ANGKRINGAN




Flash back
ke jaman masih kuliah dulu tiap uang udah menipis di akhir bulan harus pinter putar otak biar bisa bertahan sampe dapet uang kiriman selanjutnya. Biasanya aku milih belanja ke pasar bareng temen kos buat beli sayuran dan diolah sendiri supaya bisa lebih hemat uang makan, kebetulan di kos tersedia kompor gas dan alat masak. Pilihan lainnya bisa juga pergi ke angkringan di malam hari kalau lagi males masak tapi mau makan simple dan tetap murah.

Selain jadi tempat nongkrong, angkringan juga jadi pilihan untuk menghabisakan sisa uang yang menipis demi menu hemat akhir bulan. Aku yakin kalau ada pertanyaan tempat penuh kenangan semasa muda pasti bakalan banyak yang jawab angkringan. Hayo ngaku!! siapa Bagiku angkringan jadi salah satu tempat penuh kenangan dan cerita masa muda dulu. Rapat organisasi dadakan tapi pas lagi kelaperan? Angkringan bisa jadi solusi, tengah malem kelaperan dan udah ga ada warung makan yang buka? Tentu jawabannya angkringan for the rescue!



Ngobrolin soal angkringan dan kisah masa muda jadi bikin aku wisata masa lalu. Menu favorit aku di Angkringan adalah nasi kucing dan sate usus plus minuman wajib, susu jahe! Nasi kucing yang harganya cuma seribu perak, dan susu jahe 2000-3000 an pada jaman kuliah dulu. Salah satu kenikmatan dunia meskipun tanggal tua ahahaha. Kalian pada suka nongkrong di angkringan juga gak? Btw, jangan ngaku anak angkringan sejati kalo kalian belum tau asal-usulnya angkringan dan siapa pelopornya yah hihi becanda yaa guys! Sini kita sama-sama belajar tentang informasi soal angkringan yang ternyata sudah ada sejak tahun 1930an dimana awal mulanya dipelopori oleh Eyang Karso Dikromo dari Ngerangan, Klaten.

Pada saat umur 15 tahun eyang merantaU ke Solo untuk mencari nafkah lantas kemudian bertemu bersama mbah Wiryo dan keduanya memutuskan untuk membuat usaha makanan bersama. Bermula dari menjual makanan terikan yang terbuat dari bahan santan kental yang dijual di malam hari. Kemudian seiring berjalannya waktu Eyang dan mbah Wiryo menabah menu makanan lebih banyak lainnya. Selain aneka makanan, mereka juga menambahkan aneka minuman seperti wedang jahe, kopi panas juga aneka minuman tradisional lainnya yang bisa membantu menghangatkan di malam hari.

Menurutku, angkringan selalu punya vibes nyaman dan chill yang gak pernah ngebosesnin, menunya yang beragam dan super murah bikin betah. Sungkem untuk Eyang Karso dan Mbah Wiryo sebagai pelopor angkringan, beneran penyelamat masa mudaku disaat kantong kering. Kalian ada yang belum pernah nyobain angkringan? Jangan sampe nyesel karena ngelewatin momen dan kenangan berharga buat nyobain ke angkringan ya....

No comments for "ANGKRINGAN"