Tuesday, February 20, 2018

ME TIME ASYIK DI SANASYA SPA MUSLIMAH

Hai gaes, apa kabar nih? 

Nggak kerasa tahun 2018 sudah jalan hampir dua bulan ya betapa waktu cepat bergulir dan artinya jatah cuti saya juga hampir habis. Oh NO!! Gimana ini... padahal baju kerja belum ada yang di setrika, si kakak belum di daftarin ke TPA, di tambah lagi suami sudah mulai ngantor di luar kota. Apa yang harus kulakukan? garuk-garuk tembok kamar.

Jadi emak pekerja itu memang nggak gampang, harus pinter bagi waktu buat ngurus anak, ngurusin suami, kerjaan rumah juga kerjaan kantor yang nggak ada habisnya. Terus ngurusin diri sendirinya kapan? tahu kan ya rasanya jadi  seorang ibu yang habis melahirkan? Badan sakit semua, rambut acak-acakan, muka berantakan, baju bau ASI dan sebagainya.

Dan di atas segalanya stok kesabaran yang semkin menipis setiap harinya karena kurang tidur dan anak rewel. Betapa indahnya duniaku (baca: BAD HAIR DAY). Boro-boro mau ngerawat wajah orang mau sisiran aja kadang nggak sempat, makanya pas kemarin ada waktu dengan niatan cari kado buat suami,saya langsung cuzz ke bawah. 


Akhirnya tanggal 12 Februari 2018 saya memberanikan diri untuk meninggalkan si kecil sebentar untuk cari kado. Memasuki mall suasana cukup ramai padahal itu weekday ternyata sedang ada pameran batik dilantai 1, banyak batik lucu (tutup mata: fokus). Lalu saya naik ke lantai 2 tapi kok laper akhirnya belok dulu ke lapaknya roti b*y, eh sebelahnya ada toko baju muslim yang ada salon dan spa khusus muslimah juga akhirnya melipir ke situ deh. Namanya SANASYA SPA MUSLIMAH. Dasar emak-emak, nggak bisa meleng dikit jadinya gini deh. Tujuannya kemana jadinya kemana hahhaha maafkan istrimu ini ya Pak maklum lagi butuh pijatan lembut. 



Akhirnya setelah tergoda mampir, tengok-tengok menu perawatan saya pun terjerat dan memutuskan untuk ambil treatment hair cut, totok wajah, dan hair mask. Maklum ternyata rambut gondrong tidak cocok untuk saya yang punya banyak gawean dan sudah disuruh suami buat potong rambut biar lebih simple dan enak dilihat katanya. Uhuk, jadi selama ini saya nggak enak di lihat ya Pak? sedih..

Sanasya ini tempatnya girly abis lho gaes, masuk uangan langsung disambut warna ungu cerah yang cantik. Bikin betah. Sanasya ini adalah salah satu spa muslimah di Semarang yang menurut saya wajib di datengin kalau pas ngemall di Java Supermall. One stop shopping, habis ngemall pegel-pegel sebelum pulang enaknya di pijet dulu nah cocok anget buat mampir ke Sanasya. Apalagi belum banyak spa muslimah di Semarang jadi cocok buat kita-kita yang sangat menjaga aurat karena salonnya khusus perempuan alias nggak campur.


Disini kalian bisa nyobain berbagai macam perawatan mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki nggak ada yang terlewat. Tinggal pilih aja dan harganya juga bersahabat lho gaes. Kalau bingung bisa nanya ke mbak nya kira-kira yang cocok apa. Jangan khawatir, mbaknya ramah-ramah.


Oiya, kemarin saya menghabiskan waktu selama 3,5 jam untuk semua treatment yang saya pilih. Mulai dari totok wajah yang makan waktu satu jam, potong rambut setengah jam, dan hair mask dua jam.  Dan saya puas dengan hasilnya. Muka jadi terasa halus, kepala enteng habis di potong dan di pijat lembut saat creambath. Akhirnya acara cari kado buat suami gagal hehehhe. Maafin isterimu ini ya Pak belum jadi kasih kado ulang tahun, kadonya nunggu gajian ya Pak soalnya uangnya habis dipake buat nyalon nyahahhahaha.



Pokoknya kalau kebetulan kalian ngemall di Java Supermall dan butuh me time wajib mampir ke Sanasya. Selain efisien karena satu area dengan mall dan harga yang ramah di kantong Sanasya adalah Spa Muslimah di Semarang yang oke banget. Nggak ada lagi deh pegel-pegel kaki habis jalan-jalan seharian di mall. Bye-bye juga bad hair day :)

Sanasya Spa Muslimah
Java Supermall Lantai 2 No. 207 Semarang
Telp (024) 8410105
CS 081325297555
085700237429
IG @sanasyaspamuslimah
FB Sanasya Spa Muslimah

Sunday, February 18, 2018

LUNPIA CIK MEME: CITA RASA LUNPIA OTENTIK DAN HALAL

Jalan-jalan ke Semarang kurang lengkap kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Di kenal sebagai kota lumpia, Semarang memang gudangnya olahan yang sering dijadikan buah tangan tersebut. Sudah tahu kan lunpia itu apa? Lumpia adalah sebuah makanan yang terbuat dari olahan rebung yang digulung dengan kulit gandum dan digoreng yang ternyata memiliki penggemar tersendiri bagi para penikmat kuliner nusantara. Salah satu lunpia semarang yang terkenal adalah Lumpia Cik Meme. Lunpia yang selalu saya rekomendasikan ke teman-teman dan juga kolega yang berkunjung ke Semarang.



Lahir dan besar dari keluarga dinasti lumpia membuat Melani Sugiarto atau yang lebih dikenal dengan nama Cik Meme sudah tidak asing dengan dunia lumpia. Cik meme merupakan generasi ketiga lunpia mataram dan generasi kelima lunpia semarang. Pengalaman puluhan tahun selama membantu ayahnya berjualan lunpia membuat Cik Meme kaya akan pengalaman yang membuatnya berkembang. Jadi Cik Meme bukanlah pemain baru dalam bisnis lunpia, meskipun usahanya masih terbilang baru. 

Cik Meme mendirikan usaha lunpia sejak tahun 2014 atas kerja kerasnya sendiri dengan merk awal "Lunpia Delight" yang langsung merebut hati para pecinta lunpia. Kemudian sejak tahun 2017 Lunpia Delight berubah nama menjadi Lunpia Cik Meme agar ciri kedaerahan yang bersinergi dengan budaya kearifan lokal tetap terjaga.


Berawal dari membantu sang ayah mendorong gerobak dagangan lunpia di daerah Mataram, Meme kecil naik tingkat untuk belajar bagaimana membungkus lunpia yang akan dibawa oleh para pelanggan. Lalu pada saat kelas 1 SD Cik Meme sudah bisa membuat bumbu manis yang biasa di cocol ketika kita makan lunpia. Dan pada saat kelas 4 SD Cik Meme sudah belajar bagaimana memilih rebung yang baik untuk bahan dasar lunpia dari sang ayah langsung yang merupakan Master Chef Tan Yok Tjay, pewaris Lunpia Mataram.

Credit @masjo

Jadi tidak perlu meragukan kemampuan Cik Meme dalam meracik lunpia ya gaes dan ini terbukti dengan banyaknya variasi olahan lunpia yang diciptakan Cik Meme. Apa saja sih varian rasa dari Lunpia cik Meme? Cek yuk.

Ini dia 6 (Enam) varian rasa Lunpia Cik Meme yang wajib dicoba:

1. Lunpia Original (Rp 15.000,-)
Ini adalah olahan lunpia yang berisi rebung yang dicampur telur dan rasanya cenderung manis. Ini merupakan lunpia khas Semarang yang juga dijual oleh para pendahulunya seperti Lunpia Semarang, Lunpia Pemuda, Lunpia Mbak Lien, Lunpia Gang Lombok dan Lunpia Mataram milik sang ayah.

2. Lunpia Crab (Rp 22.000,-)
Sudah tahu kan crab itu apa? yup, si kepiting yang dagingnya ternyata luar biasa lezat ini memiliki rasa unik setelah dicampur rebung. Buat kalian pecinta rasa asin rasa lunpia crab pasti cocok di lidah karena rasanya yang gurih.

3. Lunpia Fish Kakap (Rp 22.000,-)
Hampir sama dengan lunpia crab, lunpia Fish Kakap ini memiliki rasa gurih yang bikin nagih apalagi buat para penyuka ikan laut. Dan lunpia Fish Kakap ini ternyata juga jadi favorit anaknya Cik Meme lho.

4. Lunpia Kajamu (Rp 22.000,-)
Nah kalau yang ini favorit saya, Lunpia Kajamu yang merupakan singkatan dari Kambing Jantan Muda. Bumbunya kaya akan rempah dan sensasi pedas merica menambah nikmat varian ini. Penasaran? cuss ke TKP.

5. Lunpia Raja Nusantara (Rp 22.000,-)
Rasa Jamur Nusantara adalah lunpia dengan isian rebung, jamur dan juga kacang mede yang lezat. Rasanya nikmat dan ini adalah favorit saya yang kedua hehhehe. Dijamin mata merem melek saking nikmatnya.

6. Lunpia Plain (Rp 10.000,-)
Menurut Cik Meme ini adalah varian yang khusus disediakan bagi para pecinta lunpia yang vegetarian alias tidak memakan olahan yang mengandung makhluk bernyawa. Dan ini adalah olahan yang paling sulit karena murni isinya rebung dan Cik Meme harus memastikan bahwa rebungnya bebas dari bau pesing.

Oiya selain saus manis dan acar mentimun ternyata ada satu hal penting yang harus ada saat makan lunpia nih gaes. Daun Bawang merah! Yang selalu ada di setiap Lunpia Cik Meme. Pertama kali nyobain makan lunpia dengan daun bawang ternyata bukannya aneh malah makin enak rasanya. Ada sensai pedas segar saat menggigitnya. Enak…

Ternyata daun bawang merah ini memiliki fungsi khusus lho, yaitu untuk membantu menghilangkan perut kembung. Wah selain enak ternyata juga kaya manfaat ya, keren!

Gimana penasaran kan gaes sama enam varian rasa Lunpia Cik Meme? Cuss gih ke gerai Cik Meme yang berlokasi di Jalan Gajahmada 107 Semarang (Sebelah Istana Buah). Kalau kamu buru-buru dan nggak punya waktu untuk keluar tapi pengen banget makan Lunpia Cik Meme kamu bisa telpon kok gaes dan pesanan akan diantar dengan minimal pembelian sebanyak 10 pieces all variant. Telponnya kesini ya (024)3511006/3511007.

Untuk kalian yang ragu apakah lunpia ini halal? Jangan khawatir karena Lunpia Cik Meme ini sudah mengantongi sertifikat HALAL dari MUI dan merupakan pelopor lunpia halal di Semarang.


Credit @masjo

Beberapa keunggulan lain dari Lunpia Cik Meme ini adalah jam bukanya yang sangat pagi yaitu pukul 05.00-00.00 WIB atau sampai pelanggan habis. Selain itu gerai Cik Meme yang ada di Jl. Gajahmada ini juga menyediakan aneka oleh-oleh khas Jateng yang bekerjasama dengan UMKM yang bisa dibeli selain lumpia, toilet bersih dan nyaman di lantai dua, Playground anak-anak, tempat makan dan juga Mushola yang luas serta Meeting room. 

Jadi nggak perlu khawatir nahan pipis karena nggak ada toilet atau kelewatan waktu sholat saat menunggu pesanan lunpia siap ya gaes. Untuk meeting room sendiri bisa digunakan hanya dengan membayar Rp 50.000,00 dengan peserta minimal 15 orang yang akan mendapatkan fasilitas penggunaan meeting room berupa LCD dan juga hidangan yang sudah disediakan. Kece kan? 

Credit @masjo
Oiya, buat kalian yang nggak keburu buat beli oleh-oleh khas Semarang ini, bisa banget beli di Bandara Ahmad Yani Semarang karena kebetulan Lunpia Cik Meme buka konter disana. Konternya ada di dekat pintu keberangkatan dan buka dari jam 05.00 pagi juga. So yang butuh oleh-oleh tapi kebagian penerbangan pertama sudah nggak perlu puyeng lagi karena Lunpia Cik Meme siap diborong di bandara :D.

Selamat berbelanja dan menikmati lezatnya lunpia semarang dari Cik Meme ya gaes.

Lunpia Cik Meme
Jl. Gajahmada 107 Semarang (Sebelah Istana Buah)
Free Delivery Service Telp. (024) 3511006/3511007

Wednesday, February 7, 2018

DESTINASI WISATA IMPIANKU

Mengawali tahun 2018 ada banyak hal indah yang terjadi. Alhamdulillah rasa syukur yang tak terkira untuk semua hal indah tersebut. Melengkapi hal yang indah-indah itu terbersit doa untuk setahun ke depan dan juga tahun-tahun yang akan datang jika seandainya belum bisa diraih. Salah satu hal yang paling diidam-idamkan setiap orang adalah bisa meluangkan waktu liburan bersama orang-orang tersayang. Apalagi kalau bisa liburan ke destinasi wisata impian, it's gonna be perfect! Mau dong diajak liburan.. bang ajak adek liburan bang biar nggak pusing lagi pala adek bang :D.

Menyoal liburan, sebenarnya ada satu impian untuk mengunjungi tempat indah yang ada di negeri kita tercinta ini. Sebagai seorang yang sangat senang bepergian, saya memiliki keinginan untuk mengunjungi banyak tempat apalagi Indonesia memiliki banyak destinasi yang super keren dan wajib dikunjungi.

Di bawah ini adalah destinasi impian saya untuk dikunjungi suatu saat nanti. Sekarang sih nabung dulu sambil menunggu waktu dan tabungan yang cukup untuk mencapai tujuan wisata tersebut. Amin...

credit: http://balurannationalpark.web.id/#!

Nah, berikut adalah daftar destinasi wisata impian saya :

1. Danau Kelimutu
Pesona daerah Indonesia Timur memang tak ada duanya. Provinsi ini masuk dalam daftar teratas tempat yang wajib di kunjungi karena pesona alam serta budaya yang menarik. Bermula dari gambar di selembar uang kertas lima ribuan yang menarik mata lalu turun ke hati. Begitulah gambar sebuah danau dengan tiga warna yang berbeda sukses membuat hati tergelitik dan bermimpi untuk mendatanginya. 

Sebuah danau di Ende sana yang memiliki banyak cerita mistis. Berada di ketinggian 1639m diatas permukaan laut, danau ini memiliki pesona tersendiri. Konon warna danau yang berubah-ubah ada kaitannya dengan situasi politik di negara kita Indonesia. Jika situasi politik stabil, danau akan berwarna terang tapi jika situasi politik sedang panas air danau akan berubah jadi merah. Menarik ya....

2. Labuan Bajo
Siapa yang tak tahu Labuan Bajo, destinasi wisata yang juga di kenal dengan sebutan Pulau Komodo ini memang menarik untuk di kunjungi. Selain penasaran dengan komodo itu sendiri, pesona alamnya juga menunggu untuk di eksplor. Langit yang begitu cerah dan laut biru yang terhampar luas memanjakan mata, pun padang rumputnya yang luas. Sering melihat tayangan acara jalan-jalan dan salah satunya ke pulau ini membuat saya ingin kesana juga. Semoga suatu saat bisa menjelajah kesana juga bersama keluarga. Amin

3. Wae Rebo
Sebuah perkampungan adat terpencil dan misterius di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Berada di ketinggian 1200 m diatas permukaan laut Wae Rebo disebut-sebut sebagai surga dunia, juga desa di atas awan. Lahir dan besar di daerah pegunungan otomatis membuat saya jatuh cinta pada gunung, itulah sebabnya hampir semua destinasi wisata yang saya impikan kebanyakan adalah gunung atau hutan hehehe. 

Desa Wae Rebo ini sangat unik, disana hanya ada 7 rumah utama namun satu rumah bisa dipakai untuk menampung sekitar 30 orang. Keren ya.. Rumah di desa tersebut juga sangat sederhana, berbahan dasar kayu dan bambu dan beratapkan ilalang yang dianyam. Aah, jadi nggak sabar pengen cepet-cepet kesana deh...

4. Bromo
Lokasi syuting pasir berbisik ini memang fenomenal, pesonanya tersohor hingga manca negara. Selama 30 tahun saya hidup belum pernah sekalipun menginjakkan kaki disana, sedih deh.. Dulu sekali, tahun 2012 saya pernah merencanakan untuk pergi kesana bersama teman-teman. Rencana perjalanan sudah di susun, tapi saya batal ikut karena tanggal pergi mendekati hari pernikahan saya. Padahal yang ngajakin dan nyusun rencana perjalanan itu saya, eh malah batal berangkat. Emang nasib, mungkin saya disuruh sabar biar bisa pergi bareng keluarga tercinta. Hehehhe

5. Baluran
Taman Nasional Baluran yang konon merupakan Africa van Java nya Indonesia ini terletak di kawasan Situbondo dan juga Banyuwangi Jawa Timur. Baluran  (Little Africa in Java) ini sukses bikin saya baper pengen berkunjung kesana karena pesona keindahannya. Pertama kali denger tentang Baluran itu awal tahun 2012 saat nemenin syuting salah seorang eh dua orang temen saya dari Jakarta. Sesorean kami hunting gambar dan take scene untuk keperluan film dokumenternya lalu malamnya kami karaokean sampai tengah malam dan balik ke hotel.  

Sisa malam kami habiskan dengan ngobrol ngalur ngidul karena sudah lama tak jumpa dan entah bahas apa tiba-tiba jadi bahas Baluran. Teman saya cerita pengalaman mistis salah satu rekannya saat syuting disana. Alih-alih takut saya malah jadi penasaran karena temen saya itu nunjukin gambar-gambar cantik yang diambil saat syuting disana.  

Hamparan hijau di kejauhan yang membius, sejauh mata memandang. Pun pantainya juga cantik, cocok untuk menikmati sore sembari menunggu senja. Di sana, kita bisa melihat langsung sekawanan banteng liar, rusa, burung, monyet, dan banyak hewan lain. Wah keren ya...bener-bener welcome to the jungle! kalau kata Rangga ini two in one package karena kulari ke hutan belok ke pantai. hehehehhe... 

Itu dia beberapa destinasi wisata impian yang ingin saya wujudkan suatu saat nanti, semoga dikabulkan sama Allah, Amin....

Terima kasih untuk Mara dan juga Erina yang sudah melempar dadu untuk Arisan Blog Gandjel Rel yang ke 20 dengan tema destinasi wisata impian di Indonesia. Dua bloger yang masih single and available ini semoga segera di dekatkan dengan yang jauh ya. Amin..

kalau kalian punya mimpi bisa menjelajah kemana nih gaes?

Sunday, February 4, 2018

BAYI KUNING, BERBAHAYAKAH?

Dok. pri
Fenomena bayi kuning kerap menjadi permasalahan yang dihadapi oleh para orang tua, baik itu pasangan muda maupun yang sudah berpengalaman. Hingga saat ini belum ditemukan penyebab pasti kenapa semakin banyak bayi lahir dan mengalami masalah "kuning". 

Menurut para dokter ada banyak faktor yang menyebabkan bayi kuning salah satu diantaranya adalah belum optimalnya kerja organ hati yang mengolah bilirubin. Bilirubin adalah zat kuning yang diproduksi saat sel darah merah di pecah. Kerja hati yang belum optimal menyebabkan banyak bilirubin yang masuk kembali ke aliran darah sehingga tubuh bayi berwarna kuning padahal seharusnya bilirubin dikeluarkan tubuh melalui feses (tinja), urine. 

Kembalinya bilirubin ke aliran darah ini yang memicu tingginya kadar bilirubin dan menjadi penyebab bayi kuning. Penyakit kuning atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama jaundice ini umumnya menyerang bayi yang baru lahir minggu pertama setelah kelahiran. Gejalanya antara lain kulit dan mata menguning, warna urine lebih pekat padahal bayi baru lahir seharusnya urinenya tidak berwarna. Bahkan lidah dan gusi juga akan berwarna kuning jika kadar bilirubin sudah sangat tinggi seperti yang dialami oleh anak kami. 

Ketidaktahuan kami akan bahaya penyakit kuning ini membuat kami agak sedikit menyepelekan meski hasil lab sudah menunjukkan angka 23,81 padahal kata dokter kalau sudah diatas 15 harus dirawat. Setelah browsing sana-sini dan dikasih wejangan sama ortu kami pun menunda niatan untuk menginapkan anak kami di rumah sakit. Hingga dua hari setelah hasil lab keluar kami merasa khawatir karena si bayi menunjukkan gejala yang semakin parah bukannya membaik. 

Akhirnya sore itu kami segera melarikan si bayi ke IGD rumah sakit tempat si bayi dilahirkan dan dibawa ke raung peristi untuk mendapatkan penyinaran intensif  (fototerapi) supaya kuningnya hilang. Mau tahu apa itu fototerapi? baca sampai selesai ya karena penjelasannya ada di bawah. Waktu si bayi dibawa ke ruang peristi itu rasanya nggak karuan apalagi orang tua hanya boleh jenguk saat jam besuk dan itu pun hanya si ibu yang boleh masuk. Nyesel? pastilah karena penyesalan itu datangnya belakangan kalau diawal itu namanya apa? kata pengantar? Hehehe...

Kemudian selama dan setelah kejadian tersebut kami berusaha mencari tahu penyebab, pencegahan dan penanganan bayi kuning. Meskipun terlihat sepele ternyata bayi kuning yang tidak ditangani dengan serius bisa menyebabkan kerusakan otak yang bisa menimbulkan gangguan terutama pada pendengaran (tuli) dan juga cerebral palsy jika kadar bilirubin di tubuh bayi sangat tinggi. 

Ngeri banget kan dampaknya? waktu dokter kasih penjelasan ke saya saya soal ini saya langsung lemes, dan berurai airmata. Apalagi hasil lab yang dipakai sudah lewat 2 hari jadi ada kemungkinan kadar bilirubin si kecil saat fototerapi sudah naik banyak, jika tidak segera ditangani si kecil bisa kejang dan memicu kerusakan otak. Naudzubillah semoga kami dihindarkan dari hal tersebut dan si kecil sehat sempurna amin.

Nah, Berikut adalah tiga faktor utama yang menyebabkan bayi kuning:

- Bayi terlahir prematur (lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu)
- Bayi tidak mendapatkan cukup ASI
Kondisi ini karena bayi susah minum atau asi yang belum keluar (breastfeeding jaundice) karena kandungan ASI dapat mempengaruhi pemecahan bilirubin pada bayi sehingga bayi tampak kuning. Kondisi ini biasanya muncul saat bayi berusia 2-3 minggu dan disebut breastmilk jaundice.
- Rhesus darah berbeda.
Bayi yang memiliki rhesus darah berbeda dengan ibunya dapat mengembangkan antibodi (zat kekebalan tubuh) yang berlebihan sehingga menghancurkan sel darah merah mereka sendiri dan menyebabkan kadar bilirubin meningkat tiba-tiba. 

Sedangkan penyebab bayi kuning lainnya meliputi:
* Memar saat lahir dan pendarahan di bawah kulit kepala yang disebabkan oleh persalinan yang sulit
* Masalah pada organ hati atau saluran empedu
* Infeksi saat lahir seperti rubella, sifilis, dll
* Tingkat oksigen rendah
* Kekurangan Enzim
* Kelainan genetik dan kelainan pada sel darah merah si kecil

Kalau mom dan dad menemukan gejala kuning pada bayi, segera mungkin cari tahu pada ahlinya dan sebisa mungkin mengikuti saran dari dokter. Jangan seperti saya dan suami yang masih plin plan karena ketidaktahuan kami apalagi kadar bilirubin tinggi tiap anak berbeda yang tentunya juga membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Tapi jangan khawatir, nih saya kasih bocoran alias saya ulangi lagi tanda-tanda kuning pada bayi sebelum melakukan penanganan selanjutnya.

Tanda-tanda kuning pada bayi:
* Air seni dan feses berwarna kuning pekat
* Telapak tangan menguning
* Badan menguning
* Kaki menguning
* Lidah dan mata menguning

Penanganan yang dapat dilakukan pada bayi kuning antara lain:

* ASI
Susui bayi sesering mungkin antara 8-12 kali per hari untuk mendorong buang air besar dan kecil. Hal ini untuk membantu membuang bilirubin melalui feses. Jangan tunggu bayi yang meminta, kalu perlu bangunkan bayi setiap dua atau tiga jam sekali untuk disusui agar terhindar dari kekurangan cairan.




* Fototerapi
Dok. pri
Fototerapi adalah metode pengobatan dengan cara melakukan penyinaran menggunakan sinar biru untuk membantu memecah bilirubin. Dalam fototerapi bayi akan ditempatkan di ruangan khusus (peristi) dibawah cahaya spektrum biru dan hanya memakai popok dan kacamata pelindung khusus untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Dan bayi akan di bolak balik seperti kue yang di oven
setiap beberapa jam sekali dalam posisi terlentang dan tengkurap.
Dok. pri

Fototerapi dilakukan setelah kita mengetahui kadar bilirubin pada bayi selepas melakukan pemeriksaan laborat. Jika hasilnya masih diantara range 1-14 (dibawah 15) biasanya tidak perlu dilakukan fototerapi. Namun jika hasilnya sudah diatas 15, seperti kasus bayi saya maka harus segera dirawat intensif di ruang fototerapi (peristi).




* Tranfusi
Jika bayi mengalami kuning yang sangat parah, kemungkinan tranfusi darah diperlukan jika bayi tidak merespon teknik pengobatan lainnya.
Dalam tranfusi darah, darah bayi akan diambil dalam jumlah sedikit lalu bayi akan menerima sejumlah kecil darah dari donor. Ini dilakukan untuk menggantikan darah bayi yang rusak dengan sel darah merah yang sehat sehingga sel darah merah bayi akan meningkat dan mengurangi kadar bilirubin.

Well, itu tadi sharing saya tentang pengalaman bayi kuning semoga sedikit cerita ini bermanfaat dan bisa membantu para orang tua di luar sana yang masih belum tahu bahaya bayi kuning dan bagaimana penanganannya. 

Happy reading ya...

Saturday, January 27, 2018

BRUNCH DI LITTLE EUROPE GIGGLE BOX VILLAGE KOMPOL MAKSUM

Hai gaes, kalian pernah nggak sih dapet jadwal kuliah jam ke nol yang super pagi atau ada klien yang minta meet up pagi? atau malah berangakat sekolah tapi ternyata pulang super awal? Hmm jadwal pagi kadang bisa bikin orang kalang kabut apalagi kalau bangun kesiangan belum sarapan duh makin kacau dunia persilatan. Kebayang dong gimana lapernya? Duh, makin nggak fokus aja ngikutin pelajaran kuliah atau pun rapat penting. Alamat di tegur dosen atau boss nih, mau makan tapi kok nanggung karena belum jamnya makan siang.



Bingung mau cari tempat makan yang buka pagi-pagi dan menyajikan menu yang tidak terlalu berat? Sini-sini aku bisikin ada resto baru yang super asyik baik menu, harga maupun suasananya. Penasaran kan? here we go...

Baru-baru ini di Semarang baru saja di buka cabang ke empat dari Giggle Box Resto yang dijamin bakalan memanjakan mata dan lidah kamu nih gaes. Mengusung konsep semi outdor dengan tema pedesaan Eropa yang akan membuat para pengunjung betah menginjakkan kaki di sana. Sebagai anak muda yang kekinian pasti kalian tahu Giggle Box kan? Resto yang juga terkenal dengan studio fotonya.

Setelah sukses dengan tiga resto sebelumnya, Giggle Box Semarang kembali membuka cabang dengan mengusung konsep baru yaitu Giggle Box Village. Giggle Box Village menyuguhkan suasana yang berbeda dibandingkan dengan ketiga resto sebelumnya di Semarang dan juga di kota lain. Dan yang paling oke mereka buka mulai pukul 07.00.

Giggle Box Village yang berada di Jl. Kompol Maksum No 219 Peterongan Semarang ini mengusung tema Pedesaan Eropa yang unik dan klasik. Memasuki area parkir kita sudah disambut gaya arsitektur yang khas seakan kita tidak sedang ada di Semarang melainkan di daratan Eropa sana. Memasuki resto kita akan disambut chandelier yang tergantung cantik di langit-langit, jadi ingat suasana romantis yang biasa digambarkan di novel-novel historical romance. Lalu interior di dalam resto sendiri adalah perpaduan gaya rustic yang chic yang menjadikannya sangat nyaman, kental dengan suasana rumah yang hangat dan mengundang. Asyik banget deh pokoknya..




Masuk lebih jauh ke dalam kita akan dimanjakan dengan pemandangan khas cafe-cafe pinggir jalan dan suasana khas pedesaan di Eropa sana. Walaupun belum pernah ke Eropa tapi gambaran yang disajikan Giggle Box mampu mengobati keinginan yang belum terwujud untuk bisa ke daratan aslinya. Ada sumur, gudang, peternakan, pertanian, tempat produksi hasil pertanian, kedai untuk minum teh dan juga kedai di depan rumah untuk tempat menjual hasil pertanian dan peternakan. Melihat ini seperti terlempar ke jaman dulu saat membaca novel tentang gadis pemerah susu :P.




Menurut saya konsep Giggle Box Village ini sangat cerdas, dalam artian Giggle Box mampu menangkap peluang pasar yang sedang naik daun yaitu tak hanya menyajikan menu yang lezat tapi juga menjual suasana yang menunjang sehingga banyak pengunjung yang betah bahkan kembali lagi demi menangkap pengalaman dan kehangatan yang berbeda di setiap kedatangannya. Seperti yang kita ketahui, makan selai merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan jika kita mampu menangkap peluang tersebut. Dan Giggle Box rupanya salah satu yang tahu.

Resmi di buka pada tanggal 18 Januari 2018 lalu, Giggle Box Village sudah ramai pengunjung yang rela antri mendapatkan meja demi makanan enak dan spot foto terbaik. Dengan fasilitas semi outdoor, Giggle Box bisa digunakan untuk kegiatan meeting, birthday party, bridal shower, gathering, atau jika kalian ingin mengadakan garden party dengan nuansa eksklusif bersama keluarga dan teman dekat saja. Selain itu juga terdapat deretan bangku ala jalur pedestrian di Eropa yang selalu ramai saat sarapan, makan siang ataupun saat minum teh dan kopi. 

Kalian mau duduk dimana, tinggal pilih saja menyesuaikan dengan siapa kalian datang. Mau indoor ataupun outdoor tetap bisa menikmati semua suasana dan berfoto di sana sepuasnya kok. Oiya sebagai catatan jika kalian memutuskan kesana di siang hari sebaiknya memilih tempat di area indoor saja karena akan terasa sangat terik jika makan di area outdoor apalagi panas di Semarang bikin gosong. Atau kalian bisa datang saat pagi atau sore menjelang malam untuk suasana yang lebih nyaman dan juga romantis. Selain itu di sini juga disediakan tempat sholat bagi warga muslim yang ingin menikmati suasana tanpa melupakan kewajibannya pada Tuhan. 

Oiya daritadi saya nyebut-nyebut soal makanan enak, di Giggle Box Village ini tersedia menu baru lho yang berbeda dengan 3 cabang Giggle Box sebelumnya yaitu menu Brunch dan Asian Delight. Menu Brunch adalah menu untuk sarapan atau menjelang makan siang yang berasal dari kata Br(eakfast) and (L)unch. Untuk menu brunch ada Blackpepper Tenderloin Toast, Salmon Egg In a Hole, Salmon Mentai Toast, Nasi Ayam Bestik dan Scramble Egg. Hmmm, yummy yummy kan menu barunya? yuk dipilih-dipilh.. 

Oiya biar kalian nggak galau pilih menu saya jelasin satu-satu ya.
* Blackpepper Tenderloin Toast -- IDR 45
Apakah kamu termasuk carnivores gaes? menu ini cucok banget buat kamu yang suka dan cinta sama daging merah! Blackpepper Tenderloin Toast berisi roti panggang yang disajikan dengan potongan daging tenderloin dan saus blackpepper yang ditemani french fries dan juga salad dari sayuran segar dan toping keju slice. Cocok banget buat amunisi memulai hari yang panjang saat sarapan :D



* Salmon Egg In a Hole -- IDR 30
Ini adalah lembaran roti yang dilubangi lalu dituang sebutir telur yang kemudian dipanggang. Lalu diatasnya ditambahkan potongan ikan salmon dan ditaburi ikan cakalang kering yang biasa disebut katsuboshi yang yummy yang dilengkapi mayonais dan salad segar. Telur setengah matangnya yang lumer berpadu dengan roti panggang, saus, potongan ikan salmon, dan gurihnya wijen. Duh bikin air liur saya terbit lagi nih mengingat rasanya yang lezat.




* Salmon Mentai Toast -- IDR 40
Kalau yang ini isinya adalah roti panggang dengan potongan ikan salmon dengan bumbu yang unik yang dilengkapi dengan french fries, salad sayuran segar dan taburan wijen diatasnya. Kalau kamu pecinta salmon, wajib pilih menu ini!




* Nasi Ayam Bestik -- IDR 25
Nasi adalah menu wajib bagi warga Indonesia, katanya nih kalau belum ketemu nasi itu namanya belum makan :D. Gimana dengan kalian gaes?
Nah varian baru dari Giggle Box ini rasanya sangat otentik. Ayam krispi yang disiram saus oriental dan kacang polong dan irisan bawang bombay yang ditumis di atasnya. Enak! Buat kamu pecinta menu oriental bisa pesan yang satu ini.


* Scramble Egg -- IDR 25
namanya keren ya? padahal cuma telur orak arik! Tapi orak arik yang satu ini spesial karena dilengkapi dengan potongan daging sapi asap/beef bacon dan sosis dengan saus BBQ dan tak ketinggalan salad sayuran. Kamu sedang diet carbo? akan jadi pilihan tepat kalau kamu menyantap ini :D.




Oh iya masih ada satu menu lagi yaitu Asian Delight yang bisa kalian coba langsung di Giggle Box Village Kompol Maksum ini juga menu lain yang sudah tersedia sebelumnya. So gaes, selamat meluncur kesana dan mencoba sendiri sensasinya. Lumayan kan foto-foto makanan dan juga spot cantik bisa dipakai untuk mengisi feed instagram biar makin hits.



Pokoknya kalau pagimu murung karena kuliah pagi dibatalin atau butuh rekomendasi tempat sarapan karena ajak klien penting bisa banget langsung cuss ke Giggle Box Village di Jl. Kompol Maksum 219 Peterongan Semarang ya gaes. Siapa tau habis diajak sarapan enak jadi deal kerjaannya. 

Happy tummy brings happy soul :D

Wednesday, January 17, 2018

TAHUN BARU HARAPAN BARU

Setuju nggak sih dengan ungkapan "Tahun Baru Harapan Baru?"
Kalau saya sendiri setuju banget, kenapa gitu? karena penting banget punya harapan atau angan-angan yang ingin dicapai biar hidup lebih hidup alias nggak gitu-gitu aja. Kan enak kalau misal ada yang tanya "punya resolusi apa nih buat setahun ke depan di tahun yang baru ini?"
Masa iya mau dijawab nggak ada.. resolusi apaan sih?! Nah lo...

Sebenarnya saya bukan orang yang rajin bikin resolusi saat tahun berganti apalagi menuliskannya. Tapi minimal saat berdoa saya selalu meminta hal-hal atau perubahan ke arah yang lebih baik yang saya inginkan. Anggaplah itu bagian dari resolusi yang biasa dituliskan atau di dengungkan oleh khalayak ramai. Ngomong-ngomong soal resolusi, nggak kerasa kalau arisan blog bareng Gandjel Rel sudah mendekati masa penghabisan karena sekarang sudah di putaran ke 20 dari total 22. 

So, it means we're gonna heve new chapter yeay!! Di putaran ke 20 ini si pemenang arisan yaitu Lestari atau yang akrab dipanggil Taro menentukan tema tentang Resolusi di tahun 2018. Taro ini adalah salah satu founder Gandjel Rel dan satu-satunya yang masih lajang lho gaes, and bisa dibilang kalau dia ini adalah salah satu kandidat high quality jomblo yang bisa dijadikan calon pendamping sekaligus calon mantu idaman :D. Selain aktif ngeblog, Taro juga bekerja disalah satu kantor BUMN ydan biasa menyebut dirinya sebagai embak kantoran yuk ah toss dulu Taro.. aku juga embak kantoran lho, embak sekretaris tepatnya :D.

Baiklah, menjawab tantangan Taro ini dia resolusiku untuk tahun 2018:

1. Laptop

sebagai orang yang harus bekerja di depan layar komputer setiap hari karena kaitannya dengan pekerjaan baik di kantor maupun di rumah, keberadaan laptop atau notebook akan sangat membantu jika tidak tersedia PC. Selain lebih mudah dibawa kemana-mana, juga simpel dalam hal penyimpanan dan juga perawatan. Apalagi sekarang sudah cukup aktif ngeblog jadi perlu sekali sebagai komponen utama untuk update tulisan. 

Kebetulan laptop saya dipakai suami untuk bekerja sehari-hari otomatis saya pun harus gantian untuk memakainya. Kalau kebetulan sama-sama lagi butuh dan di kejar deadline itu yang nggak enak. Semoga di tahun 2018 ini akan ada rejeki laptop atau notebook untuk saya sehingga tidak akan ada lagi alasan untuk menunda pekerjaan dengan alasan laptop dipakai suami dan semangat ngeblog makin membara. Amin

2. Stok ASI Cukup
Akhir Desember 2017 saya melahirkan anak kedua, seorang putri yang kami beri nama Gendhis Sofia Almahyra. Di awal kelahirannya ASI yang keluar masih sangat sedikit yang membuat saya khawatir tidak bisa memompa ASI sehingga bisa di stok untuk bekal ketika saya sudah mulai kerja lagi. Namun di minggu ketiga alhamdulillah ASI saya sudah lumayan lancar sehingga saya bisa menyetok ASI hingga 50 kantong. Semoga surplus ASI ini akan terus berlanjut sehingga saya bisa menyusui si kecil hingga usia 2 tahun seperti yang dianjurkan dalam agama saya. Amin

3. Anger Management

Ini nih yang masih agak susah saya terapkan. Saya ini termasuk tipe orang yang gampang meledak minimal ngomel dan membuat orang di sekitar saya mengkeret karena kata-kata saya yang to the point. Apalagi sekarang sejak ada dua anak emosi saya gampang naik turun karena ada saja ulah si kakak yang gampang bikin naik darah. Semoga tahun ini saya bisa lebih sabar dan bisa menahan lidah untuk tidak berkata tajam yang tanpa sengaja bisa melukkai orang-orang di sekitar saya. Amin.

4. Tabungan Umroh
Melihat banyak teman, saudara serta keluarga yang sudah pernah dan akan berkunjung ke rumah Allah, Baitullah betapa hati ini menjerit karena rindu ingin menginjakkan kaki di sana juga. Semoga tahun ini saya bisa istiqomah menyisihkan sedikit rejeki untuk menabung biar bisa menyusul ke Baitullah secepatnya. Akhir bulan Januari ini rencana Pak Boss juga akan berangkat umroh bersama istri tercinta. Pak kenapa sekretarismu yang setia ini tak kau ajak juga? kenapa pak? loh malah jadi curhat :D. Semoga saya dan keluarga bisa segera menginjakkan kaki di Baitullah tahun ini. Amin.

5. Mesin Jahit
Nah ini nih item wajib yang masih setia nongkrong di jajaran 'wishlist' ku dari tahun ke tahun. Sebenernya sudah nabung dan niat buat beli barang yang satu ini, entah kenapa selalu saja dikalahkan dengan urusan lain yang katanya lebih penting. Entahlah... mungkin niat ingsun saya yang belum kuat kata orang jawa belum teteg :(. Semoga tahun ini saya beneran bisa beli mesin jahit sendiri dan segera eksekusi tumpukan kain yang makin menggunung. Amin


6. Dining room Project
Apa sih dining room project itu? Sebenernya ini adalah project menggambari tembok yang saya gagas dan garap sendiri untuk ruang makan saya di rumah. Biasalah sebagai embak sekretaris yang hobi berselancar mengunjungi laman pinterest dan semacamnya saya jadi terinspirasi untuk membuat ruang makan saya di rumah jadi lebih berwarna dan ceria. 

Sayang project itu terbengkelai saat saya hamil kemarin baru sebagian tembok yang sudah berhasil saya gambar dan warnai dengan cat acrilic selebihnya masih kosong. Mumpung sudah ganti tahun saya ingin di tahun yang baru ini saya bisa menyelesaikan 'project' saya yang sempet tertunda itu. Amin

7. Kesehatan
Satu hal yang paling penting yang selalu aku minta adalah berkah kesehatan dari Sang Pemberi Hidup. Semoga di tahun yang baru ini saya dan keluarga selalu sehat sehingga bisa melakukan semua aktivitas dan tanggung jawab tanpa beban. Maklum tahun lalu sempat mondok beberapa kali di RS pengennya sih tahun ini tidak akan ada agenda menginap di RS baik saya, suami, anak-anak maupun orang tua dan saudara. Amin

So, itu dia 7 resolusi saya untuk tahun 2018 ini semoga bisa terwujud semua dan mendapatkan ridha dari Allah sehingga di ijabah. Amin.

Kalau kalian punya resolusi penting apa nih gaes buat tahun 2018 ini? feel free to share ya ^___^

Tuesday, January 16, 2018

BERMASALAH DENGAN STRETCH MARK DAN ASI?? SIAPA TAKUT!!

Halo, selamat pagi dari Semarang yang agak mendung di weekend kedua bulan Januari 2018. Apa kabarnya nih para pembaca yang budiman? semoga selalu sehat ya dimanapun kalian berada.. Amin.

Ngomong-ngomong soal mendung, galau nih mau jemur si bayi jadi nggak bisa. Saya agak trauma karena 3 hari pasca pulang dari RS si bayi sempat kuning dan setelah di cek kadar bilirubin sangat tinggi yaitu 23,81 dan harus masuk ruang Peristi selama 3 hari. Jadi sekarang kalau ada panas bawaannya pengen jemur bayi melulu :D. Nah itu baru soal bayi, bagaimana dengan ibunya?

Seringkali pasca melahirkan semua perhatian tertuju pada si bayi, padahal ada sang ibu yang juga tak kalah penting untuk diberi perhatian. Apalagi pasca melahirkan itu adalah saat penting untuk mencari tahu apakah si ibu juga baik-baik saja. Kenapa begitu? karena melahirkan itu selain menguras banyak tenaga, pikiran, dan waktu si ibu juga terkuras emosinya. Banyak sekali perubahan yang terjadi dalam waktu singkat yang mempengaruhi hormon di tubuh dan berdampak pada naik turunnya emosi. Salah satu yang memicu bad mood atau emosi yang tidak stabil adalah perkara soal "tubuh".

Tubuh bagi para perempuan adalah perkara penting, jadi jangan heran kalau misalnya suami dimanyunin selama seminggu hanya gara-gara salah jawab soal pertanyaan "apakah aku gemukan sekarang?" hehehe. Pasca hamil dan melahirkan bentuk tubuh pasti masih nggak karu-karuan luar dalam. Stretch mark menjadi salah satu momok bagi para perempuan yang sudah pernah melahirkan terutama yang memiliki jenis kulit tipis yang kurang elastis, saya contohnya.

Pada kehamilan kedua ini saya kembali mengalami stretch mark yang berarti saya harus mengalami gatal-gatal yang mengganggu. Gatal-gatal karena stretch mark ini mulai muncul di trimester kedua kehamilan ketika perut semakin membuncit dan memaksa kulit untuk meregang maksimal. Gara-gara gatal tadi bawaannya pengen garuk terus yang bikin perut makin hitam. Saat kehamilan pertama dulu berbagai cream yang diresepkan dokter tidak begitu mempan menghalau gatal apalagi bekasnya. Tapi di kehamilan kedua ini saya cukup terbantu dengan produk stretch mark cream dari mooimom meskipun saya baru bisa memakainya selepas melahirkan, maklum jadwal melahirkan saya maju sebulan dari perkiraan. Dapet rekomendasi dari mana sih?

Saat curhat ke salah satu teman yang sedang hamil juga, dia merekomendasikan stretch mark cream mooimom ini. Beliau yang juga baru melahirkan menggunakan produk Mooimom dan cocok dengan stretch mark creamnya, recommended, katanya. Penasaran saya pun membuka website mooimom dan menemukan banyak sekali produk untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi di sana. Bener-bener lengkap, bikin mupeng pengen borong semua :D. Akhirnya saya membeli strech mark cream dan new silicone breast pumpnya karena saya tidak punya pompa manual di rumah padahal butuh banget nyetok ASI kapan pun dan dimana pun.

1. Stretch Mark Cream
Oiya, stretch mark cream dari mooimom ini bisa dipakai dari sebelum hamil, saat hamil dan pasca melahirkan lho. Cream yang dibuat untuk mencegah dan juga menyamarkan bekas stretch mark di perut dan juga area lain ini alhamdulillah cocok saya pakai. Saya sudah pakai selama seminggu, stretch mark peninggalan masa hamil yang tadinya masih merah agak kehitaman berangsur-angsur memudar warnanya.

Selain kemasannya yang cantik dan praktis untuk dibawa kemana-mana, creamnya yang tidak terlalu kental membuatnya cepat meresap di kulit dan tidak meninggalkan jejak lengket. Oiya, baunya juga ringan dan menenangkan. Aah, kenapa nggak dari dulu saya kenal MOOIMOM!! Semoga dengan pemakaian rutin stretch mark yang menghancurkan keindahan perut saya bisa hilang atau paling tidak hanya meninggalkan jejak samar. Amin.

Penasaran dengan bahan-bahan yang terkandung dalam stretch mark cream dari mooimom ini? berikut rangkuman info yang berhasil saya peroleh:

- Ekstrak Edelweiss - Mengandung bahan antioksidan kuat, mencegah tanda-tanda penuaan dan memberi efek menenangkan pada kulit.
- Croton Lechleri Extract - Mengencangkan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, membantu menyamarkan stretch mark dan bekas luka.
- Minyak Biji Kakao Maroko - Kaya akan vitamin E, menjaga elastisitas kulit, mencegah kekeringan kulit dan keriput, dan memperlambat garis-garis halus
- Soluble Collagen Essence - Meningkatkan relaksasi kulit, meningkatkan dan menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit lebih berkilau dan kenyal

Waah nggak heran kalau creamnya ampuh ya liat aja manfaat dari tiap kandungan bahannya.

2. New Silicone Breast Pump 

Sebagai ibu menyusui peralatan tempur yang wajib dimiliki adalah pompa asi apalagi ibu kantoran macam saya, penting banget punya stok ASIP di rumah. Salah satu cara agar mendapatkan hasil perahan asi yang maksimal ya dengan menggunakan alat bantu seperti pompa asi.

Sebenarnya saya sudah punya pompa asi di rumah tapi yang elektrik, saya kurang leluasa untuk memakainya karena harus nyari tempat yang ada colokan listriknya dan suaranya berisik. Jadi pas kemarin liat-liat di website mooimom buat beli cream sekalian aja angkut silicone breast pumpnya.

Eh, ternyata beneran enak banget lho dipakainya, selain tangan nggak capek karena harus megangin pompa, bebas suara berisik dan pastinya bisa dipakai kapan pun dan dimana pun seperti pojok ruangan. Dan air susu pun tertampung dengan aman dan tingkat kekosongan payudara juga maksimal sehingga bisa merangsang produksi asi lebih banyak. Asyik kan... saya sudah membuktikannya sendiri.

Keunggulan dari New Silicone Breast Pump ini antara lain:

* 100% food grade silicone, tidak mengandung BPA, PVC dan Phthalate
* Desainnya yang kecil dan sederhana membuat proses menyusui menjadi lebih mudah dan praktis
* Tidak akan menimbulkan iritasi, sangat aman dikulit terutama pada area sensitif seperti halnya payudara
* Desain mulut silikon yang ergonomis, sesuai untuk berbagai bentuk payudara
* Desain bagian bawah silikon yang bisa menempel di bidang datar, tidak mudah tumpah dan dilengkapi dengan penutup
* Silikon dapat dipanaskan/direbus, dimasukkan ke dalam mesin sterilisasi maupun microwave dan juga disimpan di lemari es. Silikon Breast Pump dapat menahan suhu rendah -20 dan suhu tinggi 250°C
Tinggi Silicone : 15.5 cm
Diameter Mulut Silicone : 8.5 cm
Daya tampung : 120 ml

So, ladies masih bingung mau belanja kebutuhan hamil, melahirkan dan juga perlengkapan bayi tapi praktis kemana? kalau saya sih udah pasti pilih MOOIMOM. Selamat mencoba ya, saya sudah buktikan.

Oiya, ada yang mau tahu produk-produknya mooimom? Nih saya bagi infonya:

Website: www.mooimom.id
Instagram: https://www.instagram.com/mooimom.id/
Facebook: https://www.facebook.com/mooimomid/
Semoga bermanfaat,