Viral Post, Yeay or Nay?

Viral post, Yeay or Nay? agak susah juga nih mau jawab, mengingat ada banyak pro dan kontra seputar hal ini. Nah kalau ada pertanyaan seperti ini kira-kira kalian akan merespon apa nih guys? Mau dibisikin juga dong, tapi sebelum dibahas lebih lanjut sebenernya kalian paham ga sih apa yang disebut dengan viral post itu?


VIRAL adalah?

Berdasarkan unggahan di salah satu artikel yang pernah ku baca, viral merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris yang merupakan kepanjangan dari "virus virtual". Virus memiliki arti penyakit. Sedangkan virtual sendiri merujuk pada arti tidak nyata. Jadi viral di sini memiliki arti penyakit tidak nyata namun sepertinya sekarang telah mengalami pergeseran makna.  

Lalu makna yang sekarang apa dong? 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terdapat dua makna dari kata VIRAL, apa saja?
1.  Menyebar luas dengan cepat. Kata viral biasa digunakan di dunia maya untuk menggambarkan cepatnya penyebaran suatu berita/informasi.
2. Menyebar luas dengan cepat bagaikan virus.

Saat ini kata VIRAL lebih sering digunakan oleh masyarakat untuk mendeskripsikan sesuatu yang luar biasa menarik perhatian dan tersebar luas melalui berbagai media informasi. Hmm, sepertinya aku mulai paham nih kalau viral adalah situasi dimana penyebaran suatu berita/informasi berlangsung sangat cepat sehingga menjadi trending atau pencarian nomor satu.

Mengapa Postingan Bisa Viral?


Sebuah postingan bisa dikatakan viral jika menarik perhatian banyak orang terutama di media sosial entah itu perbincangan negatif maupun positif dan banyak dibagikan oleh para pengguna media sosial sehingga menjadi perbincangan yang hangat dan meluas. 

Biasanya postingan yang berkaitan dengan isu perselingkuhan, mental health dan juga prestasi yang sering menuai Viral. Apalagi saat ini masyarakat aktif menggunakan media sosial sehingga potensi viral sebuah postingan semakin besar. Terutama postingan yang menarik minat banyak orang, entah yang lucu, sedih atau bikin kesel. Kalian pernah punya postingan yang viral juga ga? kalau aku sih belum.

Apa Motivasi Bikin postingan viral?


Tentu saja untuk mendapat perhatian. Perhatian yang dicari dan dijual di media sosial, yang membanjiri minat banyak kalangan saat ini. Kenapa? karena kalau sudah viral bisa bikin traffic naik dan bisa menghasilkan fulus alias cuan. Makanya banyak orang berlomba-lomba membuat konten agar viral. Tak jarang mereka menghalalkan cara yang kurang etis demi konten viral. Demi cuan apapun bisa. Meskipun tidak semuanya begitu.

Nah balik lagi ke pertanyaan postingan viral yeay or nay? kalau aku sih yeay... Apalagi kalau postingan tersebut berisi banyak info bermanfaat yang wajib dibaca dan disebarluaskan. Seperti postingan viral salah satu teman bloger asal Purwokerto, Mbak Pungky yang menuliskan pengalamannya mengalami post partum depression (PPD) pasca melahirkan anaknya. 



Tak banyak orang yang tau atau paham tentang gejala PPD yang sering dialami oleh para ibu baru. Orang taunya itu cuma salah satu trik para perempuan agar dimanja padahal kalau dibiarkan saja sindrom ini bisa membahayakan nyawa si ibu dan bayi. Salut buat mbak Pungky yang sudah berhasil keluar dari masa kelam tersebut bahkan membagikan pengalaman yang dapat menguatkan sesama perempuan. Terima kasih sudah mau berbagi.

Satu hal yang pasti, viral bukanlah segalanya karena menilik situasi saat ini, banyak sekali content creator yang membuat postingan agar viral sehingga tidak begitu memerhatikan isinya. So, buat teman-teman yang sedang dan ingin membuat postingan viral coba gali ide yang menarik dan juga mengandung manfaat. Semangat dna sukses selalu ya.

No comments for "Viral Post, Yeay or Nay?"