Tuesday, November 20, 2018

KALA MEMBACA TAK LAGI CUKUP, MENULISLAH!


Halo gaes, akhirnya setelah sekian purnama absen ngeblog akhirnya saya memutuskan untuk kembali. Namun kembalinya saya bukan tanpa alasan melainkan karena saya sedang menantang diri saya sendiri untuk mendobrak batas diri saya setiap hari. Saya sedang ikut challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN) untuk menulis dan publish satu artikel setiap hari selama sebulan ke depan dimulai dari tanggal 20 November-20 Desember 2018. 

Mengingat kesibukan dan juga keterbatasan waktu yang saya miliki setiap harinya, tantangan ini semakin melecutkan jiwa dateliner saya :D. Buktinya artikel hari pertama ini baru saya buat pukul 22.00 WIB.  Untungnya BPN sudah berbaik hati memberikan tema harian selama sebulan ke depan, so nggak ada alasan nggak punya ide ya gaes karena tema sudah bisa diintip jauh hari sebelumnya. Ini utamanya pengingat untuk diri saya sendiri sih, semoga besok tidak terulang dan manajemen waktu saya lebih baik amin... Semangat!



Mengapa Menulis Blog?
Tema hari pertama dari rangkaian #BPN30dayChallenge2018 ini adalah Mengapa Menulis Blog. Teringat perkataan seorang kawan lama kepada saya karena melihat kegemaran saya dalam membaca. 
"Dek membaca itu memang menyenangkan, tapi coba deh sesekali kamu nulis biar semua yang sudah kamu baca itu bisa kamu informasikan juga ke orang lain dan kalau kamu lupa kamu bisa intip juga catatan kamu itu"

Tapi itu sudah lama berlalu, dan saya belum sadar betul akan tegurannya yang ternyata memang saya butuhkan dan menjadi passion lain saya selama beberapa tahun belakangan ini. Kawan lama saya ini adalah seorang sastrawan. Dia gemar dan pandai membuat cerita fiksi yang diunggahnya di laman blog pribadinya. Saya adalah salah satu penikmat blognya. Beberapa teman seangkatan yang aktif di ekstrakurikuler Jurnalistik juga sudah jago dan menulis secara aktif di blog. Saya juga anak sastra dan benar-benar ambil jurusan sastra tapi entah kenapa jiwa sastra saya terlambat muncul! Payah :D. 

Jaman kuliah dulu saya malah asyik kelayapan dari satu kota ke kota lainnya untuk menghadiri Festival Film juga terjun langsung dalam pembuatan film itu sendiri. Bertemu orang-orang keren dan hebat di bidangnya, Jadi kangen masa-masa itu... Duh maafkan, saya jadi melantur.

Pertama kali bikin blog tahun 2013. Saya menulis beberapa artikel tentang persiapan pernikahan berdasarkan pengalaman saya sendiri. Dulu banyak teman yang suka nanya soal serba serbi persiapan pernikahan, daripada harus mengulang dan kadang ada yang kelupaan akhirnya saya menuliskan pengalaman saya di blog. Hal ini bahkan didukung oleh suami, sampai sekarang.


Itu adalah tiga artikel diawal pertama kali saya ngeblog. Lalu sempat vakum karena dalam setahun hanya menghasilkan 7-8 tulisan dan mulai konsen ngeblog lagi tahun 2016 dan bergabung dengan Komunitas Blogger Perempuan Semarang Gandjel Rel. Gandjel Rel sendiri punya motto unik "Ngeblog ben rak ngganjel" yang intinya blog sebagai media penyaluran emosi positif sehingga tak ada lagi ganjalan di hati :D. Asek ah...

Jadi sebenarnya alasan utama saya menulis blog adalah untuk berbagi. Berbagi lewat apa yang saya punya yaitu pikiran, serta pengalaman yang saya tuangkan dalam bentuk tulisan agar bisa diingat dan juga dipelajari. Intinya membuat rekam jejak digital yang positif dengan berbagi pengalaman karena saya yakin pengalaman adalah guru terbaik dan hidup mengajarkan kita itu semua melalui hal-hal yang kita alami. Setiap orang mengalami ujiannya sendiri yang tidak membuat kita lebih baik dari yang lainnya. Belajar dari pengalaman orang lain juga membantu kita agar kita senantiasa bersyukur dan mungkin tidak mengulang kesalahan yang sama seperti yang sudah dilakukan orang lain. Waspadalah.. waspadalah..

Saya sendiri senang mampir ke blog teman-teman yang lain untuk sekedar membaca atau mencari informasi tentang hal-hal receh seperti destinasi wisata ramah anak, tips mengelola keuangan, atau tips kesehatan. Dari kunjungan ke berbagai blog tersebut selain menambah wawasan juga membuat hati gembira.

Kalau kalian kenapa memilih menulis blog gaes? mau dong di share juga ceritanya :)

25 comments:

  1. Welkambek mbak! Jadi membaca dan menulis ini memang seharusnya beriringan ya. Baca doang ga nulis sayang juga. Tapi nulis kalo ga banyak baca juga pasti ada yg kurang. Nice post mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Nuno betul sekali menulis pun butuh inspirasi dan landasan salah satunya dengan membaca, dirimu ikut challenge juga ya nanti aku mampir juga ya :)

      Delete
  2. Lolah.. mba dani anak sastra to? Toss ah mbak. Btw bnr bgt dgn menulis kita bs berbagi ya. Setuju bgt aku kl ini... suksws bt challenge nya ya mba. Ak ikut tun dpan aja lah😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaaa mbak aku anak sastra wkkwk toss dulu dong :D amin maksih mbak semoga bisa istiqomah sampai akhir amin....

      Delete
  3. Membaca menambah wawasan, menulis sebar kebaikan dan pengalaman agar dipetik manfaatnya oleh orang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mbak Vit, jika hanya tulisan dan pengalaman yang kita punya maka itupun sudah cukup untuk menebar kebaikan dan juga manfaat untuk sesama :)

      Delete
  4. Iya aku juga hobi baca blog teman, seru gitu curcolnya, dapat sesuatu entah hiburan, hikmah dan lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, ibarat pepatah itu sambil menyelam minum air hiburan dapet wawasan juga dapet :D

      Delete
  5. Senang banget kalau tulisan kita bisa bermanfaat yaa bagi pembaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget makdew, jadi tahu bahwa kita bisa bermanfaat untuk yang lain meski lewat tulisan :)

      Delete
  6. Aku udah nulis mba. Bisa dicek ke postinganku ya mba. Hehehe. Alhamdulillah bisa ngeblog dengan gembira y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dari kemarin juga dong baca postingannya mbak noorma ;D

      Delete
  7. Nah iya. Namanya ilmu itu seperti air ya. Kudu mengalir, ga disimpen aja ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul betul betul...meskipun tulisan receh saya masih jauh bila dibandingkan dengan yang lain tapi menulis itu nyatanya menyenangkan dan membuat candu :)

      Delete
  8. Loh mba Dani ternyata anak sastra. Ayo semangat mbak, baru hari pertama. Hihi

    ReplyDelete
  9. Toss! Menulis untuk berbagi, rasanya tuh jadi ringan, plong gitu.

    Btw aku lagi menantang diri sendiri juga buat rajin baca lagi. Moga istiqomah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semangat rin..hari-hari awal ini masih semangat semoga terus berlanjut amin... Iya nulis itu candu hehehe

      Delete
  10. Bener sih, Mbak. Aku habis baca novel dan memang aneh kalo nggak ditulis tuh reviewnya atau sekedar tanggapanku setelah baca novel itu. Ide seperti berloncat2an gitu. Terasa penuh di kepala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup,akupun begitu tapi tetep aja aku baca novel sebanyak apapun males review..dasar pemalas emang :P

      Delete
  11. Setuju sama mbak Dani ngeblog untuk berbagi. semoga aku juga bisa lebih rajin membaca mbak.. cepet ngantuk kalau baca apalagi novel. ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbak, aku juga sekarang jarang punya waktu buat baca karena sibuk di kantor dan urus anak tapi dinikmati aja..

      Delete
  12. setia banget dengan theme dasar blogger nya mbak. keren mbak tulisannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya nih mas masih males utak atik, theme dasar blogger juga asyik kok nyaman buat dikunjungi..terima kasih sudah berkunjung.. kapan-kapan saya kunjungi balik ya :)

      Delete