Dua Sosok Inspirasiku

Sosok Yang Menginspirasi, pertama tau kalau dapet tema ini di kepalaku langsung terlintas dua sosok. Ini adalah tema tulisan yang digulirkan oleh Komunitas Blogger Perempuan Semarang, Gandjel Rel. Kembali ke dua sosok yang terlintas di pikiran, aku punya alasan yang kuat menjadikan mereka sebagai sosok inspirasiku. Kalian punya sosok inspirasi juga?




Apa Itu Sosok Yang Menginspirasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata inspiratif memiliki arti segala sesuatu yang bisa memberi seseorang ilham. Kata inspiratif juga sering disamakan dengan kata inspirator, yang berarti penginspirasi atau orang yang menginspirasi. Sosok ini biasanya memancarkan energi positif, entah dari sikap, tutur kata juga pemikirannya. yang memberikan teladan bagi orang-orang di sekitarnya untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Bagiku ada dua orang di sekitar yang menjadi sosok inspirasiku, mereka adalah Ibu dan atasanku di kantor. Beliau berdua mengajarkanku banyak hal baik dalam hidup yang wajib diamalkan. Mereka berdua adalah sosok keren yang sangat menginspirasi.

Ibuku Panutanku

Dari Ibu aku banyak belajar tenatang kehidupan berumah tangga terutama dalam hal bertetangga. Kata beliau, "tonggo iku pagere mangkok dudu tembok"



Ada yang paham dari maksud perkataan beliau? Jadi intinya adalah jangan pelit, kalau kita punya makanan atau apapun jangan lupa berbagi dengan tetangga di sekitarmu. Kata Ibu, saudara terdekatmu adalah tetanggamu jadi berbuat baiklah pada tetanggamu. Apalagi kalau kita jauh dari orangtua, otomatis yang siap membantu kita disaat suliat adalah tetangga kita. Beliau tak henti-hentinya mengingatkan saya untuk selalu berbagi baik di saat lapang maupun sempit dan berbuat baik tanpa pamrih.

Bahkan Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda:

 ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ والْيَومِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جارَهُ، ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ والْيَومِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ Artinya: 

“Siapa pun yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tetangganya, dan siapa pun yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya.” (HR Muslim).

Sumber: https://islam.nu.or.id/ilmu-hadits/9-hadits-nabi-tentang-tetangga-BKAiF

Betapa dalam islampun telah diatur dan dianjurkan kepada kita agar memuliakan tamu dan juga tetangga terdekat kita. Bahkan jika kita memasak dan bau harum masakan kita tercium hingga rumah tetangga kita maka wajib hukumnya memberikan sebagian masakan kita pada tetangga. Ada yang sering begini juga? mau dong jadi tetangganya ehehehe

Alhamdulillah di perumahan tempat tinggalku sekarang tetanggaku baik semua, lingkungannya guyub rukun. Kompak dan akrab, suasananya bikin betah apalagi udaranya juga masih bersih dan segar.

Bosku Inspirasiku

Lain halnya dengan Ibuku, Bosku adalah sosok role model sejati. Beliau seorang pendidik sekaligus pembelajar. Bekerja bersama beliau merupakan suatu anugrah yang sangat saya syukuri karena beliau selalu mengingatkan untuk bekerja dengan hati, ikhlas dan cerdas. Kerja bareng beliau itu penuh kejutan karena beliau kalau punya ide suka dadakan bikin jantungan macam beli tahu bulat aja yang bisa digoreng dadakan wkwkkw.



Meskipun begitu ada banyak hal yang bisa kucontoh selama ini. Beliau ini rajin ibadah, bernagkat kerja begitu masuk ruangan beliau pasti menyempatkan diri mengaji beda banget sama sekretarisnya yang nyampe kantor langsung pecicilan nyanyi-nyanyi . Kemudian rajin shalat sunnah, nggak pernah ngomongin orang (istrinya aja cerita kalau beliau itu layaknya intel, ga pernah cerita soal kerjaan di rumah). Setiap apel pagi beliau selalu mengingatkan kami jika ada salah satu teman yang mungkin berbuat buruk ditutup saja jangan disebarluaskan. I love you Pak...

Beliau ini juga orang yang sangat dermawan namun tidak pernah riya'. Rajin olahraga, ganteng, berkecukupan. Pokoknya ideal man banget bagi kaum hawa dan jadi idola banyak wanita juga pria disekitarnya. Beliau ini level spiritualnya sudah tinggi, bawaannya adem kalo bareng beliau apalagi aku ini tipe orang yang sat set bat bet. Beliau selalu mengingatkan dengan senyum "Stay cool, Miss.... no need to rush or don't be too noise" yang jadi rem buatku kalau nggak semua orang bisa memenuhi ekspektasiku.

Intinya beliau itu selalu mengajarkan agar kita tetap berusaha apapun keadaannya, jangan pernah menyerah meskipun gagal jadikan kegagalan itu sebagai ajang belajar untuk memperbaiki diri. Perlu diingat juga perihal "just do the best and show the best version of you, nothing to loose". Nah bosnya aja sudah keren begitu masa iya nak buahnya mletre malu ah...

Alhamdulillah aku ditempatkan diantara orang-orang yang selalu memberikan pengaruh positif sehingga mau terus berbenah untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Aku yakin tak hanya aku yang terinspirasi oleh beliau semoga tauladan beliau bisa menjadi amal kebaikan yang tak pernah putus. aamiin..

Nah itu dia dua sosok inspiratifku, kalau kalian punya sosok inspiratif juga nggak? Sharing di kolom komentar ya...

No comments for "Dua Sosok Inspirasiku"