Sunday, May 12, 2019

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE

credit: google
Ketombe

Masalah pelik kesehatan rambut yang banyak di derita manusia-manusia Indonesia termasuk saya. Apakah kalin juga? punya masalah dengan ketombe? kalau kata adik saya itu kerlip bintang yang bertaburan di rambut saya ketika saya sudah mulai garuk-garuk kepala dan ngambil sisir buat nyisir rambut di atas hamparan kain hitam. Kesel emang kalau ngomongin soal ketombe ini nggak ada habisnya.

Penyebab Ketombe
Salah satu penyebab munculnya ketombe adalah produksi minyak yang berlebih atau terlalu sedikit di kulit kepala. Selain itu juga kulit kepala yang terlalu kering dapat memicu timbulnya ketombe. Infeksi atau jamur di kulit kepala (dermatitis seboroik) juga harus diwaspadai gaes. 

Nah menurut penelitian yang pernah saya baca tingkat stres yang terlalu tinggi juga bisa memicu munculnya gatal-gatal di kulit kepala lho gaes. Nah lo just take a rest ya gaes kalau sudah merasa lelah pikirannya..jangan di push terlalu banyak makin gatel lho nanti :)

Atasi Ketombe

Lalu bagaimana cara mengatasinya? salah satu cara yang paling mudah ya sering keramas agar minyak tidak menumpuk di kulit kepala. Kenapa? minyak yang menumpuk di kulit kepala dapat memperburuk kondisi ketombe, makin masive nanti. 

Saya sendiri sampai sekarang masih memiliki masalah dengan ketombe meski tidak separah dulu. Dulu ketombe saya luar biasa banyak gatalnya nggak ketulungan, berbagai cara saya lakukan untuk mengatasinya. Meskipun belum berhasil namun layak dicoba karena perlaha-lahan ketombe saya berkurang. Ini dia beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Lidah Buaya
Daging lidah buaya adalah obat alami peradangan karena sifatnya yang mendinginkan. Kalian bisa mengerok daging lidah buaya dan membalurkannya di kepala sebelum keramas. Lebih asyik lagi kalau sebelum dipakai dimasukkan di kulkas dulu supaya saat dibalurkan sensasi dinginnya semakin maksimal. 

Diamkan selama minimal 30 menit agar meresap di kulit kepala baru setelah itu dibilas dan lanjut keramas. Selain kulit kepala terasa dingin dan segar, rambut juga ternutrisi dan lebih lembut.

2. Garam
Ambil segenggam garam lalu balurkan keseluruh kepala sambil dipijat lembut diamkan selama 15 menit. Untuk metode ini akan terasa perih apalagi kalu kulit kepala sering digaruk tapi cukup efektif menghambat munculnya ketombe,

Nah itu dia beberapa tips untuk menghilangkan ketombe yang bisa dicontoh. Apalagi bahan-bahannya juga ada disekitar kita jadi mudah untuk di dapatkan. Selamat mencoba ya gaes...

No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates