Tuesday, February 2, 2016

Kado Pernikahan


Memasuki bulan setelah bulan asyura atau 1 muharam, itu artinya sudah memasuki bulan sarat undangan pernikahan alias ramai kondangan. Menurut sunnah bulan diantara dua hari raya dianggap sebagai bulan paling baik untuk melangsungkan pernikahan, saya sendiri juga mengikuti jejak ini. Ngomong-ngomong soal pernikahan selain tetek bengek persiapan untuk calon mempelai, ada juga keribetan tersendiri yang harus kita siapkan sebagai tamu. Salah satu keribetan itu adalah soal kado, atau tanda mata yang akan kita berikan pada mempelai karena nggak semua orang bisa kasih uang walaupun sang memepelai pasti butuh uang hihihi.... Berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai seorang mempelai yang pernah mendapatkan berbagai macam kado, berikut saya bagi inspirasi kado yang bisa diaplikasikan ke saudara atau temen-temen kalian ya guys :D

1. UANG
Pasti jadi pilihan pertama untuk tamu undangan yang nggak mau ribet nyari atau bawa sesuatu di hari H undangan perkawinan. Kado uang selain praktis juga lebih berguna untuk mempelai, bisa jadi modal ngontrak rumah atau bayar tagihan catering hihihi.. 

2. Seprai, Handuk, dan Selimut
Ketiga macam kado ini pasti jadi salah satu andalan para tamu undangan untuk dibawa sebagai kado. Selain mudah ditemukan di toko-toko berbagai macam corak, warna hingga harga yang bervariasi menjadi alasan utama pemilihan kado ini.

3. Buku
Buku juga salah satu kado menarik yang bisa dipilih dan dipersembahkan pada mempelai baru. Buku-buku tentang rumah tangga, resep masakan, sampai hobby bisa dijadikan pilihan unik alias anti mainstream kata kaum kekinian :D

4. Peralatan Memasak
Peralatan memasak ini bisa mencakup banyak barang, tinggal menyesuaikan budget yang dimiliki atau sesuai request seperti blender, mixer, satu set panci dan teflon, magic com, atau oven listrik. Silakan dipilih sesuai prioritas apalagi kalau belinya patungan mungkin bisa membeli beberapa barang untuk dijadikan satu kado :D.

5. Mesin Cuci
Ngomong-ngomong soal mesin cuci saya baru tau kalo ada dua jenis mesin cuci dua tabung dan satu tabung  melainkan tradisional dan modern. Saya sendiri pernah mendapat kado yang tipe tradisional, pernah denger? Bentuknya Unik lho mirip mesin cuci dua tabung cuma ini meggunakan 1 ember besar dan satu ember kecil , papan penggilasan, dan sikat pakaian nggak ketinggalan jepitan dan hanger baju untuk menjemur. Bengong? Ngakak? Ya iyalah..tapi sumpah ini lucu banget...dan kreatif mungkin bisa kalian coba untuk kado istimewa teman dekat kalian :)

6. Televisi
Beruntung banget kalo mempelai bisa dapet kejutan kado istimewa ini, secara ini kan worth it banget dijadikan pelipur lara dikala senja menjelma dan dirundung duka. Yaelah kaya apaan aja, yang jelas TV bisa jadi teman menghabiskan waktu bersama pasangan sambil gegoleran di sofa tau kasur, tergantung penempatannya :D.

7. Kulkas
Kulkas sudah bukan lagi barang mewah, melainkan barang pokok karena jadi kebutuhan setiap keluarga pasangan muda. Apalagi pasangan muda yang dilanda asmara bawaannya pengen minum yang dingin-dingin hihihi. Sekarang harga kulkas juga bervariasi, dari yang ramah dikantong sampai yang bikin kantong bolong :P

8. Lemari Baju
Saya juga dapet kado ini dari beberapa teman kantor yang patungan membelikannya untuk saya. Bentuknya seperti container plastik tapi ini dari kayu, yang terdiri dari beberapa susun. Alhamdulillah sampai sekarang masih berfungsi dengan baik dan sangat bermanfaat.

9. Bed Cover Set 
Kado ini nggak kalah penting dibandingkan dengan kado-kado diatasnya. Bed cover set dengan kualitas yang bagus bisa membuat pasangan baru menjadi nyaman dalam melewati rutinitas awal pernikahan, hahaha... tau kan maksud saya? senyum dikulum

10. Peralatan Makan
Kado ini juga jadi salah satu pilihan yang sering dipakai para tamu, karena bisa dibungkus dengan berbagai macam cara, mulai dari yang sederhana (tertutup rapi) sampai yang gaya (dibuat parcel). Yang jelas dari pertimbangan harga yang juga variatif tidak mengalahkan fungsi utamanya, kado ini cocok untuk pasangan baru yang sedang merintis dari nol :).

11.  Voucher Menginap/Belanja
Ingin meninggalkan kesan yang mendalam pada pasangan baru? beri mereka voucher menginap di hotel untuk merayakan malam pertama. Atau voucher belanja yang bisa memanjakan hasrat belanja sebagai pengobat lelah setelah menjadi raja dan ratu sehari.


12. Tas atau Dompet
Meskipun mempelai wanita sudah mendapatkan tas atau dompet dari sang suami, bukan berarti dia tidak boleh menerima hadiah ini dari orang-orang tersayang. Ungkapkan rasa sayang anda melalui hal-hal yang disukai mempelai, khususnya mempelai wanita.

13. Karpet
Kado ini sangat bermanfaat, untuk meghias ruang tamu atau kamar tidur di rumah baru. Atau sekedar untuk alas gegoleran menonton TV di ruang keluarga bersama pasangan. Pasti Romantis!

14. Jam Tangan
Kado spesial untuk orang-orang yang efisien dan menghargai waktu. Berikan penghargaan untuk mereka melalui pengingat waktu ini, satu untuk masing-masing :D.

15. Perhiasan
Perhiasan tidak melulu emas, bisa juga perhiasan dari batuan-batuan etnik yang unik dan cantik atau perhiasan berbahan perak yang cocok dikenakan di segala suasana. Jangan lupa sesuaikan dengan selera mempelai.

16. Lingerie
Nah ini juga salah satu jenis kado yang paling sering diberikan oleh teman-teman terdekat mempelai. Kata mereka yang ngasih sih biar malam pertama dan malam-malam panjang berikutnya makin asoyy :D.

18. Hair Dryer
Kado satu ini sangat bermanfaat nggak cuma buat pengantin baru tapi semua pengantin yang melakukan ritual keramas pagi dan butuh mengeringkan rambut dengan cepat supaya tidak jadi bahan bulan-bulanan teman di kantor. Harganya pun cukup ekonomis.

19. Hiasan Dinding/Karikatur
Jenis kado ini lagi hits atau happening banget istilah kekiniannya. Katanya biar inget terus sama yang ngasih dan lebih berkesan karena akan lebih sering dipandang ketika digantung untuk mengisi dinding kosong di rumah.

20. Perlengkapan Mandi
Kok perlengkapan mandi? emang kenapa? kan sah-sah aja, terserah yang mau ngasih kado dong hehehe... Betul, sah-sah aja kok mau ngasih 1 set perlengkapan mandi pasti akan dipakai apalagi dari merk kenamaan favorit mempelai :P


Masih bingung cari kado pernikahan? Ya enggak mungkinlah kan udah saya kasih contekan! Hihihi...Nah itu tadi beberapa contoh kado yang bisa dijadikan inspirasi ketika kamu butuh cari kado untuk saudara terkasih atau sahabat tersayang. Sesuaikan saja dengan kebutuhan si penerima kado dan budget kamu tentunya. Selamat berbelanja kado ya guys :D

12 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. hoalahhhhh wkwkwkwk mesin cuci tradisional... itu sepertinya kok saya tau yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...i told u wkwkkw tapi awet lho smp sekarang yg enggak cuma jepitan bajunya aja :P

      Delete
    2. ak jg pernah lhoo mb dan ngadoo temen gilasan baju wkwkwkwk

      Delete
  3. Kalo aku pengennya tiket kapal pesiar Queen of The Sea plus uang saku..mbak.
    Ada yg mau ngado ngga?
    Aku relaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo ada yang mau ngasih kado tiket pesiar plus uang saku...aku juga mau pake banget mbak archaaa...siapa juga yang mau nolak..hahhaha...ngimpi sik wae yo mbak ;)

      Delete
  4. banyaknya....
    aku mentahnya aja deh. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan buat nyicil tagihan rumah baru atau ngelunasin cetering ya jeng rina kkkk :D

      Delete
  5. oiya kah jeng enggar? itu pasti meninggalkan kesan yang mendalam ya hihi

    ReplyDelete
  6. Uang paling simple deh mbak Dani. Bawanya ngga repot dan manfaatnya banyak bisa digunakan untuk apa saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Iya mbak anjar, UANG memang paling simpel, yg bersangkutan lebih tau mau dipake buat apa uangnya hehehhe

      Delete