Thursday, January 14, 2016

Eksotisnya Lemon Poppy Seed Cake

Beberapa waktu yang lalu saya lagi hobby ngubek-ubek resep masakan dari Donal Skehan, terutama roti/cake buatannya. Selain bahan yang simpel, cara membuatnya juga tak kalah simpel :)
Waktu pertama kali mencoba resep ini, ada beberapa bahan yang saya ganti karena kebetulan ga nemu bahan yang dimaksud. But, so far so good. Suami, anak, adik, ortu dan mertua juga suka loh. Apalagi rasanya tidak biasa...ada manis gurih dan rasa lemon yang menggigit membuat lemon poppy seed cake ini cocok jadi kudapan ditemani teh hangat.

Oke, yuk cuss ke bahan-bahan yang dibutuhkan :


Adonan A:
- 110gr Tepung terigu serba guna
- 110gr tepung gandum/ganti dengan oatmeal
- 2 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm biji selasih

Adonan B:
-150gr gula pasir
- 3 butir telur ukuran besar
- 100 ml yoghurt plain/susu cair
- 1/2 sdt vanil aekstrak
- air perasan dan parutan kulit lemon 1 buah/lebih

- 100ml minyak sayur

Icing:
-50gr gula halus
- 3 sdt perasan lemon

Cara Membuat:
Panaskan oven di suhu 180C/350F. Olesi loyang ukuran 21cmx11cmx6cm atau loyang yang ada dirumah. waktu itu saya pakai loyang bolu ban diameter 26 cm dengan mentega. Lalu taburi tepun sedikit supaya nanti adonan tidak lengket.

Campur adonan A dalam satu wadah, aduk hingga tercampur. Pastikan wadah yang dipakai agak besar karena nanti akan dicampur dengan Adonan B.
Dalam wadah terpisah kocok adonan B hingga tercampur rata lalu tuang ke Adonan A dan aduk hingga adonan tercampur baik dan cukup kental. Setelah itu tuangkan minyak sayur/mentega kedalam adonan, aduk lagi hingga benar-benar menyatu.
Tuang adonan dalam loyang, panggang selama 40-50 menit sambil sesekali dicek dengan cara menusuk kue dengan lidi. Jika lidi bebas dari adonan lengket dna warna sudah kuning kecoklatan, tandanya cake sudah matang.
Keluarkan cake dan angin-anginkan selama 10-15 menit dan siap ditambahkan icing.

Sebenarnya icing hanyalah opsi, sesuai selera. Saya sendiri lebih suka cake ini apa adanya, tanpa tambahan icing karena rasanya akan jadi lebih asam. Tapi kalau mami-mami suka sensasi kuat dari lemon, berikut cara membuat icingnya:

Campurkan gula halus dan perasan lemon hingga tercampur dan oleskan diatas cake dan tambahkan juga parutan kulit lemon sebagai pemanis.

Dan, voila hasilnya... cantik kan... 
Courtesy of Mona Martinasari


Berhubung saya tidak sempat memotret waktu itu, akhirnya saya meminjam salah satu koleksi teman kantor yang kebetulan sudah mempraktekkan resep ini juga.

Untuk mami-mami sekalian, Selamat mencoba resep ini ya..pasti bakalan tambah disayang suami, anak, ortu, dan mertua deh karena pinter bikin makanan yang yummy.

Cheriiooo

8 comments:

  1. Hmm... yummy...
    sudah lama nih ga bisa eksekusi resep.. hasna lagi apa2 pengen tahu, pengen lihat, jd worry kalo pas ada oven di kompor :D
    moga2 bisa eksekusi next time :)

    ReplyDelete
  2. Hihihi iya rin, akmal jg gitu sekarang rusuh kemaren pas lg ngaduk adonan dia ikut nyeburin tangannya hahaha bikin emaknya nyapnyap :P

    Selamat mengeksekusi kapan-kapan

    ReplyDelete
  3. Kalau saya sih maunya tinggal makan aja mbak Dani, kalau nekat bikin kayaknya ngga sanggup deh daripada berantakan :)

    ReplyDelete
  4. Dicoba dulu mbak..gampang banget kok..kan itu nggak perlu pakai mixer cukup kocokan tangan aja :D

    Biar tau prosesnya tar pasti makannya lebih lahap deh :D

    ReplyDelete
  5. Wah, kudu di praktekin nih...aku juga suka bikin cake *kalo lagi rajin hehe...soalnya anak dan suamiku suka ngemil..

    ReplyDelete
  6. Wah yummmyyyy dan bahannya gampang dicari, kayaknya perlu cobain bikin ah. Siap2 belanja dan praktekkkk

    ReplyDelete
  7. Iya mbak gampang banget bikinnya...ga perlu mixer juga..dan yang pasti rasanya endeeess...btw kalo jeruk lemon kemahalan bs diganti jeruk baby pacitan lho lebih murah jg tp menurutku emang blm ada yang bisa ngalahin harumnya aroma lemon :D

    ReplyDelete