Monday, November 26, 2018

5 TEMPAT MAKAN ASYIK DAN FAVORIT DI SEMARANG



Dan telah sampailah kita pada hari ke tujuh dari rangkaian BPN30dayBlogChallenge dengan tema kuliner favorit. Saya ini salah satu yang doyan banget makan, terlihat dari bentuk tubuh wkwkwkw. Ini bukan body shaming lho ya, ini salah satu cara saya menertawakan orang-orang yang suka body shaming ke saya maupun ke yang lain. Makan juga nggak minta sama mereka tapi nyinyirnya itu lho.. Daripada energi habis buat mikirin orang nyinyir macam mereka mendingan kita ngomongin makanan enak yang pasti bikin perut kenyang dan hati bahagia :D

1. Restaurant Semarang
Credit:CNN
Terletak di Jl. Gajah Mada tepatnya nomor berapa saya lupa, yang jelas Restaurant Semarang terletak persis di seberang Hotel Ibis Semarang.  Ini adalah salah satu resto favorit saya sejak kuliah, pemiliknya adalah Pak Yongki Tio yang juga merupakan salah satu pengamat kota dan beliau sudah menulis banyak buku tentang Semarang. Yang membuat saya jatuh cinta pada resturant ini adalah makanannya enak, suasananya yang jadul dan bersahabat serta tidak terlalu ramai.
Feels like home deh, bahkan di malam tertentu ada live musik yang menambah hangat suasana. Masakan di Restaurant Semarang ini sangat beragam, mulai dari Masakan Jawa, Peranakan sampai Internasional khususnya masakan Belanda. 

Beberapa menu favorit saya ketika datang kesini adalah lumpia gorengnya dan juga jus sari kacang hijau yang nikmat tiada duanya. Oiya jangan lupa juga nyobain Holandaise Croquettenya yang disajikan dengan saus mustard lezat. Bikin nagih asli deh! Juga es rujak puspa yang merupakan resep kebanggaan istri Pak Yongki sendiri, Ibu Puspawati. 

credit: CNN



Itu baru menu pembuka dan penutup ya.. untuk main course ada beberapa pilihan makanan yang bisa dipilih seperti Nasi Langgi, Tahu Telur, Lontong Cap Gomeh, Mie Jowo, Nasi Goreng juga aneka sup. Kalau sup kesukaan saya sih Bruine Bonen Soup khas Belanda dengan taburan croton (roti tawar panggang). Enak pokoknya. Kalau pas main ke Semarang coba sempatkan mampir kesini. Kalau tidak salah mereka libur di hari senin, insyaallah makanannya halal semua ya gaes.

2. Toko Oen
credit : Google
Masih tak jauh dengan nuansa jadul saya memilih Toko Oen yang terletak di Jl. Pemuda 52 Semarang (seberang Pasar Raya Sri Ratu Pemuda) sebagai salah satu tempat nongkrong favorit saya. Menyajikan aneka es krim, home made cookies dan sajian lain yang tak kalah oke, povertjess!

Mempertahankan bangunan asli peninggalan Belanda, Toko Oen memiliki daya tarik tersendiri dengan aneka sajiannya yang tak kalah jadul tapi ngangenin. Bahkan kalau ada kolega Boss saya yang datang dari negeri Belanda sana akan diajak makan disini. Biar feels like home katanya :D.

Favorit saya disini ada cinnamon cookies yang rasanya enak banget. Harus beli banget kalau pas mampir. Sekilonya kalau nggak salah 150.000, 00 mahal memang tapi bener-bener jago rasanya. Sajian lain yang jadi favorit saya juga adalah povertjess dan es krim. Pokoknya kalau mau cari dessert-dessert jadul yang lezat disini tempatnya :D.

3. Adi's Culinary 
Credit: Google
Ini dia salah satu tempat makan yang menyajikan menu western yang cocok di lidah saya. Sayang tiga tempat makan favorit saya dari yang pertama sampai yang ketiga ini letaknya di area Semarang bawah semua maklum saya tinggal di Semarang atas. Jadi kalau lagi pengen makanan-makanan tadi perjalanannya lama, perjuangan harus turun gunung dulu hehehe. 

Jangan pernah datang kesini ketika perut lapar dan jam makan siang! Kenapa? karena kesabaran kita akan di uji saking banyaknya pengunjung dan pesanan yang harus dibuat sehingga makanan tak kunjung datang di meja kita. Saya pernah mengalaminya sampai bolak balik ke kasir nanyain kapan makanan datang karena pengunjung yang baru dari saya sudah dapet makanan sedangkan saya belum :(.

Tapi harus diakui kalau makanan disini enak-enak semua. Favorit saya Beef dan Chicken Cordon Bleu, sausnya mantap. Aneka supnya juga enak, kuahnya bening dan segar endes pisan!

4. Restaurant Indah Sari Hotel Wujil
Ada yang pernah ke Hotel Wujil di Ungaran? kalau pernah pasti tahu dong kalau Hotel ini punya restauran dengan sajian yang lezat! Yup, namanya Restaurant Indah Sari. Kenapa saya menjadikan Restaurant Indah Sari ini sebagai salah satu dari 5 tempat makan yang wajib dikunjungi? 

Selain makanannya yang jelas enak, suasana restaurantnya yang instagramable, mereka memiliki play ground untuk anak-anak bermain juga kolam renang. Yes, setali tiga uang. Habis capek berenang atau main di play ground, jadi lapar mampir ke restonya untuk makan, habis itu bisa pepotoan dengan spot cantik disana juga. Mantap kan?


Makanan favorit saya di resto ini adalah Ayam Bakar kendhil. Disajikan langsung dengan kendhil yang baru dikeluarkan dari oven. Nasi, ayam, bumbu dan juga daun kemanginya kita sendiri yang mencampurnya. Rasanya? Enak gila... must try :) 


5. Es Dawet Gajah Mungkur
Credit: Google
Last but not least, ini adalah tempat nongkrong murah meriah dengan aneka sajian kuliner kaki lima yang memikat lidah. Di tempat ini banyak PKL yang mangkal, es dawet kesayangan saya ini, bakso dan mie ayam, gongso dan nasi goreng juga nasi bakar gajah mungkur yang terkenal. 

Meskipun hanya kuliner kaki lima, pengunjung banyak yang bermobil lho. Dan setiap hari selalu laris manis tanjung kimpul. Saya tahu es dawet gajah mungkur ini sejak tahun 2006, saat saya masih kuliah. Diajakin pertama kali kesini sama kakak tingkat wkwkkw dan langsung jatuh cinta smapai sekarang :D

Well, itu dia gaes lima tempat makan favoritku di Semarang dan sekitarnya. Kalau kalian punya tempat favorit juga kah? 

#Day7#BPN30DayBlogChallenge2018

20 comments:

  1. Paling enak es dawet gajah mungkur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk--yuk kesana lagi tapi dimakan di tempat sambil duduk-duduk di taman :)

      Delete
  2. huhuuu abis baca postingan ini bikin laper lagi :( ngilerbanget, keliatannya kaya enak-enak gitu kulinernya :3 mau dong kalo di traktir mba dani, hehehehe

    ReplyDelete
  3. cocok ni buat dikunjungi bentar lagi kan liburan, itung-itung buat wisata kuliner hihihi

    ReplyDelete
  4. Adis culinary aku blm pernah coba deh, kayaknya rekomended banget tapi kok ruame yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak enyak gilak disini..asal jangan pas jam maksi aja insyaallah ramenya bs ditolerir

      Delete
  5. Kalo ke resto semarang cobain croquette ama es rujaknya deh. JUARA!

    ReplyDelete
  6. Kalo 5 favoritku dekat rumah semua. Dolanku kurang adoh 😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan sukaan mbak..tak apa, tapi kapan-kapan perlu dicobain lho.. :D

      Delete
  7. Nah itu dia, semuanya harus turun gunung ya mbak jadi belum pernah icip2 kesana *alesan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain lu, itu kuliner wajib tahu dan harus sudah pernah nyobain..

      Delete
  8. Pagi pagi baca artikel ini tuh rasanya nampol banget pengen segera cari sarapan, list nomer 1 emang juaranya kak, sama nomer 2, pas dulu wisata kuliner sekaligus bisa ketemu sang pemilik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul-betul-betul.. Pak Yongki baik banget orangnya trus kalau dengerin beliau cerita tuh nyenengin banget..langsung hanyut ke masa lalu ;D

      Delete
  9. Artikelnya cocok banget buatku nih mbak, yang belum begitu tau kuliner2 enak di semarang. Hihi.. insya Allah nanti dicobain aah..

    ReplyDelete
  10. Huaaa.. Aku mupeng sama semuanya..

    ReplyDelete
  11. Baca ini langsung kangen Semarang, apalagi yg Adi's Culinary sama Dawet duren-nya. sluuurp!

    ReplyDelete