Saturday, March 30, 2019

MENUJU INDONESIA BERDAYA LEWAT FUTURE LEADER CAMP 2019

Halo gaes, 

Hari Kamis (28/3) lalu saya dan beberapa rekan bloger serta media mendapat kesempatan untuk hadir dalam acara jumpa pers kegiatan Future Leader Camp (FLC) 2019 bertempat di hotel Grasia Semarang. 

Blogger Semarang
                               
Kegiatan FLC ini tidak lain adalah sebagai salah satu cara menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 yang kita hadapi. Salah satu cara untuk manghadapi tantangan tersebut adalah dengan memiliki pemimpin muda tangguh yang mampu membawa Indonesia lebih maju dan sejahtera yang diwujudkan dengan FLC. Mengangkat tema "Millenials Leader: Menuju Indonesia Berdaya" diharapkan dapat mencetak pemimpin nasional yang berlandaskan pengetahuan dan kompetensi milenial dalam mewujudkan Indonesia Berdaya.

Bagaimana caranya? dengan mempersiapkan bekal yang tepat bagi paa pemuda calon pemimpin masa depan. Sebelum dampak revolusi industri 4.0 digaungkan Dompet Dhuafa Divisi Pendidikan menjalankan misi pencarian bibit unggul pemimpin muda yang tangguh lewat program BAKTI NUSA (Beasiswa Aktivis Nusantara) yang mengadakan kegiatan Future Leader Camp (FLC) sejak beberapa tahun silam.

FLC 2019 kali ini merekrut sebanyak 709 peserta dari 22 Universitas Negeri dari seluruh Indonesia yang kemudian disaring kembali hingga mencapai 75 peserta saja. Tahun ini FLC diadakan di Semarang tepatnya di Hotel grasia yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 28-31 Maret 2019. FLC terdiri dari serangkaian acara pembekalan kepemimpinan dan juga kegiatan cinta lingkungan.

Pihak Dompet Dhuafa berharap kegiatan ini mampu menghasilkan beberapa output seperti Menelurkan 75 Leadership Project dengan penerima manfaat lebih dari 10.000 orang, kaderisasi 600 pemimpin kampus yang tersebar di 300 kampus, serta menerbitkan setidaknya 6 buku di tahun 2019. Selain itu ada pesan damai yang ingin disampaikan dari Semarang agar PEMILU mendatang berlangsung secara aman dan damai.




"Output tersebut lah yang membuat kami semakin yakin bahwa Indonesia berdaya dapat terwujud dimasa depan melalui SDM generasi milena berkualitas yang dipersiapkan melalui FLC ini" papar Budiyanto,Manajer BAKTI NUSA Dompet Dhuafa.

Yang paling menarik dari kegiatan FLC ini adalah Inspiring Leader's Talk pada tanggal 30 Maret 2019 yang menghadirkan berbagai narasumber inspiratif tanah air antara lain Indra Sjafri (Pelatih Sepak Bola Nasional Indonesia U-22 & U-23), Mursida Rambe (Tokoh Perubahan Republika 2016), Djohari Zein (Komisaris JNE), Arief Budiman (Direktur PT. Danareksa Persero), Bima Laga (Associate Vice President Bukalapak). Selain itu para peserta juga diundang Gala Dinner bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Walikota Semarang Hendrar Prihadi.Diharapkan para peserta akan terinspirasi dengan narasumber yang di hadirkan sehingga mampu menghasilkan karya dan meletupkan semangat prestasi.

Turut hadir pula Satria selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah dan Aditya Nurullahi Purnama yang merupakan Penerima Manfaat BAKTI NUSA angkatan 8 yang merupakan alumni Universitas Diponegoro Jurusan Sejarah. Ia sekaligus penggagas Komunitas Literasi Lingkar Studi Cokro Semarang dan pencetus program Gerakan Malam Minggu Belajar yaitu kegiatan pendampingan belajar untukpersiapan SBMPTN. Saat inijumlah peserta yang di dampingi sudah ada sekitar 30 orang termasuk 2 orang yang berasal dari Pekalongan. Keren ya!!

Semangat dan kreativitas calon pemimpin bangsa yang seperti inilah yang patut di contoh. Selamat menyerap ilmu dari para inspirator dan mewujudkan mimpi kalian sendiri ya para peserta Future Leader Camp!!

2 comments:

  1. Pemimpin zaman dulu dilahirkan. tetapi pemimpin zaman sekarang bisa dibentuk sehingga mampu menjadi pemimpin yang profesional dan bermoral.
    Terima kasih infonya.
    Salam hangat dari Jombang.

    ReplyDelete
  2. Wahh ada pak gub juga datang yaa

    ReplyDelete

Follow Us @soratemplates