OBAT SAKIT KEPALA UNTUK IBU MENYUSUI YANG AMAN DAN AMPUH


Sakit kepala adalah fenomena yang umum dan cukup banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sakit kepala pun juga bisa menyerang ibu yang sedang menyusui. Kondisi sakit kepala yang menyerang ibu hamil sebenarnya bukanlah penyakit namun gejala sebuah penyakit. Dan ada banyak faktor dan penyebab dari sakit kepala tersebut. Tentunya ini akan sangat mengganggu ibu dalam memberikan asupan ASI kepada anak, padahal ASI adalah nutrisi yang cukup penting bagi bayi. Ibu juga tidak bisa mengkonsumsi obat secara sembarangan untuk meredakan sakit kepala. Hal ini karena kandungan obat tertentu dapat menghambat produksi ASI yang mana sangat penting bagi anak. Bahkan ada kemungkinan jika zat dalam obat tersebut dapat mempengaruhi kesehatan buah hati. Karena itulah penting untuk mengetahui obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi namun juga efektif menyembuhkan. Dan pada kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi sakit kepala pada ibu menyusui berdasarkan penyebabnya.
Dehidrasi atau Kurang Cairan
Salah satu penyebab utama mengapa ibu menyusui bisa mengalami sakit kepala adalah saat tubuh kekurangan cairan. Apalagi saat menyusui, ibu akan banyak mengeluarkan cairan melalui ASI, uri, dan keringat. Jika cairan yang masuk ke dalam tubuh ibu tidak seimbang dengan cairan yang dikeluarkan, maka ibu dapat mengalami dehidrasi. Dan dehidrasi ini bisa menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan. Hal ini karena minimnya air yang ada di dalam darah sehingga membuatnya menjadi pekat. Sehingga aliran yang menuju tubuh bagian atas menjadi terhambat. Akibatnya akan muncul sakit kepala yang cukup menganggu.
Perlu anda ketahui jika ASI yang diberikan kepada anak bisa mencapai 200ml utnuk sekali menyusui, dan itu artinya jumlah tersebut merupakan cairan yang keluar hanya untuk sekali menyusuia saja. Dan bisa dibayangkan jika hal itu dilakukan beberapa kali dalam sehari, bisa dibayangkan berapa banyak cairan yang harus keluar dari tubuh ibu. pengeluaran cairan tersebut tentunya harus didukung dengan asupan cairan yang banyak. untuk itu atasi sakit kepala tersebut dengan mengkonsumsi air putih, minimal 3 liter perhari. Asupan cairan tambahan juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jus maupun kuah sayur. Kurangi mengkonsumsi kopi atau softdrink, karena jenis minuman ini memiiki sifat diuretic atau dapat menahan cairan.
Kurang Waktu Istirahat
Sakit kepala yang dialami ibu menyusui juga bis disebabkan karena kurangnya waktu istirahat. Seperti yang anda ketahui, total kebutuhan waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah 7-8 jam setiap harinya. Namun pada saat menyusui, bayi bisa bangun kapanpun untuk meminta ASI, bahkan pada saat tengah malam sekalipun. Inilah yang membuat ibu terkadang kekurangan waktu untuk menyusui. Kurangnya waktu tidur bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh menjadi menurun, sehingga peredaran darah yang menuju kepala bisa terhambat. Dan akibatnya akan menyebabkan sakit kepala. Obat sakit kepala untuk ibu menyusui ini hanya bisa didapatkan saat ibu dapat beristirahat dengan cukup. Anda bisa “membayar” kurangnya waktu tidur di malam hari dengan tidak melewatkan tidur di pagi atau siang hari. Anda juga bisa meminta bantuan suami maupun babysitter untuk bisa membantu merawat bayi.
Posisi Menyusui Yang Salah
Salah posisi menyusui juga bisa menyebabkan sakit kepala pada beberapa kasus, dan sayangnya banyak ibu yang tidak mengetahui hal ini. memposisikan diri yang salah saat menyusui akan dapat mempengaruhi si kecil maupun diri anda sendiri. Akibatnya akan memicu sakit kepala dan anak juga menjadi kurang nyaman. Posisi yang benar ketika menyusui adalah saat punggung tegap dan bersandar, sehingga tidak terlalu membawa ebban berat dan kepala bisa ditengadahkan kedepan sehingga tidak mudah pegal. Ibu juga bisa menggunakan bantal menyusui sebagai penyangga bahu dan punggung. Jika menyusui sambil berbaring, pastikan untuk selalu berhanti sisi. Jangan lupakan untuk melakukan olahraga dan stretching agar otot-otot tidak tegang.
Stress Atau Tegang
Tak jarang ibu yang baru saja melahirkan bisa mengalami stress atau tegang, dan menyebabkan ibu mengalami sakit kepala. Putting yang terasa sakit, kekhawatiran ASI yang tidka mencukupi, jenuh, maupun penyebab lainnya bisa menjadi pemicu sakit kepala. Saat stress, ini akan menekan dan menghambat darah yang mengalir menuju kepala dan kemudian menyebabkan kontraksi otot. Dan inilah yang menyebabkan tubuh akan dipenuhi unsur kimiawi yang memicu stress seperti adrenalin. Dan sebalinya, endorphin yang merupakan hormone yang dapat menenangkan tubuh bisa berkurang. Untuk mengobati rasa sakit yang diakibat oleh stress, maka anda bisa mencoba mengkompres di bagian belakang leher menggunakan kompres hangat. Ini akan sangat membantu mengendurkan tegang. Atau ibu juga bisa mencoba melakukan latihan relaksasi sambil mendengarkan music yang lembut. Kurangi perasaan cemas dan khawatir  serta lakukan hal-hal yang menyenangkan hati.
Nah itu tadi beberapa penyebab serta obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang bisa dicoba. Jangan asal mengkonsumsi obat terkecuali sudah diresepkan oleh dokter. Yang terpenting adalah ibu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu dan kemudian mencari cara untuk mengatasinya. Jika sakit kepala tidak kunjung sembuh, maka anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter.

Comments

Popular posts from this blog

RITUAL SAKRAL BAGI SANG WALET

LIMA ALASAN THE WUJIL JADI DESTINASI LIBURAN ASIK!

Kado Untuk Bayi