Saturday, November 24, 2018

BIJAK MENGHADAPI PLUS MINUS SOSIAL MEDIA


Menjadi bagian dari netizen era digital dan milenial kehidupan kita tak jauh bahkan berkaitan erat dengan yang namanya sosial media. Kemajuan di bidang teknologi mempengaruhi hampir semua sektor tak terkecuali. Jika kita bicara soal sosmed semua orang pasti akan menghubungkannya dengan Instagram, Facebook, Twitter, Email, dll. Padahal ada media lain yang tak kalah pentingnya seperti Whatsapp, Line, aplikasi ojol: GOJEK, GRAB, OVO, bahkan blog gaes! yang setiap saat mengisi hari-hari kita dalam hubungan kita dengan orang lain.

Sisi Positif Media Sosial

Setuju nggak gaes kalau sekarang ini kita sangat bergantung dengan HP? Bahkan ada yang bilang nggak bisa hidup tanpa HP karena bakalan hampa banget. Ouch segitunya ya.. tapi inilah fenomena yang terjadi di masyarakat kita saat ini. HP sudah menjadi kebutuhan primer. Kemajuan teknologi ini benar-benar luar biasa diantaranya efisiensi waktu, efisiensi pekerjaan dan juga efisiensi informasi adalah keuntungan yang kita dapatkan dari media sosial.

Coba saya tanya kalau kalian lebih mending ketinggalan hp atau dompet nih gaes? Pasti kebanyakan dari kalian akan menjawab dompet karena sekarang hp bisa menggantikan keberadaan dompet terlebih kalau hanya menilik soal uang. Maklum negara kita sendiri rupanya sedang bergerak ke arah digital untuk semua sektor termasuk jual beli. Dengan HP kita bisa beli apapun yang kita mau asal punya aplikasi juga saldo untuk melakukan pembayaran. Tinggal tap buka aplikasi, scan barcode, tap "bayar" selesai perkara. Kemana-mana nggak perlu bawa uang tunai yang kadang bikin was-was karena takut kecopetan. Benar-benar efisien.

Tapi penggunaan platform pembayaran untuk belanja sehari-hari juga kudu diperhatikan penggunaannya terlalu asyik belanja bisa bikin besar pasak daripada tiang alias tekor. Intinya sih gunakan sesuai kebutuhan, mentang-mentang bayarnya tinggal pencet-pencet HP dan tergoda promo cashback, tahu-tahu saldo tabungan menipis :D. Jangan sampai seperti itu ya gaes,be wise.

Selain itu sosial media merupakan salah satu alat yang mempermudah pekerjaan kita. Butuh kirim cepat materi presentasi, proposal bahkan surat tinggal kirim email saja. Bahkan sekarang dunia advertising lebih senang menggunakan jasa para buzzer dan influencer, untuk meningkatkan profit perusahaan dengan biaya iklan yang lebih murah. Karena itu sekarang banyak bermunculan selebgram dan juga youtuber dengan angka follower yang fantastis begitu pula dengan penghasilan mereka.

Pencarian informasi juga menjadi salah satu hal yang dimudahkan lewat perkembangan sosial media. Tak terkecuali kehidupan pribadi kita lho gaes, jadi bijaksanalah dalam mengelola akun sosial media kita karena perusahaan tempat kita bernaung atau perusahaan yang akan kita lamar akan membuat pertimbangan dan penilaian melalui akun sosial media kita. So, be wise ya gaes...

Itu tadi sedikit contoh manfaat yang bisa kita dapatkan dari sosial media untuk kehidupan sehari-hari. Bijaksana itu penting gaes apalagi di era sekarang dimana informasi begitu mudah didapatkan. Cek and ricek before share is a must!!

Nah itu tadi sekelumit contoh sisi positif yang bisa di dapatkan dari sosial media, berarti ada sisi negatifnya juga ya? Ado dong, mau tahu apa aja sisi negatif dari sosial media? Yuk kita ulas!

Sisi Negatif Sosial Media

1. Kecanduan
Sosial media itu ibarat candu yang memabukkan. Sekali kenal nggak bisa berhenti untuk main sosial media apalagi pengoperasionalannya juga mudah. Jadi setiap ada waktu luang pengennya buka sosmed, bikin status curhat biar dikomentarin orang banyak bahkan jadi viral. Fenomena ini yang sekarang terjadi di sekitar kita.

2.Bikin Apatis/Anti Sosial
Gara-gara kecanduan sosmed tidak heran kalau kita bisa jadi pribadi yang apatis atau anti sosial. Terlalu asyik main handphone sendiri, lupa sama sekitar. Ini adalah salah satu fenomena yang pernah diramalkan dan ditakutkan oleh si jenius Einstein  bahwa "Kemajuan teknologi akan mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat"

3. Cyber Bullying
Saat ini Indonesia termasuk negra darurat cyber bullying. Sosial media seperti twitter, instagram dan juga facebook dijadikan ajang untuk membully yang lain. Seperti contok kasus yang terjadi pada Ratna Sarumpaet, tk hanya Ratna yang dibully tapi anak dan menantunya juga ikut  terkena imbas bully hingga menonaktifkan kolom komentar di akun media sosial. Tak jarang bagi pribadi yang tidak kuat menanggung/jadi korban nekat melakukan tindakan bodoh seperti kasus bunuh diri yang banyak terjadi di luar negeri.

4.Kreativitas Menurun
Penurunan kreatifitas generasi milenial ini merupakan dampak dari perkembangan teknologi yang semakin pesat dan mudah. Salah satunya adalah pencarian informasi yang terlalu mudah. Ketik saja keyword tertentu di Google maka semua muncul, mulai dari gambar, maupun artikel terkait. Kemudahan ini membuat orang jadi tidak mau berpikir, berbeda dengan orang jaman dulu yang tidak terlalu mengandalkan mbah google dan sejenisnya. Mereka harus berpikir keras dan juga membaca buku-buku referensi yang semakin mengasah kecerdasan otak. Kalau sekarang? boro-boro baca kan tinggal cari aja di mbah google :P

5. Mengubah Gaya Hidup
Perkembangan sosmed sangat memengaruhi gaya hidup kita salah satunya membuat kita lebih konsumtif. Bagaimana tidak jika hanya dengan membuka sebuahaplikasi dimanapun kita berada, barang-barang yang kitabutuhkan dan inginkan bisa sampai ke tangan kita tanpa perlu repot pergi kepusat perbelanjaan misalnya. Yang nggak sempat masak bisa pilih menu pesan antar makanan tanpa perlu repot keluar rumah. Selain konsumtif kita juga dididik untuk jadi pemalas karena semua kemudahan yang sudah disediakan di sekitar kita.

So, itu tadi beberapa plus minus sosial media yang bisa kita cermati. Semoga kita bisa bijak dalam bersosial media ya gaes.. amin

Btw, kalian punya pengalaman menarik apa nih dalam bersosial media? Sharing dong...

#Day5#BPN30DayBlogChallenge2018

9 comments:

  1. Dengan HP dunia seperti dalam genggaman ya bun hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bun, dunia dalam genggaman makanya harus bijak dalam menggunakannya salah-salah bukannya untung bisa-bisa malah buntung :D

      Delete
  2. Aku kurang setuju mbak yg kreativitas menurun. Malah kalo aku liat anak2 skrg yg terpapar medsos justru makin kreatif dan bikin org2 tua di sekitarnya kaget dgn kelakuan mereka. Hehe 😁

    ReplyDelete
  3. Dampak negatifnya itu yang bikin orang tua jaman sekarang ketar ketir

    ReplyDelete
  4. Mm.. Sebnrnya segala kemudahan itu berarti kita bisa berbuat lbh sih dr zaman seblmnya. Kalo hasilnya sama aja dg nenek moyang, ya emang ga kreatif namanya ��

    ReplyDelete
  5. Iya kak seneng si semua udah ada dihp dan itu berguna bgt kan untuk kita, tapi yg kadang ada bikin aku sedih liat orang suka ngshare hal" yg seharusnya ga dishare dan orang jaman sekarang pgnnya cepet ga disaring" dulu kalau mau berbagi unggahan pict atau video, cepat viralnya berita hoaks yg bikin kita cepet percaya itu kan membahayakan juga..
    Semoga orang indonesia bisa lebih baik lagi menggunakan sosmed masing" :)

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat bgt ini artikelnyaah! Kudu makin bijak dalam menggunakan sosmed, smartphone for smartpepople lah yaaa, aamin hihihi

    ReplyDelete
  7. Mungkin soal kreativitas menurun itu beriringan dengan semakin mudahnya kita dapet informasi kali ya. Mungkin kalo dari sudut pandangku "makin dimanjakan" karena makin gampang dapet apa aja via google.kreativitas kayaknya malah tambah oke tuh anak2 zaman sekarang. Aku aja keok..hahaha

    ReplyDelete
  8. Iya cyber bullying jadi problem, hati-hati ya sekarang body shaming bisa dipidana wahai netijen

    ReplyDelete