LATTO-LATTO, YEAY OR NAY?




Ga cuman fashion aja loh yang ternyata bisa jadi popular lagi walau udah kelewat masanya, mainan anak-anakpun juga bisa! Pasti udah pada tahu dong yaa sama mainan yang akhir-akhir ini sering meramaikan telinga kita dengan bunyi “tak tek tak tek” nya dan dimainkan berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak sampai kakek-kakek, udah pada nebak apa nama mainannya? Yuup bener banget! Latto-latto!.

Temen-temen yang pada main latto-latto udah tau belum kalo sebenernya permainan itu udah ada dari jaman dahulu dan sekarang jadi popular lagii?? bahkan jaman dulu latto-latto ini pernah ada sampai kompetisi tingkat dunianya loh hohooho keren banget ya?

Mengutip dari salah-satu laman berita online, tempo.com yang menyampaikan bahwa permainan latto-latto ini ternyata berasal dari Amerika Serikat dan bernama clackers, click-clacks ataupun knockers, dinamai demikian karena sesuai dengan bunyi yang dihasilkan dari mainan tersebut. Sedangkan kalau di Indonesia sendiri berasal dari bahasa Bugis dan berubah menjadi “katto-katto” di Makassar. Permainan latto-latto yang sekarang tengah popular dikalangan masyarakat ternyata sudah pernah dimainkan sejak tahun 1960 di Indonesia. Coba deh Tanya bapak,ibu atau kakek nenek kalian, dulu pernah main latto-latto juga gak???

Namun walaupun permainan latto-latto ini pernah mencapai kejuaraan dunia, kini permainana tersebut sudah dilarang untuk dimainkan di Amerika Serikat dikarenakan permainan tersebut dianggap berbahaya karena pada jaman dahulu bahannya mudah pecah dan dapat membahayakan anak-anak, maka dari itu tindakan lebih lanjut yang dilakukan adalah dengan melarang penjualan latto-latto di Amerika Serikat.

Ditengah viralnya permainan ini di Indonesia, muncul banyak pro dan kontra nih guys, tim yang pro dengan latto-latto menganggap bahwa latto-latto seru, menjadi hiburan baru dan menjadi pengalihan dari layar gadget. Sedangkan tim kontra merasa, mainan yang berbahaya jika terkena badan dan cukup terganggu karena bunyi dari latto-latto, apalagi kalau waktu istirahat bukannya keheningan dan kedamaian yang didapat tapi malah bunyi tak tok tak tok, bisa-bisa darah tinggi nanti guys. Kalo kalian yang mana nih, tim pro atau tim yang kontra??

Disamping hal-hal pro dan kontra tersebut, latto-latto ternyata mampu memberikan dapak yang luar biasa bagi perekonomian Indonesia dan juga rakyatnya loh. Viralnya kembali permainan ini yang bahkan juga diminati oleh warga negara asing lainnya, salah satunya yakni Malaysia. Pengusaha asal Sumatra Barat mengabil dan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuka peluang usaha, beliau melakukan ekspor latto-latto yang jika ditotal jumlahnya sudah mencapai 4,5 ton sejak awal tahun 2023. Bukan main kan guys peluang yang bisa didapatkan dari mainan ini?? Kau tim yang ikut jualan latto-latto atau tim konsumen latto-latto nih??

No comments for "LATTO-LATTO, YEAY OR NAY?"