? silakan kontak langsung nomor yang sudah saya sematkan di atas ya :)

22 comments for "Serunya menjadi Newborn Photographer"

  1. Aku ngerasain serunya waktu nemenin ponakan sedang photoshot mam. Kalau ga salah batasan usia newborn 14 hari ya? jadi bisa lebih mudah di foto karena masih bobok terus dan ngga banyak gerak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa...lucu banget ya mereka dibentu-bntuk gitu tetep anteng...
      Paling bagus memang usia 5 hari- 15 hari, tapi maksimal usia sebulan saat di foto juga masih bisa kadang-kadang

      Delete
  2. Foto bayinya lucu2 banget dalam berbagai macam pose dan ada temanyaa jugaa ..bayinya juga terlihat anteng karna pada dasarnya baby juga tidur saat siang. Jadi mau difoto jga mudah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, makanya paling bagus usia sebelum satu bulan karena masih banyak tidurnya

      Delete
  3. Ya ampuuun..imyut banget foto2 baby-nya ya mbaa.. Foto baby Gendhis dan Jelita jg canteeek.. Jempol deh mba Mona dang ketrampilannya. Semoga sukses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak lucu-luca dedek bayinya...butuh ketelatenan juga mgang bayi kaya gitu keren emang

      Delete
  4. Ya Allah, lucu-lucuuu 😍
    Butuh keterampilan tersendiri ya. Sekarang banyak yang suka nih, untuk acara aqiqahan biasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak...saya sudah tau sejak 2017..saat Mbak Mona menekuni hobby yang menghasilkan ini

      Delete
  5. Kyaaaa, lucu-lucu banget foto baby nya.
    Aku suka liat tuh unik banget konsepnya, dan pernah liat juga di YouTube behind the scene pengambilan, agak riweh ternyata
    Dari properti hingga pola tingkah baby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa....makanya harganya nggak murah karena butuh ketelatenan dan durasi pengambilan foto juga tidak sebentar, bikin encok yang motret hehehe

      Delete
  6. Hasil fotonya bagusss banget, propertinya juga lengkap, kalau baby udah lahir mau juga aahh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus berani modal emang apalagi property kaya gitu juga ga murah...cuss Mbak agendakan dan persiapkan dari jauh-jauh hari karena biayanya emang ga murah

      Delete
  7. Aku tuh tiap ngelihat foto-foto new born sering kepikiran gimana sih kok baby nya itu bisa anteng banget. Padahal kalau foto kayak gitu kan pasti gonta-ganti pakaian plus aksesoris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada triknya Mbak, salah satunya adalah diperdengarkan suara yang membuat relaks atau tenang seperti suara angin atau air..coba deh cek di youtube pasti bayak yang pakai cara ini

      Delete
  8. masyaAllah apik banget hasil jadinya. Mba Mona keren.Sejeti mayan ya Miss. Tapi kalau ke luar kota gitu beliaunya bisa nggak. Miss? pasti akan nambah budget perjalanan ya. Kyaaa aku kan di Pemalang ea... hehehhe berdoa moga bisa punya momongan lucu aamiin. makasih referensi nya Miss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin....Iya Nyi...nambah ongkos transport sesuai jarak tempuh hehehhe ayo nabung dari sekarang biar ga keras ananti...sisihkan dari nominal kecil aja..sepuluh ribuan perhari atau 20 ribuan...

      Delete
  9. Iyaya...aku lihat BTS nya dari Newborn Photographer ini seru banget.
    Kok yaa..anak bayik bisa diuntel-untel gitu yaa...
    Iih....jadi kangen sama bayi-bayi...kan, kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya kan...lucu banget...mereka bisa nateng gitu karena selain masih banyak tidur juga badannya masih lentur kaya masih di dalam kandungan...kalau kangen bikin lagi aja Mbak ehehehe

      Delete
  10. Aaaaa hasil foto nya keren keren itu debay pada lucu dan gemash semua sih kk, wkwkwk jadi pingin punya anak cwe aaa maa sya allah 😍

    ReplyDelete
  11. Masya Allah bayikkk, cute semuaaa ❤️ kebayang yaa mesti sabar banget klo mo foto newborn, pernah liat di yutub prosesnya pas si bayik lagi rewel

    ReplyDelete
  12. Gemes banget ya liat posenya, debaynya jg kliatan nyaman banget waktu di foto, pasti skill fotografer newborn baby luar biasa.

    ReplyDelete

Post a Comment