Tips Jitu Atasi Bad Mood



Life is Never Flat

Pernah denger ga ada orang yang bilang hidup itu membosankan berarti dia hidupnya gitu-gitu aja alias nggak berwarna. Entah itu dia hidupnya flat aja...nggak pernah sedih atau susah mungkin atau sebaliknya. Padahal hidup yang menyenangkan adalah hidup yang berwarna cause life is never flat pasti ada ups and downs ga mungkin lempeng aja. Pada masanya nanti pasti akan menemui tumbukan yang memporak porandakan situasi yang ada seperti mood kita yang swing, berubah-ubah.

Bicara soal mood selalu menarik buatku. Kenapa? karena orang pasti memiliki mood yang berbeda meskipun dalam situasi yang sama. Maka dari itu jangan kaget kalau kita menemukan berbagai macam emosi yang berebeda ketika bertemu dengan banyak orang. Mungkin aja orang yang kita ajak bicara sedang nggak mood saat responnya kurang menyenangkan menurut kita. Jadi sebenarnya apa sih mood itu? Secara umum arti kata mood sering dikaitkan dengan kondisi suasana hati seseorang.

Mood

Kata mood sendiri berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti suasana hati atau keadaan emosi seseorang dalam waktu tertentu. Intinya suasana hati seseorang bisa berubah-ubah, atau tidak stagnan karena ada banyak hal yang mempengaruhi. Selain kata mood itu sendiri ada beberapa istilah lain yang berkaitan dengan mood seperti moody, bad mood, mood swing dan mood booster. Pasti sudah pernah dengar terkait beberapa istilah ini kan? berikut penjelasannya:

1) Moody

Moody atau kerap juga disebut dengan moodiness merupakan kondisi perubahan suasana hati atau mood seseorang yang bisa terjadi secara mendadak. Misalnya dari yang semula marah bisa tiba-tiba bahagia atau sebaliknya.

2) Bad Mood

Bad mood merupakan istilah umum untuk menyebut kondisi suasana hati yang buruk. Kondisi bad mood bisa ditunjukkan dengan reaksi seseorang yang negatif terhadap suatu hal.

3) Mood Swing

Sementara, mood swing adalah perubahan mood (suasana hati) yang tampak jelas dalam kurun waktu tertentu. Mood swing dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, mood swing juga bisa jadi pertanda dari kondisi mental yang alami bipolar.

4) Mood Booster

Mood booster merupakan sebutan untuk berbagai hal atau sesuatu yang mendongkrak suasana hati karena termotivasi juga memiliki dampak yang positif dalam diri sendiri.


Buatku sendiri perubahan mood kadang bikin keki sendiri pasalnya beberapa pekerjaan bisa berantakan kalau mood lagi nggak oke. Untung aku punya beberapa trik jitu untuk menaklukkan mood swing yang datang mendadak. Pengen tau apa aja trik jituku? simak ya...

1. Berhenti atau beri Jeda

Kadang berhenti sejenak dari rutinitas bisa memberikan efek yang luar biasa, apalagi kalau pekerjaan kita termasuk yang penuh tekanan dan tuntutan. Jangan lupa kalimat bahkan ngobrol saja butuh jeda apalagi kerjaan bisa stress nanti kalau nggak ada habisnya.

2. Lakukan Hal yang Berbeda dari Rutinitas

Memberikan perubahan baik suasana maupun ritme pada rutinitas terbukti bisa memberikan energi positif bagi jiwa dan fikiran kita. Apalagi perubahan rutinitas tersebut sesuatu yang menyenangkan, liburan misalnya.

3. Tekuni Hobi

Memiliki hobi bisa mengalihkan kita pada hal-hal yang kurang menyenangkan ke sesuatu yang menyenangkan. Apalagi kalau ada komunitasnya, dijamin makin happy deh. Selain bisa menekuni hobi juga silaturahmi menambah daftar pertemanan baru. Lumayan bisa kopdar dan sharing pengalaman.

4. Nonton Film

Salah satu hal yang sering kulakukan untuk mengusir bad mood adalah dengan nonton film. Paling ampuh kalau nontonnya di bioskop.

5. Spa

Nah ini salah satu yang paling favorit, memanjakan diri. Pulang dari massage, totok wajah dan creambath badan seger dan pikiran fresh.

6. Minum Teh

Siapa yang nggak suka ngeteh? Rugi lho...soalnya mau diminum saat dingin atau panas sama -sama enak. Apalagi ngetehnya sambil ditemenin ayang.. ciee..

7. Jalan-jalan

Believe it or not jalan-jalan ditengarai mampu membuat tubuh dan pikiran rileks karena mata kita bisa dengan leluasa memandang sekitar dan memperbaiki suasana hati kita.

8. Makan

Selain merupakan kebutuhan pokok makan juga bisa membantu memperbaiki suasana hati yang buruk karena bisa menghasilkan hormon endorfin yang bikin hati senang. Apalagi kalau makannya ditemenin p.us dibayarin hihihi. Ini berlaku untuk semua makanan ya, yang menggugah selera dan minat termasuk coklat, sate padang, es dawet, what ever...

9. Musik

Dengerin musik sambil sesekali berdendang mengikuti irama yang ada juga bisa bantu pulihin mood jelek aku. Bahkan sekedar mendengarkan murotal atau musik instrumen bisa bikin rileks. Cobain deh..

Nah itu dia beberapa tips buat usir bad mood or bad hair day dari aku semoga bisa membantu kalian  buat balikin mood baik lagi ya. Feel free to share ya kali bisa aku praktekin juga 

No comments for "Tips Jitu Atasi Bad Mood"