Self Love sebagai Bentuk Apresiasi terhadap Diri Sendiri

Selama hampir tiga bulan mengikuti kebijakan WFH yang sebagian besar waktu dihabiskan di rumah saya yang sudah terbiasa berkegiatan di luar ini akhirnya menemukan titik jenuh juga. Saya tipe orang yang senang bertemu banyak orang dan semakin bersemangat juga menemukan banyak ide kreatif saat bertemu orang-orang. Di rumah aja, ketemunya suami, anak-anak dan juga ART lama-lama saya black out dan kegiatannya juga gitu-gitu aja. Jadinya bikin mager dan males ngapa-ngapain, nggak produktif. 

Ikut arisan blog juga kirim tulisan di akhir-akhir karena ide mentok, ikut challenge baca buku tiap minggu juga terbengkalai karena nggak bisa bagi waktu soalnya krucils tidur diatas jam 10 malam, mau nyoba resep baru bahannya ada yang kurang harus keluar jadi urung. Lalu yang paling parah adalah pengen belajar jahit padahal mesinnya sudah ada kok ya masyaallah ada aja halangannya. Jadi harus gimana dong?



Rasanya udah bener-bener stres dan boring abis di rumah meski ke kantor seminggu dua kali nyatanya nggak mengubah mood soalnya sampai kantor pekerjaan nggak ada habisnya sampai waktunya pulang lagi. Bahkan pernah sampai nggak sempat makan siang saking tumpah ruahnya kerjaan. Sampai rumah sudah capek tapi masih punya kewajiban ngurus anak dan yang lainnya. 

Bekerja dari rumah selama masa pandemi ini benar-benar perjuangan bagi saya padahal saya punya support system yang luar biasa. Saya sampai merasa apa saya kurang bersyukur sama Gusti Allah? tapi memang begitu kenyataannya saya merasa tertekan dan kehabisan energi. Saya kangen melakukan ritual self love saya seperti sebelum ada pandemi covid tapi sekarang tidak bisa saya lakukan.

Pengen tau nggak apa aja ritual self love yang biasa saya lakukan untuk membangkitkan mood atau sekedar kasih reward bagi diri sendiri? Self love itu penting banget buat menjaga kewarasan lho, salah satu cara menghargai diri kita sendiri meski yang lain tidak dan ini dia beberapa cara yang biasa saya lakukan untuk diri saya sendiri:

1. Nonton di Bioskop
Dulu jaman sebelum ada covid kegiatan nonton film di bioskop bisa jadi rutinitas menyenangkan setiap bulan. Bahkan Pak Bos juga kasih ijin karena beliau tahu saya suka nonton untuk melepas stress. Seringnya sih saya pergi ke bioskop kalau ada film bagus dan bos ke luar kota jadi kerjaan ngak gitu crowded, itu pun saat jam istirahat.



2. Pergi ke Salon
Ini nggak selalu tiap bulan sih biasanya kalau badan udah mulai oleng dan kepala nyut-nyutan. Langsung deh cuss ke salon terdekat buat creambath atau malah ambil paket pijat sekalian (ini kalau reservasi di saat weekend). Sekarang belum bisa lagi padahal pengen banget creambath, mau creambath di rumah juga ga ada yang bisa bantuin :(.

3. Window Shopping
Siapa sih yang nggak suka belanja atau minimal window shopping alias jalan-jalan muterin mall liat barang yang kece-kece gitu. Buatku ngemall itu nggak harus beli sesuatu, liat-liat suasana dan juga aneka barang yang dipajang aja udah bikin hati gembira.



4. Liburan bersama Keluarga
Nah ini nih satu hal yang paling kurindukan. Entah cuma ke kabupaten sebelah buat makan sate atau main ke taman kotanya. Sebenernya udah nggak sabar pengen ajak anak-anak staycation lagi manfaatin poin yang sudah terkumpul hampir sejuta. Lumayan banget kan kalau bisa dipakai nginep serombongan tapi lagi-lagi harus bersabar :)

5. Makan di luar
Makan adalah salah satu hal yang ku sukai, karena bagiku di dunia ini makanan itu cuma ada dua enak dan enak banget. Apalagi kalau makannya rame-rame gitu tambah asyik. Biasanya suka keluar makan bareng temen-temen di kantor yang selera makannya sefrekuensi, maklum suami vegetarian kalau makan sama doi ga bisa yang aneh-aneh, mentok penyet hihihi.



Nah itu dia beberapa hal yang sangat saya rindukan untuk dilakukan, semoga pandemi ini segera berakhir agar kita semua bisa kembali beraktivitas seperti biasa dan sehat semuanya amin. Kalau kalian sendiri biasanya melakukan apa agar hati gembira?



9 comments for "Self Love sebagai Bentuk Apresiasi terhadap Diri Sendiri"

  1. Kalau saya bentuk self lovenya lebih sering dengan kumpul2 samaa keluarga dan main kemana gt..

    ReplyDelete
  2. Sama. Aku juga super bosan di rumah aja, hehehe, apalagi kerja di rumah juga, tapi ya semoga lekas normal semuanya aamiin

    ReplyDelete
  3. Aduh... Aku juga pingin nge mall nih walopun cuma lihat2 aja. Magernya udah kelamaan banget ya mbak. Sampe ide mentok. Sama... Semoga bener2 normal kembali ya

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka nonton karena ketularan suami yang seneng ke bioskop. Tapi sekarang belum bisa ya, hikss...jadi kehilangan suasana nonton bareng dengan orang tak dikenal, wkwkwkk.
    Semoga pandemi lekas berakhir, bisa nonton lagi di bioskop karena nonton film di rumah emang beda sih feel nya

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka nonton film bioskop tapi nontonnya di televisi mbak, hihi. Lumayan bisa menenangkan jiwa setelah capek pulang kerja, dan bisa disambi lipat-lipat baju :)

    Selain itu kadang pergi ke mall juga, sekalian melihat pemandangan lain supaya mata dan pikiran jadi segar. Intinya melakukan hal sederhana namun bisa menyenangkan diri sendiri, hehe.

    ReplyDelete
  6. Iyaa aku kangen banget pengen piknik, ketemu teman-teman dan ngobrol, semoga nanti bisa ketemuan lagi dalam keadaan yang aman yaa

    ReplyDelete
  7. Kalau aku nggak terlalu kangen piknik, tapi kangen banget silaturahmi dengan orang-orang terdekat. Video call nggak bisa menggantikan pertemuan fisik je

    ReplyDelete
  8. Dulu sih aku pilih membaca utk jadi gembira lagi..tapi minat bacaku blm juga pulih. Keasyikan kedua piknik..itupun blom bisa terlaksana..hehe.. To wis skg ini menikmati apa yg ada saja, ngeblog atau sosmedan sambil ngleyeh..haha..

    ReplyDelete
  9. Self love ku untungnya nggak begitu terdampak sama pandemi, bisa tidur tanpa gangguan dan nonton drakor aja udah bikin fresh hehe. Masalahnya kalau pas lagi banyak deadline, seringnya jadi kurang tidur wkwk... terus jadi bertanduk deh.

    ReplyDelete

Post a Comment