Manfaat dan Tips Ngeblog Untuk Pemula

Halo teman-teman apa kabar semua? semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah ya... selama musim corona ini pada punya kesibukan apa nih? kalau saya sendiri sih kadang full working from home (WFH) kadang bernagkat ke kantor pas kebagian shift. Kebetulan shift saya di hari senin dan kamis, macam puasa sunnah ya hehehe. Apapun itu dinikmati aja pokoknya, tetap ngantor meski was-was.

Selama masa WFH di rumah ada banyak tugas yang harus saya kerjakan terutama pekerjan domestik rumah tangga selain pekerjaan kantor yang bisa dikerjakan di rumah. Tak hanya itu, seminggu kerja dari rumah saya juga semakin sering masak buat suami dan anak-anak, bikin kue seminggu 2 kali padahal sudah pensiun hampir dua tahun. Alhamdulillah rasanya enak dan ludes dalam sekejap, bikin semua kerempongan dan lelah terbayar seketika. 


Suara naik beberapa oktaf selama di ruamah juga sering terdengar, maklum anak-anak tuh 5 menit baikan menit berikutnya sudah gontok-gontokan lagi. Pusing pala mamak, untungnya mamak punya aktivitas juga wadah yang ditujukan sebagai ruang untuk aktualisasi diri biar nggak stres. Apakah itu? Blog. Ya, blog sebuah sarana yang diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki passion untuk menulis. Entah itu menulis cerita keseharian (journaling), curhat, sarana terapi (self healing) bahkan pekerjaan. 

Emang blog bisa menghasilkan? 

Jangan salah kisanak mau pun nyisanak, di zaman milenial ini blog adalah salah satu media yang banyak dicari untuk mendapatkan informasi. Pasalnya banyak perusahaan yang menggandeng blogger untuk mereview produk mereka dengan harapan mampu meningkatkan kepercayaan publik di pasaran lewat berbagai lomba yang diadakan juga afiliasi lain. 

Hadiahnya pun keren-keren lho tak hanya berbentuk materi seperti uang tapi juga tiket liburan, kamera, handphone, tabungan pendidikan bahkan mobil. Pengen? belajarlah ngeblog.. tapi jangan semata-mata mengejar rupiah ya, niatkan untuk berbagi informasi insyaallah selebihnya mengikuti.

Saya sendiri pertama kali mengenal blog di tahun 2013, saat itu sih hanya ingin berbagi informasi tentang tahapan mempersiapkan pernikahan berdasarkan pengalaman pribadi. Eh ketagihan ngeblog sampai sekarang bahkan sudah saya jadikan blog top level domain alias berbayar bukan blog gratisan bawan google supaya bisa mendapatkan benefit yang lebih dari hobi curhat ini.

Selama kurang lebih 7 tahun ngeblog berikut ini beberapa manfaat yang saya dapatkan:

1. Tempat Curhat 

Lha, curhat di blog ga takut diketawain banyak orang? Curhat di sini lebih ke arah berbagi pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat untuk orang lain ya teman-teman meskipun ada beberapa sesi yang beneran curhat tentang kondisi yang kualami. Intinya sih ngeblog ben rak ngganjel alias mengeluarkan ganjalan yang ada di hati yang kadang tidak mampu disampaikan secara lisan.

2. Sarana Aktualisasi Diri

Lewat blog saya bisa melihat kemajuan tuliasn yang saya buat sejak pertama kali hingga sekarang. Saya jadi bisa mngevaluasi diri saya sendiri, memahami style tulisan saya itu seperti apa dan kekurangannya dimana atau justru bisa menekankan bagian mana yang bisa di tonjolkan. Paling tidak tulisan yang berisi informasi yang ingin disampaikan itu bisa dipahami oleh pembacanya.

credit to Mbak Tanti (Lalang Ungu)


3. Ajang Silaturahmi

Silaturahmi ini benar-benar terjalin lewat komunitas blogger yang saya ikuti baik tingkat regional maupun nasional. Percaya atau enggak, kadang silaturahmi di dunia maya itu juga terasa seperti silaturahmi di dunia nyata. 

Meskipun hanya bertukar kabar lewat WAG atu nanya sesuatu yang berujung pad diskusi panjang lebar dan berbobot untuk dikaji bersama. Pokoknya banyak hal yang bisa saya dapatkan termasuk tips-tips keren dari para blogger senior yang bisa diterapkan untuk optimasi blog. 

Bahkan saya pernah liburan ditemani oleh salah seorang naggota komunitas yang tinggal di destinasi yang saya datangi. Betapa silaturahmi itu indah sekali.

4. Menambah Wawasan dan Sharing Pengalaman

Manfaat ngeblog yang paling banyak kudapatkan ya ini, ilmu dan pengalaman yang bermanfaat dari para anggota komunita syang sudah mumpuni. Seperti menemukan rumah yang berisi harta karun, dengan mereka diskusi jadi hidup dan topik apapun bisa dibahas dengan seru. Bahkan tak jarang saya mendapat kesempatan untuk bertemu dengan narasumber yang kompeten di bidangnya.

5. Membuka Pintu Rejeki

Salah satu manfaat terbesar yang saya dapatkan dari ngeblog adalah terbukanya pintu rejeki karena adanya tawaran untuk menulis artikel tertentu dan mendapatkan fee. Atau review produk yang infonya dibagi oleh anggota komunitas dan juga info lomba blog dengan hadiah yang menjanjikan. 

Untuk bisa mendapatkan benefit seperti yang saya sebutkan tadi minimal blog kita sudah bukan blog gratisan ya supaya trafficnya bisa terbaca oleh google.



Pernah bosen dengan ngeblog? bosen sih enggak cuma kadang agak susah membagi waktu antara mengurus anak, pekerjaan kantor dan update blog. Apalagi kalau kerjaan lagi segambreng rasanya pengen nangis. Tapi jangan khawatir sekarang aku sudah menemukan beberapa tips ngeblog yang bisa diterapkan teman-teman semua jika sedang mulai.

1. Ngeblog dari hati
Ini penting lho tentang niatan awal untuk ngeblog suapaya nanti ke depannya itu tak hanya soal keuntungan yang ada di pikiran dan tidak ada beban saat mau menulis sesuatu di blog karena tulisan akan mengalir ketika kita menulis dengan hati.

2. Ikut Komunitas
Ini insyaallah sangat bermanfaat selain bisa menimba ilmu dari para senior juga menjaga semangat kita untuk rajin update blog. Ambil tema di sekitar kita saja yang masih terkait dengan keseharian, yang ringan-ringan misalnya seperti inspirasi kado pernikahan, kado untuk bayi, cara membuat paspor atau tips memasak ikan biar tidak amis.

3. Buat List Target
List target ini bisa membantu kita untuk memanage hal-hal yang sudah dikerjakan atau belum. Tidak usah membuat target di awal, pelan-pelan saja dulu, misalnya 1 artikel perbulan lalu nanti jika sudah ketemu ritme yang pas bisa dinaikkan lagi targetnya jadi 2 artikel sebulan. Biar semangatnya tetap terjaga dan tidak kendor.

Nah itu dia sedikit cerita saya tentang manfaat dari ngeblog yang saya tekuni. Semoga bisa menjawab rasa penasaran teman-teman ya, kalau ada yang ingin di sampaikan terkait pengalaman teman-teman tentang ngeblog boleh juga di share di kolom komentar ya.

Salam hangat dari saya di penghujung bulan Maret yang sudah mulai menghangat ini.

2 comments for "Manfaat dan Tips Ngeblog Untuk Pemula"

  1. Banyak banget manfaat ngeblog. Karena ngeblog aku akhirnya bisa mengenal Mbak Dani. Bergabung dengan komunitas blogger itu memang asik dan menambah wawasan.

    ReplyDelete
  2. Ya, ngebloglah karena memang kita happy melakukannya. Nanti jika ada bonus lainnya, itu merupakan pelengkap rangkaian ikhtiar yang sudah kita terapkan dalam memaksimalkan kinerja blogging kita.

    ReplyDelete

Post a Comment