Friday, December 21, 2018

BOROMON COOKIES BANTU MELATIH MOTORIK SI KECIL

Halo moms, apa kabar si kecil dan juga keluarga di rumah? semoga sehat selalu ya apalagi sudah masuk musim penghujan harus jaga stamina. Soalnya banyak yang tumbang karena stamina yang kurang stabil, anak-anak di rumah pada kena batuk pilek, ayahnya juga saya yang harus jaga diri biar nggak ketularan. Untungnya meski lagi pada bapil, anak-anak tetap ceria. Begitulah anak-anak masih polos dan menikmati apapun yang terjadi pada mereka, beda sama orang dewasa yang kenapa-kenapa sedikit sudah stress. 

Tapi sebagai orang tua yang baik pasti ingin melakukan yang terbaik untuk anak-anaknya. Begitu pula saya, sebagai ibu yang bekerja saya tidak bisa menemani anak-anak setiap saat tapi saya tidak kurang akal dong. Saya melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan bersama mereka kapanpun saya bisa. Hal ini saya lakukan karena saya tidak ingin ketinggalan momen berharga tumbuh kembang mereka di masa Golden Age si kecil.

Keputusan untuk tetap bekerja merupakan keputusan yang sudah didiskusikan dengan matang antara saya dan pasangan. Jadi saya juga berusaha sebaik mungkin agar bisa membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Meski tidak bisa setiap saat menemani si kecil, tapi setiap momen pertumbuhan sangatlah berharga. Mulai dari lahir dan harus belajar menyusu juga merupakan tahapan penting bagi si kecil dan orang tua terutama ibu. Kegiatan menyusu menciptakan bonding kuat diantara mereka.

Untungnya saya mendapatkan hak cuti melahirkan selama dua bulan sehingga masih bisa menemani dan menyaksikan tumbuh kembang si kecil hingga usia dua bulan setiap hari. Meskipun bekerja, saya dan suami adalah orang tua pro ASI, kami mengusahakan yang terbaik bagi si kecil dengan berusaha memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama dan lanjut hingga dua tahun  jika bisa. Pun untuk tahapan perkembangan lain saya dan suami juga rajin membaca buku parenting, tumbuh kembang anak dan juga konsultasi ke dokter.

Bagaimana pun kami sebagai orang tua ingin menjadi yang pertama tahu anaknya sudah bisa miring, tengkurap, makan, duduk, bicara, berjalan, dan hal lain yang terkait dengan tumbuh kembangnya. Kami ingin pengalaman itu kelak bisa kami bagi bersama baik lewat cerita mau pun foto yang ada. Salah satu fase yang sangat menyenangkan bagi saya dan juga anak-anak adalah fase makan.

Disini saya sebagai ibu mengusahakan yang terbaik dengan memberikan asupan gizi yang baik untuk menunjang tumbuh kembangnya. Saya banyak bereksperimen di dapur, trial and error untuk mengetahui minat si kecil terhadap makanan dan juga untuk mengetahui apakah mereka alergi terhadap makanan tertentu. Alhamdulillah anak-anak saya sejauh ini tidak ada alergi terhadap makanan tertentu.

Makan merupakan salah satu fase perkembangan yang sangat penting dimana anak-anak dapat mengembangkan kemampuan motorik halus mereka. Makan adalah proses kegiatan belajar sinkronisasi gerakan antara tangan dan mulut, belajar menyelaraskan gerakan tangan untuk mengambil makanan kemudian memasukkannya ke dalam mulut. Ini adalah salah satu latihan motorik halus yang saya lakukan ke Gendhis anak saya yang sekarang berumur satu tahun.

Saya sering memberikan camilan berupa sayuran, maupun roti untuk dimakan langsung dengan tangan tanpa menggunakan bantuan sendok. Agar dia terbiasa dan mampu meningkatkan kemampuan semua inderanya dari indera perasa, peraba dan pembau. Dari sini anak-anak bisa belajar mengenal tekstur makanan dari besar, kecil, kasar, lembut, panas, dingin, enak, nggak enak, bau, wangi, dsb. Rangsangan pada indera peraba mampu menstimulus perkembangan otak lho moms. Seperti video di bawah ini, anak saya Gendhis belajar makan sendiri dan dia menikmati setiap prosesnya.


Salah satu hal yang disukai Gendhis selain makan adalah bermain. Dia senang mengeksplor mainan kakaknya mulai dari lego, mobil-mobilan dan juga mainan masak memasak. Saat ini Gendhis berumur satu tahun dan perkembangan oralnya juga bagus, dia sudah mulai belajar mengucapkan kata ayah, mbah, maem dan nenen untuk minum. Senang rasanya melihat Gendhis tumbuh sehat dan ceria. Gendhis sedang belajar berjalan dan baru tumbuh satu gigi di gusi bagian bawah. Lucu deh pokoknya.

Berikut adalah beberapa hal yang saya lakukan untuk menstimulus Motorik si Kecil

1. Tepuk Tangan

Tepuk tangan adalah hal paling sederhana yang dapat kita lakukan untuk merangsang motorik anak. Lagi pula kegiatan tepuk tangan sangan disukai anak-anak apalagi kalausambil nyanyi :).

2. Memasukkan Mainan ke Dalam Tempatnya

Usia satu tahun memasuki fase memporak porandakan tempat penyimpanan baju dan mainan. Hal ini justru bisa kita manfaatkan untuk melatih anak memasukkan mainan ke dalam tempat penyimpanan,  dengan cara yang fun yaitu balapan memasukkan mainan atau baju ketempatnya.

3. Main Busy Book

Salah satu media yang saya gunakan untuk melatih motorik sikecil adalah permainan yang ada di busy book. Permainan yang saya maksud adalah permaiann sederhana seperti mengambil dan merekatkan kembali benda-benda yang tertempel. Meski belum begitu mengerti tapi anak saya menyukai kegiatan melepas dn menempelkan kembali benda-benda yang sudah diberi perekat.


Menurut buku-buku parenting yang saya baca, Usia Golden Age adalah usia yang paling bagus untuk membiasakan dan melatih hal-hal yang ingin ditanamkan pada anak agar anak menjadi lebih terampil. Salah satunya adalah belajar makan terutama makanan padat, yang bisa dimulai dengan memberikan camilan Monde boromon Cookies untuk anak usia 1-5 tahun.

MENGAPA MONDE BOROMON COOKIES?

Sebagai ibu jaman now yang harus kekinian tapi selektif, Monde boromon Cookies adalah pilihan tepat untuk camilan sehat dan ideal bagi anak. Kenapa?
dok.pri




1. PRAKTIS
Satu kotak Boromon Cookies memiliki berat total 120 gram saja yang terdiri dari 6 kemasan mungil. Sangat praktis untuk dikonsumsi langsung maupun dibawa bepergian karena tidak terlalu makan tempat. Bisa diselipkan disela-sela pakaian maupun barang lain tanpa takut tumpah karena kemasan tersegel aman. Jadi mau mau pergi sejauh apapun tidak perlu khawatir soal asupan makanan si kecil.




2. NUTRISI LENGKAP
Terbuat dari sari pati kentang yang glutten free, sehingga aman dikonsumsi si kecil. Dengan tambahan madu sebagai pengganti pemanis buatan dan juga minyak ikan dan DHA yang baik dan penting untuk asupan nutrisi otak si kecil. Oiya monde boromon cookies ini juga sangan mudah dikonsumsi si kecil karena biskuit akan langsung lumer di mulut saat kena air liur.

3. SIMULTAN YANG BAIK UNTUK MOTORIK HALUS ANAK
Bentuk Boromon Cookies yang kecil membantu meningkatkan kemampuan anak dalam memegang benda kecil dan juga keterampilan untuk makan. Sehingga koordinasi antara tangan dan mulut dalam hal memasukkan makanan dapat berjalan dengan lancar. Tekstur boromon yang padat namun mudah cair membantustimulasi motorik lidah dan mulut pada anak untuk mengeksplorasi rasa, bentuk, tekstur dan kemampuan untuk makan.



4.HIGIENIS
Kebersihan atau kehigienisan makanan yang kita konsumsi maupun anak-anak kita merupakan hal yang penting. Dikemas dalam ukuran 20 gram per bungkus, membuat boromon terjaga kehigienisannya. Tahu sendiri anak-anak kadang suka moody soal makan, kemasan 20 gram ini merupakan takaran pas untuk porsi camilan anak-anakyang tentunya sudah melalui serangkaian uji coba. Sehingga kita tidak perlu takut mubadzir karena takaran yang terlalu banyak.


5. MUDAH DI DAPAT
Sebagai generasi milenial yang tidak bisa dijauhkn dari gadget dan juga internet, belanja boromon cookies pun bisa dilakukan online di Monde Mart Online tinggal klik pesan, bayar, dan barang akan dikirim menuju rumah maupun alamat yang kita cantumkan. Dengan gadget dan internet, dunia dalam genggaman. Selamat berbelanja ya moms.





Nah itu dia beberapa kegiatan yang saya lakukan bersama anak saya dalam upaya melatih perkembangan motoriknya. Apakah mom punya pengalaman seru juga dalam melatih motorik anak? yuk share cerita mom semua disini..

13 comments:

  1. Wah saya belum punya anak,kalau saya beli saya makan sendiri bisa gak yah😂😂😂😂

    ReplyDelete
  2. aku yang lihat aja jadi pengen makan itu hahaha #emak-emak ngileran

    ReplyDelete
  3. Porsinya imut, cocok juga untuk yg momong #modus

    ReplyDelete
  4. Lucu bgt mbak anaknya. Pipinya ituu hahaha.

    Hoo skrg produsen jg udh peduli sama takaran snack ya. Mantul sih jd memudahkan buibu kalo mau kasih jajan diluar makan utama

    ReplyDelete
  5. Dek tante mau atuh boromonnya, enak ya dek :)

    ReplyDelete
  6. Biskuitnya bentukny menurutku lucu apalagi buat anak yang lagi belajar koordinasi tangan dan jari....

    ReplyDelete
  7. Aku pun masih suka makan Boromon

    ReplyDelete
  8. Lucu bgt deh Gendhis. Sehat dan pintar terus ya bareng Boromon

    ReplyDelete
  9. Cemilan sehat yang rekomended banget ya, nutrisinya lengkap

    ReplyDelete
  10. Gendhis pinter ya maemnya. Lahap bgt makan cookies Boromon..

    ReplyDelete
  11. Saya baru tahu ada produk seperti ini, semoga bermanfaat yach buat anak - anak. :)

    ReplyDelete
  12. hallo mommy salam kenal, si dedek lucu dech.. aku juga beli ni biscuit buat si kecil :D

    ReplyDelete

Follow Us @soratemplates