Edukasi Pembuatan Produk Kosmetik yang Legal dan Halal

Cantik, hak atau kewajiban?


Kecantikan merupakan sesuatu yang dianggap sakral, wajib dan sangat melekat bagi kaum wanita. Kebanyakan orang mendefinisikan cantik sebagai sesuatu yang indah dan menarik. Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan cantik 1/can·tik/ sebagai elok; molek (tentang wajah, muka perempuan); 2 indah dalam bentuk dan buatannya: meja ini -- sekali;

-- molek 1 sangat rupawan (tentang orang perempuan); 2 cantik (bagus) sekali (antara bentuk, rupa, dan lainnya tampak serasi);




 

Kemudian cantik juga dikategorikan sebagai seorang wanita dengan wajah rupawan, tubuh ideal; berkulit putih; dan berambut lurus, hitam, serta panjang. Seiring perkembangan zaman, makna kecantikan menjadi seragam pada setiap daerah dan negara bukan sesuatu yang unik lagi. 

 

Masyarakat pun mulai berpikir dan mengakui bahwa wanita cantik adalah mereka yang memiliki kriteria dengan simbol-simbol yang telah disebutkan. Hal ini tidak luput dari peran media, iklan terutama yang memiliki andil besar dalam menyebarkan doktrin soal kecantikan. Dari banyaknya iklan yang menggiring opini masyarakat mengenai kecantikan inilah yang membuat kaum wanita berlomba-lomba untuk menjadi cantik sempurna. 




 

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh industri kecantikan dengan menghadirkan berbagai produk kecantikan. Kehadiran produk kecantikan ini bertujuan untuk memenuhi keinginan para wanita yang ingin menunjang penampilan wajah dan tubuhnya. Intinya setiap wanita pasti memiliki motivasi tersendiri untuk menjadi cantik entah itu karena keinginan diri atau pengaruh lingkungan sekitarnya. 

Motivasi yang melatarbelakangi para wanita untuk tampil cantik pun beragam, utamanya adalah pengaruh lingkungan sekitar yang menuntut.


Kebanyakan dari mereka ingin tampil cantik karena adanya pengaruh dari keluarga, status ekonomi, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, serta umur. Kecantikan yang dimiliki para wanita ini juga memberikan dampak sosial bagi mereka seperti mudah mendapatkan pekerjaan, mudah mendapatkan pacar, mudah diterima di lingkungan sosial, dan menjadi lebih percaya diri. Ada yang kaya gini ga diantara kalian? Orang bilang batas antara hak dan kewajiban itu setipis benang. Bener ga?

 

Berdasarkan fenomena tersebut penting memberikan edukasi terkait produk-produk kecantikan yang aman dan legal digunakan karena semakin banyak bermunculan produk kecantikan yang memberikan hasil instant namun tidak bisa dipercaya. Jangan-jangan justru membuat masalah baru di kemudian hari kan bahaya. Minimal tau kandungannya apakah berbahaya jika digunakan atau sudah mendapatkan ijin edar secara resmi alias bukan barang ilegal. Setuju kan?

 

Wujudkan mimpimu


Salah satu cara agar kita tidak mudah dibohongi iklan adalah dengan menjadi smart buyer. Itu wajib hukumnya apalagi kita akan menggunakan produk yang berkaitan dengan aset yang kita miliki yaitu wajah dan tubuh. Jangan sampai tergiur dengan iklan yang memabukkan karena iming-iming wajah putih dalam seminggu. Minimal kita tau dan paham bahwa produk yang akan kita gunakan aman, berkualitas dan halal. Sekarang cari info terkait bahan suatu produk sangat mudah, jangan abai dan cari tau dulu sebelum memutuskan untuk membeli dan memakainya. Jangan asal coba pokoknya karena kecemasan datang dari ketidaktahuan. 




 

Tak kenal maka tak sayang, sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim salah satu pertimbangan dan juga poin yang diangkat dalam industri kecantikan adalah kehalalan produknya. Ada banyak brand kecantikan lokal yang berlomba-lomba mendapatkan sertifikat halal untuk mendongkrak penjualan. Ini sebuah kemajuan, brand berusaha memuasakan keinginan pelanggan dengan menciptakan produk yang aman, berkualitas dan halal. Untuk mengklaim sebuah produk halal juga tidak mudah, butuh proses identifikasi, uji dan evaluasi panjang karenanya sebuah brand harus mampu meyakinkan konsumen tekait produk mereka.

 

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan perusahaan manufaktur terpercaya yang sudah memiliki pegalaman di bidangnya. Kemajuan teknologi saat ini membuat kita bisa melakukan apa saja termasuk menciptakan brand kita sendiri dengan mudah. Asal tahu caranya ya. Kalian punya mimpi di bidang bisnis kecantikan dengan bikin brand sendiri dan memasarkannya? Sini aku bisikin harus ajak kerjasama siapa. 

 

 
Adev

 

Masifnya pertumbuhan dan pergerakan produk kecantikan membuat para pelaku industri lokal ikut mencoba peruntungan di bidang ini. Meskipun brand lokal tapi kualitas boleh diadu lho dengan produk impor. Salah satu jasa pembuatan produk kosmetik yang bisa kita kepoin adalah Adev, sebuah perusahaan manufaktur kosmetik yang bergerak dalam bidang jasa layanan maklon kosmetik berkualitas, aman dan halal.



Menurut Peraturan menteri Keuangan No 30/PMK.03/2011 tentang perubahan atas peraturan menteri keuangan Nomor 70/PMK.03/2010 tentang Batasan Kegiatan dan Jenis Jasa Kena Pajak yang Atas Ekspornya Dikenai Pajak Pertambahan Nilai yang dimaksud dengan Jasa Maklon adalah pemberian jasa dalam rangka proses penyelesaian suatu barang tertentu yang proses pengerjaannya dilakukan oleh pihak pemberi jasa (disubkontrakkan), dan pengguna jasa menetapkan spesifikasi, serta menyediakan bahan baku dan/atau barang setengah jadi dan/atau bahan penolong/pembantu yang akan diproses sebagian atau seluruhnya, dengan kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna jasa.

 

Jadi misalnya saja si A sedang merintis bisnis produk kecantikan, dia bisa menggunakan jasa maklon Adev dari proses produksi hingga pengurusan legalitas mulai dari BPOM, HKI Merek, dan Halal sehingga produk siap dipasarkan. Untuk mewujudkan mimpi si A kita bisa merekomendasikan PT. ADEV Natural Indonesia yang sudah terbukti legalitasnya. 

 

Sebelum resmi berdiri pada tanggal 15 Januari 2007 di Bogor, PT Adev Natural Indonesia yang diprakarsai oleh Prof. Dr. Ir. Erliza Hambali, MSc dan Prof. Dr.Ir. Ani Suryani, DEA pada tahun 2004 melakukan penelitian dan pengembangan sabun transparan skala laboratorium Institut Pertanian Bogor. Penelitian secara konsisten pun terus dilakukan untuk penyempurnaan formula hingga dapat dilakukan proses produksi sabun secara massal seperti sekarang.

 




Setelah lebih dari 15 tahun berpengalaman dalam membuat sabun transparan, ADEV tak lantas berhenti berinovasi. Saat ini, PT ADEV Natural Indonesia telah memproduksi berbagai produk perawatan tubuh mulai dari haircare, skincare, bodycare, men’s corner (produk perawatan khusus pria), hingga kosmetik untuk bibir. PT ADEV Natural Indonesia berkomitmen dan berupaya untuk mengembangkan produk-produk kosmetik yang berkualitas, halal, berstandar BPOM, dan mengikuti standar CPKB.

 



Jadi sudah siap mewujudkan mimpimu bersama ADEV? Kalian bisa membuat brand sendiri dengan biaya yang terjangkau dan jumlah produksi yang rendah. Bersama ADEV, kalian bebas menciptakan konsep produk kosmetik impian untuk mulai berbisnis. untuk info lebih lengkap terkait program yang dimiliki Adev kalian bisa mengunjungi laman resminya disini ya. Katanya sih free konsultasi, yuk raih mimpimu dan bersinar seterang matahari.




 

bisa juga intip update terbaru terkait adev disini:

Facebook https://www.facebook.com/Adevnatural/

https://www.instagram.com/adev.official/

https://www.youtube.com/channel/UC9CHLSBoVWayiUEtr5ZCiaw


32 comments for "Edukasi Pembuatan Produk Kosmetik yang Legal dan Halal"

  1. Menarik nih ya, jadi memudahkan orang yang punya ide atau bisnis skincare nih

    ReplyDelete
  2. sepertinya maklon sedang jadi salah satu bisnis yg menjanjikan saat ini ya mba.. tapi tetap saja harus pilih2 yg tepat utk patnernya. thx infonya mba..

    ReplyDelete
  3. Bisnis kosmetik salah satu bisnis menjanjikan saat ini selain masker ya. Atau mungkin aku yg jarang berkosmetik ya? Hehe… keren adev sbg maklon. Dengan demikian memudahkan orang yang ingin berbisnis di bidang kecantikan.

    ReplyDelete
  4. Dulu aku pingin bikin produk perawatan kulit bayi. ADEV bisa juga enggak, ya?

    ReplyDelete
  5. Bisnis maklon ini memudahkan pebisnis baru tanpa harus punya pabrik sendiri. Pun sangat menguntungkan karena makin banyak bisnis baru yang tumbuh ��

    ReplyDelete
  6. Betul. Urusan kosmetik jangan mudah tergiur dengan iming-iming yang menjanjikaj kulit langsung putih dalam waktu singkat. Dan nggak asal coba juga

    ReplyDelete
  7. Iya, seringkali wanita termakan iklan yang mengiming-imingi kulit cepat putih atau menjadi mulus seperti porcelein tanpa melihat ingredients dan kebutuhan kulit. Saatnya untuk menjadi konsumen cerdas dengan memilih skincare yang tepat dan sesuai.

    ReplyDelete
  8. wahh mantap nih
    sekarang semua orang bisa punya bisnis kosmetik sendiri ya mbak
    pas ni buat para beautypreneur

    ReplyDelete
  9. Dulu pernah nanya" ADEV ini, pengen banget bikin produk skincare gitu biar auto sultan. Masih nabung, semoga bisa terkumpul tahun depan.

    ReplyDelete
  10. Sangat membantu banget buat yg mau memulai bisnis kosmetik ya say. Apalagi sudah ada jaminan halal dan sesuai standart BPOM

    ReplyDelete
  11. Bisnis kosmetik sekarang menjanjikan yaa, banyak brand-brand baru masuk. Saya share ke temen deh kebetulan dia suka kecantikan siapa tau mau berbisnis juga

    ReplyDelete
  12. Produk kecantikan yang kita sendiri meraciknya memang lebih tenang sih, karena paham dengan kandungan dan apa saja yang dibutuhkan sesuai dengan jenis kulit

    ReplyDelete
  13. Sekarang banyak banget ya yang bisnis kosmetik. Entah kenapa aku kok masih setia sama kosmetik pabrikan meskipun ga bikin glowing

    ReplyDelete
  14. Keren ya sekarang jadi mudah dong klo pingin belajar usaha kosmetik sendiri. Emak2 cocok nih usaha beginian. Asyeeek

    ReplyDelete
  15. Bener nih mbak,,, hanya karena murah padahal kandungannya gak jelas kita rela muka kita jadi rusak dan tambah kriput. Makanya saya nggak pernah beli make up yang dijual keliling nggak jelas bahan-bahan yang dipakai!

    ReplyDelete
  16. Seru ya kalo punya modal bisa bikin bisnis kosmetik sendiri, yang penting udah legal dan halal juga. Aku sekarang baru ngeh kalo maklon itu sebuah perusahaan yang membantu orang-orang yang ingin bikin produk kosmetik

    ReplyDelete
  17. produk kosmetik sekarang emang jadi salah satu kebutuhan harian perempuan juga sih ya, bisa banget jadi ladang bisnis nih buat calon2 pengusaha yg punya passion di dunia kosmetik. aku juga udah melipir ke web nya adev, bagus ya udh BPOM dan ada layanan2 konsultasinya juga buat develop brand kosmetik

    ReplyDelete
  18. Produk kosmetik yang legal dan halal sangat diminati kaum hawa di zaman sekarang. Apalagi yang punya keinginan untuk punya bisnis kecantikan. Beruntung banget udah ada PT. Adev Natural Indonesia ya, kereen.

    ReplyDelete
  19. dengan informasi sejelas ini kita bisa memudahkan untuk mulai bisnis kosmetik nih. Makin banyak kesempatan dan cara berusaha

    ReplyDelete
  20. Mungkin ini sebabnya makin banyak produk kosmetik lokal yang berkualitas makin marak muncul yaaa... Ternyata ada perusahaan maklon kosmetik gini. Si pengusaha tinggal siapkan dana dan Adev yang mengerjakan semua hingga ke urusan perijinan juga ya.

    ReplyDelete
  21. Saya sering merasa renda diri karena wajah dan kulit tubuh tidak terawat. Setelah lama sekali merasakan hal itu akhirnya beberapa mingguu ini saya memutuskan melakukan perawatan dan rasanya bahagia sekali. Akan lebih bahagia jika bisa punya brand kosmetik sendiri. Bisikin dong, berapa biayanya?

    ReplyDelete
  22. Bersama ADEV. siapa pun bisa memiliki bisnis kosmetik sendiri ya. Aman dan tenang kalau mau maklon di ADEV karena produknya legal dan halal

    ReplyDelete
  23. Mantab nih kak klu kerjasama dengan Adev, kita bisa bebas menciptakan konsep produk kosmetik impian untuk mulai berbisnis. eitt, saya kepoin dulu deh videonya...

    ReplyDelete
  24. Saat ini memang ya bisnis kosmetik sedang menggeliat banget, bahkan bermunculan produk kosmetik lokal Indonesia yang bagus-bagus dan jadi tren. Aku rasa, ini bisa jadi peluang banget nih, apalagi ada Adev yang bisa bantu siapa saja untuk memulai bisnis kosmetik

    ReplyDelete
  25. kadang saya pikir kenapa sih cantik harus putih, tinggi langsing. Saya yang hitam kan jadi insecure wkwkwk. Yang paling penting sih bisa merawat diri dan wajah bisa bersih meski ngga harus putih

    ReplyDelete
  26. Bisnis kosmetik makin menjamur sekarang, tapi yang paling penting harus aman dan punya legalitas ya Kak. Kalau sudah bagus seperti Adev ini, pasti makin mantap kalau ikut gabung usahanya.

    ReplyDelete
  27. Ternyata sudah 14 tahun yaaa. Mantap jiwa sii profesornya bikin sesuatu yg faedah untuk masyarakatđź’–

    ReplyDelete
  28. Ahh jadi begini caranya mulai bisnis kosmetik sendiri. Iya sih banyak yang ngeluaring skincare juga yaaa. Yang penting aman dan sesuai peraturan yang berlaku.

    ReplyDelete
  29. wah keren banget ini, kalau kita bisa menjual dengan nama brand sendiri. Lebih semangat banget untuk memajukan bisnisnya. Yang penting kosmetiknya aman dan halal.

    ReplyDelete
  30. Bisnis Kosmetik nggak ada matinya ya memang. Apalagi dengan kesadaran masyarakat yang makin meningkat untuk merawat diri sebagai bentuk self love.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Maklon kosmetik memang menjanjikan di saat seperti ini. bisa dikombonasikan dengan berjualan online

    ReplyDelete

Post a Comment