Oh My Venus K-Drama Review

 Oh My Venus

Siapa yang disini punya hobi nonton film atau serial drama korea? Toss dulu dong kita, apalagi selama pandemi kegiatan banyak dilakukan dari rumah so mau nggak mau cari hiburan yang membantu menjaga kewarasan. Salah satunya adalah menikmati waktu dengan menonton berbagai film atau serial drama. 

Akhirnya akupun ikut menikmati beberapa serial drama barat mau pun korea lagi selama pandemi. Dari sekian banyak drama yang ditonton aku jatuh cinta sama kisah Kang Joo Eun dan Kim Young Ho (John Kim) dalam serial Oh, My Venus. Serial ini dibintangi oleh Oppa So Ji Sub yang pesonanya nggak luntur meski sudah tidak muda lagi juga Shin Min Ah yang gemes dan centil bikin drama ini makin asik. 

credit to google


Mengusung genre romantic comedy, drama Oh My Venus memiliki jalan cerita ringan tipikal khas drama korea yang mudah diikuti dan bikin baper juga ngakak sekaligus. Berkisah tentang perjuangan Kang Joo Eun yang ingin menurunkan berat badan seperti saat remaja yang bertemu John Kim (personal trainer untuk artis Hollywood) yang punya trauma terkait sakit di masa lalu yang akhirnya saling menyembuhkan satu sama lain.

Oh My Venus Tayang Dimana



Judul : Oh My Venus

Negara : Korea Selatan

Bahasa : Korea

Network : KBS

Jumlah Episode : 16 episode

Rilis : 26 November 2015

Director : Kim Hyung-suk

Writer : Kim Eun-Ji

Media tonton : Viu, Netflix


Sinopsis dan Review

Drama 16 episode ini menceritakan kisah seorang cewek cantik, pintar dan populer dengan julukan Daegu Venus semasa SMA. Primadona Daegu, yang setiap hari mendapatkan kiriman lagu dari para penggemarnya dan diputar di bus sekolah yang ditumpanginya. Membuat Joo Eun dijutekin cewek-cewek lain karena iri. Joo Eun pun memiliki kekasih sekaligus cinta pertama yang merupakan seorang atlet renang nasional Im Woo Sik (Jung Gyu Woon). 

Mereka berpacaran selama 15 tahun dan putus saat perayaaan ulang tahun jadian ke 15 karena Joo Eun berubah jadi gemuk dan ada ceweklain yang menarik hati Woo Sik. Padahal Joo Eun sudah menunggu momen ini untuk dilamar dan juga melamar, apa daya kenyataan tak sesuai harapan. Joo Eun justru diputuskan pacarnya saat itu. Frustasi, dia minum-minum sampai teller dan hampir ketinggalan pesawat menuju Amerika untuk perjalanan bisnis keesokan harinya.

Lalu dalam perjalanan pulang dari dinas dari Amerika Joo Eun pertama kali bertemu dengan Young Ho karena situasi darurat yang dialami Joo Eun. Joo Eun mengalami sesak nafas dan pingsan di pesawat saat terjadi tubulensi, untung ada Young Ho yang ternyata seorang dokter sehingga Joo Eun tertangani dengan baik. 

Sebenarnya Young Ho adalah pewaris tunggal Gahong Group namun karena Young Ho menghabiskan masa kecil di rumah sakit karena penyakit kanker tulang yang dideritanya membuatnya enggan untuk meneruskan perusahaan keluarga dan memilih profesinya agar bisa terus menjalani gaya hidup sehatnya. Young Ho berusaha kabur dari pengawasan keluarganya namun gagal dan malah sering bertemu Joo Eun secara kebetulan dan mengetahui kisah Joo Eun yang diselingkuhi.

credit to google


Sejak pertemuan itu, Young Ho merasa iba dengan kondisi Jo Eun yang telah diselingkuhi dan berniat membantunya. Setelahnya, mereka juga sering bertemu secara tak sengaja dan entah mengapa Young Ho selalu membantu Joo Eun yang sedang kesulitan. Hingga akhirnya Joo Eun menemukan kartu identitas John Kim, seorang trainer untuk atlet-atlet terkenal. Joo Eun mengira John Kim adalah Ji Woon.

Kesalahpahaman pun terjadi dan Ji Woong mengaku sebagai John Kim untuk melindungi identitas Young Ho yang sebenarnya. Mereka bertiga Young Ho- Ji Woong-Jun Seong melatih Joo Eun dengan aktivitas fisik berat untuk atlet untuk mematahkan semangatnya namun tidak berhasil dan malah suatu hari ketahuan kenapa Joo Eun tidak bisa kurus meski sudah olahraga mati-matian. Joo Eun mengidap sakit hipertiroid yang mengharusakan dia tidak boleh capek dan stress. 

credit to google

Merasa bertanggung jawab dengan keadaan Joo Eun yang semakin memburuk dan kesialan yang terus menimpa Joo Eun karena sikap akhirnya Young Ho mengaku pada Joo Eun bahwa dialah John Kim yang sebenarnya. Young Ho benar-benar membantu Joo Eun untuk mendapatkan berat badan idealnya lagi juga hal-hal lain yang tanpa disadari membuat mereka semakin dekat dan jatuh cinta. Padahal awalnya Young Ho bersikap dingin dan cuek pada Joo Eun. 


credit to google


Oiya ternyata yang menjadi orang ketiga dalam hubungan Joo Eun dan pacarnya adalah Oh Soo Jin (Yoo In Young). Teman dekat Joo Eun semasa sekolah yang sudah lama hilang kontak. Ia iri pada Joo Eun yang cantik dan populer dan menaruh dendam pada Joo Eun karena kejadian di masa lalu. Kini keadaan mereka berbalik, Joo Eun menjadi gemuk dan kurang menarik sehingga dicampakan kekasihnya sedangkan Soo Jin berubah menjadi cantik dna menawan. Yang bikin shock adalah Soo Jin jadi Vice President di firma hukum tempat Joo Eun bekerja.  Persaingan dalam karir dan percintaan pun berlanjut.

Drama ini tidak ada konflik yang bikin geregetan sampai pengen ngata-ngatain. Justru konflik datang dari para tokoh utamanya. Tapi yang bikin aku suka banget nontonin drama ini adalah kita bisa belajar tentang kegigihan dan tanggung jawab. Disini kita kan melihat kegigihan Kang Joo Eun yang berusaha menurunkan berat badannya dan sembuh dari sakit tiroid. Di drama ini kita bisa melihat beragam training yang dilakukan Joo Eun untuk mencapai target turun berat badan. Juga kegigihannya dalam menunggu Young Ho yang sedang memulihkan diri.

Young Ho yang memiliki trauma psikis dimana dia tiba-tiba mengingat dan merasakan sakit dari setiap operasi yang dijalani sejak kecil dan juga cedera akibat kecelakaan karena perebutan kekuasaan Gahong pun berusaha keras untuk bisa berjalan kembali. Dia harus memaksa diri untuk berusaha dan berlatih berjalan di pusat rehabilitasi agar bisa menepati janji untuk kembali pada Joo Eun. Banyak adegan manis yang bikin hati teriris dan nangis. Chemistry So Ji Sub dan Shin Min Ah disini bener-bener dapet, ciamik pokoknya.

credit to google


Ada dua adegan favoritku yang bikin hati ikut sakit. Adegan pertama ketika Joo Eun datang ke RS tempat Young Ho dirawat pasca kecelakaan di hari ulang tahunnya. Disana Young Ho menolak untuk bertemu Joo Eun karena nggak pengen bikin Joo Eun makin sedih lihat keadaannya padahal Young Ho juga sedih karena harus menolak Joo Eun. Tapi Joo Eun kekeh nggak mau pergi. Meski nggak bisa ketemu, Joo Eun ngomong di depan pintu kamar perawatan ke Young Ho.

Young Ho, kamu jahat hanya mengirim pesan dan bilang tap tap tap tap (pergi). Ambillah waktu untuk memulihkan diri, untuk jadi sexy dan bugar. Kembalillah padaku tidak perlu tergesa-gesa, kalau kamu masih bertahan berarti kamu belum mencapai batasmu. Kalau kamu percaya, kamu bisa melakukannya. Aku akan menunggumu. Maaf aku tidak bilang lebih awal betapa aku mencintaimu

Adegan ini bikin aku berderai air mata seakan bisa merasakan sedihnya Joo Eun yang harus rela kasih space ke Young Ho yang ga pengen bikin Joo Eun sedih kalau lihat keadaannya. Young Ho yang denger kata-kata Joo Eun juga nangis pengen ketemu Joo Eun tapi nggak bisa bergerak. Kadang memberikan ruang dalam suatu hubungan diperlukan meskipun rasanya sakit dan sedikit egois.

Adegan kedua adalah momen mereka ketemu lagi setelah setahun berpisah selama masa penyembuhan Young Ho. Joo Eun sedang dalam perjalanan kembali ke kantor dari pengadilan, sepanjang jalan dia membayangkan bertemu Young Ho yang siap memeluknya namun setiap sudah berhadapan bayangan itu menghilang. Hingga pada saat Joo Eun mengira dia hanya melihat ilusi Young Ho dia terus berjalan dan berusaha melewatinya. Namun ternyata ilusi itu nyata, Joo Eun menabrak Young Ho yang memang sedang menunggunya.

credit to google


credit to google


Sorry ya kalau spoilernya kebangetan tapi emang segemes itu akting dan alur ceritanya. Penasaran segemes apa alur cerita Oh My Venus ini? Cuzz kepoin sendiri  keuwuan, kelucuan dan kegumusan akting semua pemainnya. Dijamin suka deh biar kalian termotivasi buat olahraga juga dan badan jadi bugar. Cocok buat kalian yang lagi cari tontonan tanpa mikir.

Pemeran Oh My Venus:

  • · So Ji-sub berperan sebagai Kim Young-ho/John Kim, personal trainer untuk artis Hollywood sekaligus Pewaris Tunggal Gahong Group Korea. Tokoh utama pria
  • · Shin Min-a berperan sebagai Kang Joo-eun,pengacara umur 33 tahun yang pernah jadi Venus of daegu dan sekarang jadi gemuk karena sakir hipertiroid. Tokoh utama wanita.
  • · Jung Gyu-woon berperan sebagai Im Woo-shik, mantan atlet renang nasional Korea sekaligus mantan pacar Kang Joo Eun.
  • · Yoo In-young berperan sebagai Oh Soo-jin,teman dekat sekaligus rival cinta Kang Joo Eun. Sekarang bossdi firma hukum tempat Joo Eun bekerja.
  • · Sung Hoon berperan sebagai Jang Joon-sung petarung profesional yang dilatih John KIm dan dianggap sebagai adik. Dia seorang anak yatim yang diadopsikeluarga di Amerika mendapat julukan Korean Snakekarena kemampuannya bertarung.
  • · Henry Lau berperan sebagai Kim Ji-woong Manajer dari Joon Sung yang memiliki kepribadian ceria serta ramah.
  • · Jung Hye-sung berperan sebagai Jang Yi-jin ratu iklan di korea karena wajah dna tingkahnya yang imut. Fans berat Korean Snake dna putri dari CEO Jang Food
  • · Jin Kyung berperan sebagai Choi Hye-ran, ibu tiri Young Ho tapi tidak dianggap oleh nenek Young Ho yang merupakan pemilik Gahong Group karena ayah Young Ho hanya menantu.
  • · Jo Eun-ji berperan sebagai Lee Hyun-woo sahabat karib Kang Joo Eun sejak sekolah.
  • · Choi Jin-ho berperan sebagai Min Byung-wook yaitu sekretaris kepercayaan keluarga Young Ho sekaligus orang yang bisa diandalkan Young Ho.
  • · Lee Seung-ho berperan sebagai Kim Yeong-joon adik tiri Young Ho hasil pernikahan ayah Young Ho dan istri keduanya pasca ibu Young Ho meninggal.


credit to google


No comments for "Oh My Venus K-Drama Review"