HEALTHY LIFESTYLE ALA DANIAKU

Hai gaes, memasuki hari pertama di bulan Desember berarti sebentar lagi kita akan segera meninggalkan tahun 2018. Waktu berlalu begitu cepat ya, perasaan baru kemarin merayakan Tahun Baru 2018 eh sekarang sudah mau ganti tahun lagi. Bulan baru artinya semangat baru berarti masih pada semangat juga kan ngeblognya apalagi sudah memasuki hari ke 12 tantangan #BPN30dayBlogChallenge2018? 

Tema hari ke 12 ini adalah Tips Hidup Sehat Ala Kamu. Menurut kalian apa sih definisi hidup sehat itu? Apakah menjaga pola hidup sehat dengan olahraga teratur, makan makanan yang bergizi, tidak pernah sakit, dan sebagainya? Sebenernya saya sudah pernah menulis tentang healthy life style disini boleh dicek untuk lebih lengkapnya.

Oke, ini dia Healthy Lifestyle ala daniaku:


1.  TERSENYUM

Ini merupakan awal dari semuanya, banyak tersenyum adalah salah satu indikasi bahwa hidup seseorang bahagia. Tapi kalau sering senyum-senyum sendiri nggak jelas perlu diwaspadai juga gaes jangan-jangan orang tersebut punya masalah gangguan jiwa wkwkkwkw. Tersenyum merupakan terapi murah meriah, nggak perlu bayar juga karena menurut sebuah artikel kesehatan banyak tersenyum dapat meningkatkan hormon serotonin di tubuh kita maupun orang yang kita ajak tersenyum. 

Keren ya, apalagi hormon serotonin ini memiliki peranan penting dalam mengatur mood seseorang. Semakin banyak jumlah hormon tersebut ditubuh kita, semakin stabil pula mood kita. Berarti orang yang sering di cap moody-an itu kekurangan hormon serotonin gaes, yuk ajak orang-orang di sekitar kita untuk lebih sering tersenyum agar semakin sehat dan lebih enak dilihat daripada mukanya di tekuk dan cemberut :D. 

2. PERBANYAK GERAK

Fenomena pesatnya perkembangan teknologi adalah salah satu penyebab kita menjadi kurang gerak. Bagaimana tidak jika hidup kita di mudahkan? Males masak,pesen makanan dianterin sampe rumah tinggal makan ja, mu kirim barang males keluar rumah kurir yang dateng jemput barang yang mau dikirim, nggak bisa ketemuan tinggal telpon atau video call. Gimana coba? kerjaannya cuma di depan komputer atau gadget wal hasil badan pegel mata minus. Nah lo makanya jangan males gerak meskipun itu cuma untuk meregangkan badan setiap dua jam sekali agar sirkulasi darah lancar. Selain itu usahakan untuk memandang kejauhan terutama yang berwarna hijau untuk terapi murah meriah bagi mata kita. Satu lagi, jalan-jalan di area 
tempat kerja sambil nganterin berkas juga jadi salah satu selingan gerak yang ok. Menyapu seluruh bagian rumah juga bisa jadi salah satu solusi :).

3. STAY HIDRATED ALIAS CUKUP MINUM

Tinggal di daerah tropis membuat kita cepat kehilangan cairan tanpa kita sadari. Untuk itu cukupi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh dengan minum minimal 8 gelas sehari atau sesuai kebutuhan kita agar tubuh tetap terhidrasi. Karena cukup minum juga sangan berpengaruh pada kesehatan ginjal dan dapat menjauhkan kita dari sakit batu ginjal. Jika perlu bawalah botol minum berisi air putih kemana-mana untuk mencukupi kebutuhan tersebut selain lebih hemat juga bisa mengurangi limbah plastik.

4. MAKAN MAKANAN YANG BERWARNA

Sebenarnya hidup sehat itu tidaklah susah asalkan kita mau sedikit berusaha. Apalagi alam sudah menyediakan banyak hal yang bisa kita manfaatkan. Setiap warna pada buah dan sayuran sudah memiliki kandungan dan manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Warna merah baikuntukkesehatan jantung dan darah, warna hijau untuk regenerasi sel, dll. Yang terpenting sih hindari terlalu sering konsumsi fast food dan junk food. Pilih dan masak sendiri makanan yang akan kita makan agar kita dapat memantau asupan nutrisi untuk tubuh kita.

5. RELAX DAN ISTIRAHAT CUKUP

Pikiran yang tenang membantu tubuh kita tetap relax dan dapat menghadapi hari dengan suasana hati yang stabil. Untuk itu awali hari dengan hati yang lapang dimulai dengan senyuman serta afirmasi yang baik pada diri sendiri. Pikiran yang relax juga menjaga imun tubuh dan membantu tubuh untuk lebih mudah dalam mengistirahatkan diri. Hal ini bisa membantu kita tidur cepat dan menghindarkan diri dari insomnia sehingga tubuh tetap bugar sejak pertama kali bangun pagi.

Oiya saya juga suka minum air madu hangat sebagai suplemen alami untuk menjaga imun tubuh apalagi saya termasuk orang yang aktif.

Nah itu dia tips hidup sehat ala daniaku, kalau kalian punya kebiasaan hidup sehat apa nih gaes?

#Day12#BPN30DayBlogChallenge2018