Tuesday, September 10, 2019

SERUNYA MENYIAPKAN PERNIKAHAN

Tahun ini tak terasa pernikahan kita menginjak tahun yang ke tujuh, rasanya baru kemarin kau dan keluargamu datang melamarku lalu sebulan kemudian kita menikah. Betapa waktu cepat berlalu dan kita yang tadinya hanya berdua sekarang sudah berlima.


Tahu kah kau betapa gundah hati ini saat kau dan keluargamu datang karena itu lah pertama kalinya aku akan berjumpa dengan keluargamu. Maklum perkenalan pertama mereka denganku hanya lewat foto yang engkau simpan di hp mu untuk kau tunjukkan pada mereka. Lucu ya kalau diingat, jaman sekarang masih ada yang memilih calon istri tanpa pernah bertemu dengan orang tuanya untuk mendapat restu.

Foto yang ditunjukkan ke ortu suami :)

Kata orang jodoh, rezeki dan umur itu rahasia Illahi dan aku pun percaya sebagaimana adanya. Nyatanya lama hubungan yang dijalani bukanlah jaminan untuk lanjut ke pelaminan. Bukankah kita dulu begitu? Aku dan dirimu menjalani hubungan dengan orang yang berbeda selama beberapa lama namun jika takdir berbicara kita bisa apa? Enam bulan setelah perkenalan kita pun menikah. Yang jelas menikah denganmu adalah jawaban dari doa-doaku dan juga orang tuaku dan aku bersyukur memiliki pendamping sepertimu. Alhamdulillah terima kasih Ya Allah atas pilihan-Mu.

Saat Lamaran

1 September 2012 kau ajak orang tuamu datang menemui keluargaku dan kau pinang aku dengan cincin yang kau sematkan di jari manisku. Waktu pernikahan pun ditentukan, tercetus tanggal 15 Oktober 2012 untuk akad nikah dan resepsi diadakan di tanggal yang berbeda untuk mengakomodir keluarga jauh yang datang. Waktu itu rasanya seperti naik roller coaster, bayangin aja harus nyiapin ini itu dalam kurun waktu 1,5 bulan dengan waktu produktif cuma 2 minggu saja. 

Kok bisa 2 minggu? iya karena kami berdua kerja dan waktu efektif untuk nyiapin semua hanya sabtu dan minggu itu pun hanya aku karena kamu harus kuliah di hari sabtu. Rasanya nano-nano antara seneng, sedih, capek semua jadi satu. Semua harus kulakukan sendiri mulai dari belanja seserahan, cari bahan untuk bikin baju pengantin, bikin undangan, souvenir dan juga foto prewed. Untungnya banyak teman yang membantu kalau enggak mungkin aku nggak jadi nikah hehehehe. Tapi jika Tuhan sudah berkehendak menikah itu urusan mudah apalagi jika dikerjakan menyempurnakan separuh agama :).

Seserahan hasil perburuan sendiri

Untuk berkas pernikahan yang harus diurus semua dibantu oleh Bapak, rias pengantin juga langsung di booking begitu acara lamaran selesai, lalu tukang masak pun mulai dihubungi. Tradisi di kampungku kalau menikah semua makanan dibuat sendiri dengan bantuan tukang masak dan tetangga. Tempat pun hanya di halaman rumah, untung halaman rumah orang tuaku luas yang mampu menampung 1000 undangan yang disebar. Serius 1000 undangan? Iya serius soalnya kebetulan temen-teman guru Bapak Ibu, saudara dan juga kolegaku serta suami juga banyak.

Pelaminan

Pulang dari acara lamaran kita pun mulai memetakan pengeluaran dan hal-hal yang harus dilakukan maklum budget terbatas tapi dengan keterbatasan itu kita tetap ingin memberikan yang terbaik apalagi banyak yang datang dari jauh. Paling tidak semua dipersiapkan dengan baik terutama makanan, tempat kejadian pesta dan juga souvenirnya agar meninggalkan kesan yang baik untuk semua. Apalagi kalau tamunya dari jauh, dateng itu kan ya pengennya disambut dengan baik, laper tinggal makan dan hidangannya enak sambil ngobrol santai terus souvenir yang dibawa pulang juga worth it.

Kita pengennya sih kasih souvenir itu yang long lasting manfaatnya dan diputuskanlah tempat tissue. Pengalaman yang sudah-sudah sering dapet souvenir yang kurang bermanfaat dan terabaikan. Sayang kan kalau misalnya udah pesen mahal-mahal tapi nggak berguna. Dan tau nggak secara nggak sengaja tema pernikahan kita mendadak bertemakan ungu dan putih :). Mulai dari undangan, souvenir, tenda dan outfit semuanya feeling purple.

Pertama aku pun minta bantuan teman kantor untuk mendesain undangan dan mengirimkan desain itu ke tanteku yang bekerja di offset dan tau nggak waktu kita hitung pengeluaran cetak 1000 undangan ga lebih dari 3000/pcs lho padahal undangannya juga lumayan. Lalu hari sabtu dan minggu dipakai untuk berburu souvenir tempat tissue.





Setelah muterin lapak souvenir di Pasar Johar dari ujung ke ujung akhirnya nemu lapak yang cocok sebelum pintu keluar. Pencarian yang menguras tenaga pemirsa, akhirnya deal dengan harga 2.600/pcs dan pesan 1000 buah. Kelar pesen souvenir aku dan temanku meluncur ke toko kain untuk persiapan bikin kebaya akad dan gaun saat resepsi. Kebaya akad aku sengaja pilih warna gold yang ceria bukannya warna putih yang sudah terlalu biasa biar kehidupan pernikahanku juga selalu ceria amin. Sedangkan untuk gaun resepsi aku pilih warna ungu yang lagi-lagi match banget sama tema keseluruhan. Setelah fix dengan kain aku dan temanku langsung cuss ke penjahit langganannya. Alhamdulillah 2 minggu jadi dan hasilnya di luar ekspektasi.



Gaun Resepsi

Minggu berikutnya dipakai untuk persiapan hantaran pernikahan dari belanja sendiri, bungkus sendiri dan dipakai sendiri. Untung temen kosan bantuin kalau enggak entah apa yang akan terjadi Marimar. Lalu masih harus mikirin foto prewed yang konsepnya embuh. Berbekal kamera kantor lengkap dengan tele kita dibantu teman baikku dan terwujudlah foto prewed yang kece-kece. 

Foto-foto prewed


Modal 200 ribu dapet tukang foto plus layanan antar jemput plus sesi foto di kota lama malamnya (khusus mempelai wanita) hihihi. Kalau diingat-ingat persiapan pernikahan dengan tenggat waktu yang begitu ketat itu terasa sangat menyenangkan dengan seluruh cerita pahit manisnya.

Selepas akad dengan outfit gold biar anti mainstream

Resepsi bareng temen-temen kos

Beruntung aku dikelilingi oleh teman-teman yang siap membantu dan memeriahkan kesibukan persiapan pernikahan dan juga hari H Pernikahan. Meskipun hanya bertempat di halaman rumah alhamdulillah tamu yang datang silih berganti tetap terakomodir dengan baik. Nggak kerasa flashback persiapan nikahan yang cuma dilakukan dalam beberapa minggu saja bisa berhasil dilalui dengan baik dan sebentar lagi ulang tahun pernikahan yang ke tujuh, what a wonderful life and i'm so blessed  ^_^. 

Tapi kalau teman-teman lagi nyari Gedung untuk lokasi pesta pernikahan di daerah Bekasi bisa banget pakai Grand Galaxy Convention Hall (GGCH) yang terletak di Grand Galaxy Boulevard no.1 – Bekasi (Grand Galaxy City). Lokasi ini diapit oleh berbagai kemudahan akses tol.  Grand Galaxy Convention Hall merupakan gedung pernikahan terbesar di Bekasi yang mampu menampung hingga 2500 orang. Mantap kan?! 


Grand Galaxy Convention Hall berada dibawah naungan Jakarta Event Enterprise (JEE) Ballroom Group & Exhibitor dan merupakan satu-satunya Convention Hall yang bisa dibagi menjadi 3 mini hall saking gedenyadengan beberapa value yang ditawarkan seperti:

1.  Ballroom mewah dengan harga terjangkau
Dengan fasilitas yang setara hotel bintang 5 GGCH menawarkan harga dan berbagai paket yang dapat menyesuaikan budget, tinggal pilih sesuai kemampuan

2Kapasitas besar 
Hall nya mampu menampung hingga 2500 orang, bisa undang artis ibukota sekalian ngadain konser  nih hihihi

3. Strategis. Dapat diakses dari berbagai akses tol terdekat seperti tol dalam kota, JORR, dan becak kayu. Nah loh nggak pakai bingung mau kesana naik apa.

4. Fleksibilitas
Para klien dapat memilih dan menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Verry affordable ya teman-teman.

5. Praktis
Semua kebutuhan mendasar acara seperti vendor, serta perangkat acara dari awal persiapan hingga terlaksananya acara telah diakomodir oleh JEE.

6. Helpful
Setiap klien yang memakai GGCH, akan dibantu oleh tim JEE di GGCH dari awal persiapan hingga selesai acara berlangsung. Nggak pake ribet sudah all in.

Pokoknya Grand Galaxy Convention Hall merupakan pilihan tempat terbaik untuk pernikahan, peluncuran produk, pameran, konferensi, konvensi, wisuda atau pertemuan lainnya. Dengan berbagai pilihan vendor yang kredibel, toilet yang bersih dan nyaman serta ruang parkir yang luas Grand Galaxy Convention Hall adalah pilihan utama untuk acara istimewa kalian.



Ini cocok banget buat kalian yang lagi nyari venue untuk pesta, apalagi Grand Galaxy Convention Hall juga memiliki desain arsitektur yang unik dengan langit-langit yang mencapai 7 meter dan interior yang elegan serta memaksimalkan sistem tata surya. Laaf banget kan? Selain itu GGCH juga menawarkan paket all in one untuk para pengantin yang bisa dipilih sesuai budget. 

Hall ini mampu menampung 2500 orang

Selain untuk venue pesta pernikahan ternyata ada agenda rutin yang sering digelar di Grand Galaxy Convention Hall lho yaitu Bekasi Wedding Exhibition (BWE). BWE telah diadakan sebanyak 6 kali dan menggandeng lebih dari 60 vendor profesional se-Jabodetabek dan tahun ini adalah yang ke 7. Dalam perjalanannya, BWE yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari setiap eventnya, telah dikunjungi hampir 50.000 calon pengantin beserta keluarga dari  seluruh penjuru Bekasi, Jakarta dan sekitarnya.

Di sini, pengunjung akan mendapatkan pengalaman serta penawaran terbaik untuk pernikahan sesuai kebutuhan calon pengantin, melihat koleksi-koleksi terbaru, mendapat ide pernikahan dan bisa mewujudkan pernikahan impian.Yang lagi nyari vendor nikahan bisa banget hadir ke acara Wedding Exhibition yang  akan digelar di tanggal 13-15 September 2019 ini. Jangan sampe kelewatan ya, rugi lho!

Tidak hanya itu, BWE juga telah bekerjasama dengan figur inspiratif seperti Elma Theana selaku WO Syariah, Intan Avantie selaku Designer, juga melibatkan Tasya Farasya serta Dwihanda sebagai influencer dan keynote speaker. Acara ini juga pernah diresmikan serta dihadiri oleh Bapak H. Ahmad Syaikhu, Wakil Walikota Bekasi dan dihadiri oleh banyak tokoh penting lainnya.



Di 7th Bekasi Wedding Exhibition ini ada banyak sekali penawaran dan promo yang akan didapatkan, diantaranya:
  • Emas untuk setiap pembelian tiket. Kali ini JEE menawarkan sesuatu yang lebih menarik dan beda dari biasanya yaitu #BeliTiketDapatEmas yaitu hadiah emas langsung bagi pembelian tiket baik online di LOKET.COM, GOTIX, GOERS, TOKOPEDIA maupun on the spot.
  • EMAS KAGET yaitu tambahan hadiah emas dengan total seberat 6 gram atau kurang lebih senilai Rp 4.000.000 yang akan diumumkan di stage BWE setiap harinya di  setiap akhir acara.
  • Voucher potongan harga dan bonus tambahan dari para vendor untuk 150 orang pertama di hari Jumat, 100 orang pertama di hari Sabtu, dan 50 orang pertama di hari Minggu
  • Voucher belanja langsung untuk setiap transaksi si 7th Bekasi Wedding Exhibition
  • Cashback total hingga 50 JUTA RUPIAH.
  • GRANDPRIZE sebesar 100 GRAM EMAS (Logam Mulia)
Eleuh..eleuh mantap kali ya benefit yang bisa di dapatkan kok malah jadi mupeng sendiri ya hehehe...
Sok dateng kesana buat dapetin berbagai benefit seperti diskon voucher senilai lebih dari 500 juta rupiah dari berbagai vendor dan total ada 1260 voucher diskon.

7th Bekasi Wedding Exhibition ini memiliki corner “FREE KONSULTASI” dengan para Wedding Expert bagi para calon pengantin yang ingin bertanya seputar persiapan pernikahan sebelum menjelajah vendor. Juga TALKSHOW bersama A’ ipan (Rifaldy Fauzi) dari Paperin Rose Wedding dan Tamasia.id. Acara ini juga akan dibuka oleh H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A (Sandiaga Uno) yang akan berdialog langsung dengan para vendor dan pengunjung 7th Bekasi Wedding Exhibition.

Tema yang diusung dalam pameran tahun ini adalah  ‘Industrial Wedding' yang menjawab kebutuhan generasi milenial akan konsep pernikahan yang kreafif dan instagramable.

Biasanya tema ‘industrial’ lebih banyak digunakan untuk arsiterktur rumah, kafe, restoran, dll. Ternyata, jiwa kaum milenial saat ini cocok dengan konsep ‘Industrial Wedding’ di mana venue pernikahan bernuansa vintage, dengan hiasan bohlam gantung di langit-langit ruangan kombinasi warna tembaga, akrilik, emas ataupun metal yang saat ini sedang tren dan diminati banyak orang termasuk dalam pernikahan.

ilustrasi konsep outdoor 

Konsep pernikahan seperti ini sudah banyak di pakai di luar negeri terutama konsep pernikahan tertutup yang hanya mengundang keluarga, kerabat dan teman dekat saja agar terkesan hangat dan akrab. Tapi seiring berjalannya waktu konsep seperti ini bisa dikembangkan untuk pesta pernikahan kecil maupun besar. Apalagi tema ini juga bisa disandingkan dengan unsur tradisional maupun internasional. Tertarik? Yuk buruan ajak ortu atau calon pasangan kalian ke acara super kece ini. Selamat berburu informasi ya....



Nah semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi untuk teman-teman yang sedang merencanakan pernikahan sendiri maupun dibantu pihak wedding organizer. Ada yang punya pengalaman seputar persiapan pernikahan? Yuk sharing...


Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Liswanti Pertiwi X 7th Bekasi Wedding Exhibition 2019 

29 comments:

  1. Selalu ada cerita dibalik acara pernikahan ya... seneng, deg2an, repot, capek, campur aduk jadi satu. Moga samawa terus ya dani & mas Pur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin terima kasih banyak doanya Mbak Dita ^_^ betul banget capek tapi seru hehehe bisa jadi cerita ke anak cucu...

      Delete
  2. Aaah...unguuuuu... Haha..langsung fokus ke ungu deh aku, juga fokus ke pengantin Puteri yg cantiiiik deh di akad maupun resepsinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iya nih nggak sengaja banget jadi bertemakan ungu semua lha wong nyiapinnya aja mepet ga kepikiran buat milih tema tapi kok ya bisa kesampean alhamdulillah.. Makasih mbak tanti :*

      Delete
  3. gedungnya kece banget, ya. kalau aku dulu yang nyiapin nikah ibu dan kakak, soalnya aku nggak bisa cuti ngurus-ngurus, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nggak bisa cuti mbak Alhamdulillah bisa dihandle jarak jauh...

      Delete
  4. Aura bahagia pengantin Masya Allah bikin mbak Dani kelihatan makin cantik, ruang resepsi memang jadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan ya mbak, apalagi kalau jumlah undangan ribuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak tempat itu yang utama selain makanan, souvenir dan tentunya tim fotografer biar kenangannya long lasting..ah jadi mallu hehehe

      Delete
  5. Dani imuuut banget euy pas nikahan itu, outfitnya kece banget loooh
    Nggak kerasa yaa.. tadinya berdua sekarang sudah berkembang hingga jadi berlima. Semoga bahagia selalu ya Dani. Still many years to go :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Ya Allah... makasih banyak Mbak Uniek untuk doa dan pujiannya :*

      Delete
  6. Sama ya, kayak aku dan adik2ku, venue resepsi di halaman rumah. Gedubrakannya sama persis, nyiapin pernikahan waktunya singkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru ya mbak semua rasa campur aduk jadi satu bisa jadi kenangan indah :)

      Delete
  7. Minggu depan pas anniversary ketiga kami, baca ini jadi keinget sama laki-laki yang makbedundug dateng ke rumah sendirian buat melamarku hahahaha.. nyiapin pernikahan dalam waktu 3 bulan aja, banyak cerita 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng ya kalau inget cerita masa lalu...wah selamat anniversary yang ketiga ya Sov.aku bulan depan anniversarry yang ke tujuh :)

      Delete
  8. Seruuu pengalamannnya. Unyuuuu undangan dan party gown-nya (gegara warna ungu ^^). Happy sakinah mawaddah warrahmah yaaaa ... Pumpung ada post khusus pas nikahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...ini nggak sengaja semua..tau-tau hasil akhirnya jadi bertemakan ungu hehehe...terima kasih doanya ya Bunsal sayang :*

      Delete
  9. Seruuu pengalamannnya. Unyuuuu undangan dan party gown-nya (gegara warna ungu ^^). Happy sakinah mawaddah warrahmah yaaaa ... Pumpung ada post khusus pas nikahan.

    ReplyDelete
  10. Bojomu anak sastra juga ya Dan, liat undangannya kok gelarnya sama. Selalu ada cwrita lucu dan indah ya dibalik riweuhnya nyiapin pernikahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak Mbak Mun suamiku anak Kimia...itu gelarnya SSi agak mirip sih sama gelarku yang SS hehehehe...

      Delete
  11. Barakallah, Dani..
    Sama banget ya, aku juga nyiapin efektif itu cuma 2 minggu. Hantaran segala macem bikin sendiri ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Rin, Alhamdulillah kalau Allah sudah berkehendak semua dimudahkan insyaallah...apalagi ini kalau dikerjakan menyempurnakan separuh agama..

      Delete
  12. Ya ampyun seneng aku mba baca kisah pernikahanmu ����
    Ya Allah jd pengen buruan nikah, g perlu lama2 kenal deh, yg penting jodoh ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mara pokoknya berdoanya minta didekatkan dengan yang jauh dan terbaik menurut Allah, insyaallah nanti dimudahkan semuanya...selamat menanti ya...

      Delete
  13. Warna gaun ungunya kelihatan elegant dipakai sama Mba Dani...terus dekorasinya juga matching. Keren yaa menyiapkan semua itu dlm waktu yg relatif singkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Nia waktu itu pas Bapak dan Ibu pesen tenda dibilangin kalau baru datang warna baru ungu putih, jadilah dipilih yang itu skalian biar match sma undangan dan souvenir juga gaun...

      Delete
  14. Cantik banget pengantin anyar, bahagia dan selalu yaa, seru juga ya mengurusi pernak-pernik pernikahan sendiri..

    ReplyDelete
  15. Kalau diingat ingat geli bahagia haru bercampur ya Miss.
    Langgeng dunia akhirat pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Nyi nano nano rasanya..amin Ya Allah makasih doanya...

      Delete

Follow Us @soratemplates