Sunday, February 18, 2018

LUNPIA CIK MEME: CITA RASA LUNPIA OTENTIK DAN HALAL

Jalan-jalan ke Semarang kurang lengkap kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Di kenal sebagai kota lumpia, Semarang memang gudangnya olahan yang sering dijadikan buah tangan tersebut. Sudah tahu kan lunpia itu apa? Lumpia adalah sebuah makanan yang terbuat dari olahan rebung yang digulung dengan kulit gandum dan digoreng yang ternyata memiliki penggemar tersendiri bagi para penikmat kuliner nusantara. Salah satu lunpia semarang yang terkenal adalah Lumpia Cik Meme. Lunpia yang selalu saya rekomendasikan ke teman-teman dan juga kolega yang berkunjung ke Semarang.



Lahir dan besar dari keluarga dinasti lumpia membuat Melani Sugiarto atau yang lebih dikenal dengan nama Cik Meme sudah tidak asing dengan dunia lumpia. Cik meme merupakan generasi ketiga lunpia mataram dan generasi kelima lunpia semarang. Pengalaman puluhan tahun selama membantu ayahnya berjualan lunpia membuat Cik Meme kaya akan pengalaman yang membuatnya berkembang. Jadi Cik Meme bukanlah pemain baru dalam bisnis lunpia, meskipun usahanya masih terbilang baru. 

Cik Meme mendirikan usaha lunpia sejak tahun 2014 atas kerja kerasnya sendiri dengan merk awal "Lunpia Delight" yang langsung merebut hati para pecinta lunpia. Kemudian sejak tahun 2017 Lunpia Delight berubah nama menjadi Lunpia Cik Meme agar ciri kedaerahan yang bersinergi dengan budaya kearifan lokal tetap terjaga.


Berawal dari membantu sang ayah mendorong gerobak dagangan lunpia di daerah Mataram, Meme kecil naik tingkat untuk belajar bagaimana membungkus lunpia yang akan dibawa oleh para pelanggan. Lalu pada saat kelas 1 SD Cik Meme sudah bisa membuat bumbu manis yang biasa di cocol ketika kita makan lunpia. Dan pada saat kelas 4 SD Cik Meme sudah belajar bagaimana memilih rebung yang baik untuk bahan dasar lunpia dari sang ayah langsung yang merupakan Master Chef Tan Yok Tjay, pewaris Lunpia Mataram.

Credit @masjo

Jadi tidak perlu meragukan kemampuan Cik Meme dalam meracik lunpia ya gaes dan ini terbukti dengan banyaknya variasi olahan lunpia yang diciptakan Cik Meme. Apa saja sih varian rasa dari Lunpia cik Meme? Cek yuk.

Ini dia 6 (Enam) varian rasa Lunpia Cik Meme yang wajib dicoba:

1. Lunpia Original (Rp 15.000,-)
Ini adalah olahan lunpia yang berisi rebung yang dicampur telur dan rasanya cenderung manis. Ini merupakan lunpia khas Semarang yang juga dijual oleh para pendahulunya seperti Lunpia Semarang, Lunpia Pemuda, Lunpia Mbak Lien, Lunpia Gang Lombok dan Lunpia Mataram milik sang ayah.

2. Lunpia Crab (Rp 22.000,-)
Sudah tahu kan crab itu apa? yup, si kepiting yang dagingnya ternyata luar biasa lezat ini memiliki rasa unik setelah dicampur rebung. Buat kalian pecinta rasa asin rasa lunpia crab pasti cocok di lidah karena rasanya yang gurih.

3. Lunpia Fish Kakap (Rp 22.000,-)
Hampir sama dengan lunpia crab, lunpia Fish Kakap ini memiliki rasa gurih yang bikin nagih apalagi buat para penyuka ikan laut. Dan lunpia Fish Kakap ini ternyata juga jadi favorit anaknya Cik Meme lho.

4. Lunpia Kajamu (Rp 22.000,-)
Nah kalau yang ini favorit saya, Lunpia Kajamu yang merupakan singkatan dari Kambing Jantan Muda. Bumbunya kaya akan rempah dan sensasi pedas merica menambah nikmat varian ini. Penasaran? cuss ke TKP.

5. Lunpia Raja Nusantara (Rp 22.000,-)
Rasa Jamur Nusantara adalah lunpia dengan isian rebung, jamur dan juga kacang mede yang lezat. Rasanya nikmat dan ini adalah favorit saya yang kedua hehhehe. Dijamin mata merem melek saking nikmatnya.

6. Lunpia Plain (Rp 10.000,-)
Menurut Cik Meme ini adalah varian yang khusus disediakan bagi para pecinta lunpia yang vegetarian alias tidak memakan olahan yang mengandung makhluk bernyawa. Dan ini adalah olahan yang paling sulit karena murni isinya rebung dan Cik Meme harus memastikan bahwa rebungnya bebas dari bau pesing.

Oiya selain saus manis dan acar mentimun ternyata ada satu hal penting yang harus ada saat makan lunpia nih gaes. Daun Bawang merah! Yang selalu ada di setiap Lunpia Cik Meme. Pertama kali nyobain makan lunpia dengan daun bawang ternyata bukannya aneh malah makin enak rasanya. Ada sensai pedas segar saat menggigitnya. Enak…

Ternyata daun bawang merah ini memiliki fungsi khusus lho, yaitu untuk membantu menghilangkan perut kembung. Wah selain enak ternyata juga kaya manfaat ya, keren!

Gimana penasaran kan gaes sama enam varian rasa Lunpia Cik Meme? Cuss gih ke gerai Cik Meme yang berlokasi di Jalan Gajahmada 107 Semarang (Sebelah Istana Buah). Kalau kamu buru-buru dan nggak punya waktu untuk keluar tapi pengen banget makan Lunpia Cik Meme kamu bisa telpon kok gaes dan pesanan akan diantar dengan minimal pembelian sebanyak 10 pieces all variant. Telponnya kesini ya (024)3511006/3511007.

Untuk kalian yang ragu apakah lunpia ini halal? Jangan khawatir karena Lunpia Cik Meme ini sudah mengantongi sertifikat HALAL dari MUI dan merupakan pelopor lunpia halal di Semarang.


Credit @masjo

Beberapa keunggulan lain dari Lunpia Cik Meme ini adalah jam bukanya yang sangat pagi yaitu pukul 05.00-00.00 WIB atau sampai pelanggan habis. Selain itu gerai Cik Meme yang ada di Jl. Gajahmada ini juga menyediakan aneka oleh-oleh khas Jateng yang bekerjasama dengan UMKM yang bisa dibeli selain lumpia, toilet bersih dan nyaman di lantai dua, Playground anak-anak, tempat makan dan juga Mushola yang luas serta Meeting room. 

Jadi nggak perlu khawatir nahan pipis karena nggak ada toilet atau kelewatan waktu sholat saat menunggu pesanan lunpia siap ya gaes. Untuk meeting room sendiri bisa digunakan hanya dengan membayar Rp 50.000,00 dengan peserta minimal 15 orang yang akan mendapatkan fasilitas penggunaan meeting room berupa LCD dan juga hidangan yang sudah disediakan. Kece kan? 

Credit @masjo
Oiya, buat kalian yang nggak keburu buat beli oleh-oleh khas Semarang ini, bisa banget beli di Bandara Ahmad Yani Semarang karena kebetulan Lunpia Cik Meme buka konter disana. Konternya ada di dekat pintu keberangkatan dan buka dari jam 05.00 pagi juga. So yang butuh oleh-oleh tapi kebagian penerbangan pertama sudah nggak perlu puyeng lagi karena Lunpia Cik Meme siap diborong di bandara :D.

Selamat berbelanja dan menikmati lezatnya lunpia semarang dari Cik Meme ya gaes.

Lunpia Cik Meme
Jl. Gajahmada 107 Semarang (Sebelah Istana Buah)
Free Delivery Service Telp. (024) 3511006/3511007

21 comments:

  1. Ini lunpia nya enak semuaaa,, nggak salah emanh pilih lunpia cik Meme. Duh,, jadi pengen lagi kannn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa.... tapi favoritku tetep kajamu sama raja nusantara :)

      Delete
  2. Aku juga suka. Semua varian suka malah hehehe

    ReplyDelete
  3. Sukaaa, pengen ngajak Nailah ke siniii...penggemar lunpia banget dese..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluargaku juga pada suka lunpia...apalagi lunpia cik meme..

      Delete
  4. bikin ngiler banget lunpia nya....

    ReplyDelete
  5. Aku jd pingin makan lunpia cik meme lagi yg raja nusantara nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya mbak..apalagi kacang medenya gedhe-gedhe... marem hehehhe

      Delete
  6. Favoritku tetep lumpia cik meme raja nusantara 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... aku suka raja nusntara sama kajamu :)

      Delete
  7. Kalau ke semarang aku mau mampir lagi ke sini mbak..lunpianya nagihh 😍

    ReplyDelete
  8. Lengkap ya mba varian rasanya.. Tahan lama lagi kalo ndak sekali habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mas jadi nggak khawatir kalau mau dibawa buat oleh-oleh agak jauh

      Delete
  9. Kapan hari aku bawain Emak di kampung lunpia ini lho..hahaha..sampai rumah digoreng lagi dengan sedikiiiit minyak di atas teflon. Hasilnya renyah lagi!

    ReplyDelete
  10. Nah penting banget nih cari lunpia yang sudah jelas halal. Jadi ayem ya pas mau maem ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak..sekarang orang makin kritis..suka nanya halal gak? bersih gak? enak gak? biar asyik jawabnya hehehe

      Delete
  11. Wah, jadi penasaran. Emang sih kadang aku masih ragu kalo mau beli lunpia di semarang. Tapi kalo udah jelas gini, aku jadi punya referensi kalo mau beli lunpia. Thanks !

    ReplyDelete