Wednesday, January 8, 2020

Lima Pesan Moral dari Film Spies In Disguise

Sabtu, 28 Desember 2019 lalu saya ada janji temu dengan sahabat lama yang sudah dua tahun tidak pernah ketemu. Akhirnya kami janjian nonton dan makan bersama di Java Supermall setelah malam sebelumnya saya nemu promo nonton diskon 50.000 minimal transaksi 100.000 yang sayang dilewatkan. Saya memilih film animasi "Spies In Disguise" yang sepertinya menarik dan kebetulan sedang tidak mood nonton film yag terlalu berat. Jadilah kami janjian pukul 10.00 di bioskop Cinepolis karena jam tayang pukul 10.30.

pic by google

Saya terlambat 10 menit karena lalu lintas padat dan agak macet di depan SD SEMESTA Srondol. Maklum terjadi kecelakaan lalu lintas, sebuah motor dan mobil. Saya lngsung menyapa sahabat saya, Hana begitu sampai dan segera mencetak tiket nonton yang sudah saya pesan dua malam sebelumnya. Sembari mennati studio kami buka, kami memesan popcorn dan minuman untuk bekal menonton. Pukul 10.30 tepat pintu bioskop dibuka, kamipun masuk dan mulai duduk manis menikmati film.

Spies In Disguise merupakan film besutan sutradara Troy Quane dan Nick Bruno produksi 2oth Century Fox dan blue Sky Studios bergenre komedi aksi-komedi yang cocok ditonton bersama keluarga atau teman. Adegan pertama dibuka scene anak kecil yang sedang asyik bermain sendiri dengan berbagai peralatan eksperimen dna tiba-tiba sebuah peluru melesat dan melubangi cangkir kopi yang dipegang ibunya. Lalu sang ibu menghela nafas dan mulai menanyai anaknya yang bernama Walter. 

Sang Ibu yang merupakan seorang polisi menanyai Walter tentang alat yang sedang dikerjakannya dengan sayang. Walter semangat menceritakan project barunya dalam rangka mengemban misi untuk menyelamatkan dunia dari orang jahat tanpa harus melukai. Sang ibu pun menyemangati Walter untuk terus mengembangkan ide-ide tersebut sehingga mimpinya bisa terwujud suatu hari nanti. Walter pun setuju meskipun dia agak lesu karena dijuluki si aneh "weird" oleh teman-temannya. Sang ibu pun tersenyum dan mengatakan "kadang dunia butuh orang aneh seperti kita untuk menyadarkan mereka" dan mengajak Walter toast dengan mengatakan "Team Weird" seraya tersenyum lebar.

Adegan berubah menjadi 14 tahun kemudian yang menghadirkan adegan tangkas Lance Sterling, seorang agen yang sedang mengemban misi dari sebuah organisasi rahasia The Agency. Saya pikir itu adalah versi dewasa Walter yang akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya namun ternyata... penasaran? Nonton aja sendiri eh... wkwkkwkw

Sepanjang film kita akan disuguhi adegan action menarik dan juga berbagai percakapan dna adegan kocak Walter dan Agen Sterling yang berakhir dalam misi bersama yang tidak mau diakui Sterling. Petualangan seru dimulai ketika Sterling kembali dari misi terakhir di Jepang dan dia dituduh mencuri senjata yang diselamatkannya.

Sterling kabur dari markas dalam upaya mencari bukti bahwa dia tidak bersalah dan berakhir di rumah Walter yang sedang membuat penemuan genetika yang bisa mengubah wujud. Pada saat Sterling datang dia meminum air yang sedang dibawa oleh Walter yang ternyata adalah formula terbaru rekayasa genetika temuannya dan Sterling berubah menjadi seekor burung. Sumpah adegan ini bikin ngakak nggak ketulungan apalagi adegan-adegan selanjutnya.. Kemarahan agen Sterling karena berubah jadi burung dan keluguan Walter padahal masih ada masalah yang harus dihentikan.

pic by google

Jadi bagaimana akhirnya? silakan nonton sendiri ya. Nah berikut ini adalah lima pesan moral yang bisa diambil dari Film SPIES IN DISGUISE ini, check it out ya gaes:

1. SEMANGAT
Film inimengingatkan kita bahwa semangat yang membara bisa mengalahkan hal-hal buruk yang kadang mampir di hidup kita. Seperti Walter si ilmuwan muda yang sejak kecil diejek temannya dna dianggap sebagai orang aneh, nyatanya dia bisa membuktikan bahwa dia adalah orang hebat lewat hasil penemuannya yang tidak lazim. Walter percaya bahwa dunia ini butuh orang aneh seperti dirinya untuk menjaga dan menyelamatkan dunia tanpa kekerasan.

2. JANGAN TAKUT JADI BEDA
Pernah merasa takut untuk melakukan sesuatu yang berbeda karena olok-olok orang sekitar kita? Semua orang pernah mengalaminya dan kalau kita masih terus terpaku pada pendapat orang kita tidak akan pernah bisa maju. Maka dari itu jangan takut jadi beda karena kita tidak tau akhirnya sebelum mencoba, bisa jadi kita adalah agen of change yang mampu menjadi pioner dan bukan follower.

3. JANGAN SOMBONG
Sehebat apapun kita jangan pernah merasa hebat karena kesombongan akan menghancurkan kita. Agen Sterling merasa dia adalah agen paling hebat yang tak terkalahkan, kesombonganlah yang menghancurkan kariernya karena dia lengah sehingga dia bisa dikelabuhi oleh musuhnya. Jadilah seperti padi yang semakin tua dan berisi semakin merunduk. Kita jadi orang hebat bukan karena kita sendiri tapi karen asosok-sosok lain yang membantu proses kita menjadi hebat, jadi jangan sombong.

4. JANGAN MEREMEHKAN
Film ini juga mengingatkan kita untuk jangan meremehkan orang lain. Kadang kita suka menganggap enteng atau remeh orang lain karena kita merasa posisi kita lebih tinggi dari mereka, padahal seseorang bisa mencapai puncak bukan tidak mungkin dia tidak "menginjak" orang lain dalam prosesnya. Karena tanpa menginjak aatau menjadika yang lain sebagai pijakan dia tidak bisa merangkak naik. So hargai orang-orang di sekitar kita ya gaes..

5. KERJASAMA
Kadang kita lupa bahwa kita ini makhluk sossial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Film ini mengajarkan kita bahwa kerjasama tim yang baik mampu mengalahkan kejahatan dengan mudah. Tak hanya menghemat tenaga karena ada banyak tangan yang mengulurkan bantuan tapi juga untuk mengingatkan kita bahwa tanpa orang sekitar kita, kita bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa karena kita belajar meredam ego kita dnegan mengutamakan hasil keputusan bersama.

Nah itu tadi beberapa pesan moral yang bisa kita ambil dari film Spies In Disguise. Selamat menonton ya...

27 comments:

  1. Seandainya didaerah deket rumahku ada bioskop. pasti anak-anak dah ngajak nonton film ini.. sayangnya cuma bisa nungguin sampe ada di youtube atau iflix.. aku banyak ketinggalan film-film baru nih.. tapi baca reviewnya bagus ya mba filmnya.. apalagi buat anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nggak selalu nonton film terbaru kok Mbak kebetulan kalau ada yang menarik di hati baru nonton, tapi film ini keren dari segi visualisasi dan pesan moralnya..wajib nonton

      Delete
  2. Film ini kocak banget tapi tetep sarat pesan moral seperti kebanyakan film kartun dari luar. Aku juga sempet bahas bahas tentang jadi beda itu fine2 krn jadi sendiri itu lebih asyik daripqda ngekoe temen aja sama kakak nadia setelah nonton film.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...keren banget filmnya, terhibur dan banyak pelajaran yang bisa dipetik dari sini...biar nggak lupa diri

      Delete
  3. Ini tuh yang manusia berubah jadi burung ngga sih? Belakangan sering liat iklan nya pas nonton eh kok ternyata udah tayang aja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya bener yang beru ah jadi burung 🤣

      Delete
    2. Hehehehe iya Lu itu agen Sterling berubah jadi burung yang sukses bikin ngakak karena meski sudah jadi burung dia tetep sombong...

      Delete
  4. Rekomen nih filmnya. Sebagai penggemar film kartun, banyak muatan pesan moral di dalamnya ya yang pastinya bagus untuk dipahami anak-anak dan sebagai reminder para dewasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak dna banyak adegan lucu yang sukses mengocok perut

      Delete
  5. Tokoh Lance Sterling koq jadi mengingatkan karakter Will Smith di Man In Black yak?
    Hehehe

    Film seru buat jadi tontonan bareng keluarga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini memang Will Smith pengisi suaranya Lance Sterling makanya mukanya kan tengil banget kaya dia wkkwkw

      Delete
  6. Wah...jadi penasaran nih sama film ini. Film ringan yang bisa jadi alternatif pelepas stres y mba? Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali...bakalan ngakak nggak abis-abis lucu soalnya

      Delete
  7. Jadi pengen nonton filmnya aku Miss. Belum pernah nonton dan suka banget sama semua pesan moral yang disampaikan. Paling dekat denganku sekarang kerjasama, tanpa orang lain aku nggak bisa apa-apa. Karena memang kita memang butuh orang lain untuk bersandar ya Miss
    semangat kita!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo nonton Nyi bagus banget selain menghibur juga sarat pesan moral wajib nonton soalnya

      Delete
  8. Wah banyak banget pelajaran yang bisa diambil ya. Jadi kangen nonton nih.. Pengen me time biar fresh ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gek ndang cuss mbak cek dulu masih tayang apa nggak jangan-jangan dah turun layar

      Delete
  9. Jangan takut menjadi beda., point tersebut sangat ngena.
    karena di masyarakat kita, begitu kita beda, punya saran beda, pemikiran beda kita lagsung dicap aneh, hahahaha

    ReplyDelete
  10. betul mba, saya udah nontn ini. proud to be different as long as still in right way :D

    ReplyDelete
  11. Kalau dilihat-lihat, penggambaran agen Sterling kok kayak Will Smith ya hehehe...
    Bagus juga nih nilai moral yang coba disampaikan dalam film Spies in Disguise. Bisa ditonton untuk segala umur kan ya ini Dan?

    ReplyDelete
  12. Meski hanya film sederhana tetapi punya makna dalam yang bermanfaat.😄😄

    ReplyDelete
  13. Cerita filmnya mungkin sederhana ya tapi sarat akan pesan moral ternyata. Bagus untuk mengajarkan ini, nggak cuma buat anak-anak tetapi juga buat orang dewasa ya

    ReplyDelete
  14. Seru banget movie date dengan sobat lama, jadi kangen sobatku ni walau sekota sudah bener ketemuan, rileks banget nonton bareng..abis itu rumpiii..

    ReplyDelete
  15. wah kok kemarin malah gak nonton ini ya... ternyata bagus apalagi buat anak anak...bisa memotivasi mereka

    ReplyDelete
  16. Ini termasuk daftar film yang ingin saya tonton. Sayang masih belum ada waktu untuk berleha2 di bioskop. Saya baca resensinya sepertinya cukup keren.

    Salam kenal :))

    ReplyDelete
  17. Pengen nonton.... Aku suka film animasi aksi-komedi gini.. jadi tuh tujuan nontonnya tercapai: nonton buat hiburan ��

    ReplyDelete
  18. Wah kok saya kelewatan ngga nonton
    Catet ah, cari spies in disguise, untuk ditonton weekend ntar

    ReplyDelete

Follow Us @soratemplates