Menyiapkan Pernikahan butuh apa saja?

Siapa yang selama pandemi Covid-19 ini denger banyak berita duka? entah ada yang meninggal atau gagal menikah padahal persiapan sudah 80% jalan? Pasti ikut sedih ya kalau tau ada kabar-kabar seperti itu. Hal ini juga sempet terjadi pada salah satu pucuk pimpinanku di kantor. Bayangin, semua persiapan sudah jalan 99% dan 2 hari menjelang hari H justru si calon mempelai dinyatakan positif Covid-19. Padahal Gedung, Catering, Baju Pengantin dan semua persiapan lain sudah firm. Duh gimana perasaan mereka ya? kita yang denger aja ikut sedih dan prihatin, semoga pandemi ini segera berakhir ya biar kita bisa melakukan hal-hal normal lagi aamiin...




Ngomongin soal persiapan pernikahan itu memang kebayang ribet dan nggak ada habisnya. Tapi juga  menyenangkan. Teman-teman disini sudah pernah ngalamin hari-hari sibuk persiapan menjelang pernikahan? atau ada yang belum? Tenang, sini aku kasih tau beberapa hal yang harus dipersiapkan. Penasaran? yuk simak poin-poin yang harus diperhatikan.




1. Sudah ada Calon

Ini yang wajib ada sebelum kalian mempersiapkan pernikahan karena gimana bisa nikah kalau nggak ada pasangannya. Cari pasangan yang baik ya temen-temen, yang menerima dan mencintai serta sayang sama kita apa adanya termasuk keluarga kita. Pasangan yang menghargai dan tidak egois, yang selalu bisa diandalkan kapanpun juga. Soalnya yang selalu ada akan menang dari yang selalu kasih duit. hihihi

Duit gampang dicari tapi pasangan yang benar-benar mengerti dan mampu menjadi penentram hati itu lebih susah dicari dan lebih berharga dari sekedar duit. So, bijak dalam memilih pasangan hidup ya teman-teman. Ingat, menikah bukan sebuah pembuktian atau pencapaian tapi perjalanan panjang bersama kalau partnermu tepat maka kalian akan meraih tujuan yang bisa membahagiakan kalian. Be wise...

2. Tentukan Budget

Jangan pernah maksa soal budget ya teman-teman karena setiap orang punya limitnya masing-masing. Perlu diingat pernikahan bukan ajang untuk bersaing dan mengedepankan ego serta gengsi. Nanti uripmu ambyar lho!! Kalau kamu mampunya mengundang100 orang ya sudah jangan maksain diri buat ngundang 1000 orang. Ingat ya ngadain pesta itu sebenarnya bukan kewajiban, yang penting sah dimata negara dan agama. Tapi kalau mau adain pesta tentukan budget sesuai kemampuan kamu dan pasangan yang bisa memenuhi keperluan untuk bayar venue, dekorasi, catering, baju pernikahan, sepatu, tata rias dan printilan lain seperti souvenir atau wedding organizer.

Jangan sampai ngutang sana sini demi nurutin gengsi karena si A bisa masa aku engga..

Emang kalau kamu nurutin gengsi bisa bayar utangnya? mending utang cinta seumur hidup sama pasanganmu aja hihihi




3. Tentukan Konsep Pernikahan

Nah ini penting lho teman-teman, kalian harus memikirkan konsep pernikahan mau indoor atau out door. Menentukan seberapa banyak orang yang mau diundang, pikirkan keriwehan dekorasinya dan jangan lupa pikirkan soal cuaca. Jangan memaksakan diri untuk pakai konsep outdoor di musim hujan karena bakalan nyusahin kalian dan juga tamu yang diundang.

Selain itu pemesanan gedung atau venue untuk acara wedding biasanya harus dipesan jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan ada yang harus dipesan setahun sebelum acara saking ramainya yang makai gedung itu. Tapi kalau urusan konsep pernikahan sudah beres setidaknya sepertiga sampai setengah pengeluaran yang harus disiapkan sudah ketahuan.




4. Catering  

Makanan adalah part penting dan paling banyak menghabiskan budget jadi harus dipikirkan dengan baik. Apalagi ini soal menjamu tamu, mereka sudah meluangkan waktu dan juga jauh-jauh datang ke acara spesial kamu jadi harus dijamu dengan baik. 

Pilih makanan dan minuman yang enak dan aman. Aman disini adalah pilihan menu kalau bisa lebih banyak menu yang orang sudah biasa makan sehingga tamu menikmati hidangan yang tersedia. Jangan lupa lakukan tes menu sebelum memesan sehingga makanan benar-benar layak disantap biar tamu dan keluarga yang hadir menikmati jamuan.




5. Tata Rias dan Dekorasi

Setelah melalui tahap menentukan tema pernikahan, teman-teman bisa mulai memikirkan soal dekorasi yang diinginkan agar sesuai dengan tema apakah Internasional atau Tradisional. Biasanya penyedia jasa tata rias sudah punya gandengan jasa dekorasi. Kalian bisa minta pertimbangan dan bahkan dapat diskon ekstra lho.

Oiya tes make up juga perlu lho biar tau kualitas dan hasil dari make up yang dikerjakan oleh tim tata rias. Biar hari spesial kamu nggak berantakan karena make up yang jelek. Soalnya ini pernah terjadi sama naknya salah satu kolega di kantor. Make upnya jelek banget, pengantin yang seharusnya jadi ratu sehari terlihat down dan tidak percaya diri. Jangan sampai hal ini terjadi di hari spesial kalian ya.




6. Baju Pengantin 

Nah untuk baju pengantin yang akan dikenakan sebaiknya sudah melalui kesepakatan dengan keluarga juga ya teman-teman. Soalnya kan ini bukan hanya pesta kalian berdua tapi keluarga. Sesuaikan dengan kesepakatan dan budget kalian. Jangan maksa beli kalau bisanya sewa toh itu cuma dipakai sehari sebagus apapun itu. Just think and act wisely 

Selain itu dengan menyewa baju pengantin teman-teman bisa menghemat budget pernikahan. Hal yang terpenting adalah ukuran baju pengantin pas di badan, model dan warnanya juga sesuai.

Tapi bagi teman-teman yang tidak begitu masalah dengan budget dan berpikir baju pengantin hat yang penting maka bisa membuat alternatif untuk memesan baju pengantin. Keuntungan lain dari membuat baju pengantin sendiri adalah kalian bisa menentukan bahan, desai dan juga ukuran yang pas di badan.



7. Sepatu

Oiya di hari yang paling penting sekali seumur hidup pengantin wanita juga harus memperhatikan sepatu yang dikenakan. Selain modelnya cantik juga harus nyaman saat digunakan. Jangan sampai hanya fokus sama model dan keindahnnya saja. Sepatu yang cantik namun menyakitkan bisa merusak mood pengantin yang harus berdiri lama menyalami tamu dan foto bersama. So sepatu yang cantik dan nyaman itu wajib hukumnya, nggak boleh enggak. Jangan sampai harimu rusak karena sepatu yang tidak nyaman. Dan jangan lupa desain sepatu bisa disesuaikan dengan gaun atau baju yang dipakai ya.


8. Souvenir

Souvenir adalah representasi dari ucapan terima kasih dari yang punya hajat kepada para tamu yang sudah datang memberikan restu. Bentuknya pun beragam dari yang bisa sampai luar biasa seperti gelas, gantungan kunci, pouch, cokelat dan juga tempat tissue. Barang-barang tadi bisa didapatkan di berbagai vendor yang sudah banyak tersedia. Hunting di pasar yang punya sentra kerajinan juga asyik sembari membandingkan harga yang lebih reasonable untuk barang yang sama.

Nah itu dia sedikit gambaran tentang persiapan pernikahan yang butuh dihitung budgetnya. Semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit pencerahan dan membantu ya..

No comments for "Menyiapkan Pernikahan butuh apa saja?"