Monday, February 11, 2019

JENIS MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIKONSUMSI SECARA BERLEBIHAN OLEH IBU HAMIL


Bisa hamil dan melahirkan seorang anak, tentunya menjadi impian bagi setiap wanita diseluruh dunia. Tak hanya bagi wanita, hal tersebut juga sangat diharapkan oleh kaum pria yang kelak nanti akan menjadi calon ayah. Tapi bicara soal kehamilan itu tidak melulu yang indah-indah, ada kalanya kehamilan menjadi momok apalagi bagi mereka yang pernah mengalami keguguran. Berbicara tentang keguguran, ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat menggugurkan kandungan lho Mom! Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis makanan yang dapat menggugurkan kandungan, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini:


credit to google

1. Buah Nanas
Jenis makanan pertama yang harus diwaspadai oleh para wanita hamil, yakni bernama buah nanas. Buah Nanas sudah dikenal sebagai alat penggugur janin dari zaman nenek moyang kita dulu. Terutama buah Nanas muda. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, buah yang satu ini memiliki kandungan zat bromelain yang dapat melunakkan dinding Rahim, sehingga sangat rawan terjadinya keguguran. Namun, ada juga beberapa para peneliti yang meragukan akan hal itu. Benar atau tidaknya mengenai dampak buruk dari mengonsumsi buah nanas bagi ibu hamil, tidak ada salahnya juga jika bunda menghindari buah nanas selama masa kehamilan.

2. Buah Pepaya
Selain buah nanas, ternyata buah pepaya juga dapat menggugurkan kandungan lho. Namun dengan satu catatan, bahwa buah pepaya ini hanya akan berbahaya bagi ibu hamil apabila dikonsumsi secara berlebihan. Terutama untuk bagian bijinya, yang jangan sampai termakan. Pasalnya, biji buah pepaya ini memiliki kandungan enzim yang dapat merusak janin hingga menyebabkan keguguran. Yup, bener banget selain bijinya bagian lain yang berbahaya dari Pepaya adalah getahnya. Getah pepaya ini memiliki sifat menghancurkan/melemahkan daging termasuk janin.

3. Pare
Jenis makanan berikutnya yang harus diwaspadai oleh para wanita hamil, yakni bernama pare. Ya, pada dasarnya, jenis sayuran yang satu ini memiliki vitamin dan protein yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tapi dibalik semua itu, ternyata pare ini dapat memicu kontraksi uterus dan iritasi, sehingga bisa terjadi pendarahan pada janin lho. Ternyata ya mom, padahal kandungan vitamin dari pare mampu menstabilkan kadar gula darah kita juga lho. Tapi kalau itu justru membahayakan kesehatan janin mending dipikir dua kali deh.

4. Kepiting
Siapa sih diantara kita yang sanggup menolak rasa kelezatan dari daging kepiting ini? Ya, dibalik rasanya yang lezat dan gurih, daging kepiting ini mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan penyusutan rahim, pendarahan internal, hingga keguguran. Wah, serem juga ya akibatnya. So be wise ya mom dalam mengkonsumsi segala sesuatu, jangan terlalu berlebihan karena itu tidak baik :D

5.  Produk Olahan Susu Mentah
Jenis makanan terakhir yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, yakni berupa produk olahan susu mentah seperti keju mozzarella, gorgonzola, dan keju feta.

Itulah beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Padahal kelima jenis makanan diatas pasti sering kita konsumsi ya Bun apalagi buah-buahan segar yang cocok disantap di hari yang panas. Nanas, Pepaya adalah kudapan lezat yang sehat dan menyegarkan apalagi kalau dibikin rujak makin nyuss deh. Nah dari kelima makanan yang sudah saya sebut tadi, makanan nomor berapakah yang pernah menjadi favorit Bunda-bunda semua?


11 comments:

  1. Klo saya makan kepiting alergi... Untuk gak mengandung ya...hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu kalau pepaya ama kepiting bisa menggurkan, kalau nanas muda iya, kepiting pun dulu malah inseminasi banyak makan kepiting, bukannya bagus ya, ternyata pantesan inseminasinya gagal heuheu, kalau pare iya lebih tepatnya dia bersifat spermatisida, jadi bisa mematikan sperma jadi gak nempel ke telor dan gak jadi hamil, dokter yang bilang kalau pare mah heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak vita ndak boleh banyak-banyak proteinnya tinggi banget soalnya..sesekali bolehlah..bagus malahan ikan lele :)

      Delete
  3. Baru tahu kalo pelaya bisa memacu keguguran mbak. Alhamdulillah dl pas hamil lancar. Harus lebih hati2 saat mengkonsumsi makanan ya buat bumil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak dulu pernah dikasih tahu sam dokter nggak boleh banyak-banyak apalagi pas masih trimester pertama sebenarnya kalau pepaya karena getahnya katanya.. daunnya juga dihindari karena bersifat melunakkkan (lagi-lagi getahnya)

      Delete
  4. baru tahu soal pepaya, padahal dulu pemakan segala buah pas hamil muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berlebihan mbak..kalau sewajarnya dan secukupnya aja sih insyaallah amn lah ya :)

      Delete
  5. Duren ga masuk mba, dulu aku pas ga tau lagi hamil muda makan duren ama nanas, tapi ya sewajarnya aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duren kalu kebanyakan ya nggak boleh kan itu bikin panas pencernaan..pokoknya segala sesuatu yang memicu dan mengaktifkan saluran cerna baiknya dihindari :)

      Delete
  6. Sy dl pas hamil pernah makan nanas karena saking pengennya, dikit sih hehe..habis itu d nasehati temen, jadi nyesel sy, untung gpp. Tapi mendingan jangan yaa mbaa..

    btw barakallah yaa mba atas kehamilan yg ke-3, semoga sll sehat selamat ibu dan bayinya..Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikit kalu cuma secuil dan dimaksudkan untuk cicip insyaallah gapapa ya mbak asal nggak kebanyakan aja :D makasih buat doanya mbak..

      Delete