KULINER FAVORIT DARI KAMPUNG HALAMAN

credit to google
Hari ini, minggu tanggal 23 Desember 2018 akhirnya saya bisa pulang kembali ke rumah Bapak dan Ibu setelah sekian bulan terkendala waktu. Mumpung ada libur cuti bersama hari Natal, saya bujukin suami biar mau nganterin mudik daripada cuma gluntang gluntung di rumah. Alhamdulillah mau, biar anak-anak main ke rumah neneknya juga hehehe.

Padahal motif utama pulang kampung adalah biar bisa puas makan masakan ibu. Pokoknya masakan ibu itu yang terbaik. Lumayan bisa menghabiaskan 3 hari 2 malam di rumah Bapak Ibu. Kabar baiknya lagi saya jadi bisa kulineran makanan yang memang ada di kampung halaman. Yeay... elus-elus perut karena dedek bayi di dalam melonjak kegirangan. Akhirnya ada satu lagi daftar makanan request si dedek yang bisa dicoret.

Alhamdulillah mengakhiri liburan natal di tahun 2018 ini saya bisa berkumpul bersama keluarga. Memang kembali ke rumah orang tua itu selalu terasa berbeda. Mumpung mereka masih sehat juga, harus sering-sering ditengokin jangan sampai ada rasa sesal karena mengabaikan orang tua. Ini sebagai reminder buat diri saya sendiri juga sih yang kadang terlalu sibuk sama kerjaan. Hiks... maaf ya pak, buk...

Dah ah cukup buat sedih-sedihannya, sekarang mendingan balik lagi ke kuliner favorit di kampung halaman. Di tempat kalian ada nggak sih kuliner enak yang selalu ngangenin dan wajib banget untuk disambangi ketika mudik? Kalau di rumah ibu tuh banyak kuliner enak meskipun bukan kuliner khas ya.. Penasaran apa aja kulinernya? Yuk pantengin!

1. Nasi Goreng Batas Kota
Ada yang pernah denger nasi goreng legendaris dari desa Sukorejo, Kendal? Ya, namanya Nasi Goreng Batas Kota atau dikenal juga dengan nama Nasi Goreng Mak Sam. Nasi Goreng Babatnya adalah yang paling terkenal karena rasanya yang endes dan aromanya yang khas. Duh bikin air liur menetes nih kalau ngebayangin rasa dan aroma nasi goreng batas kota ini. Plat luar kota banyak yang sering berkunjung ke warung Mak Sam ini lho..

2. Cap Cay Tridoyo
Kalau yang ini warung makan aneka macam menu, terletak di sebelah timur Bunderan Sukorejo dengan ikon ayam bertelur yang terkenal itu. Warungnya kecil tapi jangan salah pelanggannya oye! Sayur lodeh dan opornya matep banget dan yang pasti kalau favorit saya sih si cap cay gorengnya. Seporsi 17 ribu rasanya jangan ditanya, enak banget.. Tiap pulang wajib beli ini tapi sayang mudik natal ini saya nggak bisa menikmati lezatnya si cap cay karena warung tutup :(. Lain kali kalu mampir ke Sukorejo jangan lupa cobain ini ya gaes..

credit to google


3. Es Dawet Ayu Banjarnegara
Mau atau butuh yang seger-seger? ada nih es dawet ayu khas banjarnegara yang segar dan manisnya pas di lidah. Es Dawet Ayu Banjarnegara ini sudah ada lama banget lho gaes, sejak saya SD sudah ada bahkan mungkin lebih lama dari itu ya. Mereka juga sering diundang untuk jadi pengisi menu saat nikahan. Rasanya nyuss..

credit to google


4. Mie Ayam Son Haji
Mie ayam yang satu ini ada di area ruko di Bunderan juga gaes, sudah terkenal dari dulu. Malahan ini jadi tempat nongkrong favorit jaman sekolah dulu, terutama saat ada yang ulang tahun. Yup traktiran ulang tahun jaman dulu itu ya seputar bakso dan mie ayam. Nggak kaya sekarang yang sudah banyak cafe atau pilihan tempat makan yang lebih asyik dan gaya. Tapi esensi sejati dari makan kita mnikmati makanan tersebut bukan hanya soal suasana. Betul?

5. Rujak Cik Mintu
Siapa yang suka rujak? cung... Ini adalah salah satu rujak legendaris penjualnya Cina namnya Cik Mincu. Dagangannya selalu laris manis yang jadi andalan adalah rujak dan aneka bubur. Rujaknya seger dan enak memang tapi porsinya sedikit untuk ukuran harga yang harus dibayar memang. 

Yak itu dia beberapa kuliner vaforit yang ada di kampung halamanku. Bagaimana dengan Mbak Ade dan Mbak Tanti ada kuliner khas juga kah di kampung halaman kalian? Share dong :).

Comments

  1. Pengen nyoba Nasgornya nih, kayaknya enak banget. Meskipun sering makan nasgor tapi nggak pernah bosan, makanan kesayangan. Habis makan nasgor, lanjut minum Dawet Ayu Banjarnegara, suegerrr.

    ReplyDelete
  2. Sebagai pecinta nasgor saya jadi pengen nyobain nasgornya, penasaran sama rasnya. Udah gitu pas udah selesai makan nasgornya minumnya es dawet. Mantap..

    ReplyDelete
  3. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    untuk Diskon 2D: 29%, 3D: 59%, dan 4D: 66%
    BBM : 2B1E7B84

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

RITUAL SAKRAL BAGI SANG WALET

Cara Membedakan Jam Tangan Fossil Ori dan KW

LIMA ALASAN THE WUJIL JADI DESTINASI LIBURAN ASIK!